PBM-06

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 3 Juli 2010 at 10:30  Comments (53)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/pbm-06/trackback/

RSS feed for comments on this post.

53 KomentarTinggalkan komentar

  1. Kayane nomor siji

    bener apa beer????
    Nung kang PLS ana kabar sing apieek

    • Buru buru enter jadine akeh sing salah, maksudnya seperti ini loh ……
      bener apa bener????
      Nunggu kang PLS ana kabar sing apieek

      Sugeng enjing ki Arema, kang Satpam rekan rekan cantrik semua

      • he he …
        sugeng enjing Ki Djojos
        (kok angel nggih ngeja/ngetik asma panjenengan)

        mboten tindakan to Ki
        kok gasik temen sambang padepokan.
        liburan mboten dipun goda wayahipun tindak-tindak/jalan-jalan?

    • nyuwun sewu ki Djojosm…nembe angkut2 bedol alas niki…mboten nggalebho nek dijowal-jawil

  2. Mboten Kang. Kulo injih sami jaga padepokan teng mriki (Tambun). Nyaine sampun bidal teng Bandung wau enjing dipun anter pembarep.
    Sugeng tugas kang Satpam.

  3. Sugeng enjang, menjelang siang ding…..

    Wah, sampai jam 11, baru Ki Djojosm ingkang pinarak wonten gandok. Nderek sak wingkingipun ah…

    Matur nuwun teks-ipun P. Satpam, lumayan, kangge lawuh sarapan mak nyus sanget

    • Selamat siang Ki Arema, para bebahu dan P Satpam serta para kadang semua, semoga selalu diberi kesehatan dan sekali x pijet Ki biar badan seger setelah nglanglang ke Bondowoso. Salaam.

  4. nomer papat…

  5. sabar , sabar……

  6. sing penting daftar hadir

  7. monggo lajengipun sampun dipun tenggo tumenggung satpam

  8. Dengan sabar menunggu aapbm 06. Sembari nunggu German vs Argentina

  9. Sugeng ndalu….

    P. Satpam ngendiko :

    2/3

    hi hi ….., sabar…..

    Kawulo matur : “Ampun dangu2 nggih..”

    Tumben, sudah jam 8 malam, baru 11 komen. Kemanakah para kadhang yang lain yah? sibuk liburan, atau mempersiapkan diri untuk menikmati big match malam nanti?

    • Monggo Ki
      PBM-06 2/3 kangge sangu persiapan big match Argentina vs Jerman

      Walah….
      kliru…, ngapunten Ki Arema
      P. Satpam

  10. Wah…
    Jerman vs Argentina 1-0 di menit 3
    Hayo…, pendukung Argentina berdoa

    • Sampun 2-0 P. Satpam….

    • Ternyata…. sudah berubah jadi 3-0 di menit 73.

    • Hasil akhir 4-0…. Badhe nyuwun pamit istirohat rumiyin. Mbok manawi saget nyekseni laga perempat final ingkan pungkasan.

      Matur nuwun Ki Arema lan P. Satpam, sampun kersa paring cemilan kangge nonton pertandingan ingkang jebulipun kirang seimbang 😦

      • Sumangga Ki si_TolE sugeng sare sekedhap,
        lumayan kalih setengah jam kangge istirohat.

      • Hadu…
        Tidak seperti yang dibayangkan.
        Keterlaluan, 4-0.
        Embuh ah….

  11. Matur nuwun Ki Ajar pak Satpam,
    cicilan PBM 1/3 tuwin 2/3 sampun rampung kula waca.
    tetep nengga versi dejavu.
    .

  12. Matur nuwun Ki Ajar pak Satpam,
    cicilan PBM 1/3 tuwin 2/3 sampun rampung kula waca.
    tetep nengga versi dejavu kanti sabar,
    he…he…he…
    .

  13. Antri 3/3 …. Jerman vs Argentina 3.0

  14. ngaturaken sugeng tanggap warso dumatheng salah setunggaling former adbm…ki Ajar Lazuardi

    • maturnuwun ki Pandan …

  15. Matur nuwun Ki Satpam.
    cicilanipun sampun katampi.

  16. Tahun 2010 sepertinya Piala dunia milik Eropa lagi.
    Spanyol, Jerman, Uruguay dan Belanda
    Hayo poro kadang pegang siapa.

  17. Sugeng enjang

  18. Haya….
    Ada yang ulang tahun rupanya.
    Selamat Ulang Tahun Ki Laz (Sulistyo W. Lazuardi).
    Sukses ya Ki

    • Wah…. Ki Laz tanggap warso njih?

      Sugeng tanggap warso kagem Ki Laz… mugi tansah pinaringan kasaenan saking Alloh SWT. Amin.

      Kantun nenggo “hadiah” saking P. Satpam utawi Ki Arema, he he he

      • maturnuwun P Satpam dan si_TolE … moga2 kadonya sdh dikirim oleh ki Arema … he3 …

  19. hehehehe….Esuk-Esuk kirim ucapan
    nanti “SIANG” kudune pak SATPAM yo
    ngirim buntelan.

    • pesan bu SATPAM :

      WANI ngucap KUDU wani TANDA TANGAN
      eh kleru ding….!!

      WANI ngirimi KADO-an,

      Ya kudu matur Ki Arema dulu to.

      • pak SATPAM sekali-KALI perlu
        mbelink….hehehee !!

        kado dikirim, kwitansi di terima
        ki SENO belakangan.

        • harah….
          sungkan kaliyan Ki Pandanalas
          lha mbeling niku rak hak patenipun Ki Pandan.
          hii…., mblayu…

  20. Sugeng tanggap warso kagem Ki Lazuardi
    mugi tansah pinaringan kasaenan saking
    Alloh SWT…..Amin.

    sukses ki,

    • Amin YRA … maturnuwun sanget ki Cantriek Yudha, semanten ugi kagem panjenengan lan poro kadang cantrik sedoyo kemawon …

  21. Matur nuwun P. Satpam, kitab sampun katampi.

    Dipun tenggo hadiahipun.

    • Ngendikane Ki Arema: “kadonya dikirim besok saja, hari ini langsung buka gandok PBM-07 saja

      PBM-06 sudah diwedar pagi ini, buka gandok nanti sore saja.

      • hehehehe…Lha ini BARU pak SATPAM
        padepokan Pdls !!

        brani WEDAR rontal biarpun komentar
        isih kurang dari batas minimal.

        • matur nuwun ki SENO
          matur nuwun ki ISMOYO

          matur nuwun Ni SATPAM
          nih rontal KADO-an nopo
          wedar rutin Ni…xixixi

        • PAMIT doeloe Ni SATPAM,

          nanti SORE sambang meneh
          selamat malam….!!!

  22. Sugeng enjang para kadhang PDLSers,

    matur nuwun rontal 06 sampun kula undhuh.
    Kados pangandikanipun Ki mENGGUNG yUpRAM, keparenga kula nyuwun pirsa Ki Ajar pak Satpam, wedharan 06 menika kangge kado tanggap warsanipun Ki Laz to ?
    menawi mekaten PBM 07 inggih badhe diwedhar dinten menika ugi to ?

    Sugeng tanggap warsa Ki Lazuardi,
    mugi tansah pinaringan berkah.

    • Hadu….
      Bingung aku…
      Ngumpet meneh ah…
      (Penjelasannya nanti pada papan pengumuman gandok PBM-07.)

      • He he he

        Pokoke yen hadiah durung diparingi, P. Satpam bakal di ogrok-ogrok terus…

        • We lha…..

    • maturnuwun sanget ki Gembleh …

  23. DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI © 2010.

    Dongeng kali ini merupakan “breaking news ” yakni tentang:

    PEMERASAN OLEH PEJABAT PAJAK DIGAGALKAN PENEGAK HUKUM

    Minggu-minggu terakhir ini media televisi, koran, radio dibuat ramai dengan berita “bal-balan” berita terpanas sépakbolapialadunia. Dunia dislimur oleh bal siji dirêbut wong rolikur, dirêbut, nék wis cêdhak ditêndang, didohke mênéh, diplayoni, cêdhak, ditêndang, didohké mênèh, parani karo mblayu, cêdhak, didohké mênèh, ngono sapituruté, wong sa’donya (nggak semua) yå gêlêm mêntêlêngi, diréwangi mêlèk kadang-kadang nganti ngêbyar. Ånå sing wani mbayar. Malah nganggo totohan duwit. Dengan event (basa apa toh iki) bal-balan ini, hampir semua orang terpukau, terbius oleh bal bunder siji sing diênggo rêbutan wong rolikur .

    Dislimur, mengapa, ya minimal dengan nonton bal-balan yang empat tahun sekali ini, para kawula dislimur, sejenak para kawula dapat melupakan kesulitan hidupnya, kesedihannya, beratnya menyangga beban hidup, yang seakan tak pernah berakhir. Bal-balan benar-benar telah membius dunia.

    Harta dan nyawa yang hilang kêtrajang banjir (sering, sering, dan sering), tertimbun tanah longsor (terlalu kêrêp), puso (kerep banget), sawah pategalan kering, gempa bumi (sering), kapal tengelam (lagi), sepur ngguling(lagi), dan masih banyak lagi. dan jangan lupa juga, “artis video panas”, semua sejenak terlupakan

    Juga kasus-kasus penegakan hukum, kasus-kasus korupsi, penyuapan, penggelapan pajak, adalah sedikit dari kasus penegakan hukum yang berangsur-angsur mulai terlupakan (semoga tidak), dan seperti kasus-kasus hukum lainnya seringkali menguap tak tentu ke mana. dan lupa. Belum lagi Pilkada yang selalu ricuh, tawuran, gelut.

    Lalu, uang pajak yang ditilep dan entah kemana, yang “bintang utamanya” Bang Ga*us T*mbun**, dan “bintang-bintang peran pendukung lainnya”.

    Dari sekian berita di atas, anehnya berita-berita itu seolah hendak memberikan isyarat bahwa betapa bobroknya lahir (banjir, gempa bumi, kecelakan kapal tengelam, sepur ngguling) dan batin (perzinahan, nyolong, korupsi, penggelapan uang negara, dst, dst) negeri ini.

    Pårå kadang,

    Ternyata satu salah satu berita di atas pernah diberitakan “koran kuno” yang kini berada di Museum Nasional Jakarta.

    Ada satu artefak yang patut mendapat perhatian. Benda kuno itu berupa sepotong lempengan logam berukuran 27 cm x 23 cm, dengan kode inventaris E 63. Kondisi artefak memang sudah berkarat di sana-sini sehingga terkesan “acakadhut”. Dilihat dari bentuknya tak ada yang bernilai seni, kecuali berupa tatahan aksara. Tidak sembarang orang mampu membaca benda ini.

    Namun bagi teman-teman arkeolog yang menggeluti bidang epigrafi (aksara dan tulisan kuno), benda itu sangat berarti karena informasi di dalamnya sangat bermanfaat untuk kajian masa kini.

    “Surat kabar kuno” tersebut adalah adalah prasasti Wurudu Kidul diterbitkan pada 844Ç/922M, ditulis dengan aksara dan bahasa Jawa Kuno. Pertama kali isi prasasti Wurudu Kidul diulas oleh W.F. Stutterheim pada 1935.

    Pada intinya prasasti Wurudu Kidul menguraikan bagaimana susahnya seseorang menjadi warga keturunan dalam menghadapi pejabat pajak. Kemungkinan, sebelum ini pemerasan pajak hampir selalu dilakukan terhadap orang asing. Hukum Jawa Kuno memang mengatur bahwa pajak orang asing lebih tinggi daripada pajak orang pribumi. Namun kalau sudah keterlaluan, jelas-jelas akan menimbulkan citra buruk bagi pejabat pajak kerajaan.

    Konon, menurut bagian awal prasasti ini (disebut Prasasti Wurudu Kidul A), ada seorang pria bernama Sang Dhanadi. Dia bertempat tingal di desa Wurudu Kidul. Suatu hari Dhanadi kedatangan tamu bernama Gayus T. (eh maksudnya: Wukajana). Orang ini menjabat sebagai Samgat Manghuri (yakni “Pejabat Direktorat Perpajakan Departemen Keuangan Kerajaan Mataram Kuno”), yang bertugas memungut pajak dari rumah ke rumah.

    Begitu melihat Dhanadi, Wukajana langsung menuduh Dhanadi bahwa dia adalah anak orang asing. “Kamu termasuk golongan warga atau wka kilalang (orang asing),” demikian kira-kira tuduhannya. Sebagai orang asing tentu saja Dhanadi harus membayar pajak lebih besar daripada warga pribumi.

    Dhanadi tidak terima dengan sangkaan tersebut. Dia lalu mengadu ke KPK (eh maksudnya ke Sang Pamget Padang (yakni hakim dari pengadilan kerajaan Mataram Kuno, bernama Empu Bhadra). Untungnya hakim tidak mengulur-ulur waktu perkara seperti zaman sekarang. Tak berapa lama, sang hakim segera mengusut tuduhan terhadap Dhanadi itu.

    Sebagai tambahan informasi Sang Pamget Padang Empu Bhadra ini adalah hakim yang sangat jujur, disegani oleh semua pihak bahkan oleh Baginda Prabu sendiri.

    Pertama kali, keluarga Dhanadi dipanggil satu per satu ke persidangan. Mulai dari kakek nenek hingga ayah ibu diperiksa dengan saksama dan ketat di pengadilan. Dari garis kakek dirunut-runut apakah ada unsur asing yang mengalir dalam darah Dhanadi. Begitu pula dari garis nenek. Bukan cuma itu. Warga di desa Grih, Kahuripan, dan Paninglaran yang berada di sekitar desa tempat Dhanadi tinggal, ikut dimintai keterangan sebagai saksi.

    Setelah melakukan pemeriksaan yang ketat dan seksama, dengan tegas dan berwibawa hakim segera memutuskan bahwa Dhanadi dan keluarganya benar-benar orang pribumi asli. Menurut prasasti disebut wwang yukti. Dengan demikian besarnya pajak yang harus dibayarkan Dhanadi tidak setinggi seperti yang diminta pejabat “direktotat pajak” itu.
    Sebagai pegangan, hakim itu Sang Pamget Padang Empu Bhadra, memberikan “Surat Sakti” (tidak dijelaskan bahan “surat” tapi yang pasti bukan kertas) tertanggal 6 Kresnapaksa bulan Baisakha tahun 844Ç atau identik dengan 20 April 922M. Waktu itu pula (922M) yang dijadikan tarikh prasasti Wurudu Kidul.

    Namun sudah plong-kah hati Dhanadi? Mungkin karena sudah “mental pejabat korup”, rupa-rupanya pejabat pajak tadi tidak puas atas keputusan hakim. Akibatnya kali ini ketenangan Dhanadi terusik kembali oleh pejabat pajak lain, Pamariwa. Ternyata Pamariwa adalah orang suruhan Wukajana dari Samgat Manghuri, pejabat pajak yang coba memeras Dhanadi tadi.

    Begitu bertemu muka dengan Dhanadi, demikian menurut Prasasti Wurudu Kidul B, Pamariwa langsung menuduhnya anak keturunan Khmer atau Kamboja, disebut wka kmir, tentu saja Dhanadi sangat tersinggung. Dia mengadu lagi ke Sang Pamget Padang.

    Sesuai prosedur hukum, hakim mengirim “surat panggilan” pertama ke rumah Pamariwa agar menghadiri sidang gugatan. Namun pada panggilan pertama, Pamariwa tidak datang.
    Hakim mengirim lagi surat panggilan kedua. Kali ini Pamariwa juga tetap tidak datang. Akhirnya Samget Juru i Madandar memenangkan Dhanadi. Rupa-rupanya pada waktu itu belum dikenal istilah “pemanggilan paksa” seperti pada zaman sekarang. Jadi cukup pemanggilan dua kali berturut-turut. Jika tidak datang, berarti kalah perkara.

    Sekali lagi, Dhanadi menerima “Surat Sakti” tertanggal 7 Suklapaksa bulan Jyaistha tahun 844Ç atau 6 Mei 922M.
    Jelas sekali dari kedua kasus itu, ada upaya pemerasan yang coba dilakukan pejabat pajak. Di pihak lain, upaya negatif itu digagalkan hakim yang jujur.

    Sayang, proses pengadilan itu terjadi di masa lampau, tepatnya di Kerajaan Mataram. Kalau saja terjadi di masa kini, mungkin penjara kita sudah dipenuhi koruptor-koruptor.

    Terhadap ulah Pamariwa yang dua kali mangkir, tentu saja dikenakan sanksi berdasarkan hukum Jawa Kuno. Dikatakan di dalam berbagai kitab hukum, perbuatan menuduh yang tidak berdasar (duhilatan) adalah tindak pidana yang patut dikenai hukuman. Namun belum jelas hukuman apa yang dijatuhkan kepada Pamariwa itu. Juga kepada atasan Pamariwa, Wukajana dari Samgat Manghuri.

    Sebenarnya gambaran penerapan hukum di Indonesia banyak sekali terdapat dalam prasasti-prasasti yang berkategori jayapattra, jayasong, suddhapattra, dan sukhadukha (prasasti mengenai persoalan hukum).

    Sayang, pakar-pakar kita yang mampu menerjemahkan dan menafsirkan prasasti-prasasti demikian, masih bisa dihitung jari tangan. Akibatnya, banyak data masih tersimpan di berbagai museum di seluruh Indonesia. Juga di tempat-tempat lainnya seperti Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan Balai Arkeologi.

    [Dicuplik dari majalah Intisari, Maret 2010, bahan dari Museum Nasional Jakarta. Matur nuwun dumateng Mas Djulianto Susantio (Arkeolog), atas “koran kuno”nya.]

    Nuwun

    cantrik Bayuaji.

  24. Hallooo….?!

    • LA, Bandung, Tangerang

  25. Matur nuwun P. Satpam nadyan telat sampun ngunduh.

  26. ngundhuh…
    matur nuwun…
    sugeng enjang…
    nyuwun pamit…

  27. haddddiiiiiiirrrrrrrrrrr…

    mengundddddduuuuuuuuuuuuhhhh…

    terima kasssssiiiiiiiiiiihhhhhhh…

    sugeng dalu, ki arema, ki ismoyo, ki pak satpam, dan para bebahu padepokan serta para cantrik dan mentrik semua…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: