PBM-04

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 29 Juni 2010 at 15:30  Comments (80)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/pbm-04/trackback/

RSS feed for comments on this post.

80 KomentarTinggalkan komentar

  1. Langkah cepat pertama: buka gandok dulu
    Langkah scepat kedua: sambil nyicil teksnya
    Langkah cepat ketiga: ana tutuge

    he he he
    buka gandok langsung ngunduh meskipun nyicil (bukan mencicil apalagi pecicilan)

    Matur nuwun, sakalangkong, kasoon, hatur nuhun, dan sugeng sonten.

  2. Langkah secepat-cepatnya untuk rontal-rontal berikutnya: makin lebih cepat makin lebih baik

    Sugeng sonten lagi.

  3. Sugeng sonten maning

  4. wahhh banyu mili tenan….!!!!

    • mbanyu mili….????

      banjir Ki.

  5. sugeng sonten, …

    ndhèrèk ngicipi rontal versi tèks.
    pancèn kepénak maca tèks vèsi cicilan, sedhéla manèh para cantrik bakal mumet nggolèki cantholan vèrsi djvu-né.

    dipun sekécakaken ki.

  6. hihi

    • baanjir… kok hihi

      • hihi…..aku wedi ayo kanca pada bali…….

        matur nuwun Nyi Dewi,
        matur nuwun Ki Seno sampun kersa paring cicilan
        matur nuwun Ki Lelono Jagad alias Ki Semar mBarang Jantur, sampun ngebaki perkomenan.

        he….he….he….sugeng dalu.

  7. matur nuwun sanget…. punapa malih manawi sekalian dipun paringi teks PBM 5. hehehehe

    hikss…..
    sabar……, ana tutuge

  8. Matur nuwun Ki Arema & Nyi Dewi
    Sinaosa dereng komplit lumayan kangge nenggo Spanyol vs Portugis.

  9. dedonga … nunggu spanyol vs portugal..diuncali PBM -05

  10. Hadir sambil nunggu babak 2…

  11. Sayaaang sekali….. Portugal tersingkir.

  12. RINDU SUARA JAGO KLURUK.

    Jam-jam segini seharusnya terdengar suara ayam jantan berkokok bersahut-sahutan baik dari jarak dekat maupun jauh. Tetapi sejak beberapa tahun yang lalu, di daerah tempat tinggal saya, suara kokok ayam jantan benar-benar hanya tinggal kenangan. Tidak terdengar sama sekali walau hanya lamat-lamat sekalipun. Mudah-mudahan di daerah lain tidak mengalaminya, karena tanpa suara jago kluruk, keindahan suasana di pagi-pagi buta terasa berkurang.

    Sugeng enjing sedoyo……

    • Nuwun

      Nuwun Ki Arga, sugêng pêpanggihan, radi sawêtawis wêkdal tidak nuwéni padêpokan.

      Ésuk-ésuk mbukak gandhok ada “jagonya Ki Arga kluruk”. nJur kèlingan jaman rikålå sâmånå.

      Kasinggihan Ki, Memang sudah lama tidak terdengar ayam jantan berkokok. Padahal dulu kurang lebih 10 atau 20 tahun yang lalu setiap pagi menjelang Shubuh, saput siti, ésuk umun-umun sebelum plêtheking srengéngé selalu diawali dengan kluruknya jago, ciap-ciapnya burung pipit, mbrêngêngênging tawon di kuncup-kincup bunga, sangitnya gêni bêdiang, suara sénggot timba, dan orang nyapu latar. Kalau musim kemarau ditingkah suara garèngpung. Suatu komposisi suasana alam di pagi hari yang sangat indah. Subhanallah .

      Ternyata sudah lama kandang ayam berubah menjadi rumah sepetak-sepetak kontrakan orang, dan didepannya menjulang apartemen 27 lantai. Suara alam pagi itu tak terdengar lagi, diganti hiruk pikuk bajaj pasti berlalu yang selalu berisik, Sangitnya geni bediang berubah menjadi bau asap knalpot. Sénggot timba tergantikan suara mesin pompa air yang berisiknya minta ampun.

      Sekarang kluruk jago sudah tergantikan dengan jam weker dan alarm telpon selular yang jamnya bisa distel sesuai keinginan pengguna. Kalau ada kluruk jago, bukankah kita yang harus menyesuaikan dengan jamnya ayam khan.

      Jago kluruk juga bisa diisyaratkan untuk menandai kejadian sekitar (believe or not, kata orang-tua orang-tua kêmbiyén). Masih ingat kata orang tua dulu kalau ada jago kluruk siang-siang atau sore hari mesti ada seorang gadis yang hamil di luar nikah. Padahal sekarang ini sepertinya jago kalau kluruk malah matahari sudah tinggi. (Kita bukan percaya sama jagonya yang kluruk, tetapi tanda-tanda alam sering menunjukkan hal-hal benar bagi orang-orang yang mempunyai kepekaan hati dan mampu berfikir, yang sering luput dari perhatian manusia awam).

      Jangan-jangan……………..bisa jadi apa yang dikatakan orang-orang dulu itu benar-benar terjadi. apalagi melihat pergaulan anak-anak jaman sekarang. Video “artis panas” pun dengan mudahnya didapat, anehnya penyelenggara siaran televisi justru dengan “bangganya” mempertontonkan tayangan ini, dengan alasan untuk menjadi pelajaran supaya hati-hati. Pelajaran meniru maksudnya?

      Nggih mêkatên Ki. Nyuwun sèwu, mbotên tåwå-tåwå, sinambi sarapan kêtan yang ditaburi bubuk dêlé, kelapa parut dan dikucuri juruh, adapun minumnya teh nasgitel, wuih uénakk têunan., suatu komposisi yang sangat indah, tetapi tanpa jago kluruk.

      Kêparêng. Sugêng énjang. sugêng tindak makaryå

      Nuwun

      cantrik Bayuaji

      Alhamdulillah…., Ki Bayuaji wis rawuh
      Sawetawis mboten ketinggal Ki, sami wilujeng?

      • Pangèstunipun Ki.
        Semua aman dan terkendali he he he.

        • panggenan kulo taksih wonten kokok balenggek, Ki

          • Nuwun sewu, balenggek meniko menopo njih Ki Bancak? Kok kulo dereng nate mireng.

      • Leres sedoyo pangandikan panjenengan Ki Bayu. Jaman memang cepat sekali berubah. Jadi ingat semasa kecil, waktu bersama teman-teman bermain jethungan, benthik, gobag sodhor, ngundho layangan dan lain-lain. Permainan seperti itu selain ngundho layangan sudah tidak ada lagi sekarang. Anak-anak SD pegangannya HP, main game, ber-facebook ria hingga chatting. Mestinya kemajuan teknologi dibarengi dengan etika sehingga tidak memunculkan hal-hal seperti yang dingendika’aken Ki Bayuaji.

        Nuwun sewu…..dongengipun rak mboten kesupen to? Kulo tenggo-tenggo lho….
        Matur nuwun.

  13. Matur nuwun Ki
    Sabar nunggu tutuge (candake).
    Sugeng enjang.

  14. Assalamualaikum wr.wb.
    Sambil menunggu tutuge cerita, mari Saudaraku kita renungkan sejenak perjalanan Rasulullah sat menghadap Allah di Sidhratul Muntaha, dan memaknai perintah Shalat, sebagaimana rangkuman hasil pengajian rutin berikut:
    Subhaanal ladzii asraa bi ‘abdihii lailam minal masjidil haraami ilal masjidil aqshal ladzii baaraknaa haulahuu li nuriyahuu min aayaatinaa innahuu huwas samii ‘ul bashiir. (QS 17:111).
    Maha suci Allah yang memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha (Baitul Maqdis) yang Kami berkahi sekelilingnya agar Kami memperlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
    Saudaraku, bulan ini adalah bulan mulia dimana puluhan abad yang lalu perintah shalat diberikan langsung oleh Allah kepada Hamba-Nya yang paling mulia.
    Demikian pentingnya makna shalat, sehingga dalam kondisi apapun kita wajib melaksanakannya.
    Ada 3 kelompok manusia melaksanakan shalat, yaitu:
    1. Melaksanakan shalat dengan keterpaksaan, karena hukumnya yang wajib. Orang yang demikian niscaya melaksakan shalat hanya sebatas mengerjakan ritual rutin tanpa memahami makna shalat itu sendiri. Tipe orang yang demikian suka menunda-nunda shalat bahkan mengerjakan shalat selalu menjelang akhir waktu.
    2. Melaksanakan shalat karena merasa butuh; tipe orang ini setingkat lebih tinggi, karena dia melakukan shalat dengan khusyu, sayangnya ada pamrih agar doanya dikabulkan oleh Allah. Jadi shalat dipakai sebagai media untuk dialog dengan Allah melalui doa-doanya.
    3. Melaksanakan shalat karena kepatuhan dan kecintaan kepada Allah. Tipe ini adalah orang yang semata-mata hanya mengharapkan ridha Allah. Dia shalat karena sadar bahwa dia adalah Hamba-Nya yang diperintah Tuhannya untuk shalat. Setiap mendengar panggilan shalat segera bergegas datang untuk memenuhi panggilan tersebut. Bahkan sebelum dipanggil orang tersebut sudah siap untuk dating menghampiri Rumah Allah (sumber: pengajian rutin mingguan masjid At Taqwa, Cilegon).
    Nach saudaraku termasuk ada dalam kelompok manakah kita?

    • Semoga kita semua bisa masuk golongan yang mencintai dan dicintai Alloh dan RosulNya, Amiin.
      Nuwun sewu Ki, sedikit ralat no ayatnya mungkin mencetnya kelamaan sehingga 1 menjadi 111. Afwan Ki.

  15. Sugeng enjang….

    Ki Arema ngendika : buka gandok dulu sambil nyicil teksnya, kiriman dari Nyi Dewi

    versi djvu dan teks lengkap besok..,

    Besoknya make …. (baca titik titik), artosipun… monggo dipun isi piyambak-piyambak.. nanging mugi2 boten dangu2. hikss.

    • besok …., = bisa pagi, siang, sore, malam.
      hiks…, jika sanak-kadang Padepokan Pelangisingosari sudah kumpul.

      • besok apa mbesuk

      • Wah…. ini artinya cuman satu nih…

        Para Menggung, Para Rangga, lan para kadhang sanesipun disuwun ngisi daftar hadir rumiyin.

        hikss… sabarrr…

  16. Assalamu’alaikum, selamat pagi……
    Matur nuwun Ki Arema & Nyi Dewi,
    Ki PA masih ada lagikah…….?

    • waaaa…
      ngimpi opo mo bengi aku….,esuk2 digoleti jeng miss

      • He he he he mimpi hujan bunga kenanga
        (digoleti itu apa sich)

        • kenanga, kanthil, mawar itu kembang telon untuk ditabur dimakam lho. Weladalah medeni banget ngimpinya……………

        • digoleti = digulati = mmmmmm….

        • digoleti = digulati =
          diguleti = digilati =

          mmmmmm….heeeemmmmmm,

  17. Wah-wah-wah, ……. poro Cantrik Singosaren pancen wasis2. Isuk2 wis ono jagu kluruk lan peristiwa perjalanan Rasulullah saw, sing kondang diarani peristiwa Isra’ Mi’raj. Matur nuwun matur nuwun dadi tambah kawruh sing migunani kanggo diugemi lan kanggo ngelingake.
    Nuwun.

  18. Penyakit yang hadir ke tubuh kita, ternyata banyak disebabkan oleh kesalahan Pola Hidup dan Pola Makan kita. Ada kencing manis, darah tinggi, kolesterol, asam urat dll. Mudah2an kita tidak dihinggapi salah satu dari berbagai macam penyakit itu. Tetapi kalo sudah terlanjur mengidapnya, maka harus disyukuri, karena dapat menjadi pengurang dosa.

    Berikut uraian tentang Asam Urat, kiriman dari tetangga. Yang ingin tahu lebih banyak silahkan tanya pengirimnya di bawah artikel ini.

    ASAM URAT
    Yang dimaksud dengan asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.
    Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

    Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.
    Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat diobati sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukan asam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung purin.
    Kesimpulan singkat tentang asam urat

    Gejala Asam Urat

    Kesemutan dan linu
    Nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
    Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.

    Solusi Mengatasi Asam Urat

    Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
    Kontrol makanan yang dikonsumsi.
    Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.
    Makanan yang Dihindari (mengandung banyak purin)

    Lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
    Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
    Makanan kaleng seperi kornet dan sarden.
    Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
    Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
    Sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis.
    Buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas, air kelapa.
    Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, tuak.

    jika sudah terlanjur terkena asam urat, saya anjurkan makan SRR (maaf tidak bisa secara rinci, nanti dipikir iklan), karena ada keluarga saya sembuh dengan makan SRR.
    semoga dapat membantu.
    mribka25@yahoo.com

    • nuwun sewu ki Truno,

      mribka niku sinten njih…..??
      arep konsul khawatir tercekal,

      heheeheee….semangaaat PAGI ki,

      • SRR niku napa nggih ki trupod? Yen kuatir dikira iklan mbok kula diwisiki (ben liyane ora krungu).

        • Sssstt…Ra-sah….Rame2

          SRR parsine Cantrik2 Ni

          • Saya Rasa…Rawon !

    • @ Ki TruPod dan semua kadang sadayana’

      Urun rembug, sumbang saran, tapi bukan saran yang sumbang.

      Berikut saya ambil dari pengalaman “ortu” saya yang kin sudah berusia kurang lebih 87 tahun, syukur alhamdulillah masih sehat bin afiat.
      Sepuluh tahun yang lalu (jadi usia 77 tahun) beliau terserang “asam urat”,

      Setelah berobat kemana-mana, tidak kunjung sembuh, ternyata obatnya ad di halaman rumah, yaitu:

      1. Sirsak dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari

      2. Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas, diminum pagi dan sore

      3. Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari. (harus beli jangan minta sama yang jual)

      4. Yang berikut dapat dibeli di toko obat bagi yang perutnya tidak bermasalah yaitu: cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hangat kurang lebih 50 cc dan diminum selama seminggu pagi bangun tidur dan kalau mau tidur malam (hati-hati bagi yang mempunyai masalah dengan perut, sakit magh),

      5. Apel malang (Lha yang ini minta kirimna sama Ki Seno, nanti khan dikirimi rontal…. lho) Apel malang di juice.

      Yang lebih penting, seperti tulisan Ki TruPod di atas Kontrol makanan yang dikonsumsi.
      Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh. Menghindari makanan yang mengandung banyak purin
      .

      • Matur nuwun pencerahannya Ki Trupod…..jadi untuk menghindari asam urat sepertinya harus…..nggak boleh makan apa2 !…..lha menu sehari hari semuanya ada purin-e je….hikss

        • maem peuyem wae…ra mengandung purin…mung iso nggae purikan

          • peuyem puan bandung ? …hikss..malah iso mengandung gedhe banget..

      • Nah komentar seperti Ki Katoj ini yang saya tunggu. Saya kok sependapat lho! Untung ada resep dari Ki Lelono yah jadi para penerima anugerah Piala Asam Urat agak bernafas lega. Tapi kita juga harus yakin bahwa semua penyakit itu ada obatnya memang betulll. Kalo ada penyakit yang belum ada obatnya, suatu kali pasti akan diketemukan obatnya.
        Jadi perihasa “Mulut kamu harimau kamu”, ….. tidak hanya diperuntukkan bagi pengeluaran kata2 saja, ……. tapi juga berlaku bagi benda2 yang msuk ke mulut kita.
        Betullll?

        • mulut niku boso biologise : ORAL njih ki…

          • ORAL ET LAB ORAL

  19. cantrik HADIR ki SENO,

    nambah SIJI ngenepi komen dadi 44
    enem lagi genap 50 komen cantrik

    • ..ji ro lu pat mo nem …hadir !

  20. pitu wolu sana hadir ngandapipun ki KartoJ

    • Weh…Ki Djojosm…Sami Sugeng Ki ?…

      • Alhamdulillah, ki Karto mugi njenengan ugi sami wilujeng ki. Kapan dolan teng Tambun malih

        • ..O..nenggo nek wonten kendurenan malih Ki…rumiyin dereng tumut je…

  21. Wah, saiki ora usah komen saben dina wis ana komene Ken Padmi….

    • Ken Padmi sing endi nduk.
      Sing enyong weruh ta kiye sing lagi kasmaran karo Mahesa Bungalan.
      Liyane sapa’

    • Padmi, nona wis podho ngumpul…

  22. awan-awan komen nomer sèket.

    • over seks

      mangsudde: over seket alias 50 + 1
      Jadi:
      Langkah cepat pertama: buka gandok dulu
      Langkah scepat kedua: sambil nyicil teksnya
      Langkah cepat ketiga: ana tutuge dicoret diganti jadi utang rontal lunas nggak pake mencicil lagi

      • Over act : kokehan korban soko kalangan actress…PANDAN ARIEL

  23. hadir buncit Ki Arema…

  24. Langkah cepat pertama: buka gandok dulu
    Langkah cepat kedua: sambil nyicil teksnya
    Langkah cepat ketiga: lunas nas nas utang rontal lunas, baik word dan djvunya.

    buka gandok langsung ngunduh dan hari ini rabu, 30 juni 2010 dibayar (saya terima…….dibayar tunai)

    Matur nuwun, sakalangkong, kasoon, hatur nuhun, dan ……..kepareng bade kundur…..Mangga atuh…..

  25. ojo-ojo KOMEN-ku sing pertama mau
    dipangan GERhono…tak tunggu2 kok
    ga’ mechungul2

    matur nuwun ki SENO

  26. Matur sembah nuwun katur Ki Arema soho Ki Ismoyo.
    PBM-04 versi djvu sampun kulo undhuh.

  27. matur nuwun versi djvu sampun kula unduh,

    sugeng dalu Ki Seno
    sugeng dalu Ki Panembahan
    sugeng dalu para kadhang

  28. Sugeng enjang Ki Arema.
    Bade matur, Piala dunia nembe libur, menawi kepareng nyuwun rapelan.
    Matur nuwun.

  29. isi daftar hadir…
    wis 64 comment..1!!

  30. Kitab 04, sudah diwedhar…
    Kapan Ki Arema, kersa mbikak Gandok anyar…

    Sugeng enjing sedayanipun…
    matur nuwun kagem Ki Arema ingkang sampun paring cantolan..
    ugi kagem Ki Trupod lan poro kadhang ingkang sampun kersa sharing informasi

  31. Assalamu’alaikum…. selamat pagi….
    wah kirain dah ada gandok anyar
    Soale dah lebih dari seket neh….

    • Saweranku wis tinompo mi55 ???

      • Wis Ki, matur nuwun..

      • @ Ki Pan.

        Nek teng nggen kula, sawer niku ULO Ki.

        Menopo Ki Pan maringi ULO dateng Jeng Mis Non. Wah medeni sanget Ki.

        • Waduh apaan tuch artine Ki Lono….

          • Artinye:

            Ape sawernye Ki Pan udeh diterime dengan baek-baek?

            Hikkssss…hikkkssss

          • Ach, kayaknya bukan itu dech..
            Mau ngapusi yo…

          • Lha itu ngeri artinya
            Nggak ngapusi kok.

            Ngapusi itu apa sih.

          • ngerti kok jadi ngeri,

            ngeriiii deh.

          • Sawer kulo bukan sembarang sawer…tp bisa mbikin sakaw dan kecanduan..
            Bener khan mi55 ???
            Hiksss…..

          • Lho rak tenan khan, sawernya Ki Pan “medeni” nguwong.
            kecuali jeng mi55.
            Bener khan mi55 ???
            Hiks..hiks..

          • Sawernya Ki Pandan memang medeni bocah …tapi nggolek-i uwong….hiksss

          • Xi xi xi xi, pada rame…
            sekedar info gandok anyar dah dibuka tuch..
            Monggo……..

  32. lanjut>>>>

    terima kasih, ki arema, ki ismoyo, ki pak satpam dan para bebahu padepokan lainnya…

    salam, sanak kadang cantrik dan mentrik semua…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: