HLHLP-020

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3 4 5

Telah Terbit on 21 September 2010 at 00:01  Comments (77)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-020/trackback/

RSS feed for comments on this post.

77 KomentarTinggalkan komentar

  1. cihuiiiiiii

    • Artinya masih ada yang ditunggu……..

      • Hadir ……
        Nunggu rontal

  2. He .. he koq gambare koyo ono Pangeran sing arep disunat. Sopo yo kuwi?

  3. Sugeng enjang kadang PDLS sedoyo, monggo sami ngisi daftar hadir.

  4. Hadir ..

  5. “Artinya Masih Ada Yang Ditunggu”. Najan gesang punika namung mampir ngombe, mendah sepa sepinipun manawi mboten wonten malih ingkang dipun tengga ( antu-antu ).
    Pramila mangga sami nengga.

    He.he.

    Sugeng enjang Ki Is, Ki Seno dan kadang semuanya.

    • kantun ingkang diombe wedang nopo, teh nopo kopi

  6. Nderek antri ….

  7. alhamdulillah…akhirnya sampai juga

  8. Hadir no 11

  9. Monggo, nenggo dipepet mentrik anyar ….
    Pepet-petetan … ben kringetan ….
    Hiks,
    Angger Satpam kok lupa nyantol-ne MEMEAN nomer-20

    • nomor 20 kedah dipun kum kalian toya klerek sedinten-sedalu, nembe dipun ucek-2, dipun bilas, lan dipun cantolaken mbenjing enjing.
      he he …

      • ra sah di-UCEK ki pak SATPAM,

        dicentelno saiki ae…ra sah nunggu
        sesuk, bang WETAN lagi panas puooll

        • Kok wis nguantuk temenan tho …
          Tak ngliyep rumiyen nJih .
          Sugeng sare Ki Yupram …
          Angger Satpam isih bulan madu ….

          • sugeng sare ki Rangga,

            pak Satpam bulan MADU nopo ucek2 MADU ki….!!

            lha acara “Mbilas-e” kapan….he3x

          • sing jelas MANDI MADU…

  10. selamat siang,
    hadir, antri nomer 14.

  11. Glundhung pringise wis metu.. tapi dinyunyuk esih ajeg.. panahe durung malih driji.. pamit rumiyin nggih!

  12. sugeng siang ki seno…
    sugeng siang kadang cantrik mentrik..

    mboten wonten undangan halal bihalal saking ki pak satpam nggih????

  13. pemeane wis kebak,dijereng sak niki mawon teng pinggir gandok ki Pak Satpam, mesti poro kadang setuju

  14. Sugeng ndalu…..

    Nginguk gandok, jebul durung ana cantolan. Pamit malih ahhh… badhe leyeh2 rumiyin.

  15. Sepi … sunyi … sendiri….

    hanya ada tiga orang yang “tilik” gandok, ngintip gandok 20 lihat papan pengumuman di halaman 2.
    siapa ya?, agak gelap tidak kelihatan.
    habis…., tidak ngisi presensi sih?

    kelihatan Ki sI_TolE sekelabatan, saya kejar kok sudah tidak tampak lagi. radarnya masih kelap-kelip kok tidak mencungul lagi.
    kemana beliaunya tadi.
    Jakarta radarnya yang keliap-kelip ada tiga, siapa ya.

    hadu…..

    dingin lagi….,
    nunggu rontal yang baru dikucek-kucek untuk di-“jereng”

    ngantuk banget …
    leyehan dulu ah…..

    • Lho…. Jam pinten tho??? mbok manawi sanes kula lho P. Satpam… wong sak sampunipun ngisi daftar hadir kulo langsung ‘off’ kok???

      Aja2 ana penampakan? Hiiiiii….

      • On 20 September 2010 at 07:55 bayuaji said:
        ning gandok HLHLP-19 ki, ditaruh ning
        komene ki Bayuaji “padat merayap”….!!
        he3….pak SATPAM, kok ganti cantelan
        diSENENi ki SENO njih….😀

        COBA neng kene ki, langsung buntelane
        pak SATPAM :
        https://pelangisingosari.files.wordpress.com/2010/08/hlhlp_019.pptx

        • ha3…kleru naruh, keSUSU leh
          ngirim😀

  16. Udan deres, adem…

  17. hadir…
    nemenin “penganten anyar” pak lek Satpam

  18. Sik sepi….!
    rontal diwedar nanti siang saja deh, biar tidak mengganggu yang sedang bekerja di kantoran (ngeles…)

    • Sambil menunggu Ki Pandanalas tandatangan buku presensi.
      Kok dangu piyambakipun mboten rawuh nggih. Sami wilujeng Ki Pandan?

      • Ketingalan-e Ki Pls taksih tindakan Ki….mungkin taksih unjung2….

        • he3…ki PLS lagi singidan ning
          Mburi ki, arep nganThOL kok yoo
          memehan durung di PASANG-pasang.

  19. Assalamu’alaikum, selamat pagi..
    Pha Kabar sanak sedoyo..?

    • Wa’alaikum salam..Alhamdulillah baik
      Masih setia menunggu..

    • Wa’alaikumsalam, Ni Miss Nona..khabarnya baik2 saja,selain dari pada itu….(lho koq malah koyo nulis surat)…

    • Wa’alaikum salam….mepet aaah !!
      suwe ra ndusel-ndusel Ni NoNa,

      sugeng enjang kadang Pdls,

      • He he he he, dah lama neh ndak gojekan yo…
        Soale aku habis ngurus2 pindah ladang usaha,
        tapi tetep seh setia dengan padepokan PDLS
        Walaupun belum sempet baca…

        • rah sah BACA ni, langsung tak CRITAni, apa MAU….xixixi

  20. Sugeng enjang P. Satpam,
    Sugeng enjang kadang sedoyo.
    Wilayah Banten sampun sumilak langitipun. Monggo Ki cucuianipun enggal dijemur.

  21. sowan wanci siang Ki Arema, Ki P Satpam..
    setya angentosi wayah wedaran..

  22. Matur suwun pak satpam, rontal 20 sampun diunduh wonten panggonan ingkang Sepi..!

    Nanging rontal 19, wonten pundi nggih ?

    • Sugeng siang….

      Matur nuwun P. Satpam. Ki SP, manawi badhe madosi rontal 19, sowan kemawon dumateng Ki Bayu ingkang kersa “pamer susu”… mesti lak kepanggih.

      • Weleh, Ki Bayu punika alamate wonten pundi ta ?
        Kula sampun nganglang dateng kabuyutan sak singosari, eh kok mboten kepanggih😦

      • On 22 September 2010 at 14:53 yudha pramana said:

        On 20 September 2010 at 07:55 bayuaji said:
        ning gandok HLHLP-19 ki, ditaruh ning
        komene ki Bayuaji “padat merayap”….!!
        he3….pak SATPAM, kok ganti cantelan
        diSENENi ki SENO njih….

        COBA neng kene ki, langsung buntelane
        pak SATPAM :
        https://pelangisingosari.files.wordpress.com/2010/08/hlhlp_019.pptx

        • Matur suwun ki yudha
          Langsung nyengklak si dawuk, digeber mlayu kanggo ngunduh rontal 19.

  23. Angger Satpam baru saja Bulan Madu kok yo isih Kesepian .. Nganti sambat Sik Sepi..!
    Matur Suwun …. MEMEAN-e wis cemanthol …

    • sugeng enjing ki?
      kpriye carane ngunduh ki
      boten mudeng kula
      matur suwun

      Pada komen:
      On 22 September 2010 at 07:45 P. Satpam said: |Sunting Ini

      Sik sepi….!

      Tautan rontal ada di tanda pentung. Klak (klik kanan) lalu save link as (jika gunakan mozilla) atai save target as (jika gunakan IE), sebelum disimpan ekstensinya dirubah dari hlhlp-020.docx menjadi hlhlp-020.djvu.
      Dibaca dengan WinDjView atau Stduviewer.

  24. Sunyi artinya tidak ada bunyi
    Kalo Sepi…semacam alat untuk nyantol rontal
    Mudah-mudahan enggaak salah, kalo masih ragu, silahken ditanyaken pada Ki Bayuaji sing ahlinya….

  25. Wong sepi kok di”pentung”

    • Amanat Ki Arema (dulu)

      rontal gandok/rontal bisa dibuka/diwedar setelah paling sedikit 1000 klik (kunjungan) dan/atau 50 komen.
      Pada saat diwedar baru 750 klik dan 34 komen.
      Karena masih sepi (tetapi sudah “gatelan” untuk medar rontal), ya dipentung saja saja biar jadi rame.
      Ternyata betul juga, langsung pada kemrubut.
      he he …

      • Itu berarti pentungnya pentung sakti Ki Satpam

  26. selamat siang, ki arema, ki pak satpam, ki ismoyo, ki tumenggung sepuh, ki tumenggung anatram, ki tumenggung kartojudo, ki tumenggung yudhapramana, ki rangga widura, ki honggopati, ki ryan clickers, ki sammy, ki bayuaji, ki pandanalas, ni nunik, ni ken padmi, ki sukasarana, ki gembleh, ki kompor, ki mukidi, ki panembahan donoloyo, dan ki sanak serta nyi sanak semuanya…

    ada pertanyaan yg mengganjal dlm diri saya untuk ki dan nyi sanak semua, khususnya ki bayuaji. beberapa waktu lalu, seorang guru berkata bahwa ada 2 kitab (suci) yg disimpan di keraton yg dibuat sebelum kitab suci agama lain (luar) diturunkan/ diwahyukan. di dalamnya banyak ajaran baik kajiwan, kanuragan, pengobatan dan bahkan wahyu serta ramalan. sayangnya tdk boleh ada yg membacanya selain para raja. padahal, banyak hal yg dpt dipraktekan dlm kehidupan sehari-hari bagi orang banyak. masalahnya, saat ini kitab-kitab tersebut di simpan di mana dan apa saja isinya, blm ada yg tau dan mungkin raja2 sekarang jg tidak pernah membacanya. hanya, dulu anggota molimo pernah membuat rakuman semua kitab termasuk babad dan kidung yg juga menghilang entah kemana. apakah ada informasi tentang kitab-kitab tersebut? kalau ada, apakah ada bocoran tentang isinya, khusunya bagian obat dan pengobatan. trims sebelumnya.

    • Kalo kitab 21….masih ada di P Satpam..hikss

      Selamat siang…

      • selamat sore ki Banuaji,

        selamat ber-LEBARAN bersama keluarga
        he3, kue HRaya apa isih ki….??

    • saya hanya menduga-duga saja loh, jauh dari pembuktian ilmiah. tetapi mungkin bisa dijadikan bahan pengayaan pengetahuan.

      mungkinkah salah satu atau kedua kitab itu meskipun sudah dalam bentuk lain menjadi pegangan/pandangan hidup/pedoman dalam kehidupan sehari-hari dari saudara-saudara kita yang banyak disebut dengan nama “orang samin” di kawasan blora dan bojonegoro ?

    • Kitap Pararaja…?

    • Nuwun,

      @ Ki Banuaji saha pårå sanak kadang pelangisingosari, ingkang dahat kinurmatan.

      Menarik sekali yang disampaikan Ki Banuaji tentang adanya 2 kitab (suci) yang disimpan di keraton yang dibuat sebelum kitab suci agama lain (luar) diturunkan/diwahyukan. On 22 September 2010 at 13:13 banuaji said:

      Saya belum tahu dengan pasti apa yang dimaksud dengan dua “kitab suci” itu. Tetapi sejauh yang saya ketahui dari ngèlmu yang saya pernah saya peroleh ketika ngangsu kawruh, nyantrik dulu (sekarangpun masih ‘nyantrik’), bahwa pada zaman purba sebelum ajaran-ajaran agama yang kita kenal sekarang ini, yaitu Hindu, Budha, Nasrani dan Islam masuk di Nusantara, khususnya di Tanah Jawa sudah sejak lama berkembang suatu ajaran yang murni berasal dari Tanah Jawa sendiri, ajaran yang mengajarkan arti kehidupan, hakekat hidup, dan keselarasan dan kesimbangan alam, disebut “ajaran budi”.

      Ajaran budi ini menjunjung tinggi tåtå-kråmå, kasusilan, jujur, sabar, andap-asor, lan budi pakêrti luhur, yang dikenal dengan sebutan “Agami Budhi”. “Agama Budhi” atau “Agami Budhi” ini oleh para sejarahwan peneliti ajaran-ajaran agama “modern” lebih dikenal sebagai suatu kepercayaan animisme/dinamisme.

      Menurut kepercayaan purba masyarakat Jawa, alam adikodrati atau alam roh dihuni arwah lêluhur, sing mbau rêkså, danyang lan lêlêmbut. Penghuni alam roh ini masih bisa berinteraksi dengan manusia. Hubungan bisa berakibat gangguan, tetapi juga bisa berupa pertolongan. Karena itu manusia melakukan upacara selamatan, upacara pemujaan terhadap arwah (ritual magis) demi keselamatan dan terkabulnya keinginan.
      Pemujaan atau lebih tepatnya penghormatan terhadap arwah para leluhur, nenek moyang, yang telah meninggal biasanya dilakukan di punden berundak, candi, menhir, dan lainnya. Tradisi ini, kalau sekarang dapat diperrsamakan sebagai tradisi ziarah kubur.

      Sebagai suatu filosofi, ajaran “Agama Budhi” pada masyarakat Jawa kuno, dalam aplikasinya berisi dua hal, yaitu Pituduh dan Wêwalêr.
      Pituduh adalah pedoman, nasehat, atau aturan yang harus dilaksanakan sedangkan Wewaler adalah pedoman, nasehat, atau aturan yang harus dihindarkan. Filosofi Jawa berupa Pituduh dan Wêwalêr.

      Inilah yang mungkin dimaksud sebagai dua “kitab suci” itu (?).

      Isi pokok Filosofi Jawa “ajaran budi” mencakup pokok-pokok bahasan: ketuhanan, kautaman batin, laku budi, bêbrayan, lan kadonyan.

      Pårå kadang. Pembahasannya sementara saya cukupkan hingga di sini. Uraian selanjutnya akan disusulkan kemudian. Kepada sanak kadang yang lebih mumpuni ngèlmunya, dan mempunyai informasi lain yang lebih lengkap, dimohon dengan segala kerendahan hati untuk dapat sharing di sini. Sumånggå.

      Nuwun

      Cantrik Bayuaji

      • hmmm… terima kasih, ki bayuaji dan ki sukasarana serta para sanak kadang sekalian…

        mungkin memang begitu, memang perlu penggalian dan pengkajian lebih dalam, sebab menurut “guru” tersebut, kitab-kitab tersebut jugalah yang menyebabkan lunturnya kekuasaan atas nuswantara, justru karena ajaran-ajarannya tidak disebarluaskan dan hanya dikuasai oleh pihak-pihak yang sangat terbatas.

        terlepas dari ajaran agama, menurut beliau, seharusnya ajaran tersebut disebarluaskan karena bersifat universal, dan yang perlu ditekankan adalah bahwa di dalam kitab-kitab jawa kuna, apa yang tersirat lebih kaya daripada apa yang tersurat.

        yang sangat menarik adalah dalam kitab-kitab dan babad jaman dahulu banyak ajaran dan aturan yang sangat rinci sehingga untuk melaksanakannya sangat mudah dengan hanya mengikuti saja apa yang tertera di dalamnya. inilah yang ingin saya pelajari.

        mohon bantuannya, sayapun akan selalu membagi apapun yang mungkin dapat menambah kawruh kita sekalian…

        salam…

  27. gak apa-apa ki, mumpung lagi sepi.
    kami malah merasa senang dan sama sekali tidak merasa terganggu, … nuwun.

  28. udane deres pates, ademe soyo kekes, neng ati nggrantes, wong kok seneng pites pinates, opo wis cedak karo tapel wates. matur nuwun pak Satpam sampun ngunduh

  29. Selamat malam…

    • Alhamdulillah, masih ada sanak kadang yang baru menemukan gandok ini dan sekarang sedang asik membaca PdLS-02 di halaman 5.
      eh…, ada juga yang sedang baca PBM-26 halaman 5.
      Monggo Ki, dipun sekecaaken.

      Atau, sanak-kadang lawas yang mendalami laku lagi?

      apapun, pak satpam merasa senang ada yang menemani ronda di malam yang dingin ini, setelah sore tadi sempat hujan.

      • Yang ikut ronda malam ini, 4 orang wakil dari RT Jakarta (salah satunya Ki Bayuaji?) dan 1 orang wakil dari RT Jepang.

        • Wakil dari LA, Pak De Ki Wid dereng wungu?

          • he he …
            gak ana sing ngisi daftar hadir ya tak isi dewe, tinimbang ngantuk

          • Panjang yuswanipun Pak De
            nembe dipun raosi, kok ublikipun sampun kelip-kelip.
            Wungu ki, enggal siram, terus sarapan.

          • Pundi tha empale ….
            Mangan pecel karo peyek teri .. tambah empal … mesti mak nyussssssssssss!!

            Ngger … aja mapan disik ….
            Wektune ngunggah-ngunggahi …

        • Sugêng dalu Ki Panji Satpam, nêmbê rêraosan bab Pituduh dan Wêwalêr Ki. [On 22 September 2010 at 22:31 bayuaji said:].

          Dau, Sengkaling punåpå jawah Ki. Tlatah nJakarta Kulon, sejak pagi hari: hujan deras, berhenti, gerimis, mendung dan sekarang gerimis lagi, suhu 23˚ sampai 25˚C, agak dingin. Ditemani bajigur, krasikan, wajik, jadah goreng, Ki. Nyamlêng
          He he he he.

          • Menawi tlatah Sengkaling sedinten niki wau mendung, kadang kerimis, sonten niki wau radi deres sekedik.
            Wah…., nyamleng Ki.
            Sayangipun wonten padepokan pas ketelasen, niki wau nembe lewat bakul petholå, lumayan radi anget sekedik.

          • Waduh….
            Ngapuntên Ki Aréma, niki pas nêmbé ngêcèt gandok 21.
            Badhé mangsuli Ki Bayuaji, dadak klèntu ngagêm pelangisingosari, capipun Ki Aréma.

  30. Sugeng enjang Ki Satpam
    Matur nuwun sepi-sepi sampun ngunduh rontal jilid 20.
    Bade langsung antri gandok sebelah

  31. matur nuwun rontalipun Ki Arema
    matur nuwun P Ki Satpam…

  32. waduh…..
    dah bolak balik gan juga dapat cantolan rontal jilid 20, bantuin donk ki Satpam

    he he …
    cari komen
    On 22 September 2010 at 07:45 P. Satpam said: |Sunting Ini

    Sik sepi….!

    pada tanda pentung terdapat cantolahn rontal 20
    Monggo

  33. matur nuwun P Ki Satpam…

  34. Assalamu’alaikum, selamat sore…
    Apa Khabarnya Ki Arema, Ki Ismoyo, Ki P.Satpam, Ki YuPram, Ki PA, Ki Kartoj, Ki Djojo, Ki Bayuaji, dan Ki sanak & Nyi Sanak semua…..

    • Wa’alaikum salam…tumben belom pulang Ni,
      apa gak keMALAMan,

      • He…koq atret Ni Miss Nona…mulane Ki Menggung YP mbalik neng gandhok 20…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: