SUNdSS-37

sebelum >> | awal >> | PBM >>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 21 Juni 2010 at 04:15  Comments (126)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/sundss-37/trackback/

RSS feed for comments on this post.

126 KomentarTinggalkan komentar

  1. Sugeng enjang Ki Arema,bade nggelar tiker rumiyin.

    • Sugeng Enjing Ki Arema, Ki Honggo, Kisanak sedoyo….tak nggolek suguhan sik….

      • Untung isih iso nomere sidji …
        Pas diatas Ki AtrakDj dan Ki Honggopati …
        Sugeng enjing Ki …

        • Weh..Ki Rangga…sampun kundur saking ningali panta* barat Ki…..

  2. SElamat pagi poro kadang semua.
    Ayo segera lapor, gandok pungkasan sudah dibuka

    • Lho ki malah pun di wedar …..

  3. Melihat covernya kok seru pertempuran antara Mahisa Bungalan dengan Linggapati.

  4. isi absen….
    no.2
    setelah ki Honggo…

  5. wis langsung ta’ gondol kepojok gandhok….

  6. sugeng enjang
    absen Ki Arema…lajeng bade mlampah-mlampah

  7. Sugeng enjang….

    Nagturaken agunging panuwun kagem Ki Arema ingkang sampun kersa mungkasi seri SUNdSS…

    Kagem poro kadhang… sugeng liburan kemawon..

  8. Akhirnya selesai juga, matur suwun…

  9. matur suwun SUNdiSS…
    matur nyuwun PBM… (Panasnya bunga Mekar = Bunga Mekar yg Hot)…
    matur nywun pirso,..miSS NN koq bener2 misscomment njih

    • Cantriek bilang :

      KANGEN komen2-mu ni NN….Hiks-hiks
      (mblayuuu)

      • Yo wis tak komentari, Ki YuPram iki senengane kog yo mblayuu terus seh, mau lari kemana?????

        • Ki Tmg. YP itu biasanya kalo lari…ya lari mendekat Ni !

        • Sssstt,….pelan-pelan Ni nanti
          yang Laen pada dengar…heheeee

          LARI mendekat Ni, dari jauh susah
          mau nganthol CANTOLAN sunDss…!!

          terlihat SAMAR-samar… 😀

          • xixixi…rak tenan tho Ni….lari mendekat…istilah jadul-e PDKT…

          • ha-haa-haaaaa ki Menggung
            SIJI iki mesti gak pernah

            gelem KERI….hikss,

  10. matur suwun Ki Ismoyo dalah Ki Arema..
    Untuk Ki PA.. silahkan bernyanyi: ” teganya..teganya..teganya”

    • he..he…he…
      Ratu Tega…Nyi Mentholoan

      • Uhh… Raja Mbelink..dasar yach hiksss…

        • Dak kiro isih nunggoni alas mi55…
          (Ngene iki nek profesine podho…podho wong alase)

          • Alase wis ono sing nunggoni Ki PA, aku nang office jakarta mawon

  11. sampun ngundhuh Ki..
    Matur nuwun

  12. matur nuwun ki Arema dan ki Ismoyo

    sudah ikutan ngunduh sampai sundss tuntas … meski belum mempelajarinya sama sekali …
    nyuwun sewu jarang sekali memberi komen … sugeng istirahat sawetawis di dunia maya untuk dilanjutkan dengan menghadapi kegiaan2 riil di didunia … he3 …

    salam

  13. matur nuwun ki SENOPATI Pdls
    matur nuwun ki ISMOYO GagakSeta

    hiksss,
    di-sebut lengkap sapa tau ki AREMA
    wedar rontal PBM-1 lebih AWAL dari
    jadwal yang di-rencanakan….hehee

    • manfaatkan celah dan RUANG…!!!

      • BILA wektu me-mungkin-kan ki SENO
        pasti gak ke-B*RAT-an……!!!???

        • Kata Ki Arema : Cantrik yang satunya ini memang paling mahir dalam ilmu Ogrok-ogrok yach, he he he he
          Sabar…Sabar….Sabar….Sabar….(Orang sabar pasti kuesel, xixixi)

          • hikss,
            orang SABAR pasti buikin
            marem….tonggo samping
            depan dan belakang…!!!

            jarene, ki PANDAN lho Ni

          • HA HA HA HA

  14. matur nuwun sadayanipun ki Arema, ki Ismoyo sampun ngundhuh rontalipun

    Dengan sabar menunggu PBM muncul di padepokan

  15. Matur nuwun, selamat liburan ki Arema.

  16. Makasih Ki Arema, selamat berlibur…
    Semoga setelah kembali dari liburan,
    Ki Arema tambah semangat untuk membuka padepokan baru, ngewedar rontal baru, C-Mentrik tetap setia menunggu.

    • Lah mbok matur trs terang…
      Mrene dak wuru’I :” ki Arema yasahociba, monggo tho enggal2 medar kembang sinh HOT..”

  17. sundss selesai…..!!!!!!
    pbm kapan………..????
    ammc seret……….
    nggak pa’pa……
    puasa patigeni 4 hari 4 malem……

  18. sundss selesai…..!!!!!!
    pbm kapan………..????
    ammc seret……….
    nggak pa’pa……
    puasa patigeni 4 hari 4 malem……

    suwun ki Is.& ki Ar……

    • Jika Ki Bejo tidak sabar,
      bisa ngunduh di Kang Zuzi…PBM dan bahkan Hijaunya Lembah Hijaunya lereng pengunungan yang merupakan kelanjutan dari Panasnya Bunga Mekar sudah bisa diunduh…..silahkan.

      namun demikian kami di PdLS tetap akan memedar PBM maupun HLHLP sesuai dengan ketentuan yang sudah digariskan oleh yang mbaurekso ini padepoak yaitu Ki Senopati.

      • Namun…..bukan sombong,
        kwalitas scane-dejavu nya untuk Padepokan PdLS bisa dipertanggungjawabkan…putih, bersih dan enak dibaca…ngecap sithik.

        banyak pakarnya, seperti misalnya Ki Jogotirto…..he he he.

        • Enak dibaca..dan Perlu !

          Sugeng siang Ki Is……..

          • tempo2 orang perlu baca Tempo lho Ki Karto.

      • Hiks…Panembahan sajak sensi

        • hiks…..ngecap sekedik Ki Pandan.

          • nyuwun sewu ki Panembahan…
            sakjane teng gandok ammc-4 wonten kadadeyan punopo tho ki….koq ngantos ki Ajar Sengkaling sajak duko…

            nopo wonten pawongan engkang hanyolowadi membo2 dados Senopati…

  19. Selamat siang Ki Arema,
    Selamat Siang Ki/Nyi/Ni Sanak semua,

    Mohon ma’af Ki Arema…..saya yakin-Haqqul yaqin bukan Ki Arema…mungkin saya sendiri yang salah pencet…atau mungkin juga ada sanak kadang yang mempunyai kemampuan tinggi dalam hal IT…jadi sekedar iseng dan tidak sabaran untuk membaca serial berikutnya.
    dan kebetulan cantholan memang sudah saya sisipkan di pustaka. Dan ini merupakan pengalaman dan guru yang berharga…dengan ini masalah sudah tuntas dan selesai tidak perlu diperpanjang dan diperdebatkan lagi.

    Perihal kelanjutan SUNdSS yaitu Panasnya Bunga Mekar dam nantinya kelanjutan dari PBM, hijaunya lembah hijaunya lereng pegunungan 118 jilid, bukankah sudah kita niati bersama. Apapun segi positif dan negatifnya tetap….. jalan terus….sampai akhir.

    Namun demikian bagi sanak kadang yang ingin berburu PBM dan HLHLP sudah ada yang diwedar di Kang Zusi yang sumbernya dari Ki Dino. Namun yang tetap setia di Padhepokan PdLS….silahkan menunggu.

    nuwun
    ismoyo.

  20. Sugeng siang Ki Arema. Matur sembah nuwun SUNdSS dumugi jilid 37 sampun kulo undhuh sedoyo. Monggo menawi Ki Arema badhe libur rumiyin, kangge kulo malah dhawah kelerasan saged ngrampungaken maos kalihwelasan jilid SUNdSS supados mboten keponthal-ponthal menawi wonten wedharan enggal.

    • Nyuwun pangapunten salah ketik. Kelerasan yang benar … keleresan.

  21. selamat siang, akhirnya kerjaan di tegalan sudah selesai, walaupun blm 100% fixed

    • Hi mbak Cika, apa kabar, sepi neh padepokan ndak ada mbak cika. aku sendirian di gangguin terus ma raja mbelink & raja komen, hikss (ngadu ach)

      • tapi seneng khan

  22. Jeng Nona,
    kalau diganggu ama raja Komen en raja mbelink, bales saja, kalau gak bisa bales ya kabur aja

    • Xi xi xi xi, jurus baru ya mbak…

    • Tapi kalo yang ganggu raja dangdut ?…..ya njoget aja !….hiksss

      • hi-hii-hiiii….JEMPOL ni NONA nggo
        ki Menggung Kartojudo,

        Jo diGIGIT lho ki,
        seminggu LAGI…..jempol ni NONA mau
        dipake cap JARI

        • makanya mo minjem jarine Ki YuPram, tarik mang….xixixi

          • HA HA HA HA

          • ketinggalan tenan aku…

            tp panggraitaku koq miss NN iki hasil kloninge cantrik …

            hayo ono sing mateg aji kakang kawah adi ari2 yo…

          • hiksss,
            apa AJI-ajian yang kemaren belom mampu nembus ki,

            76 diBARTER sama….??
            mbok saya diwenehi ki,

          • hiks…
            nek ki menggung turun gunung, wis dijamin beres kabeh…termasuk kenyone diberesi sisan tanpa sisa

  23. matur nuwun langsung ngunduh

  24. Nuwun

    Pårå kadang

    Dongeng Arkeologi & Antropologi SUNdSS episode terakhir akan diwedarken. Lalu bagaimana kelanjutan dongeng arkeologi & antropologi selanjutnya.

    Nampaknya carios PBM (31 jilid) yang berlanjut dengan HL2Pnya (118 jilid) Ki Dalang SHM semakin “menyimpang jauh” dari pakem Pararaton, yang mengakibatkan dongengnya cantrik Bayuaji kagak nyambung.

    Petualangan Mahisa Bungalan yang lagi kasmaran sama prawan ndeså, tak mungkin dicatat di prasasati dan rontal sejarah manapun, kecuali di “rontal” dan “prasasti”nya Ki Dalang SHM.

    Tapi tidak apalah, cantrik Bayuaji (jika pårå kadang masih berkenan mendengarkan eh maksudnya membaca dongengnya cantrik), akan tetap mendongeng secara runtut menurut “pakem sejarah” yang ada hingga akhir masa Singosari, atau apakah masih ånå tutugé.

    Sumonggo

    Nuwun

    cantrik Bayuaji

    • teruskan ki BayuAji….tetep teruskan !!
      hikss, kok malah kayak pejuang 45 doeloe

      monggo ki,
      masalah SAMBUNG menyambung biarlah nanti
      cantrik mentrik Pdls yang melanjutken,

      diPILAH-pilih….diGATHUK-gathukno DeWe2
      kepanjangen diPENDEKno, kependek-en njih
      diDAWAKno….he-hee-heee !!

    • usul ki, …

      untuk mengisi waktu sementara Ki Dalang SHM semakin “menyimpang jauh” dari pakem Pararaton, .., lha mbok ya-â ki bayuaji ndongeng masa-masa pra singosari/tumapel. misalnya jaman erlangga, mpu sindok, sokur-sokur sampai mataram lama.
      selama ini, pengetahuan kami, … eh salah, … saya dhing, … masih samar-samar sebatas pelajaran sd-smp-sma. itupun sudah lama sekali.

      nyuwun pangapunten ki, saged kula namung waton njeplak.

      nuwun.

      • jaman berdirinya mataram khan ada di adbm ki….

        • maksudnya “mataram lama” ki, yang meningggalkan jejak candhi barabudhur. jadi masa sebelum mpu sindok. kira-kira tahun 825-an.

          ada jejak samar-samar di “http://www.gimonca.com/sejarah/sejarah01.shtml”

    • Tidak nyambung dengan Panasnya Bunga Mekar dan Hijaunya Lembah Hijaunya Pegunungan tidak apa-apa Ki Bayu. Bagi saya dongengnya Ki Bayu tidak kalah menarik dibanding karya Alm. SH Mintardja. Monggo dipun lajengaken, menawi saged malah dumugi Mojopahit, Demak, Pajang, Mataram, mboten namung Singosari kemawon. Matur nuwun.

      • On 21 Juni 2010 at 16:31 yudha pramana Said:
        On 21 Juni 2010 at 17:11 arga Said:
        On 22 Juni 2010 at 01:08 sukasrana Said:
        On 21 Juni 2010 at 17:07 pandanalas Said:

        Nuwun, pårå kadang.

        Insya Allah.

        Nuwun.

  25. matur nuwun ki…kitabe langsung di donlot, selamat berlibur

  26. nyuwun pangapunten kepareng matur sakedhik, bilih ingkang kapacak ing “gandhok undhuh sundss” nembé ngantos angka 25.

    sugeng makarya ki.
    matur nuwun.

  27. ada kekosongan..
    ada kegelisahan..
    ada keresahan..
    berujung pada kerinduan..

    empat hari adalah waktu yang panjang..
    bagi kekasih dalam penantian..
    akankah kita kembali dalam kebersamaan..
    seperti yang slalu ku impikan..

    @ dumateng Ki Is & Ki Ar
    akankah padepokan suwung brung selama 4 hari libur..?
    Dimanakah para cantrik/ mentrik gegojekan selama liburan..?
    Matur suwuuuun

  28. Hore….rapote wis dibagi…….
    hore….preinan patang dina…..
    hore….wayahe gegojegan neng gandhok luwih dawa…..

    Katur Ki Senopati, Ki Panembahan, Ki Jogotirto,
    ngaturaken gunging samudra panuwun dene para cantrik sampun keparengaken ngunduh rontal2 SUNdiSS kanti gancar.
    Setya tuhu ngrantos dumugi titi wancinipun rontal Panasnya Bunga Mekar kawedhar.
    Nuwun.

  29. Awignam astu namassidêm,

    [Mugi linupútnå ing rêridhu].

    Pårå ubhwan, pårå ajar, pårå putut manguyu, jêjanggan, pårå tåpå, pårå tapi, pårå èndhang, pårå kadang cantrik, lan sêdåyå pårå kaki bêbahu padépokan.

    Pårå kadang ingkang dahat kinurmatan, pårå kadang sutrêsnå padépokanTumapél Singosari PdLS & SUNdSS”.

    Nuwun,

    Cantrik Bayuaji marak ing paséban.

    Lir sumilir lumakuning urip rinå lan wêngi, wanci surup, srêngéngé anslup, wêngi têngah wêngi, lingsir wêngi, saput siti, ésuk umun-umun plêthek srengéngé, wisan gawé, têngah awan, lingsir kulon banjur bali surup manèh, mugå-mugå antuk pêpayunganing Gusti Kang Måhå Wikan, manêdyå wantah ora kêndat tansah éling lan manêmbah mring Gusti. Ing madyå ratri pating trênyêp sumrêsêp hêning, énang-énung awang-awung, lamat-lamat dumêling ing akåså, sumusup himå himantåkå, satémah mawéh prabåwå hambabar wahyu kunugrahan suci, mugå-mugå têtêp winêngku sukå basuki.

    DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI © 2010. [dongèng kaping-27. Rontal SUNdSS 37]

    Dongèng sakdéréngipun, dongèng kaping-26; kapacak ing Rontal SUNdSS 31. lan sisipan dongèng Timun Êmas ing Rontal SUNdSS-32.

    Dongèng ing samangké, kasêrat ing dintên Somå Kêliwon, 22 Juni 2010M, ndalu Anggårå Umanis wuku Kuruwêlut 1932Ç; 10 Rêjêb 1943 – Dal; 10 Rajab 1431H ing Rontal SUNdSS-37.

    Dongeng Arkeologi & Antropologi kaping-27 ini merupakan dongeng pungkasan dari lakon Pelangi Singosari SUNdSS. Selanjutnya Ki Dalang SHM masih akan melanjutkan dua episode lagi yaitu Panasnya Bunga Mekar (PBM) 31 jilid; dan Hijaunya Lembah, Hijaunya Lereng Pegunungan (HL2P) 118 jilid.

    Berdasarkan pengalaman wedarnya SUNdSS dari jilid yang satu ke jilid selanjutnya selama ini rata-rata dua hari per jilid, maka untuk PBM yang 31 jilid dan HL2P yang 118 jilid akan memerlukan waktu yang cukup lama sampai berakhirnya lakon Pelangi Singosari ini. Sehingga cukup banyak waktu untuk bergojégan di antara pårå kadang.

    Tapi adakalanya dalam bergojég, terselip sesuatu yang menimbulkan kekurang-nyamanan, ‘ontran-ontran’, yang mengakibatkan saling curiga, berprasangka buruk, paling tidak grêgêtan, mangkêl, uring-uringan, hilang kesabaran, bahkan mungkin puncaknya kemarahan yang amat sangat, dukå yayah sinipi, seperti yang digrundêli oleh Ki Sénopati Mahésa Aréma akhir-akhir ini. Tetapi dukå saja tidak akan menyelesaikan masalah.

    Namun, sangat disayangkan, bahwa bidang kawruh teknologi informasi berbasis komputer bukanlah disiplin ngèlmu yang cantrik Bayuaji kuasai. Cantrik Bayuaji bisané mung uthak-uthik watu, nggathuk-nggathuké lan nåtå watu, karépé bén diarani kåyå sinuwun Sri Maharaja Samarottungga wamca Syailéndra rikala panjênêngané arép ngadêkaké candi Borobudur; njingglêng kamitênggêngên m’baca prasasti, memelototi arca, patung-patung watu kuno, ménhir, sarcophagus, karo umak-umik , mencari dan ‘sowan’ ke kuburan-kuburan kuno, pêtilasan-pêtilasan kuno, tempat-tempat yang ‘wingit, dan ‘angkêr’, umak-umik lagi kaya wong ndongå.

    Mbakar mênyan, dupå, sêtanggi lan mandi kêmbang, golèk wangsit’. Éh ênggak ding.

    Dengan demikian munculnya kasus tulisan yang disebut oleh Ki Arema sebagai di luar batas kewajaran di padepokan, cantrik Bayuaji tidak dapat memberikan saran atau rêmbugan solusinya. Nyuwun pangapuntên Ki Arema tuwin Ki Ismoyo, cantrik Bayuaji mboten saged paring usådå.

    Pårå kadang

    Menelisik (istilah apa lagi ini) isi rontal SUNdSS pada episode-episode akhir, sejak Ibu Suri Permaisuri Sang Ardanareswari Ken Dedes kondur dumatêng jaman kêlanggêngan yang diceritakan pada rontal SundSS ke-13, maka sudah menjadi “trade mark” Ki Dalang SHM, bahwa beliau telah “menyimpang” dari pakem Pararaton dan rontal-rontal sejarah yang ada, dan ini berlanjut terus hingga ke jilid-jilid selanjutnya.

    Kita baca setiap jilid selalu diramaikan dengan munculnya tokoh-tokoh ‘piktip’, ‘imajinatip, nangingkreatip’ (nulisé pênêr nggak), dan nama-nama itu pasti tidak akan dijumpai di rontal dan prasasti sejarah manapun kecuali di “rontal “ dan “prasasti”nya Ki SHM sendiri.

    Kita tahu dengan kepiawaiannya Ki SHM meramu kisah nyata dan fiksi yang berlatar belakang sejarah Tumapel Singosari maka “lahirlah” tokoh-tokoh yang “sêkti måndrågunå” dengan ajian-ajian yang “huuéébat-huuéébat tur nggêgirisi”.

    Sejak alur cerita Ki SHM dengan memunculkan tokoh-tokoh ‘piktip’, ‘imajinatip, nangingkreatip’ yang telah disebutkan di atas, hingga akhir episode SUNdSS ini, menjadikan cantrik Bayuaji “kehilangan jejak”, sehingga dongeng arkeologi & antropologikagak nyambung”.

    Dongeng Arkeologi & Antropologi berusaha mengikuti alur cerita Ki SHM, tetapi sudah barang tentu dari sudut pandang yang berbeda, karena dongengnya cantrik merupakan “murni” pelajaran sejarah.

    Dengan demikian Cantrik Bayuaji berupaya untuk menyajikan ‘fakta sejarah‘ berupa kejadian-kejadian nyata masa lalu seperti yang diberitakan oleh para penulis rontal-rontal, tamra prasasti, candi, dan situs-situs purba yang berkenaan dengan itu.

    Berikut di bawah ini adalah sumber penulisan dan rujukan yang cantrik Bayuaji jadikan acuan dalam dongeng arkeologi & antropologi yang diwedar, antara lain:

    I. Rontal, kitab-kitab kidung, kitab-kitab babad:
    a. Rontal Kidung Pararaton;
    b. Rontal Pujasastra Negarakertagama;
    c. Rontal Kidung Harsawijaya;
    d. Rontal Kidung Panji Wijayakrama;
    e. Rontal Kidung Sundayana;
    f. Kitab Babad Tanah Jawi.

    II.Tamra Prasasti:
    a. Mula Malurung;
    b. Sapi Kerep;
    c. Jedung Kembang Sri;
    d. Wurandungan;
    e. Kudadu;
    f. Sarwadharma;
    g. Pakis Wetan;
    h. Penampihan.

    III. Relief-relief pada beberapa candi
    a. Candi Kidal;
    b. Candi Singosari;
    c. Candi Jago.

    IV. “Rontal” dan “prasasti” masa kini:
    1. Andjar Any. Raden Ngabehi Ronggowarsito, Apa yang Terjadi? . Aneka Ilmu Semarang 1980;
    2. Andjar Any. Rahasia Ramalan Jayabaya, Ranggawarsita & Sabdopalon. Aneka Ilmu, Semarang 1979;
    3. Atmodjo, M.M. S. Karto. Struktur Masyarakat Jawa Kuno pada Jaman Mataram Hindu dan Majapahit. Pusat Penelitian dan Studi Pedesaan dan Kawasan UGM Yogyakarta 1979;
    4. Boechari. Manfaat Studi Bahasa dan Sastra Jawa Kuna ditinjau dari Segi Sejarah dan Arkeologi. Majalah Arkeologi Tahun I No. 1. 1977.
    5. Mangkudimedja, R.M., Serat Pararaton. Alih aksara dan alih bahasa Hardjana HP. Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah. Departemen P dan K, Jakarta 1979;
    6. Mangkudimedja. R.M. Serat Pararaton Jilid 2. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah. Jakarta 1979;
    7. Megandaru W. Kawuryan. Negara Kertagama, Tata Pemerintahan Kraton Majapahit. Panji Pustaka Jakarta 2006;
    8. Mudjadi dan Agus Salim (penerjemah), The Antiquites of Singasari. Terjemahan 1976. Blom, Yessy. 1939;
    9. Nugroho Notosusanto, Prof. Dr. Sejarah Nasional Indonesia, Jilid II. Balai Pustaka, Jakarta. 1984;
    10. Padmopuspito, Ki. J. Pararaton; Teks Bahasa Kawi, Terjemahan Bahasa Indonesia. Taman Siswa, Yogyakarta. 1966;
    11. Partokusumo, Karkono. Falsafah Kepemimpinan dan Satria Jawa dalam Perspektif Budaya. Bina Rena Pariwara. Jakarta. 1998;
    12. Pitono, R. Pengaruh Tantrayana pada Kebudayaan Kuno di Indonesia. IKIP Malang tanpa tahun;
    13. Poerbatjaraka. Kapustakan Jawi. Djambatan. Jakarta. 1964;
    14. Poesponegoro & Notosusanto (ed.) Sejarah Nasional Indonesia Jilid II. Balai Pustaka Jakarta 1990;
    15. Poesponegoro, M.D., Notosusanto, Nugroho. (editor utama). Sejarah Nasional Indonesia. Edisi ke-4. Jilid II. Balai Pustaka, Jakarta 1990;
    16. Ricklefs. MC. Sejarah Indonesia Modern (terj.) Gadjah Mada University Press. Yogyakarta 1991;
    17. Sedyawati, Edi Keadaan Masyarakat Jawa Kuna Masa Kadiri dan Masalah Penafsirannya. Satyawati Suleiman (eds.) Pertemuan Ilmiah Arkeologi III. Puslitarkenas. Jakarta 1985;
    18. Sedyawati, Edi Pembagian Peranan Dalam Pengelolaan Sumberdaya Budaya. Diskusi Ilmiah Arkeologi XIII, 6 April 2001 di Denpasar. 2001;
    19. Slamet Muljana Prof. Dr, Menuju Puncak Kemegahan . LkiS Yogyakarta: (terbitan ulang 1965).
    20. Slamet Muljana Prof. Dr, Nagara Kertagama, Tafsir Sejarah. LkiS Yogyakarta 2006;
    21. Sumadio, B. (ed.). Sejarah Nasional Indonesia II. Balai Pustaka, Jakarta 1977;
    22. Buku, catatan, wawancara dengan penduduk setempat, penelurusan lokasi petilasan, candi, situs purbakala, prasasti (terutama yang tersimpan di museum-museum). dll.:

    a. Majalah: Majalah Berkala Arkeologi .
    b. Museum:
    Museum Nasional (Gajah) Jakarta.
    Museum Empu Tantular, Surabaya.
    c. Situs Purba sekitar Malang, Kadiri, Blitar, Gunung Penanggungan, Trowulan.
    d.Data-data sejarah lainnya yang tidak dapat disebutkan secara rinci, karena saking banyaknya.

    Pårå kadang ingkang dahat kinurmatan:

    Sebagai kilas balik, berikut di bawah ini adalah urutan dongeng arkeologi & antropologi sejak dijlentrehken pertama kalinya On 24 Januari 2010 at 08:21.

    Berawal dari rasa penasaran Senopati Ki Mahesa Arema: Panawijen, sungguh membuat penasaran. Adakah yang bisa memberikan pencerahan?
    Penasaran.……………….!!

    Demikian ditulis Ki Arema mengawali gandhok PDLS-40 On 24 Januari 2010 at 12:00

    1. Dongèng kaping-1. PdLS 40: On 24 Januari 2010 at 08:21 “nDédés, Kuntum Bunga di Kaki Gunung Kawi . Sétra Panawijén, binahut angêris

    2. Dongèng kaping-2. PdLS 41: On 25 Januari 2010 at 16:48 “Pånåwijén”, “Panawijyan”, dan kini “Polowijén

    3. Dongèng kaping-3. PdLS 41: On 26 Januari 2010 at 10:55 “Mandala Kedewaguruan” “[Kadewagurwan]”

    4.Dongèng kaping-4. PdLS 43: On 29 Januari 2010 at 09:59 “Pararaton. Diary Ke Arok”;

    5. Dongèng kaping-5. PdLS 46: On 4 Februari 2010 at 10:34 “Lêmbu pêtêng”;

    6.Dongèng kaping-6. PdLS 49: On 11 Februari 2010 at 02:39 “Kén Dédés, Karma amamadhangi,Sang Ardanariswari”;

    7. Dongèng kaping-7. PdLS 50: On 13 Februari 2010 at 10:15 “Prajñaparamita ”;

    8.Dongèng kaping-8. PdLS 51: On 15 Februari 2010 at 00:53 “nDédés putri ayu Kén”;

    9. Dongèng kaping-9. PdLS 52: On 16 Februari 2010 at 06:37 “Angrok, kéré mungah balé”;

    10. Dongèng kaping-9 (lanjutan). PdLS 53: On 18 Februari 2010 at 14:33 “Angrok, kéré mungah balé ”;

    11. Dongèng kaping-10. PdLS 62: On 8 Maret 2010 at 10:09 “Mula Malurung”;

    12.Dongèng kaping-11. PdLS 64: On 12 Maret 2010 at 09:07 “Perang Ganter, Angrok mengkudeta Kadiri”;

    13. Dongèng kaping-12. PdLS 70: On 21 Maret 2010 at 01:51 “Silsilah raja-raja Tumapel, Singosari hingga Majapahit ”;

    14. Dongèng kaping-13. PdLS 72: On 24 Maret 2010 at 07:51 “Intrik berdarah yang tak pernah henti, Anusapati ><Tohjaya”. Episode I;

    15.Dongèng kaping-14. PdLS 73: On 26 Maret 2010 at 20:55 “Intrik berdarah yang tak pernah henti, Anusapati ><Tohjaya”. Episode II;

    16. Dongèng kaping-15. PdLS 74: On 28 Maret 2010 at 19:20 “Intrik berdarah yang tak pernah henti, Anusapati ><Tohjaya”, “êmban cindhé êmban siladan. Angrok mempunyaiwil”. Episode III;

    17.Dongèng kaping-16. PdLS 76: On 31 Maret 2010 at 10:44 “Pemerintahan Sri Rangga Rajasa Bhatara Sang Amurwabhumi”. Bagian Pertama;

    18. Dongèng kaping-17. PdLS 77: On 1 April 2010 at 13:15 “Pemerintahan Sri Rangga Rajasa Bhatara Sang Amurwabhumi” Bagian Kedua;

    19.Dongèng kaping-18. PdLS 79: On 3 April 2010 at 06:01 “Intrik berdarah yang tak pernah henti, Anusapati ><Tohjaya”, “êmban cindhé êmban siladan. Dendam nDédés ”. Episode IV;

    20. Dongèng kaping-19. SUNdSS 01: On 7 April 2010 at 18:03 “Candik Ålå. Sandhé jabung sampun ing surup amasang sandhé. Angrok sira línå ing dampa kanaka ”;

    21. Dongèng kaping-20. SUNdSS 05: On 17 April 2010 at 14:54 “Wamça Rajasa Sang Girindranatha dan tafsir sejarahnya” Bagian Pertama;

    22. lanjutan Dongèng kaping-20. SUNdSS 07: On 20 April 2010 at 10:55 “Wamça Rajasa Sang Girindranatha dan tafsir sejarahnya” Bagian Kedua;

    23. Dongèng kaping-21. SUNdSS 09: On 24 April 2010 at 20:41 “Apanji Tohjaya. Sinêlir ><Râjasa”. Episode I;

    24.Dongèng kaping-22. SUNdSS 11: On 29 April 2010 at 11:12 “Tata Pemerintahan Singosari Majapahit”;

    25. Dongèng kaping-23. SUNdSS 14: On 3 Mei 2010 at 14:29 “Apanji Tohjaya pralaya. Rawuh sireng katanglumbang mukta ta sira. Moktå irå ilang cidrå” Episode II;

    26. Dongèng sisipan: SUNdSS 15 On 6 Mei 2010 at 06:35 “Babad Tanah Jawi”;

    27.Dongèng kaping-24. SUNdSS 17: On 12 Mei 2010 at 06:17 “Någhå Roro Salèng Jumênêng Nåthå”;

    28. Dongèng sisipan SUNdSS 20: On 21 Mei 2010 at 07:02. “Sebuah Renungan”;

    29. Dongèng kaping-25. SUNdSS 29: On 8 Juni 2010 at 01:47 “Bhatara Wisnu menumpas pemberontak Kalayawana”. Episode I;

    30. Dongèng kaping-26. SUNdSS 31: On 11 Juni 2010 at 20:27 “Bhatara Wisnu menumpas pemberontak Kalayawana, banjir lêndhut bêntèr terasi muncrat” Episode II;

    31. Dongèng kaping-26 (lanjutan). SUNdSS 32 On 14 Juni 2010 at 09:18 “Timun Êmas, terasi muncrat”. Episode III

    Semua ini dapat diakses di:

    https://pelangisingosari.wordpress.com/dongeng-arkeologi/

    Terakhir yang tengah dibaca ini.

    Dongèng kaping-27. SUNdSS On 21 Juni 2010 “Bhatara Wisnu menumpas pemberontak Kalayawana’. Episode III. TANCÊP KAYON.

    Pårå kadang:

    Kisah sekitar tahun-tahun pertama Singosari sangat sedikit yang diceritakan. Kecuali tentang rangkaian pembunuhan berdarah, yang diikuti dengan maraknya raja yang satu disusul raja yang lain itu saja. Walaupun begitu ilmu purbakala menyingkap dua perkembangan yang sangat menarik dari kurun waktu ini.

    Dalam arsitektur dan seni, unsur-unsur pribumi Jawa sangat berkembang. Di bidang agama simbiosis antara Siwa dan Budha menjadi semakin padu. Walaupun ciri-ciri Hindu atau Budha lahiriah di dalam seni pahat tetap kental, namun kesejatian maknanya harus dicari di dalam folklor dan legenda pribumi. Semua ciri-ciri itu mendedahkan kekuatan-kekuatan adiluhung dan adikodrati yang menjadi pujaan rakyat.

    Dalam pada itu lakon Singosari hingga kini (Juni 2010), adalah sebagai berikut:

    I. PdLS, Pelangi di Langit Singosari; 79 jilid. Tamat
    II. SUNdSS, Sepasang Ular Naga di Satu Sarang; 37 jilid. Tamat.
    III. PBM, Panasnya Bung Mekar; 31 jilid, belum diwedar, baru “koper”nya
    IV. HL2P, Hijaunya Lembah, Hijau Lereng Pegunungan. 118 jilid, belum ada “wujud”nya.

    Cantrik Bayuaji belum tahu pasti, bagaimana akhir lakon Singosari pada episode HL2P, miturut Ki Dalang SHM, tetapi nampaknya PBM akan “menyimpang jauh” dari pakem Pararaton.

    Semoga Yang Maha Agung, Gusti Kang Tansah Paring Wêlas lan Asih, anêbihakên sêdåyå sêngkålå tuwin sêdåyå bêbêndu. Aamin.

    Berikut ini Cantrik Bayuaji mulai mendongeng:

    BHATARA WISNU menumpas pemberontak KALAYAWANA” (Bagian Ketiga, terakhir)
    Didongengkan pada dongeng ke-26 SUNdSS 31 dan SUNdSS 32, bahwa Sang Prabu Wisnuwardhana disibukkan membangun pelabuhan baru di Canggu, karena pelabuhan lama Jedung tak dapat dipergunakan lagi.

    Daerah sekitar pelabuhan lama Jedung hancur kâtrajang banjir lumpur panas ‘lêndhut bêntèr têrasi muncrat Timun Êmas‘ sama seperti ‘têrasi muncrat ’nya “jeng” Lusi Lumpur Sidoarjo sekarang.

    Apakah bencana ‘terasi muncrat’nya “Jeng”Lusi sekarang akan memundurkan Jawa Timur atau bahkan Indonesia ? Sekitar 500-600 tahun yang lalu mungkin hal yang sama telah terjadi terhadap Majapahit ! Lima ratus tahun kemudian, mestinya kini kita tak semudah itu patah diterjang bencana bukan?

    Cerita rakyat atau dongeng Jawa Timur Timun Êmas berasal dari sekitar zaman Jenggala Kahuripan di Delta Brantas sekitar abad ke-11. Kemunculan buto rasêkså yang selalu disertai gempa, garam yang dilempar Timun Êmas yang menjadi lautan, dan terasi yang dilempar Timun Êmas yang menjadi lumpur panas yang akhirnya menenggelamkan sang raksasa, secara samar menggambarkan kondisi bagaimana kalau sebuah mud volcano ala lumpur sidoarjo meletus.

    Kita melihatnya sekarang, lumpur panas dan genangan seperti laut dengan air asin menengelamkan desa-desa Sidoarjo yang dulunya adalah wilayah Kahuripan.

    Apakah dongeng Timun Êmas sebenarnya menggambarkan bahwa dulu pun kasus seperti lumpur sidoarjo pernah terjadi ? Walahualam.

    Tetapi penelusuran buku-buku sejarah, geologi, dan folklore Timun Êmas rasanya memungkinkan hal itu.

    Tulisan diatas menunjukkan bahwa di daerah ini dahulu pernah terjadi secara alamiah, juga memberikan pelajaran bahwa mud volcano adalah proses alam yang pernah terjadi sejak dahulu di daerah ini. Artinya daerah Jawa Timur terutama sekitar Porong sangat berpotensi untuk terjadi atau munculnya mud volcano, maka manusia masa kini seharusnya memahami sejarah masa lalu, apa yang patut diperbuat dan apa yang tidak seharusnya dikerjakan.

    Janganlah atas nama kemakmuran hari ini, lalu isi perut bumi diudèl-udèl sakêpenake udélé déwé.
    Tuhan memang memerintahkan untuk mencari kekayaan dari bumi dan dari dalam perut bumi, tetapi janganlah atas nama meningkatkan kesejahteraan penduduk negeri, tabungan masa depan untuk anak cucu keturunan dituntas-habiskan pada hari ini. Dan pada kenyataannya bukan kemakmuran yang didapat, bukan kesejahteraan yang diperoleh, namun bencana dan malapetaka yang tak berkesudahan.

    Terhadap kelompok orang-orang tertentu boleh jadi tidak ikut merasakan kesengsaraan, namun sekian jiwa telah kehilangan harta benda dan sekian harta benda lenyap ditelan “têrasi muncrat yang bau “amis”nya (berupa gas methana) minta ampun, akibat ulah “buto sing gêdrug-gêdrug bumi” yang tidak mau belajar dari sejarah.

    Bumi tempat tinggal kita ini bukan miliki kita semata, tetapi bumi ini yang kita wariskan nantinya kepada anak cucu keturunan kita.

    Kalau sejarah lama pernah menunjukkan bahwa di wilayah Banjar Panji sekarang yang merupakan wilayah kerajaan Jenggala Kahuripan pada abad ke-11 waktu itu, pernah terjadi terjangan lumpur panas, bahkan berulang-ulang paling tidak dua atau tiga kali:

    1. Menurut Prasasti Kelagyan (Kamalagyan) yang dibuat semasa Prabu Airlangga bercandra sengkala 959Ç atau 1037M. Kelagyan adalah nama desa Kelagen sekarang di utara Kali Porong.

    Prasasti Kelagyan menceritakan bahwa pada suatu hari sungai Brantas yang semula mengalir ke utara tiba-tiba mengalir ke timur memutuskan hubungan negeri Jenggala dengan laut, merusak tanaman dan menggenangi rumah-rumah penduduk.

    Prabu Airlangga membuat bendungan untuk mengatur daerah aliran sungai Brantas. yang semula mengalir ke utara tiba-tiba mengalir ke timur memutuskan hubungan negeri Jenggala dengan laut, Sang Prabu Airlangga bertindak membangun BENDUNGAN besar di Waringin Pitu dan memaksa aliran sungai Brantas kembali mengalir ke utara.

    2. Bencana yang dalam kitab Pararaton disebut “BANYU PINDAH

    3. Bencana yang sama, yang dalam kitab Pararaton disebut “PAGUNUNG ANYAR

    karena isi kandungan bumi di bawahnya merupakan mud volcano, seyogyanya tidak perlulah si “buto gêdrug-gêdrug, sehingga menimbulkan gempa dan membuat têrasi muncrat.

    Sejarah masa lalu adalah cermin masa kini. Andaikata kita mau belajar sejarah dan memahami kejadian-kejadian masa lalu, maka muncratnya ‘têrasi sidoarjo’ dapat dicegah.

    Pararaton mengabarkan:

    Bhatara Wisnuwardhana angadegaken kutha ring Canggu lor isaka 1193.

    [Batara Wisnuwardana mendirikan benteng di Canggu sebelah utara pada tahun 1193Ç atau 1271M].

    Selanjutnya Pararaton mengabarkan penyerbuan pasukan tentara Singosari yang dipimpin oleh Sang Senopati ing Ayudhå Mahisa Bungalan.

    Sangkan ing mahibit alah, lan engon wong, haran sira Mahisa Bunghalan ,

    [Adapun sebabnya Mahibit kalah, karena kemasukan orang yang bernama Mahisa Bungalan].

    Prasasti Mula Malurung Lempengan X A dan XI A (?) menyatakan secara tersamar atas ketidak-senangan penyatuan kedua kerajaan itu dengan kalimat:

    Sungguh takutlah para pengikut Sri Maharaja Lingga Chaya kepada Paduka para Prabu semuanya. Takutnya sama seperti rama Sri Maharaja Lingga Chaya kepada Paduka Sri Maharaja Jagannatha.”

    Nagarakretagama memuat keterangan bahwa Prabu Wisnuwardhana menghancurkan para pemberontak yang dipimpin oleh Linggapati sehingga takutlah musuh baginda.

    Siranghilangaken duratmaka manama linggapati mati sirnna sahana
    Ares sahana ning parangmuka ri jong nireki tuhu dewamurtti sakala
    .

    [Beliau memusnahkan perusuh Linggapati serta seluruh pengikutnya, Takut semua musuh kepada beliau, sungguh titisan Siwa di bumi].

    Babad Tanah Jawi tidak menceritakan adanya penyerangan ke Mahibit.

    Peperangan antara Prabu Wismuwardhana dan Sang Lingganing Pati justru dikisahkan melalui relief pada tubuh Candi Jajaghu (nama lama dari Candi Jago), berupa peperangan antara Kresna dengan raja raksasa Kalayawana.

    Digambarkan Kresna melarikan diri kedalam goa, dimana raja Mucukunda tertidur melepas-lelah setelah peperangan bersama para dewa melawan para raksasa. Sebagai hadiah atas bantuannya itu ia memperoleh kesaktian dapat membakar siapa saja yang berani mengganggu tidurnya.

    Karena dikejar-kejar oleh Kalayawana, Kresna masuk kedalam goa dan bersembunyi di belakang tempat tidur Mucukunda. Kalayawana yang tidak berhati-hasti itu menendang Mucukunda, karena disangka Krisna. Resi Mucukunda marah, maka Kalayawana bersama para tentaranya terbakar oleh api yang keluar dari pandangan mata Mucukunda.

    Kresna muda itu selalu nakal. Dan, karena kenakalannya ia dikejar-kejar oleh raksasa bernama Kalayawana. Kresna lalu berlindung kepada pendeta sakti Resi Mucukunda. Kalayawana terus mengejar Kresna. Karena tak tahu sopan santun di hadapan Resi Mucukunda, akhirnya Kalayawana mati terbakar api yang keluar dari jari Sang Resi.

    Pada Kakawin Kresnayana, diceritakankan pula kisah peperangan antara Prabu Wismuwardhana dan Sang Lingganing Pati, sama seperti relief pada Candi Jago.

    Pupuh 1 (bait 1-5) : Manggala dipersembahkan kepada Dewa Wisnu yang menjelma menjadi manusia pada zaman Dwapara.

    Pada Pupuh 1 bait 1 sd 5 menceritakan bahwa Bhatara Wisnu turun kedunia menjelma menjadi manusia Kresna bernama Bhatara Seminingrat Wisnuwardhana untuk memusnakan segala macam bentuk kejahatan di bumi.

    Pupuh 2 (bait 1-8) : Ada suatu kerajaan yang bernama Dwarawati dengan rajanya bernama Kresna. Raja Kresna terkenal di dunia bermusuhan dengan raja Yawana yang bernama Kalayawana yang berbentuk raksasa.

    Prabu Wisnuwardhana memerintahkan senopatinya Mahisa Bungalan membakar habis pemukiman Linggapati dan gerombolannya di Mahibit.

    Bandingkan dengan gambar pada relief Candi Jago dan Kidung Krenayana, yang menceritakan bahwa Yawana mengejar ke gua dengan suara keras sehingga Resi Pendeta Mucukunda (Mahesa Bungalan ?) bangun dan sangat marah, keluar api dari matanya dan membakar Kalayawana.

    Kresna tidak mau berhadapan di dalam peperangan, tetapi membuat strategi. Ia mencari perlindungan kepada Pendeta Mucukunda yang sedang tidur di gua di lereng Gunung Himawan Kresna. Kemudian, Yawana mengejar ke gua dengan suara keras sehingga Pendeta Mucukunda bangun dan sangat marah, keluar api dari matanya dan membakar kalayawana. Setelah Kresna menang barang rampasan perang dan wanita dari kerajaan Yawana dibawa ke Dwarawati.

    Analisis data tahun

    Data tahun pembangunan benteng pelabuhan Canggu yang dikabarkan Pararaton ternyata meragukan. Menurut Pararaton, pembuatan benteng di Canggu Lor adalah tahun 1193Ç/1271M. Angka tahun ini berselisih dengan data lainnya.

    Prabu Wisnuwardhana menghancurkan pemberontakan Linggapati di Mahibit sekitar tahun 1174Ç atau 1252M, sebelum benteng Canggu dibangun, dan menurut Kitab Nagarakretagama, Prabu Wisnuwardhana meninggal pada tahun 1190Ç atau 1268M. Demikian juga data dari Candi Jago.

    Dikabarkan pada data sejarah lainnya bahwa pembangunan Canngu dilakukan oleh Prabu Wisnuwardhana, maka sangatlah tidak mungkin pelabuhan Canggu dibuat setelah penyerangan ke Mahibit atau setelah Prabu Wisnuwardhana meninggal.

    Dijelaskan pada dongeng sebelumnya bahwa benteng atau pelabuhan Canggu dibuat dengan maksud sebagai benteng pertahanan dan penyerangan musuh yang bertahan di Mahibit, selain sebagai pengganti pelabuhan Jedung yang rusak karena bencana alam meluapnya lumpur panas.

    Data sejarah yang “agak” akurat berdasarkan analisis sumber sejarah yang ada, dapat dijelaskan sebagai berikut:

    1. peristiwa pembuatan bendungan karena banjir lumpur panas “banyu pindah” pertama adalah tahun 959Ç atau 1037M, semasa Prabu Airlangga memerintah di Janggala;

    2.peristiwa banyu pindah karena banjir lumpur panas kedua diperkirakan tahun 1172Ç atau 1250M;

    3. pembangunan benteng atau pelabuhan Canggu tahun 1174Ç atau 1252M. bukan tahun 1193Ç/1271M;

    4.penyerbuan ke Mahibit tahun 1174Ç atau 1252M;

    5. Linggapati pralaya tahun 1174Ç atau 1252M;

    6. Prabu Wisnuwardhana mangkat dan dicandikan di candi Jago tahun 1190Ç atau 1268M;

    7.peristiwa “pagunung anyar” akibat banjir lumpur panas ketiga tahun 1256Ç atau 1334M, jaman Majapahit.

    Catatan: data di atas berdasarkan hipotesis sejarah terakhir yang dapat dikaji, tidak menutup kemungkinan data ini berubah jika ditemukan data sejarah lainnya yang lebih grès.

    Matahari bersinar cerah di langit Singosari, dan Någhå Roro Salèng atau Sepasang Ular Naga di Satu Sarang dapat tidur dengan nyenyak, pekerjaan selanjutnya adalah membuat Singosari semakin bercahaya, tidak ada lagi kesulitan yang bakal mengabut di seluruh daerah Singasari, musuh telah ditaklukkan, dan alampun telah dijinakkan.

    Maka kemudian tibalah saat-saat cerah, Singosari semakin semarak di bumi yang semakin gemah ripah. Pada saatnya para sesepuh lengser, maka tampillah orang-orang muda menggantikannya.

    Dan Någhå Roro Salèng itu semakin kuat dan di dalam pemerintahan Singosari, meskipun masih dibayang-bayangi oleh Kadiri yang tidak dapat melupakan kejayaan masa lalunya. Disana masih ada Jayakatwang yang bertahta di Gelang-gelang daerah Wurawan wilayah Kadiri. Itu adalah dongeng tersendiri.

    Pemerintahan Någhå Roro Salèng berlanjut hingga tiba wisuda sang pemimpin baru di Singosari. Siapa?

    Dia adalah sang pencetus ide cakrawala mandala nusantara, yang menjadi inspirasi bagi Sumpah Palapa Sang Mahamantri Mukya Rakyran Mahapatih Gajah Mada dan dewasa ini menjadi latar belakang wilayah teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dicetuskan pada Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

    Dia adalah Prabu Kertanagara bergelar Śrī Mahārājādhirāja Kŗtanagara Wikrama Dharmmottunggadewa.

    Konflik Singasari pun berakhir pada pemerintahan Ranggawuni Sang Prabu Wisnuwardhana, sehingga beliau akhirnya meninggal tanpa harus terkena kutukan keris Empu Gandring.

    Ketika Jayawisnuwardana meninggal, abunya dibagi dua dan disimpan di dua candi. Di Candi Mleri ia dipuja sebagai titisan Syiwa, dan di Candi Jago sebagai Bodhisatwa Amogapasya. Teras dan lorong Candi Jago dipenuhi dengan relief yang melukiskan cerita-cerita jataka dari Tantri Jawa Kuno, dan ketika Sang Anggabhaya Mahisa Campaka Narasinghamurti wafat, beliau dicandikan di Kumeper, sebagian abunya dicandikan di Wudi Kuncir.

    Babad Tanah Jawi mengabarkan meninggalnya Sang Prabu Wisnuwardhana:

    Sang Nåtå sédå ing taun 1190Ç, layoné diobong kåyå adat, awuné sing sêparo dicandhi ånå ing Weleri, ditumpangi rêcå Syiwah, sing sêparo kapêthak ånå candhi Jago (Tumpang) nganggo rêcå Budhå. Dadi têtéla ing wêktu iku agåmå Syiwah karo Budhå campur.

    Perihal pendharmaan raja Wisnuwarddhana beserta Mahisa Campaka, Pararaton (18:10) menyatakan:

    panjeneng ira Sri Ranggawuni ratu tahun 14. Tahun moktan ira 1190. Dhinarmma sira ring Jajaghu. Sira Mahisa Campaka mokta, dinarmma ring Kumeper. Pamelesatan ira ring Wudhik Kuncir.

    [Beliau, Sri Ranggawuni menjadi raja selama empatbelas tahun, beliau wafat pada tahun 1190Ç/1268M, dicandikan di Jajaghu. Beliau Mahisa Campaka wafat, dicandikan di Kumeper, sebagian abunya dimuliakan di Wudi Kuncir].

    Nagarakertagama mengabarkan:

    Sakabda kana wawaniksiti bhatara wisnu mulih ing suralaya pejah
    Dhinarmma ta sire waleri siwabimba len sugatawimba mungw i jajaghu
    Samantara muwah bhatara narasinghamurti sira mantuk ing surapada
    Hanar sira dhinarmma de haji ri wengker uttama-siwarcca munggwi kumitir
    .

    [Tahun Sakabda kana wawaniksiti (1190Ç) raja Wisnu berpulang, Dicandikan di Waleri berlambang arca Siwa, di Jajago berlambang arca Buda, Sementara itu Batara Narasingamurti pun pulang ke Surapada, Dicandikan di Wengker, di Kumeper diarcakan bagai Siwa Mahadewa].

    Pendharmaan di Weleri sampai saat ini belum dapat diketahui lokasinya, tetapi pendharmaan sebagai Buddha Amoghapasa di Jajaghu masih dapat diidentifikasikan, yaitu Candi Jago di daerah Tumpang, Malang. Di candi itu didapatkan arca Dhyani Bhoddhisattva Amoghapasa dengan 4 pengiringnya (Bhrkuti, Hayagriva, Sudhanakumara, dan Syamatara) yang sekarang disimpan di Museum Nasional Jakarta.

    Proses unifikasi keagamaan itu disempurnakan oleh raja Singosari terakhir, Kertanagara, yang pada 1268 menggantikan ayahnya, yaitu dengan menjalankan pemujaan Siwa-Budha.

    Pelangi Singosari episode SUNdSS telah berakhir dengan kemenangan Någhå Roro Salèng
    [Sepasang Ular Naga di Satu Sarang] dan pasukan tentaranya yang dipimpin oleh Sang Sénopati ing Ayudhå Mahisa Bungalan, lalu bersambung dengan petualang Mahisa Bungalan sedang mencari jodo yang lagi kasmaran sama prawan ndeså.

    Pårå kadang ingkang dahat kinurmatan:

    Tuntas sudah dongeng arkeologi & antropologi Pelangi Singosari episode SUNdSS. Mohon dibukakan pintu maaf, jika saya, cantrik Bayuaji ketika mendongengi pårå kadang terjadi salah tulis, salah ucap dalam bergojeg, yang dapat menimbulkan hal-hal yang dipandang sangat mengganggu kenyamanan pårå kadang.

    Pårå ubhwan, pårå ajar, pårå putut manguyu, jêjanggan, pårå tåpå, pårå tapi, pårå èndhang, pårå kadang cantrik, lan sêdåyå pårå kaki bêbahu padépokan.

    Pårå kadang ingkang dahat kinurmatan, pårå kadang sutrêsnå padépokanTumapél Singosari PdLS & SUNdSS”.

    Cantrik Bayuaji madal pasilan, dan……

    Dongeng Arkeologi & Antropologi episode SUNdSS pun:

    TANCÊP KAYON.

    Nuwun

    cantrik Bayuaji

    Terimakasih Ki Bayuaji.

    Sumbangannya sungguh sangat membantu kekosongan wedar rontal. Selain itu, wawasan Ki bayuaji yang sangat luas membuat kita kadang terperangah dengan analisa-analisa baru yang kadang tidak sama dengan pakem sejarah yang sudah melekat di ingatan kita dari pelajaran SD-SMP-SMA dan buku-buku cerita yang lain.

    Jika semua dongeng tersebut dirangkum dan ditulis lagi dengan rapi, saya kira akan menjadi dokumen baru yang mungkin akan jadi perdebatan bagi sejarawan.

    Satu halaman yang sampai saat ini belum berhasil saya buat, yaitu “Jejak Spasial” yang berisi peta yang menggambarkan lokasi kejadian-kejadian yang terdapat di PdLS dan SUNdSS. Adakah Ki Bayu mempunyai peta-peta kuno yang menggambarkan lokasi-lokasi tersebut?

    • Nuwun, Ki Arema

      Mengenai peta kuno Nusantara Indonesia, nampaknya saya harus “berburu” ke museum-museum Ki.

      Beberapa informasi yang saya dapat, di Museum Peta Fakultas Geografi UGM , Yogyakarta tersimpan peta Indonesia kuno. Namun sayang yang dimaksud kuno di sini adalah peta Yogyakarta dengan skala 1:10 ribu buatan tahun 1837 yang ditempel di dinding, dan satu peta Holland, sebagai koleksi tertua buatan Belanda 1810.

      Seorang teman meminjamkan buku koleksi dari perpustakaan pribadinya, berjudul: The Colourful World of the VOC: National Anniversary Book VOC 1602/2002. Ditulis oleh: Leo Akveld (Editor), Els M. Jacobs (Editor).

      Buku ini berisi tulisan tentang keberadan VOC di Indonesia (Hindia Belanda waktu itu) di tahun 1602. Tetapi sangat disayangkan, peta yang disajikan dalam buku ini adalah peta Hindia Belanda (Indonesia) tahun 1600an.

      Demikian juga halnya dengan buku lainnya (yang dipinjamkan juga oleh teman tadi) berjudul: Archives of the Dutch East India Company (VOC) and the local instiutions in Batavia Jakarta atau de Archieven van de Verenigde of Oostindische Compagnie (VOC) en de locale instellingen te Batavia Jakarta [Arsip-arsip Verenigde of Oostindische Compagnie (VOC) dan lembaga-lembaga pemerintahan kota Batavia Jakarta] Oleh G. L. Balk,F. van Dijk,Diederick J. Kortlang Diterbitkan oleh : Arsip Nasional Republik Indonesia. Menyajikan peta tertua tahun 1700an.

      Mungkin kalau ada sanak kadang yang mempunyai informasi tentag hal ini, monggo pårå kadang dapat berbagi kawruh di sini.

      Nuwun

      cantrik Bayuaji

  30. Mogo Ki Arema Liburannya.
    Ben ora kepuntal-puntal ngubere

    Suwun Ki, kiriman lewat gmail-nya sudah diterima.

  31. Matur nuwun Ki Arema, Ki Ismoyo.
    Sampun ngunduh ngantos tuntas habis.
    Monggo Ki menawi bade istirahat, mugi-mgi mboten dangu malih pinanggih kanti penggalih ingkang langkung lejar, suasana ingkang langkung sae.
    Mugi-mugi tinebihno ing sambekolo lan bebendu.
    Nuwun

    Amiinn…..

  32. Kangen ngogrok ki Ajar Sengkaling

    hikss….
    sampun wonten kebun, mboten mireng….

    • Istirahat rumiyin Ki PA… refreshing rumiyin.

      Mbok menawi bibar aktip malih, ngelmu ngogrok2ipun tambah ngedap2i… sekali ngogrok2… 2 kitab rontok kan lumayan

      • Assalamu’alaikum, selamat pagi semuanya.
        Wong Ki PA, bisanya cuma 1 jurus, jurus ogrok2 ya Ki?, xixixi

        • Wa’alaikumsalam…

          Sak punika ingkang dados soal, ngogrok2 sinten njih? monggo dipun penggalih rumiyin.. he he he

      • “Waalaikumsalam Warohmatullahi- Wabarakatuh”

        Lho ki Pandan lagi ke-mana…??
        oooh, lagi maen2-in BOLA dunia
        heheee….!!

        • Mungkin Pancinya bolong2 Ki YuPram,
          dadi signalne ra ono ….
          (dari pada ndak ada yang dimainin xixixi)

          • Ya..main bolanya sendiri2….nanti signalnya pasti muncul !

          • Ki Kartoj, memang okeh…..
            sekali komen tapi beribu makna …
            he he he he

          • hahaahaaa…hem-heeeem
            senyum2 dewe mbaca
            komen-e ni NN sama ki KartoJ….!!

            signal dipake dikaki,
            eh kleru…sandAL ding!!

            signal dipake pas tidur,
            eh kleru…bantAL ding!!

          • Tangan Ki Tmg. YP signal…eh..kidal dink !

          • walang kekek menclok wit mlinjo
            ojo ngenyek pandan sing macho..

            *gubrak*

          • *gubrak*….byuuuuurrr !!

            hikss,
            dalane becek kiPA kepleset
            mlebu BLUMBANG….he-heeee

            ki Karto me-longgo…diam
            sebelahe ki KartoJ malah ngguyu cekikikan…xixixi

            untung ni NONA,…cekatan
            tanpa SADAR nututi ki PA,

            melu2 njebur “BLUMBANG”.

          • lho..mosok blumbang nyebur blumbang…wekekekeokeokeo

          • Leres !…sing pener mluma*…wekeokeokeo !

          • Sory neh ndak bisa ukutan nyembur blumbang
            Ki YuPram, Ki Kartoj n Ki PA aja yach
            Aku mblayu…. (ikut jurusnya Mbak Cika, hehehe)

          • Ops..nyembur blumbang ?….blaik ..xixixi

          • tuh khan..
            miss nona ga bakalan mau nyebur…

            *maunya diceburin*

  33. hiksss…

    ono cantrik senior sing gek ngebut namatke SUNdiSS …

    • sinten ki?

      • Ki Banuaji….?

        • leres ki…ihiks

          • nuwun sewu, ki… sepengetahuan saya, cantrik yang senior itu inggih panjenengan, ki… 😀

            mboten parenk duko, lho…

          • lah niku seng kedlarak-dlarak nembe dumugi SUNdiSS-03…

            mergo ra sabar, lsg njujug 37…keokeokeo

          • he…he…he… kebiasaan di adbm, ki… sing penting komen sik….

  34. Hari ini Ki PandanAlas, Jeng Miss Nona, Ki YudhaPram sama Ki KartoJ lagi asyiek ngomongin blumbang. Nah ngomong-ngomong soal blumbang, ane punye cerite, begini:

    Blumbang ajaib

    Di suatu desa yang terpencil terdapat sebuah situs purba berupa blumbang (ane tau, situs blumbang kuno ini belum didata sebagai situs sejarah oleh ki bayuaji). Hiks…hiks..hiks..

    Blumbang kuno itu dikeramatkan oleh penduduk dan orang-orang yang berkunjung ke sana, kita sebut saja situs blumbang ajaib, keajaiban blumbang itu konon bisa mengubah muka dan tubuh orang sesuai keinginannya.

    Suatu hari ada seorang wanita kita sebut saja Miss Namino Nona, di tepi blumbang itu dia bertemu seseorang bernama Ki Pandai Alasan.

    Miss Namino Nona bertanya: “Kek (lho kok dipanggil kek, apa Ki Pandai Alasan sudah tua). Apa bener nih blumbang ajaib yang bisa mengubah muka orang“.

    Jawab Ki Pandai Alasan: “Wah kaga’ tau atuh neng, eta’ mah gosip neng, coba aja neng

    Tiba- tiba Jeng Miss Namino Nona berteriak: “Saya ingin jadi seperti Manohara Nan Jelita

    Jebur….. si neng Jeng Miss Namino Nona nyemplung ke blumbang, then……pas keluar dari dalam blumbang ajaib si Jeng Miss Namino Nona berubah mukanya, menjadi cantiiiik banget seperti yang dia inginkan.

    Si kakek Pandai Alasan itu kaget setengah mati: “Wah kok bisa ngerubah, saya juga ingin ah” kata si kakek.

    Lalu …jeburrrrrr…. si kakek Pandai Alasan nyemplung ke dalam blumbang, dengan berteriak: “Aku ingin jadi seperti Jeremi Thomas”, akhirnya wajah Ki Pandai Alasan itu pun berubah guanteeeeng persis Jeremi Thomas, macho lagi.

    Ternyata disitu ada pemuda kolot kita sebut saja Balabatu, ia pun ingin mengubah wajahnya, lalu ia bertanya kepada si kakek Pandai Alasan yang sudah berubah remaja muda belia kayak Jeremi Thomas, bagaimana caranya berubah.

    Setelah di beritahu ia langsung mempraktekkannya. ia mengambil ancang-ancang, dan dengan sekuat tenaga ia berlari, menuju blumbang.

    Ia berteriak: “Saya ingin jadi……….” tiba-tiba ia tersandung batu dan dasar ia latah, ia berteriak dan mengumpat: “tikus…tikus…tikus” , jeburrrr………………………

    Nah untuk Jeng Miss Nona, Ki Pandanalas, Ki KartoJ, Ki YudPram hati-hati kalau deket blumbang, jangan-jangan itu blumbang situs purba blumbang ajaib yang dapet mengubah wajah orang

    Sedangkan saya lelono jagad, biarlah dengan wajah asli apa adanya, nggak usah ikut nyemplung ke dalem blumbang ajaib itu.

    Hiks……hiks………hiks………

    • ha..ha..ha…

      kuwi mesthi blumbang ajaib…..mung ono seng kleru..mosok blumbang (missnaminona) nyebur neng blumbang

      • Nek kulo ra pengin nyebur…tapi nyembur !..(jare Miss NN)..hiksss

      • Hiks……hiks………hiks………!!
        mung ono seng kleru…mosok blumbang (missnaminona) nyebur neng blumbang,

        ni NONA ra nyebur ki, cuma resik-resik
        sikile ning BLUMbanG…he-heee.

        boso LONdo-ne :
        kum-kum doelu sebelum berENAng…xixixi

        • Bukan berenang dulu baru kum kum Ki…….hikss

  35. Wah ada-ada saja cerita Ki lelono jagat.
    Entar Balabatu kalau sudah jadi tikus, kan bisa nyebur lagi minta jadi Ki Lelolonojagat.
    Sugeng enjang Ki.

    • @ Ki Honggo,
      Monggo ikut nyebur…… byuuurrrrrrr. Hiks…hiks

      Sugeng enjang ugi Ki. Mugi karahayon ingkang tansah pinanggih Ki.

  36. Sugeng enjang Ki Arema.
    Taksih 3 inten malih libure nggih Ki.
    Sugeng liburan saking dunia maya Ki.
    Monggo sekecakaken.

    • nek Panjenengane ditangkledi terus, diitung terus libure, anggenipun nyare mesthi mboten sekeco…iso2 wedaran malah dipercepat..tambah bonus sisan…

      • Ki PA… hayo semangat…. monggo dipun tunjukaken jurus ngogrok2 ingkang langkung canggih malih…

  37. hadirrr lagi…

  38. liburan HARI ke-2….C+Mentrik Pdls !!

    HADIR ki,
    kepengin OGROG-ogrog isih ke-PAGI-en.

  39. Assalamu’alaikum,
    wah gojekannya udah ndak seru…
    Ki Arema kulo njaluk tulung….
    itu cantrik2 yang nakal disentil aja
    Hiksss…Hikss…Hikss…

    • Waalaikumsalam…

      Lha gojekan ingkang SERU (sanes SARU lhoo.. he he he) punika kados pundi??

  40. andaikata dunia tanpa mentrik…(kaya miss nona)
    seperti apa gerangan?

    • andai dunia tanpa mentrik…(kaya miss nona)
      seperti apa gerangan?

      Ya nggak seperti apa-apa, tetep saja dunia.
      gitu aja kok repot

    • seperti menunggu wedaran rontal baru…

      koye ngene iki rasane……

      • nglokro…..
        lara lapa……
        mopho………..
        dheleg dheleg…..
        nggleleng………
        ora jenak dolan, neng omah bingung….
        mangan ora doyan……..
        awak dadi kuru……..

        aduh dewa, duh bathara kadya pundi
        babo tulungana……..

        • Lho…lho…lho

          Keneng opo ki gembleh kok njur
          nglokro…..
          lara lapa……
          mopho………..
          dheleg dheleg…..
          nggleleng………
          ora jenak dolan, neng omah bingung….
          mangan ora doyan……..
          awak dadi kuru……..

          Mengko gek kesambet ono blumbang ajaib

          Tuooolooooonggggg.
          cariken dukun blumbang !!!!

          Tuooooolong
          cepet wedarken rontal PBM

          Lho ???!!!

  41. pmb wis disetel tanggal 26….
    ora iso di ganggu gugat….
    tunggu wae.

  42. Sugeng enjang Ki Arema.
    Sugeng enjang kadang PDLS’er
    Monggo sami ngetang mundur, kantun 48 jam malih.

  43. tamaaaaaaaaaaaaaaat………….

    terima kasih, ki arema, ki ismoyo, ki pak satpam, ki jogotirto, ki tumenggung, dan para bebahu padepokan…

    salam, sanak kadang cantrik dan mentrik semua…

  44. we..lha…
    Ki Banu ngebut namataken komik.
    hikss….

    • he…he…he… penasaran, je…. banyak kitab yang sudah diwedar, tapi karena satu dan lain hal, harus menahan keinginan baca, sekarang mumpung lagi lewat tol, ngebut…. :mrgreen:

      • hikss….
        habis ini istirahat lagi?
        kalau sudah ada yang tamat terus ngebut lagi

        • he…he…he…

          masih ngebut di pbm 15, biar bisa ikut antri, ki…

          mumpung belum repot lagi…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: