HLHLP-029

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3 4 5

Telah Terbit on 7 Oktober 2010 at 00:01  Comments (86)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-029/trackback/

RSS feed for comments on this post.

86 KomentarTinggalkan komentar

  1. Sugeng Enjang nGger Satpam,
    Sekecaaken Ki Arga,
    Kulo nyuwun pamit – bade makaryo!

    • Wah kalah lagi.

    • Oo injih, ngantos kesupen caos wangsulan. Sugeng makaryo Ki Widura, monggo-monggo.

  2. b vbnv bnbv

    • bledug …. nJih Ki Kompor-e ….

    • gila….,kalah cepet…….
      saluttttttt
      ampun Pakde……….

      • sama-sama 01 tit,enggak rela….pasti ada maen sama Paklek Satpam.

  3. hi, hi, hi, … ada kesenangan baru di padepokan. balapan posting ngoyak pertamax seperti di kaskus.

    wis, aku tak unthul bawang neng kene wae, ….

  4. Nuwun

    Indahnya suasana malam ini, saat orang-orang terlelap tidur, aku masih terjaga, aku masih dapat dengan leluasa ‘curhat’ kepadaNya. Sejenak menatap ke langit dibalik jendela dan langsung melihat suasana malam, kadang awan kelam menutupi, angin malam yang basah berdesir lembut, membawa rintik gerimis. Satu-satu bintang masih nampak disela gugusan awan. Kerlap-kerlip lampu di jalan, dinginnya malam, sunyi senyapnya malam, alangkah nikmat saat aku masih dapat “berkencan” di setiap sepertiga atau dua pertiga malam denganMu. Tuhanku.

    Alangkah sangat sayang sekali jika aku lewatkan saat-saat seperti sekarang ini, malam yang Allah sediakan untuk hambaNya.

    Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir malam, mereka selalu memohon ampun kepadaNya [QS Adz Dzariyat (51) : 17-18).

    Bukankah Dia turun disetiap malam ke langit yang terendah, yaitu saat sepertiga malam terakhir, maka Dia pun berfirman:” Siapa yang berdoa kepadaKu maka Aku kabulkan, siapa yang meminta kepadaKu maka Aku berikan kepadanya, dan siapa yang meminta ampun kepadaKu maka Aku ampunkan untuknya

    Dan waktu yang paling tepat mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya adalah saat ia bangun melaksanakan shalat pada sepertiga malam yang akhir.

    Jadikanlah pertemuan ini waktu yang selalu dinanti-nantikan dan dirindukan oleh hamba yang dirinya sangat dhaif dan penuh kekurangan dan kelemahan seperti diriku ini.

    Nuwun

    Cantrik Bayuaji

    • amiiinnnn

  5. baru sembilan komen ki. target wedharannya berapa komen ki ?

    • Target wedaran cuma 10 komen kok!
      Sekarang saatnya diwedar …………

      • betullllllllll

        • betul betul betul….salah!

  6. Nuwun

    Cantrik Bayuaji sowan, ngêndit rontal:

    FILOSOFI JAWA, “AJARAN BUDHI” PADA MASYARAKAT JAWA

    Sebelumnya [HLHLP-028:On 5 Oktober 2010 at 06:26 bayuaji said:], telah diwêdar Pituduh dan Wêwalêr, dengan pokok bahasan ajaran: ndonyå lan kadonyan, kulåwargå, bêbrayan lan nagårå, .

    Berikut:

    LAKU BUDI lan KAUTAMAN BATIN

    1.Urip iku urup.
    [(Urip=hidup, urup=menyala, terang). Keberadaan kita di dunia, baru akan mempunyai arti bila kita berguna bagi orang lain].

    2.Jêjêg jujúr iku jêjêring manungså.
    [Manusia seyogyanya lurus dan jujur].

    3.Yitnå yuwånå, lénå kênå. Éling lan waspådå.
    [Hidup harus senantiasa “berjaga” dan waspada, agar selamat, jika “terlena” akan mendapatkan celaka].

    4.Ngudi laku utåmå, prasåjå lan pêrcåyå marang diri pribadi.
    [Jalanilah “laku utama”, sederhana dan percaya pada diri sendiri].
    (“Laku Utåmå” lihat HLHLP-026 On 2 Oktober 2010 at 02:05 bayuaji said.)

    5.Mêmayu hayuning bawånå, hambrastå dur hangkårå.
    [Manusia harus selalu berjuang untuk keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan sesama; dan memberantas sifat angkara murka].

    6.Ajining diri pribadi iku dumunung ånå ing lathi lan budi.
    [Penghargaan orang terhadap kita ditentukan bagaimana cara kita menjaga perkataan kita, dan budi pekerti kita].

    7.Datan sêrik lamun kêtaman, datan susah lamun kélangan.
    [Jangan sakit hati manakala musibah menimpa diri; jangan sedih manakala kehilangan sesuatu].

    8.Sêpi ing pamrih ramé ing gawé, bantêr tan mbancangi, dhuwur tan ngungkuli, pintêr tan kêmintêr.
    [Bekerja keras dan bersemangat tanpa mengharapkan imbalan; cekatan tetapi tanpa merasa harus mendahului; berada di puncak tanpa harus merasa lebih tinggi; pandai tanpa harus merasa paling pandai ].

    9.Gêmi nastiti ngati-ati.
    [Hemat, penuh perhitungan, dan berhati-hati].

    10.Rigên mugên lan têgên.
    [Cekatan, taat pada apa yang telah digariskan, berserah diri dan pasrah kepada Yang Maha Agung].

    11.Titi, rúkti rumanti.
    [Teliti, berguna dan bermanfaat secara adil dan merata].

    12.Kunciné kuwarasan iku anèng tutuk. Jaganên sakèhíng samubarang kang nêdyå sirå lêbókaké ing tutúk. Kulinaknå mikír luwih dhisík samubarang kang arêp sirå wêtókaké såkå tutúk.
    [Kesehatan (jasmani dan rohani) terletak pada “mulut”. Cermatilah apa yang hendak engkau makan dan cermati pula apa yang hendak engkau ucapkan].

    13.Luwíh bêcík åjå kojah amríh ora nandhang piduwúng.
    [Diam adalah emas].

    14.Wong linuwih iku ambêg wêlas asih lan sugih pangapurå.
    [Orang yang bijaksana senantiasa berlaku welas asih dan pemaaf].

    15.Wong pintêr kang ora kêkanthénan ing kautaman batin iku ora béda karo wong wutå nggåwå obor ing wayah wêngi.
    [Orang pandai yang tidak mempunyai kebajikan hati, laksana orang buta membawa obor di waktu malam yang gelap].

    16.Nglurug tanpå bålå, mênang tanpå ngasoraké, sêkti tanpå aji-aji, sugih tanpå båndhå.
    [Berperang sendiri penuh tanggungjawab dan memenangkan pertempuran tanpa merendahkan atau mempermalukan; berwibawa tanpa mengandalkan kewenangan, kekuasaan, kekuatan, kekayaan atau keturunan; kaya tanpa didasari pada kebendaan].

    17.Mulat sarirå, tansah éling kalawan waspådå.
    [Orang harus selalu mawas diri, ingat dan waspada].

    18.Alon-alon waton kêlakon.
    [Perlahan tetapi pasti atau tidak terburu-buru dalam bertindak. Mengingatkan orang agar selalu waspada dalam melakukan tindakan agar tidak salah mengambil keputusan dan mampu menghasilkan hasil yang terbaik].

    19.Andhap asor.
    [Bersikap sopan dan santun].

    20.Wani ngalah luhúr wêkasané.
    [Berani mengalah, akan bahagia pada akhirnya].

    21.Sing såpå sênêng ngrusak katêntrêman bakal dibêndu déning Pângéran lan diwêléhake déning tumindaké dhéwé.
    [Siapa yang gemar merusak ketentraman, pasti akan dihukum oleh Tuhan dan dipermalukan oleh perbuatannya sendiri].

    22.Kahanan kang ånå iki ora suwé bakal ngalami owah gingsir, mulå åjå lali marang sapådhå-padhaning titah.
    [Keadaan yang ada ini tidaklah berlangsung lama, karena pasti akan mengalami perubahan, maka dari itu janganlah lupa kepada sesama].

    23.Sudanên hawa lan nêpsu, pinêsu tåpå bråtå, tanapi ing siyang ratri, amâmangun karyênak tyasing sêsåmå. Sanityaså pinrihatin, puguh panggah cêgah dhahar lawan nêndrå.
    [Kendalikan hawa-nafsumu, dengan jalan mensucikan batin, serta tak putus-putusnya baik di siang hari maupun di malam hari selalu berusaha untuk menyenangkan hati orang lain. Hidup prihatin, menekan hasrat dan menjauhkan diri dari kesenangan duniawi, bertekad teguh kukuh, mengurangi makan dan tidur].

    24.Dêdånå marang wong kang lagi nyandhang påpå cintråkå iku sawijining pênggawé bêcik
    [Santunilah fakir miskin].

    25.Yèn sirå dibêciki liyan tatahên anèng watu gilang supåyå ora ènggal ilang lan tansah kèlingan. Yèn sirå gawé kabêcikan marang liyan, ora pêrlu ditulis, supåyå sirå ora kèlingan.
    [Bila engkau mendapatkan perlakuan yang baik dari seseorang, hendaklah engkau selalu mengingatnya. Namun bila kebaikan yang engkau lakukan kepada orang lain, cepat-cepatlah engkau lupakan].

    26.Ngono yå ngono ning åjå ngono.
    [Jika melakukan sesuatu jangan melampaui batas, harus memperhatikan dan memikirkan akibatnya. Kebebasan harus diikuti dengan tanggung-jawab].

    27.Sakbêgjå-bêgjåné wong kang lali luwih bêgjå wong kang éling kalawan waspådå.
    [Seberuntungnya orang yang lupa diri, masih lebih beruntung orang yang sadar dan waspada].

    28.Bêcík kêtitík, ålå kêtårå.
    [Yang baik akan kelihatan, yang burukpun akan nampak].

    29.Síng såpå salah sèlèh.
    [Siapa yang berbuat salah sudah sepantasnya mengakui dan tidak mengulangi kesalahannya lagi, untuk kemudian menghiasi dirinya dengan perilaku yang lebih terpuji].

    30.Mélík nggéndhóng lali.
    [Dalam kekuasaan, orang seringkali lupa diri].

    31.Såpå sirå såpå ingsun.
    [Seseorang yang tidak bisa menghargai dan meremehkan orang lain dan merasa dirinya mempunyai kelebihan].

    32.Åjå pintêr kêblingêr.
    [Jangan menjadi orang pandai yang tak tahu diri].

    33. Åjå kûmintêr mundak kêblinger, åjå cidrå mundak cilåkå, sing was-was tiwas.
    [Jangan merasa paling pandai; jangan suka berbuat curang agar, yang peragu akan binasa].

    34.Åjå adígang, adígung, adígunå.
    [Jangan merasa kuat, merasa kuasa, merasa pandai].

    35.Åjå kagétan, åjå gumunan, åjå dumèh.
    [Jangan gampang terkejut, jangan gampang heran, dan jangan mentang-mentang].

    36.Åjå mangro tingal.
    [Jangan mendua].

    37.Åjå dêgsurå .
    [Jangan berlaku kurangajar, tidak sopan dan tidak tahu tatakrama].

    38.Åjå rumångså biså, nanging bisåå rumångså.
    [Jangan hanya merasa bisa, tetapi hendaknya bisa “merasa”].

    39.Åjå rumångså sarwå duwé, nanging sarwåå duwé rumångså
    [Jangan mempunyai watak sombong, merasa serba punya, bertindak bengis, dan menghalalkan segala cara. Tetapi hendaknya berperilaku penuh dengan kasih sayang, bijaksana di setiap pikiran, ucapan dan tindakan].

    40.Åjå kêtungkul marang kalungguhan, kadonyan lan kemarêman.
    [Jangan tergoda oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kekayaan dan kenikmatan duniawi].

    41.Åjå main, minum, madat, maling lan madon.
    [Jangan berjudi, mabok, madat, maling dan berzinah].

    42.Åjå ngrusak pagêr ayu.
    [Jangan berzinah].

    43.Åjå mêlik barang kang mêlok.
    [Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak indah, cantik dan mewah].

    44.Åjå drêngki, åjå kêmêrén, åjå srèi, åjå dahwèn, panastèn, lan åjå opèn
    [drêngki : suka membuat fitnah, sikap tidak suka terhadap kebahagiaan orang lain; kêmêrén : iri hati, srèi: serakah, sikap ingin selalu menang dan merasa unggul dari pihak lain; dahwèn: menghina, sikap selalu mencela orang lain; panastèn: mudah panas hati, mudah tersinggung, sikap yang tidak senang melihat keberuntungan orang lain; opèn: sikap yang terlalu suka mengambil sesuatu yang bukan haknya, termasuk terlalu suka mencampuri urusan orang lain].

    45.Åjå laku bêdog lan colong, åjå pêthil jumput lan åjå nêmu.
    [bêdog lan colong: mencuri; pêthil jumput: mengambil sesuatu yang bukan haknya; nêmumenemukan sesuatu (misalnya di jalanan umum) yang bukan miliknya dengan maksud untuk dimiliki].

    46.Åjå dêgsiyå (mårå tangan) marang sapådhå-pådhå, wong dêgsiyå mono sênêng yèn kancané susah, susah yèn kancané sênêng.
    [Jangan berbuat kejam terhadap sesama makhluk hidup. Manusia dêgsiyå akan gembira bila orang lain mendapatkan musibah, dan sedih bila orang lain mendapatkan kebahagiaan]. Dêgsiyå adalah wêngis=bengis atau kejam, gampang mårå tangan dan menyakiti hati orang lain.

    47.Åjå ngångså, wis duwé sing apik isih kêpéngin sing luwih apik manéh, kamångkå kiwå-têngêné malah akèh sing ora duwé.
    [Jangan rakus]. Sikap ngångså adalah perilaku yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan

    48.Åjå jail mêthakil.
    [Jangan suka berbuat keonaran, dan berfikiran jahat].

    49.Åjå kumålungkung.
    [Jangan sombong, jangan suka menganggap orang lain kecil dan tidak berarti.
    jangan menganggap merasa lebih dari segalanya].

    50.Åjå kumåwani. Åjå kumåayu (kêmayu). Åjå kumåbagus (gêmagus). Åjå kumåpintêr (kêmintêr).
    [Jangan merasa lebih (berani, cantik, ayu, tampan, bagus, pandai)]
    Di atas langit masih ada langit“.

    51.Åjå kêbat kliwat, åjå gancang pincang
    [Jangan terburu-buru sehingga melampaui batas]. Lawan katanya Alon-alon, waton kêlakon

    52.Åjå waton sulåyå, åjå waton ngèyèl
    [Jangan menciptakan potensi pertengkaran, asal berbeda, asal tidak sama dengan yang lain].

    53.Åjå nggégé mångså
    [Jangan terburu nafsu dalam mencapai sesuatu]

    54.Surå dirå jåyåningrat lêbur déning pangastuti
    [Segala sifat keras hati, picik, angkara murka, dapat dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar].

    Sebenarnya masih banyak pitutur dan wêwalêr tilaranipun pårå leluhur, yang ingin cantrik Bayuaji wêdarkan, tetapi untuk sementara saya cukupkan sampai disini.

    Memahami dan melaksanakan satu saja dari sekian banyak pitutur dan wêwalêr yang ada sudah merupakan langkah nyata sebagai bekal hidup untuk menjadi orang yang terpuji.

    Dalam kesempatan lain. Insya Allah, akan kita kaji beberapa pitutur dan wêwalêr tersebut.

    Pårå kadang sutrésnå padépokan pêlangisingosari dapat menelaah lebih lanjut bahwa semua pitutur dan wêwalêr para leluhur tersebut, andaikata disandingkan dengan ajaran-ajaran agama “luar” tidak satupun yang bertentangan, bahkan nampak bagaikan satu tarikan dan hembusan nafas kehidupan di bumi nan indah Nusantara ini. Inilah salah satu alasan mengapa agama-agama “luar” itu, dapat tumbuh dan berkembang dan diterima oleh penduduk setempat.

    Sumber penulisan:

    1.Adityo Djatmiko. Tafsir Ajaran Sêrat Wédhåtåmå. Pura Pustaka. Yogyakarta. 1969;

    2.Andi Harsono, STP, MPn. Tafsir Ajaran Sêrat Wulangrèh. Pura Pustaka. Yogyakarta. 2005;

    3.Andjar Any. Radén Ngabéhi Rånggåwarsitå, Apa yang Terjadi? Aneka Ilmu. Semarang. 1980;

    4.Andjar Any. Rahasia Ramalan Jåyåbåyå, Rånggåwarsitå & Sabdopalon. Aneka Ilmu. Semarang. 1979;

    5.Dhanu Priyo Prabowo. Pengaruh Islam dalam karya-karya R. Ngabéhi Rånggåwarsitå . Narasi. Yogyakarta. Juni 2003;

    6.Komaruddin Hidayat, Putut Widjanarko. Reinventing Indonesia: menemukan kembali masa depan bangsa. Mizan. Jakarta. Juni 2008;

    7.Sunan Bonang. Suluk Wujil (ringkasan);

    8.Titi Mumfangati, Dra. dkk. Kearifan Lokal di Lingkungan Masyarakat Samin kabupaten Blora Jawa Tengah. Jarahnitra. Yogyakarta. 2004;

    9.Tradisi Wong Sikêp;

    10.Tradisi-tradisi lainnya dari masyarakat Jawa yang masih dipundhi, diuri-uri dan dihayati sebagai “laku” pedoman hidup.

    Nuwun

    cantrik Bayuaji.
    07102010

    • Matur Nuwun ki , saya lagi nyari2 kata2 diatas sudah lama tidak saya dengar dan baca…

    • Assalamua’alaykum, Ki Bayuaji.

      Sebagai orang Jawa, meskipun Jawa Timur yang terkenal kurang nJawani.. saya terkesan dengan simpulan nJenengan bahwa, “..semua pitutur dan wêwalêr para leluhur tersebut, andaikata disandingkan dengan ajaran-ajaran agama “luar” tidak satupun yang bertentangan, bahkan nampak bagaikan satu tarikan dan hembusan nafas kehidupan di bumi nan indah Nusantara ini.”

      Memang di tingkat hubungan antarmanusia, semua agama mengajarkan ‘laku utama’, baik agama samawi maupun agama (hasil renungan) filsafat. Andai saja kesamaan instruksi humaniora atas semua agama itu menempati tingkatan tertinggi dalam peribadatan, pastilah dunia ini menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk semua manusia.

      Ternyata tingkatan tertinggi dalam penghayatan semua agama berhulu pada persoalan ketuhanan. Konsep ketuhanan yang berbeda melahirkan perbedaan-perbedaan fundamental yang tak terjembatani dalam hubungan lintas-agama, yakni, ritual penyembahan dan aspek-aspek perilaku yang bersumber dari penghayatan atas sifat-sifat tuhan di masing-masing agama. Inilah fakta yang tak bisa dengan gampang dikesampingkan.
      Sampai saat ini masih sering terjadi benturan antarpenganut agama dengan mengatas-namakan membela kepentingan tuhan (agama?) masing-masing.

      Ki Bayuaji, orang Nusantara khususnya Jawa sebenarnya mempunyai tingkat survival yang sangat tinggi dalam penghayatan religiusitasnya justru dengan cara yang ‘anggun’. Semua agama yang Ki Bayuaji sebut ‘dari luar’ itu masuk, diterima, dan dianut hampir tanpa benturan yang berarti. Hindu, Budha, Nasrani, Islam, dan bahkan sekte-sekte sempalan dari masing-masing agama besar itu bisa eksis di Nusantara ini. Ajaibnya, agama asli nenek moyang kita yang tentu saja bersifat animisme dan dinamisme tidak hilang. Ritual-ritual asli itu berasimilasi dengan peribadatan agama-agama ‘luar’ dan eksis sampai sekarang.

      Yang ingin saya tanyakan pada Ki Banyuaji, kenapa pitutur dan wewaler untuk berlaku utama itu mandul ketika terjadi benturan-benturan yang diakibatkan oleh semangat menegakkan agama? Kemana larinya ajaran ‘aja waton sulaya, aja waton ngeyel?

      Mohon pencerahannya, Ki.

      Wassalamu’alaykum.

      • Ketika semangat kita berkobar untuk menyakiti, melukai, atau menghancurkan, kita patut bertanya: benarkah agama yang jadi penggeraknya? Apa bukan keangkuhan untuk memaksakan anggapan-anggapan yang sebenarnya kita sendiri belum begitu meyakininya?
        Kalau kita mau jujur, sebenarnya kita membutuhkan sesuatu untuk disalahkan hanya pada saat kita menganggap bahwa kita juga punya kesalahan. Di jaman SD dulu kalau kita mendapat nilai 6, kita segera menambahkan “tapi teman-teman banyak yang dapat nilai 5”, keterangan yang tidak akan kita butuhkan kalau kita mendapat nilai 10.
        Kita merasa terancam oleh kebenaran orang lain, karena kita tidak yakin pada kebenaran yang kita temukan. Maka ketika kita memukul, membacok, atau menghancurkan, kita tidak menegaskan apa-apa selain kerapuhan iman.
        Agama bukan partai politik. Jadi, dakwah juga beda dengan kampanye. Tujuan dakwah adalah mewartakan kabar keselamatan, bukan mencari masa sebanyak-banyaknya. Kembali ke SD sekali lagi, di saat apa kita merasa senang mendengar bahwa teman kita belum mengerjakan PRnya? Hanya di saat kita sendiri tidak mengerjakan PR! Semakin banyak teman yang tidak mengerjakan, kita semakin senang. Kalau kita sudah mengerjakan kewajiban kita, tidak penting lagi bagi kita berapa teman yang sudah mengerjakan dan berapa orang yang belum. Kalaupun kita kemudian membantu teman yang belum mengerjakan, maka motivasinya bukanlah “menjadikan mereka teman segolongan, yaitu kelompok orang yang mengerjakan PR”, melainkan semata-mata simpati, prihatin kalau teman yang kita sayangi harus mendapat kesulitan karena kealpaannya.
        Lalu apa bukan paradoks kalau semua itu dikerjakan dengan kemarahan dan kepalan tangan atau bahkan acungan pentungan atau senjata tajam?

        • Nuwun sewu, itu bukan jawaban untuk pertanyaan Ki Jayaraga, cuma pangudarasa pribadi yang dipicu oleh pertanyaan itu.

        • nek acungan penthungan kuwi nyindir Pak Satpam…ssstt dak andani yo..penthungane Pak Satpam kuwi tajem lho…

          tapi aku sarujuk ro pendapatmu Mi….

          • lha penthungan kok tajem…
            yok nopo pak lik…

          • harus dibuktikan secara haqul yaqin….

          • lha penthungan napa nik
            sing tajem niko peso, utawa lading

          • niku lho..penthungan versine Padmi….jare tajem…

          • halah….
            embuh ah…

          • Ki Pandan jebule wis tuwa ya? “atau” semono gedene kok ora katon…melasi…

          • jare Padmi, penthungane ki Satpam … ghuwedhe….

          • Ni KP…meskipun hanya “semono” gedhene tapi..agak panjang koq..

      • Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

        @ Ki Jayaraga.

        Matur nuwun sangêt sâdåyå kawigatosan Ki Jayaraga. Saya gembira, wedaran saya tentang Filosofi Jawa di padepokan pelangisingosari yang sangat kita cintai ini, ada yang berkenan membacanya, dan sekaligus memberikan tanggapan. Suatu hal yang baik, bahwa kita dapat saling berbagi pengetahuan, sehingga makin memperkaya perbendaharaan batin kita; yang tentunya semakin mempererat buhul kekerabatan silaturahmi kita, meskipun sebatas di dunia maya.

        Memang maksud saya menulis di padepokan pelangisingosari ini adalah mencari sahabat sebanyak-banyaknya, berbagi pengalaman, bergojeg, syukur-syukur mendapatkan ilmu pengetahuan baru, atau berburu jodo??? ……….

        Selain bersilaturahmi. Alhamdulillah Tuhan memberikan anugrah pengetahuan kepada saya tentang pengetahuan kebudayaan masa lalu yang dilakukan melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan meliputi penemuan, dokumentasi, analisis, dan interpretasi data berupa artefak, candi, ekofak dan fitur artefaktual, situs arkeologi, juga pengetahuan tentang suatu cabang ilmu sosial yang mempelajari budaya masyarakat suatu etnis tertentu, yang bahasa “ilmiah”nya disebut Arkeologi dan Antropologi. Tetapi karena penyampaiannya “nggak serius amat” maka saya sebut saja sebagai dongeng, maka namanya Dongeng Arkeologi dan Antropologi.

        Kembali kepada pertanyaan yang timbul.

        Saya kutip pertanyaan Panjenengan:
        Yang ingin saya tanyakan pada Ki Banyuaji ( ?who? ) (mungkin yang dimaksud adalah Bayuaji, maka saya koreksi bukan Banyuaji tetapi Bayuaji), kenapa pitutur dan wewaler untuk berlaku utama itu mandul ketika terjadi benturan-benturan yang diakibatkan oleh semangat menegakkan agama? Kemana larinya ajaran ‘aja waton sulaya, aja waton ngeyel?

        Begitu bukan pertanyaannya?

        Ki Jayaraga mohon pencerahan, mungkin bukan pencerahan Ki, tetapi sekedar ikut urun rembug saja.

        Saya sênêng bangêt dan setuju bangêt dengan pangudarasa pribadi Jêng Kèn Padmi, meskipun dikatakan bukan sebagai jawaban. Matur nuwun pangudarasanipun Jêng Padmi.

        Apa yang dimaksud dengan semangat menegakkan agama.

        Apakah semangat menegakkan agama adalah ketika kita dengan kemarahan dan kepalan tangan atau bahkan acungan pentungan atau senjata tajam, memukul, membacok, atau menghancurkan? Ketika semangat kita berkobar untuk menyakiti, melukai, atau menghancurkan, kita patut bertanya: benarkah agama yang jadi penggeraknya?. Apa bukan keangkuhan untuk memaksa?

        Dan apakah bukan karena sifat ego kita. drêngki, kêmêrén, srèi, dahwèn, panastèn, lan opèn, yang sênêng ngrusak katêntrêman

        Saya kutip saja pangudarasa pribadi Jêng Kèn Padmi:

        Agama bukan partai politik. Jadi, da’wah juga beda dengan kampanye. Tujuan da’wah adalah mewartakan kabar keselamatan, bukan mencari masa sebanyak-banyaknya.

        Kalaupun kita kemudian membantu teman yang belum mengerjakan, maka motivasinya bukanlah “menjadikan mereka teman segolongan, yaitu kelompok orang yang mengerjakan PR”, melainkan semata-mata simpati, prihatin kalau teman yang kita sayangi harus mendapat kesulitan karena kealpaannya.

        Demikian.

        Tunggu wedaran selanjutnya tentang Eling lan Waspada

        Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
        Awignam astu namassidêm (Mugi linupútnå ing rêridhu).

        Nuwun

        cantrik Bayuaji

    • Matur suwun sanget Ki Bayuaji

  7. Hadir pagi,
    Ikutan antri p Satpam.
    (nggak tau, apakah komen ini juga nggak sampai?)

  8. sugeng enjing poro kadang

    nyontreng absen sik

    • Assalamu’alaikum, Numpang Ki Emprith ach
      Biar ndak disemprit pake pripitan (priwitan denk)

      • Assalamu’alaikum, Numpang Ki Emprith & mbonceng jeng Nona
        Biar ndak disemprit pake pripitan p Satpam

      • Selamat pagi,
        Ikutan mbonceng ni Nona.
        Biar ndak di semprit p Satpam.

      • aku juga mau numpak eh numpang
        numpang njaluk rontal😀

        • melu ki Emprith ah…melu numpak..eh numpang..

        • melu ki Emprith ah…melu numpak..eh numpang..

  9. Sugeng siang P. Satpam.
    Sugeng siang poro kadang sedoyo.
    Nyuwun pangapunten telat absen.Biasane bakda subuh, iki mau ono urusan esuk-esuk ngeterake sedulur disik.

    • Monggo..monggooo Ki
      taksih wiyar papanipun, kloso malah dereng digelar sedanten

      Ki Pak Satpam nembe menek wit klopo, badhe ngrujak degan kagem rencang maos rontal

  10. No 23

  11. sugeng siang poro sederek, kulo ugi nderek antri

  12. Kawanen, ento nomer 30

  13. Kesoren, entuk no 34

  14. Selamat malam sahabat dan saudara semua,
    komennya asyik semua………..
    terutama dari…….

  15. Selamat malam Saudaraku semua,
    Malam ini adalah malam Jum’at, malam yang insya Allah penuh barokah dan rachmat dari Allah SWT.
    Tetapi oleh pihak-pihak tertentu dibelokkan seolah-olah malem Jum’at setan dan jin gentayangan mengganggu manusia. Marilah kita tadarus sembari menunggu wedaran dari P. Satpam.

    • On 7 Oktober 2010 at 20:33 honggopati said:
      ……Tetapi oleh pihak-pihak tertentu (cetak tebal dari angga) dibelokkan seolah-olah malem Jum’at setan dan jin gentayangan mengganggu manusia…….

      Mohon dengan segala hormat, siapa yang Ki honggo maksudkan dengan pihak-pihak tertentu;
      Untuk memberikan kejelasan.

      • pihak tertentu nggih pihak yang idak bertanggung jawab to ki

  16. Ki Bayuaji bilang Eling lan Waspada.
    nGger Satpam diminta untuk ELING, wis jam piro saiki …
    Para cantrik dharap … WASPODO …. hlhlp-29 wis meh teko!
    Hayo ….. podo
    Eling lan Waspada.

    • Hêmmmmmmm…. èhêm èhêm èhêm

      Kulå namung dèhém kémawon lho Ki Wid. Sugêng siyang.

      • luwih enak ngrondani Padmi

        • Sing dirondhon-e nembe tilem, Ki?
          Hiks …. nenggo ing nJobo kemawon ..

    • save LINKnya ke ELING

      Hatur nuwun pisan Ki Panji Satpam

  17. Teng…

    Teng…

    Teng…

    Teng…

    Teng…

    Teng…

    Teng…

    Teng…

    Teng…

    Teng…

    Teng…

    Teng…

  18. haduh, … capek juga setelah berjam-jam menunggu.
    akhirnya, matur nuwun, ….

  19. enggak sia-sia, terus eling bahwa rontal bakal mudun di malam jumuat,
    dengan ci-ti-ibeng yang semakin sempurna, rontal langsung disedot.
    sruppppppppppp

    • Eling Ki,
      Kebanyakan nyruput …. perut kembung ….
      Matur Suwun, ana camilan malam!

      • Lonthar 29 dicantholne teng pundhi Ki?

        • Sepuntene Ki, amargi dipun”Eling”aken Ki Widura, lonthar 29 sages dipun undhuh. Matur suwun

        • ELING Ki ELING

          On 7 Oktober 2010 at 22:55 Widura said:
          nGger Satpam diminta untuk ELING

  20. Assalamualaikum para kadang cantrik sadayana
    Saya kangen pengen melu gojegan setiap hari di forum ini namun kondisi tidak mengijinken. Tanggal 29 yang lalu setelah menulis di forum ini, jam 3 pagi saya mengalami pendarahan lambung yang parah. Sehingga harus menginap lagi di RS Mitra Bekasi selama 7 hari Rupa rupanya dokter yang melalukan operasi akibat penembakan memberikan obat anti nyeri yang menyebabkan lambung saya yang memang sudah sakit menjadi semakin parah.
    Alhamdulillah sekarang saya sudah semakin sehat walaupun jalan kaki masih harus pake tongkat.
    Terima kasih kepada semua rekan cantrik yang telah memberikan dukungan moril terutama cantrik truno podang yang beberapa kali datang secara fisik dan memberikan dukungan morilnya.
    Semoga Allah SWT memberikan pahala yang berlimpah kepada rekan -rekan semua.
    Wassalamualaikum WRBB

    • Alhamdulillah…

      Ki Djojos sampun saged marak wonten mriki

      Sugeng rawuh Ki.
      Plong….,raosipun.Sawetawis puniko wonten manah tansah was-was, kados pundi kawontenanipun Ki Djojos.

      Kita namung sadermi andedonga Ki, lan Allah SWT sampun ngabulaken.

      He he …, mau pakai bahasa Jawa kok sulit sekali.
      Monggo Ki, kami sudah menunggu kehadiran Ki Djojos untuk bergojeg lagi.
      Mungkin sekarang belum puli betul, kami hany berdoa semoga segera pulih seperti sediakala.

    • Selamat menjenguk Padepokan, Ki Djojosm!

      Ki Dojosm hampir bikin saya pingsan, karena kaget.
      Pertama, berterima kasih kepada Tuhan, nJenengan terhindar dari penembakan pada titik-2 yang membahayakan.
      Namun kemudian, saya dikagetkan dengan berita Ki Djojosm masuk ICU. Disamping kaget juga heran, masa betis yang kena peluru kok sampai membawa ke ICU. Maka timbul dugaan, jangan-2 pelurunya dilumuri oleh racun yang kuat sehingga bisa membahayakan diri.
      Ee rupanya bukan seperti yang saya khayalkan, maklum baru trauma karena murid-2 Ki Sarpa Kuning. ….
      Ngapunten, Ki guyon sekedik …..
      Sing jelas kami sangat gembira melihat Ki Djojosm sudah bisa tengok padepokan.

    • Mangayubagyo rawuhipun panjenengan Ki Djojos (Ki Joyorogo) wonten ing tlatah Menoreh meniko. Mugio tilasipun aji pamungkas Kebo Dungkul boten patosa mempan tumrap panjenengan. Kejawi puniko reramuan saking Ki Tanumetir sampun ngantos supe dipun unjuk saben dinten.

    • nderek bingah mireng kasihatan panjenengan ki Djojosm..

      musibah meniko mugio dadhos leburipun dosa2 alit…amiiinnn

      • Handerek bebingah bebungah kesehatan kasihatan panjenenganipun Ki Djojosm..

        Sugeng enjing sanak kadang sedoyo…

    • Kulo ndherek bingah Ki Djojosm, mugi-mugi enggal sehat lan pulih kados wingi uni.

  21. Selamat pagi,
    Eling, Eling ….. Eling
    Tangkyu, kamsia, matur nuwun,…..

  22. Assalamu’alaikum,….
    Selamat datang kembali Ki Djojo…
    Nona senang banget Ki Djojo dah bisa tune in di Padepokan lagi…
    Tetap semangat yach..

    • Waalaikum salam Miss… (makili ki Djojosm)

      Hamawi ya miss miss ..

    • iku seneng juga Ki Djojo sampun dangan

      seneng juga ama Miss Nona 😀

  23. Selamat siang Ki Djojos, saya ikut gembira Ki Djojos sudah senggang (dangan).

  24. Matur nuwun P. Satpam.
    Matur nuwun Ki Widura, pengeling-elingnya.

  25. Matur suwun Ki Arema
    Matur suwun Pak Satpam
    Matur suwun Ki Bayuaji atas pitutur dan segala wejangan
    nya
    Matur suwun semua sanak-kadang padepokan yang selalu bikin guyub-tentrem padepokan PDLS

    Yu Peinten klelegen ondho
    nyuwun ngapunten mboten saget bantu menopo-nopo

    • Yu Padmi klelegen duren..
      saake tenan…

      • Lho..?…lha sing mecah duren-e sinten njihh…..

        • sssttt….mboten parenk ro-woro …

          • Hiks…

  26. menjelang malem libur belum ada tanda-tanda gandhok 30
    dibuka,…

  27. Gandhok baru belum dibuka nggih?

    • masih sepi….

      • iya ki, hanya ada 3 yang ol. kenapa ya ????

        • lemes habis nonton bola yake…
          merah-putih vs biru-putih 1-7

  28. Matur nuwun, HLHLP-029 sampun kulo undhuh.

  29. Ono enem sing sing online!
    Sing sidji wis pingin turu ….

    • pak satpame sing pun ngantuk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: