HLHLP-035

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3 4 5

Telah Terbit on 17 Oktober 2010 at 00:01  Comments (178)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-035/trackback/

RSS feed for comments on this post.

178 KomentarTinggalkan komentar

  1. Bojleng Bojleng ……. Langsung diwedar …?
    Selamat Pagi Singosari ………………

    • bujub buneng … Pak Lik Wid ora tau sare…

      • mbooking retype 40-45…berkas mentahe kirim via japri Pak Lik Sat

        • ngirime kudu saiki mumpung malem minggon

          • Mbooking retype 35-39…berkas mentahe kirim via Email Ngger Sat
            Tak tunggu nJih?

          • mangke ijolan njih Om

        • kulo jane nggih pingin nderek retype, ananging dereng nate, dereng mudeng.
          Mbok diajari dikirimi sing kudu retype,
          suwun

      • nJih tak mapan rumiyen, now! nJenengan sing rondho nJih??

        • kulo sing gadis ae….mosok rondho ditawak2no

    • tadi angka-35 nya sudah mecungul, tapi isinya tetap 34 kok ki, ….

  2. sebelumnya nyuwun pangapunten.

    sebenarnya saya kepengin banget ki. tapi sejak komputer saya bermasalah, sampai sekarang abby-fine-reader tidak bisa terinstall dengan sempurna. kalaupun bisa, itupun jalannya tidak sempurna. selalu hang di tengah jalan jika dipakai. entah kenapa saya belum menemukan penyebabnya. yang jelas, di tengah-tengah install selalu bilang kalau komputernya “protected”. akhirnya saya bermigrasi ke linux blankon-ombilin.

    kalau ada sanak kadang yang tau dan bersedia ngajari, dengan senang hati saya bersedia berguru agar bisa ikut serta memperingan bot-repot nya gandhok.

    nuwun.

    • Awas ki Sukasran, ……. kalo kompor bermasalah bisa berakibat tabung gasnya njeblug. Ati-ati lho!

    • Nyuwun sewu Ki….

      Sampun dipun cobi nginstal Anggur (Wine). Punika emulator kangge install program windows wonten ing linux, hananging kula dereng mangertos, abby dipun sengkuyung dene Anggur dereng. Ingkang nate nyobi MS Office.

      Sumonggo lho Ki. dipun tengga kabaripun ngunjuk Anggur

      • anggur sampun cumepak ki. nanging kathah program windows ingkang mboten saged mlampah, utawi lampahipun rendhet. nanging mboten dados menapa, kula ngginakaken dobel-boot.
        perkawis piranti kantoran, open-office sampun cekap.
        nglampahaken/masang abby lumantar anggur panci dereng kula cobi. matur nuwun pitedahipun, badhe kula cobi rumiyin.

  3. Coba nek dikancani Padmi..dak rewangi melek tekan subuh deh…..

  4. No 12

    • Kyai Budi Prasojo, ……. deneng lawas ora paring ular-ular, wis kangen lho nyimak ular2 panjenengan.

      • hiks….ki Truno ngangeni ULOne ki BuPras

        • Ki PA niki paling usil teng gandhok, tapi menawi disaopo di FB, mboten ditanggapi,……..sepuntene lho Ki, sampun duko wilayah Slipi.

          • nyuwun sewu….teng FB kadang dak sambi ki…dados mboten patio konsen….cuali….hiks

      • Ki Pandan ini lho senengnya nguthik-uthik ulo turu, …… he he he!

      • Insya-alloh Ki

  5. Bojleng.. bojleng weladalah nomer 13.

  6. Selamat pagi P. Satpam dalah semua poro kadang.

    • Met pagi juga Ki Tumenggung Honggopati. Tolong pasukan anda ditertibkan itu nerak pagar di Kademangan sebelah.

  7. absen,langsng ngundhuh adbm 35, makasih Ki

    • Ki Glagah senenge sesat dan menyesatkan. Awas lho didukane Pak De Wid!

      • Ki Truno Podang, Ki Glagah_merah meniko nglatih “ketelitian” , jaman sakniki menawi mboten teliti kaliyan cross check (tabayyun)saget ndhadosaken ciloko donya akhirot. Gusti Alloh SWT dhawuh wonten QS. Al Hujurot 6 : يَا أَيُّهَا الَّذِينَ
        آمَنُوا إِن جَاءكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَأٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْماً بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

        Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.
        Kagem Ki Glagah_merah, matur suwun sanget.

  8. Tangi Turu …. malas mandi
    Ora seneng gosok gigi ….

    Sugeng Enjang Kisanak ….

    • Sugeng Enjing Mbok Dhe

    • Apa sejatine Ki Wid kuwe Bu Wid? Deneng Ki Pandang menyapanya Mbok De? Nyuwun tulung Ki Wid pangandikan panjenengan kados pundi? Nopo kagungan aji Mancolo Putro – Mancolo Putri. Mlayuuuu disiiiit mbok dibrengkolang bakyak. Ora pareng duko!

      • Aah .. kangmas TruPod, mbok ojo ngono tho …
        ulo-ne menopo kepidak … kok esuk-esuk ping pingin nyokot …..

  9. Ngabsen ah…
    wakil dari Medan (Pak Lik Pandanalas?)
    wakil dari Jakarta (2 orang siapa ya)
    wakil dari Surabaya (Ki Gembleh, Ki Karto?)

    • monggo nek badhe nitip cantolan…kantong kulo kempes sedoyo

    • Apa kantong menyan uga kothong Ki Pandan?
      Wuah esuk2 wis rapet antrian sekang plataran tekan ndalan. Lha kiye antrian rontal apa antrian maring pakiwan ya? Jajal tek takon P Satpam.

      • mpun pokoke sakniki nembe thong pes…
        jagungku dho alum mergo keterak wedus gembel kirimane ki Anatram

        • Kulo saking Suroboyo Ki Satpam

          • kulo sangking wingking ki…keokeokeo

  10. Iyo Ki.. Kok aneh tho..cover 34 dan 35 sama..

    • Jerohan-e sama, Ki …
      Tawurane durung mari ..
      Mahesa Murti durung ketemu musuh sing kuat ..
      nJenengan bade kepanggih Panembahan ….

  11. Assalamu’alaikum wr wb.
    Apa kabar kadang padhepokan? Semoga anda senantiasa berada dalam lindungan dan hidayah-NYA.
    Apa kabar Ki Begawan Bayuaji. Apa kalo hari Minggu tidak ada perkuliahan anthropologi?
    Ki Begawan Bayuaji, …….. kalo boleh dapatlah kiranya diberi pencerahan mengenai Prabu Siliwangi, …… yang konon mukhsa di hutan? Bagaimana ceriteranya?.
    Nuhun sebelum dan sesudahnya.

  12. melu ngebak ebaki pisowanan

    • Sugeng rawuh Ki Bancak …
      Monggo sekecaaken lenggah-e ..
      Wedar-e bade dicepetaken … Ki,
      Bangsal Kepustakaan sampun kebak ….

      Matur Suwun Ki Ismoyo ….
      Kiriman hlhlp41-hlhlp60 sampun dugi.

      • Halah….Ki Rangga Pakde Wid kok remenane manas-manasi (alias mengompori) ngger Satpam.
        Menawi dipun wedhar saestu menapa mboten malah kojur…..?

        he….he….he….
        sugeng enjang.

    • Akhi Wid, …… pumpung dho kumpulll, poro kadang kepengin crita2 dikit mengenai padhepokan dimana Akhi Widura sekarang berada. Betulll lho khi, saya cuma menyampaikan aspirasi temen2 saja.
      Nuwun

      • sugeng enjang Ki TruPod,
        tempe mendhonipum sampun dipun dhahar napa dereng, mpun kesupen cengise sekedhik mawon, mangke padharane sakit lho.

      • Lha iya Ki Gembleh, jajal nunggoni critani Ki Widura, apa nang padhepokane uga ana mendoan apa ora ya? Lha angger kepengin sega langgi utawa sega tumpang kepriwe goletane.
        Nuwun.

        • teng panggenane kula ontene rujak cingur kalih tahu campur, angger petisi pas olih sing eca wah raose mak josssh.

          • teng nggene kulo enten jagung engkang sampun gembakar….

            cobi mak tangkled Yu Padmi nopo Miss Nona….jagung kulo hybrid lho….nggae ketagihan..hiks

          • Yayi kekalih menika mesthi radi lingsem-lingsem kucing anggenipun njawab pandangu Ki Pls.

            Lingsem-lingsem kucing :
            1, setengah percaya.
            2. ora percaya babarblas.
            (coret salah satu)

            he…he…he….
            sugeng enjang Kiaine.

          • tp kulo salut dumatheng panjenengan lho ki Gem…

            siji2ne cantrik sing digoleti Padmi namung panjenengan…

            mbok kulo diwarisi ilmune ki…

          • waduh, niki namine mengompori. mangke menawi Yayi setunggal nika maos saged mencah-mencak malih lho Ki.

        • Lho …. tak tinggal mangan THIWUL kok podo ngumpul ndik embong …
          Monggo pinarak, dik, neng, nGGer, tju, Kang Gembleh, nDuk Padmi lan Mrs_Nonya …..

          Sinten sing doyan riwut, gathot, bulgur nJih wonten …

  13. Libur gini gak ada rontal pusiiiiing….

  14. Gembleh dodolan balon.
    (perlu diklarifikasi dulu, sebelum diprotes Ki Menggung YP, bahwa yang dimaksud balon disini adalah benda yang terbuat dari karet seprti tabung dan di dalamnya diisi gas helium).

    Sambili menggenjot sepeda yang dibelakangnya berisi tabung gas dan beberapa balon, Gembleh menuju ke alun-alun Sidoarjo.
    Pas hari minggu sore, kalau tak turun hujan alun2 nDarjo biasanya memang rame.

    Untuk menarik perhatian Gembleh sengaja melepas beberapa balon ke udara. Benar sekali, tak berapa lama mulai berdatangan anak2 yang diantar orang tuanya untuk memebeli balon. Lumayan, sore itu Gembleh mendapat untung yang besar, bisa ditabung untuk beli tiket Sancaka tujuan Yogya. Eiiit, dia mau ke Yogya untuk makan gudheg di Mijilan atau brongkos koyor di pojokan alun2 utara atau juadah dan tempe bacem mBah carik di Kaliurang lho.

    Sebelum Gembleh pulang, ada seorang anak kecil yang menarik narik bajunya dari belakang. Dia menengok dan anak kecil itu bertanya :

    ” Pak, dari tadi saya lihat balon warna merah, putih, hijau, kuning dan biru bisa terbang. Apa balon yang warna hitam juga bisa terbang ? ”

    Gembleh termangu-mangu sejenak kemudian menjawab :

    ” Nak, yang menyebabkan balon bisa terbang itu ISINYA, bukan karena WARNANYA. Demikian juga kalau anak nanti menjadi dewasa, yang dihargai bukan ujudmu tapi kebajikan apa yang ada di dalam dirimu, ”

    (hwaduh, mbleh gembleh, lha wong ngomong ama anak kecil wae kok ndadak nganggo filosofi mbarang to mbleh…?
    Lha yen diwaos bu Guru bisa dihajar nganggo jurus hiperbolik simbolik, matek koen..!)

    Katur Ki Beghawan Bayuaji,
    matur nuwun pencerahannya.

    • tapi nek Balone Bu Guru opo yo iso terbang..??? (nek iso nggae terbang/fly aku yaqin….)

      • kata Bu Guru …balonnya ada lima !

        • hore,,, Ki Menggung KartoJ rawuh,
          sedela maneh bu Guru mesthi nyusul.

      • Balon-e Ki Gembleh, mung putjuk-e sing iso mlembung …. gulune mung mekengkeng wae …. koyo jagunge Ki Ardi …

  15. Sebuah kisah di jaman shohabat, semoga membangkitkah semangat bagi para cantrik dan mentrik terutamana yang masih muda atau merasa muda :

    Pada Zaman Khalifah Umar Bin Khattab RA, ada seorang pemuda yang berencana untuk melakukan perjalanan jauh. Dia mempersiapkan segala perbekalannya, termasuk unta yang akan digunakan sebagai kendaraannya.

    Di tengah perjalanan, ia menemukan sebuah tempat yang ditumbuhi rumput hijau nan segar. Dia berhenti di tempat itu untuk beristirahat sejenak. Pemuda itu kemudian duduk di bawah pohon. Karena terlalu lelah, akhirnya ia tertidur lelap. Saat ia tidur, tali untanya lepas, sehingga unta itu pergi ke sana ke mari. Akhirnya, unta itu masuk ke kebun yang ada di dekat situ. Unta itu memakan tanam-tanaman dan buah-buahan di dalam kebun. Unta itu juga merusak segala yang dilewatinya.

    Penjaga kebun adalah seorang kakek tua. Sang kakek berusaha mengusir unta itu, namun ia tidak bisa. Karena khawatir unta itu akan merusak seluruh kebunnya, sang kakek pun membunuhnya. Ketika bangun, pemuda itu mencari untanya. Ternyata, ia menemukan unta itu telah tergeletak mati dengan leher menganga di dalam kebun.

    Pada saat itu, seorang kakek datang. Pemuda itu bertanya, “Siapa yang membunuh unta miliku ini?” sang Kakek lalu menceritakan apa yang telah dilakukan oleh unta itu. Karena kuatir akan merusak seluruh isi kebun, maka sang kakek terpaksa membunuhnya. Mendengar hal itu, sang pemuda tak kuasa menahan amarahnya. Saking emosinya, Serta-merta ia memukul kakek penjaga kebun itu. Naasnya, kakek itu meninggal seketika. Pemuda itu amat menyesal atas apa yang diperbuatnya. Pada saat yang bersamaan, datanglah dua orang pemuda yang merupakan anak dari sang kakek tadi. Mengetahui ayahnya telah tergeletak tidak bernyawa dan disebelahnya berdiri pemuda itu, mereka lalu menangkapnya. Kemudian, keduanya membawa sang pemuda menghadap Amirul Mukminin; Khalifah Umar bin Khattab RA.

    Mereka berdua menuntut dilaksanakan qishash (hukum bunuh) kepada pemuda yang telah membunuh ayah mereka. Lalu, Umar bertanya kepada sang pemuda. Pemuda itu mengakui perbuatannya. Ia benar-benar menyesal atas apa yang telah dilakukannya.

    Umar lalu berkata, “Aku tidak punya pilihan lain kecuali melaksanakan hukum Allah terhadapmu,” sang pemuda dengan lapang dada menerima keputusan tersebut. Ia kemudian meminta kepada Khalifah Umar, agar diberi waktu dua hari untuk pulang ke kampungnya, sehingga dia bisa berpamitan kepada keluarga serta bisa membayar hutang-hutangnya. Umar kemudian berkata, “Hadirkan padaku orang yang menjamin, bahwa kau akan kembali lagi kesini. Jika kau tidak kembali, orang itu yang akan diqishash sebagai ganti dirimu.” Pemuda itupun menjawab, “Wahai Amirul Mukminin, Aku orang asing di negeri ini, aku tidak bisa mendatangkan seorang penjamin.”

    Salah seorang sahabat mulia, ABU DZAR AL-GHIFARI RA (yang ketika itu usianya terkatagori masih muda) secara kebetulan hadir di majlis tersebut. Beliau kemudian berkata, “Hai Amirul Mukminin, ini kepalaku, aku berikan kepadamu jika pemuda ni tidak datang lagi setelah dua hari.” Dengan terkejut, Umar berkata, “Apakah kau yang menjadi penjaminnya, wahai Abu Dzar, sahabat Rasulullah?,” “Benar, ya Amirul Mukminin,” jawab Abu Dzar lantang.

    Pada hari yang telah ditetapkan untuk pelaksanaan hukuman qishah, orang-orang penasaran menantikan datangnya pemuda itu. SANGAT MENGEJUTKAN! Dari jauh sekonyong-konyong mereka melihat pemuda itu datang dengan memacu kudanya. Sampai akhirnya, dia tiba di tempat pelaksanaan hukuman. Orang-orang memandangnya dengan takjub. Umar bertanya kepada pemuda itu, “Mengapa kau kembali lagi ke sini Anak Muda, padahal kau bisa menyelamatkan diri dari maut?” Pemuda itu menjawab, “Wahai Amirul Mukminin, aku datang ke sini agar jangan sampai orang-orang berkata, ‘tidak ada lagi pemuda yang menepati janji di kalangan umat Ini’. Dan agar orang-orang tidak mengatakan, ‘tidak ada lagi Pemuda sejati nan kesatria yang berani mempertanggungjawabkan perbuatannya di kalangan umat ini”

    Lalu, Umar melangkah ke arah Abu Dzar Al-Ghiffari dan berkata, “Dan kau wahai Abu Dzar, bagaimana kau bisa mantap menjamin pemuda ini, padahal kau tidak kenal dengan pemuda ini?” Abu Dzar menjawab, “Aku lakukan itu agar orang-orang tidak mengatakan bahwa tidak ada lagi Pemuda jantan yang bersedia berkorban untuk saudaranya seiman dalam umat ini.”

    Mendengar itu semua, dua orang pemuda anak kakek yang terbunuh pun ikut berkata, “Sekarang tiba giliran kami, wahai Amirul Mukminin, kami bersaksi di hadapanmu bahwa pemuda ini telah kami maafkan, dan kami tidak meminta apa pun darinya! Tidak ada yang lebih utama dari memberi maaf di kala mampu. Ini kami lakukan agar orang tidak mengatakan bahwa tidak ada lagi pemuda yang berjiwa besar, yang mau memaafkan saudaranya di kalangan umat ini.”

    • nek kulo termasuk sing pundi njih …

      masih muda ??? nopo merasa muda…???
      tapi saestu kulo remen sing enum2

      • Ayo para pemuda, bercerminlah dengan kisah di atas itu.
        (tapi sak jane para sepuh ya kudu melu bercermin uga, lha wong biasane sing ora wani menepati janji, bertanggung jawab terhadap perbuatanya, berkorban untuk sesama lan memberi maaf sesama kuwi para priyayi sing wes ngliwati masa muda je…..!)

        matur nuwun Ki BuPras.

      • Alhamdulillah indah sekali ceritera Ki Budi Prosojo, ……. sangat baik untuk bercermin diri, baik bg yang muda maupun bsgi yang tua.

  16. wis 54 komen Pak Lik Satpam…monggo ndang diwedar

    • Ralat….. sampun 57 Ki PA ingkang taksih rumaos muda… he he

      Minggu minggu… prei prei, rampung ngumbahi, ngisi daftar hadir dhisik, sapa ngerti P. Satpam paring berkat😛

      • Ngumbah sprei ngumbah sarung
        prei koq yo mung ngalamun

        (Nopo saestu umbah2 sarung pakne Thole ?)

        • Sarungipun sinten Ki PA??? Lha wong boten nate sarungan lho… he he

  17. Sugeng siang, kula ndaftar cantrik engal menawi dipun tampi matur nuwun sanget, mawi tes mboten Ki.

    • Monggo ki brick/break…kulo bagian mbagi anduk + siwur

    • monggo Ki Jabrik
      katuran lenggah sekeco, wontene unjukanipun lisah potro, pacitanipunan manisan kreweng.

  18. pripun ki, kula dipun tampi mboten, nopo gedang ngliwati pembajakan rumiyin

    • Sumangga Ki Jab, katuran pinarak ingkang sekeca,
      ngersakaken unjukan menapa ? wedang sereh, jahe napa rondh* ?
      Wewaler wontening padhepokan menika namung setunggal kemawon :
      Dilarang ikut2an nggodha lan ngpyak-oyak mentrik, jalaran bab menika sampun dados wewengkonipun kadhang kula Ki Ageng Pandanalas.

      sugeng siang.

      • We lah ki Gem ngece…
        Kulo bagian ngopyak mentrik…nek ki Gem diopyak2 Padmi

  19. kulonuwun poro dulur,
    nyuwun pangapunten randat sowan, kolo wau enjing ngayahi jejibahan gugur gunung, reresik margi lan kalen amrih tebih saking banjir.
    Ing nginggil wau Ki Sukasrana wonten atur ngagem aji linux blankon, mbok sharing pengalaman ki, kulo sakniki nggih ngagem linux lucid lynx upgrade saking karmic. Jebul manteb lucid.

    • Kulo njih ngangge blankon…mawi corak lurik gringsing…bendolane teng ngajeng.kadang bathuk kulo linux2 keganjel

      • hahaha… Ki Pandanalas meniko lho.
        Dados kelingan jaman semanten mburuh teng pabrik, saben dinten ngagem surjan.

        • Niku pengalaman kulo ngangge blankon…tp dereng nate ngangge blankon sangking kramic

          • Ha ha ha ….
            Pak Lik Pandan ngagem blankon kramik, mlaku-mlaku ambek Limbuk sing lemu ginux-2 (Linux)

          • blangkon saking kramik, mangkeh diwastani cantrik padepokan suriantal

          • Tenane Pak Lik…mosok Padmi ginuk2

          • menawi Ken Padmi ginux2, miss Nona pripun ki

          • Lho….
            sing ginux-2 niku limbuk pak lik.

    • ki emprith,

      benar ki, sudah beberapa lama saya migrasi ke linux. saya milih “blankon 6-ombilin” karena berbahasa indonesia. selain itu, banyak server-repository di dalam negri lumayan banyak, jadi updatenya cepat. di antaranya adalah telkom dan beberapa perguruan tinggi di indonesia.

      kebutuhan utama saya berkaitan dengan linux seputar browsing/download, open-office dan untuk membaca/menghapus file-file virus windows. tentang multimedia dll, saya kurang begitu memerlukan.

      karena banyak program under windows yang tidak bisa jalan/lambat di linux, maka saya memasang “dual boot” pada komputer yang saya gunakan sehari-hari.

      sampai sekarang, lancar-lancar saja. soal lucid-lynk saya tidak bisa komentar apapun karena mengetahui namanyapun juga baru sekarang. mangga di-sharing saja pengalamannya.

      terima kasih atas perhatiannya.

      nuwun.

  20. Ki Ajar pak Satpam, sampun wonten 78 komen lho…..!

    • nyuwun pangapunten, wonten menopo kaliyan 78 komen (ethok2 ra mudeng kamongko ngarep-arep)

      • lha nggih menika Ki Emprith,
        Ki Ajar pak Satpam kok ya ndadak sinau ajian Tameng waja barang to….?
        Adatipun menawi sampun langkung saking 50 komen langsung “tahu sama tahu” lho.

        Ki Ajar pak Satpam, lha mBok Ki Emprith ndang diaturi pirsa tegesipun menapa, caranya rontal segera dicantholken….sreeeet !

    • Sampun 81…

      Mugi bibar Ashar wonten kabar ingkang mbingahaken manah. Amin….

      • AMIN
        A M I N
        aammiinn
        a a m m i i n n

      • Kabar gembira, ….. kabar gembira, …… kabar gembira, ……..

        Jangan bersedih!

    • sabar….
      niki nembe digoreng
      kalian nenggo cekapipun ingukan

      • Wheladalah sida langka unduhan, ….. lha wong kiye ambune gorengan gosong. Kayane Ki P Satpam nggoreng-menggorenge disambi ngantuk bubar lek-lekan, ….
        Nuwun sewu Ki P Satpam, ……. namung glewehan (gojegan) mawon.

      • Lha cekapipin pinten tho P. Satpam? Punapa sampun minggah dumados 100 komen??? Asyyiikkk…. hayo pada semangat.

        Atos2 lho… sampun dipun tinggal2, mangke gorenganipun gosong😀

  21. kalau perkara ngunduh rontal, sendika dhawuh.
    nyuwun pamit badhe penekan rumiyin.
    matur nuwun.

    • Sendika dawuh Ki Sukasrana….

      Rontal sampun kaunduh…. sinambi diguyur hujan. Lumayan, buat ngangetin suasana. matur nuwun P. Satpam

    • Matur nuwun Ki P Satpam, …… rontalipun sampun kawulo tampi sinarengan gludug makantar-kantar ing tlatah Bekasi.
      Mugi rahayu ingkang tansah pinanggih tumrap panjenengan sedoyo ingkang tansah guyub rukun sesrawungan ing Padepokan meniko.
      Wassalam

      • mekaten ta ki. mila siyang kalawau ing tlatah tangerang raosipun benter sumlenget. sakmenika sumuk, nglekep kados dipun ungkep.

        dhawah kaleresan rontal sampun kawedhar. lowung kangge jampi sumuk.

        mangga ki truno.

  22. maturnuwun maturnuwun maturnuwun
    undhuh bar ngisyak dinikmati karo ngopi + pacitan jengkol nom goreng. Hmm

  23. Matur nuwun P. Satpam,
    Langsung ngunduh, langsung diwoco, langsung mlayu.
    Sugeng sonten.

  24. Nuwun

    Sandhé jabung sampun ing surup amasang sandhé.

    Pårå kadang padépokan, pårå kaki bêbahu padépokan; jêjanggan, putut manguyu, pårå éndhang, cantrik, pårå tapå lan tåpi, pårå murid kang nêmbé ngangsu kawruh kautaman dumateng pårå mursyid.

    Sugêng sontên, nyuwun pangapuntên Ki Sanak pårå kadang padépokan pêlangisingosari.

    Mohon doa restunya, Insya Allah, bila tulisan ini sampai ke sanak kadang, Saya cantrik Bayuaji bersama Sang Ardanareswariku, dua anak kandung dan dua anak mantu. Sekaligus mengawal para santri yang terpilih dan terbaik sudah numpak montor mabur; alhamdulillah setelah hampir lima tahun tidak berziarah ke Tanah Suci, Tahun ini diijinkan Allah SWT memenuhi panggilan Nabi Ibrahim as menuju RumahNya Yang Mulia di Tanah Suci kembali, melakanakan rukun Islam yang ke-V. Haji.

    Kepergian kami tidak lama, kurang lebih 25 hari saja. Dan di antara waktu-waktu itu saya akan tetap “hadir” melalui ‘ajudan jenderal’ yang dapat saya percaya (maksudnya Pak Satpam perciccciisss seperti P. Satpamnya Ki Arema, tapi bukan), untuk medar tulisan-tulisan saya yang sudah dipersiapkan).

    Duapuluhlima hari bukan suatu waktu yang lama.

    بسم الله الرحمن الرحيم
    اللهم صل على محمد وآل محمد
    اَللَّهُمَّ رَبَّ شَهْرِ رَمَضَانَ مُنَزِّلَ الْقُرْآنِ، هَذَا شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي اَنْزَلْتَ فِيْهِ الْقُرْآنَ، وَاَنْزَلْتَ فِيْهِ آيَاتٍ بَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ. اَللَّهُمَّ ارْزُقْنَا صِيَامَهُ، وَاَعِنَّا عَلَى قِيَامِهِ. اَللَّهُمَّ سَلِّمْهُ لَنَا وَسَلِّمْنَا فِيْهِ وَتَسَلَّمْهُ مِنَّا فِي يُسْرٍ مِنْكَ وَمُعَافَاةٍ، وَاجْعَلْ فِيْمَا تَقْضِي وَتُقَـدِّرُ مِنَ اْلاَمْرِ الَْمَحْتُومِ وَفِيْمَا تَفْرُقُ مِنَ اْلاَمْرِ الْحَكِيْمِ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ مِنَ الْقَضَاءِ الَّذِي لاَ يُرَدُّ وَلاَ يُبَدَّلُ، اَنْ تَكْتُبَنِي مِنْ حُجَّاجِ بَيْتِكَ الْحَرَامِ الْمَبْرُوْرِ حَجُّهُمُ، الْمَشْكُوْرِ سَعْيُهُمُ، الْمَغْفُوْرِ ذُنُوبُهُمُ، الْمُكَفَّرِ عَنْهُمْ سَيِّئَاتُهُمْ، وَاجْعَلْ فِيْمَا تَقْضِي وَتُقَدِّرُ اَنْ تُطِيْلَ عُمْرِي وَتُوَسِّعَ عَلَيَّ مِنَ الرِّزْقِ الْحَلاَلِ

    Bismillâhir Rahmânir Rahîm
    Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad
    Allâhumma Rabba syahri ramadhân munazzilal qur-ân, hâdza syahru ramadhân alladzî anzalta fîhil qur-ân, wa anzalta fîhi âyâtim bayyinâtim minal hudâ wal furqân. Allâhummarzuqnâ shiyâmahu, wa a’innâ ‘alâ qiyâmihi. Allâhumma sallimhu lanâ wa sallimnâ fîhi wa tasallimhu minnâ fî yusrin minka wa ‘âfiyah. Waj’al fîmâ taqdhî wa tuqaddiru minal amril mahtûm wa fîmâ tafruqu minal amril hakim fî laylatil qadri minal qadhâi alladzî lâ yuraddu wa lâ yubaddal, an taktubanî min hujjâji baytikal harâm, al-mabrûri hajjuhum, al-masykûri sa’yuhum, al-maghfûri dzunûbuhum, al-mukaffari ‘an sayyiâtihim, waj’al fîmâ taqdhî wa tuqaddiru, an tuthîla ‘umrî wa tuwassi’a ‘alayya minar rzqil halâl.

    Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
    Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya

    Ya Allah, Tuhannya bulan Ramadhan, Tuhan Yang Menurunkan Al Qur’an, Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya Engkau turunkan Al Qur’an, Engkau turunkan ayat-ayat yang menerangkan petunjuk dan Al Furqan. Ya Allah, karuniakan padaku kemampuan untuk melakukan puasa, bantulah aku untuk melaksanakan Qiyamul Layl. Ya Allah, selamatkan ia bagi kami, selamatkan kami di dalamnya, dan jadikan ia keselamatan bagi kami dalam kemudahan dan keselamatan dariMu. Jadikan dalam ketetapanMu dan takdirMu yang pasti dan dalam persoalan yang bijaksana yang Engkau beda-bedakan dan Engkau tetapkan pada Al Qadar, ketetapan yang tak tertolakkan dan tak tergantikan, agar Engkau cacat aku tergolong pada orang-orang yang melakukan haji ke rumahMu yang mulia, yang Engkau terima haji mereka, yang Engkau ridhai sa’i mereka, yang Engkau ampuni dosa-dosa mereka, yang Engkau tutupi kejelekan-kejelekan mereka. Dan jadikan dalam ketetapanMu dan takdirMu agar Engkau panjangkan umurku, dan Engkau luaskan bagiku rizki yang halal.

    Aamin

    Nuwun

    cantrik Bayuaji.

    • Ya Allah, Tuhannya bulan Ramadhan, Tuhan Yang Menurunkan Al Qur’an, Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya Engkau turunkan Al Qur’an, Engkau turunkan ayat-ayat yang menerangkan petunjuk dan Al Furqan. Ya Allah, karuniakan padaku kemampuan untuk melakukan puasa, bantulah aku untuk melaksanakan Qiyamul Layl. Ya Allah, selamatkan ia bagi kami, selamatkan kami di dalamnya, dan jadikan ia keselamatan bagi kami dalam kemudahan dan keselamatan dariMu. Jadikan dalam ketetapanMu dan takdirMu yang pasti dan dalam persoalan yang bijaksana yang Engkau beda-bedakan dan Engkau tetapkan pada Al Qadar, ketetapan yang tak tertolakkan dan tak tergantikan, agar Engkau catat aku tergolong pada orang-orang yang melakukan haji ke rumahMu yang mulia, yang Engkau terima haji mereka, yang Engkau ridhai sa’i mereka, yang Engkau ampuni dosa-dosa mereka, yang Engkau tutupi kejelekan-kejelekan mereka. Dan jadikan dalam ketetapanMu dan takdirMu agar Engkau panjangkan umurku, dan Engkau luaskan bagiku rizki yang halal.

      Nyuwun pangapunten:

      Salah ketik:

      cacat seharusnya catat

      “Pak Satpam”nya Eyang Bayuaji

      • sugeng tindak lan kondur kanti mabrur. ing pangarah mugi sumrambah mring sesami.

      • Amiin

    • Waduh…., telat saya.
      Selamat jalan Ki Bayu
      Selamat menunaikan ibadah Haji, semoga jadi Haji yang Mabrur.
      Kami semua tentu akan ikut mendoakan semoga semuanya dapat dilaksanakan dengan lancar, selalu selalu sehat mulai berangkat sampai tiba kembali di rumah.

      Kami berharap, mudah-mudahan diantara doa Ki Bayu terselip permohonan agar kami sanak-kadang pelangisingosari yang belum berkesempatan melaksanakan ibadah Haji (dengan berbagai macam alasan) dapat segera terpanggil memenuhi panggilan Allah.

      Untuk Pak Satpamnya Ki Bayu, nderek nepangaken nggih.

      • sugeng nindakaken ibadah haji Ki Bayuaji, mugi wilujeng tindak lan kunduripun, diparingi sehat, saged dados haji ingkang mabrur.
        Nyuwun donga mugi kadang padhepokan enggal saged nyusul Ki Bayuaji.

      • Sugeng nindakaken rukun islam ingkang kaping 5 Ki Bayuaji dalah kluwargi, mugio gancar tindak lan sa’konduripun, saha gancar anggenipun anindakaken sedoyo syari’at haji inggih meniko rukun haji lan wajib hanjinipun, dadosa tamu Allah ingkang kinasih. Mugio tetep mantep dados haji ingkang mabrur lan mabrurah sa’konduripun ing tanah air mangke.

  25. Assalamu’alaikum, selamat menjalankan ibadah haji ki Bayuaji, semoga selamat kembali ke tanah air dan menjadi haji yang mabrur,Amin Ya Robbal Alamin.

  26. Selamat jalan Ki Bayuaji, semoga selamat baik dalam perjalanan, di tanah suci dan kembali di tanah air.

    Mudah-mudahan Ki Bayuaji dapat melihat ka’bah, karena banyak orang yang tidak mampu melihat Ka’bah, meski sudah ada di depan MATA.

  27. Selamat Ki … Dungo dinungo ya Ki

  28. pak SATPAM,
    Cantrik ambel dulu-AN “BERKATe”….matur nuWun

    ki Bayuaji dan Keluarga :
    selamat menjalankan ibadah HAJI, semoga Lancar selama menunaikan Ibadah HAJI, kembali ke Tanah
    Air dan menjadi haji yang MABRUR,

    • he3,…para seSEPUH piniSEPUH pada Njagong,
      gandok katon RAME, gayeng tenan GOjEGane.

      cantrik arep melu DOLANan “PElEMbunGAN” kok
      telat SInggAH….yo wes Sesuk Ae…!!

  29. Lapor pak satpam .. Rontal kok susah diunduh, gak pernah tuntas.. Apa goro2 njenengan ngetokne ilmu kabut.. dadine rontal cuma bisa dibaca sebagian wae ..

    • Sepertinya tidak apa-apa Ki Tatas Lintang
      Barusan saya coba, berhasil dengan sukses.
      Coba diulang lagi Ki
      Mungkin jaringan internet di lokasi Ki Tatas Lintang lagi rame, sehingga ada gangguan.

      • Ngunduh-e kedah mbakar ayam rumiyen Ki,
        Dibumbui kecap manis, sama sambel sing puueeedess puuoolll.
        Pasti berhasil

        • Akhirnya berhasil ngunduh dengan sempurna… Matur nuwun Pak Satpam, Ki Widura. Hampir saja mengikuti saran Ki Widura untuk bakar ayam..

  30. Matur nuwun Ki .. Tak cobi maleh ngangge sedot ilmune P.Singa Nardapa

  31. Matur Suwun nGGer Satpam …..
    Tangi Turu langsung Makaryo ….
    nGebantu Reading Proof

    Jarene Ki Pandanalas mau ijolan hlhlp041-045 dengan hlhlp035-40.
    Monggo Ki, sak wontene dipenhet kemawon ….

    MATUR SUWUN karo ngutjek-utjek moto ben iso melek lan MOTJO.

    • sampun kulo kirim ki….(bentuke maya)
      monggo dipun approve

  32. Absenlangsung ngunduh matur tengqyu Pak Dhe Satpam sekalian lam kenal maklum baru aktiplagi.

    • Monggo Ki Lurah

      • Ki Lurah panggil nGGer Satpam Pak De. nGGer Satpam panggil saya Pak De.
        Lah anak-anak Ki Lurah harus panggil saya apa?

        • pakDE ne pakDe….he3,

          kunci SEREPe mbok diKEMBALIKAN
          lagi kiRANGGA….biar cantrik2
          bisa REBUTan ngreYEN gandok !!

          siap DHuwe kunci ra pareng melu
          keROYOKan….HIKs2

          • jadi pakde wid pegang konci serep toh.
            pantes……….

  33. Tonggo ngarep mba tuminem
    Ngarep2 telu enem

    • Sik Tak bukak-ne ya Gandhok-e,
      Nanging sabar Ki, isih berantakan ….
      Ana sing nginep, Je! Malahan ana sing ngom-puuooollll.
      Hiks,

    • apa khabar Ki Blenger ???
      Lama enggak pernah colak-colek

  34. Sugeng enjing Ki Satpam, Ki Wid, Ki Kompor, Ki PA

    • Sugeng enjing Ki Djojos.
      Kados pundi kabaripun?
      sami wilujeng to Ki.

      • Sugeng enjang Ki Djojosm,
        Cuaca pagi di Tangerang hari ini Poaall cerah.

        • Sugeng Enjang Ki Djojosm,
          Keadaan Tambun Taksih sepi,
          Rawa Kalong seperti sedang tidur…
          Kampung Jati sudah ramai dengan berisiknya jalan Toll.

          Sedangkan Bekasi …… sudah semringah:
          Burung Podang belia bernyanyi …
          Suara emptih mencicit ….

          Sae-2 kemawon tha?

          • Pakde Wid, kok paham betul kalo Bekasi saat ini sudah semringah alias kusust ???

          • Disana kan ada Ki TruPod …

          • daftar Putut padepokan (identik dgn Per-manuk-an)

            ——————–
            ki Tr. Podang
            ki Emprith
            ki Tr. Prendjak
            ki Cucak Yudha
            ——————–

            nek Pak Lik Satpam aku ra patio reti..nopo panjenengane njih gadhah klangenan MANUK….

          • he-hee….Ada siDJI PUTUT
            yang bikin kiPodang Gemes
            penGen NGuwes2 ki,

            asmOne… ki JALAKalas,

          • Nek manuk prenjak ngoceh esuk2 tandane (sasmita) arep ana tamu agung!

          • Ki Yudha jangan mengadu jalak lho Ki? Wong aku dan Ki Pandan itu bagaikan Kakang Kawah dan Adi Ari-ari gitu lho! Kalo sama Ki Yudha bagaikan Mahisa Murti dan Mahisa Pukatan.

          • manuK JALAK ning kuRUNGan
            esuk2 MAbur2 tandane noPo
            ki TPodang….??

            ApA siJALAK ngeBET mLEbu
            kurunGAn ANYAR…he-heee

          • Kakang Dapet Anget2 si-ADI
            nunGGoni ning MBuri…!!

            selamat pagi ki, Padepokan
            BEKASI pripun khabare…??

          • senikmat2nya di kurungan emas…lebih nikmat di kurungan nylon…wekekeke

  35. selamat pagi pakDe SATPAM,

    BUKA gandhok PAGI hari,…kenapa TAKUT ki !!??
    Tonggo ngarep Nyi sarinem, Ngarep2 mechungule
    telu enem.

    • Yang biasa buka gandok pagi hari bukannya Ni Wandan dan Ni Wiyati, kakaknya Wikan?

      • Ngapunten ki, arep Nulis buKa gandhok
        kleru k*thok….!!

        copy dari gabdhok ki PLS :
        senikmat2nya di kurungan emas…lebih nikmat di kurungan nylon…wekekeke !!

        HiKKKs,

  36. ternyata sudah ramai to
    met pagi semua

  37. Assalamu’alaikum, selamat pagi
    wah, ono opo thok, pagi2 pada ngomongin manuk sech..

    • Manuk yen wis UZUR, wengi turu ngleker …
      Nanging esuk-2 wis manggung terus …

      Menopo nJenengan niteni NI?

      • hehehe ben rame PakDe Wid, soale bisa jadi topik hangat hari ini…

        • Sebenarnya memang “agak” hangat Ni Miss Nona…hikss

      • Ha ha ha ha, …….
        Ki Wid, ….. bisa bae lah.
        Ki Wid, dadi wong kudu tansah mensyukuri niekmat Allah. Wis dadi wong sing tua bersyukur, mergane akeh wong sing esih enom wis dipundut karo sing kuasa. Diparingi gampang sare sore2 kudu bersyukur, dadi angger subuhan esuk ora keri. Malah sedurunge adzan berkumandang, angger sing biasa sare sore biasane wis wungu. Malah angger sare sore dadi angger niat netepan tahajud bisa keleksanan.
        Sewalike angger ora bisa sare sore uga kudu bersyukur, dadi diparingi wektu dawa nggo maos rontal, utawa maos Al-Qur’an (tadarus wengi). Seliane kuwe maling2 dadi pada sungkan pedhek daleme wong sing seneng lek-lekan wengi, krungu watuke bae wis keweden.
        Nuwun sewu Ki Wid,……. ora pareng duko! He he he, ……

        • Hiks,
          Ki Trupod …
          Taksih semangat …

        • nJenengan salah tompo …
          Nembe mbayangno manuk sing liyane kok!

          • Lah nek manuk klangenane ki Tr. Njih mboten sami kaliyan sing dibayangke Mba Nona tho…

          • Lha sing dibayangke…manuk-e sinten….eh..klangenan-e..

    • Wa’alaikum salam,

      biasa Ni, Aki-Aki nek pada NGUMpul mesti
      ra LALI mbahas siSANGkar manuk…he3,

      pagi ni NoNa…Ni apa Nyi njih, semalem
      Lek2-an lagi, apa ra ManUk….Eeh Kleru
      mangSud-e NganTUK.

      • Xixixi, ngantuk sich, tapi kan besoknya libur. yach maklumlah Ki YuPram, ndak tega aja ngeliatnya, kita bisa tidur enak maminya ndak bisa tidur. apa memang begitu yach kalau dah sepuh tidurnya makin sedikit?

        • jamanKu duloe nahan rasa Ngantuk
          di-KASIH tetesan banyu jeruk Ni,
          jaman Saiki pake apa ya…??

          Ngendikane ki TPodang memang gitu
          Ni, tambah Sepuh tambah BETAH lek
          lek-an….he3,

          sek….sek ni napa Nyi…??

      • Kulo nderek prihatos Ni Miss Nona, …… mugio keng Ibu enggal diparingi kesarasan. Oh ya untuk obat darah tinggi ada Madu (Ceidar?) asalnya dari Yaman. Yang jual di Toko Buku Walisongo, Jakarta Pusat. Pohon Ceidar (atau apa namanya saya lupa) hanya ada di Yaman. Pohon tersebut dari akar, batang daun, buah, bunga, semuanya bisa untuk obat. Nah madunya dari pohon itu sehingga sangat mustajab untuk berbagai obat, termasuk darah tinggi/struk. Tapi sing jelas angger ngunjuk madu efek sampinge ya positif yakuwe awak dadi sehat.
        Nuwun

        • kalo diBang WETAN ada CAbang gak
          ki, (coba kulo Intip ning GooGle)

          Awak SEHAT, tenaga berLIPAT, mer
          GAWE semangaaat…ManggunGe pri-
          pun ki ??

        • Makasih infonya Ki Trupod, Mamiku kena stroke karena komplikasi (diabetes & darah tinggi), dan yg bikin ndak bisa ngomong n separuh lumpuh karena diabetesnya lebih dari 400, dan ini sudah yg ke-3 kalinya.
          Tapi Alhamdulillah sekarang sudah agak membaik, tapi jadi agak pikun dan terkadang seperti bayi lagi…

        • Ni Miss Nona, …………. ternyata madu itu, asalkan asli, adalah obat diabetes juga. Yang gak baik adalah madu yg sudah dicampur gula. Nah madu dari Yaman tadi, ….. katanya termasuk madu yg asli. Untuk ngetes, kalo ada sekelompok semut, ditetesin didekatnya, bukannya ndeket tapi malah kabur. Kalo gitu jika Ibunda Ni Miss Nona minum madu ini berarti sambil nyelem minum kopi lah!
          Tapi sebelum membeli diteliti dulu sjalah. Kalo Ni Miss ke Toko Buku Walisongo di Jl. Kebon Sirih, langsung naik ke lantai 2 atau 3, tanya aja tentang madu itu.
          Wassalam,

  38. Kulånuwun,

    Kulå pun utusan Ki Bayuaji, kanthi têtênger Punåkawan (Kepenginnya mau menggunakan nama P. Satpam tapi takut menyaingi Ki P. Satpam padepokannya Ki Arema/pelangisingosari, mundak kuwalat).

    Kanthi idi pengèstu,sowan nyunggi bêrkat rontal, amanah Ki Bayuaji.

    Ngiras ndérék têpang katur Ki P. Satpam, ugi kagêm sâdåyå pårå linangkung ing padépokan pêlangisingosari (ajrih déné kumåwantun, amargi kulå namung pawongan punokawan, mangké dipun arani nglancangi), sanajan Ki Bayuaji punikå priyantun ingkang “egaliter” (åpå toh egaliter kuwi), ngêrtiku Ki Bayuaji yèn ngêndikå kuwi asring dawuh mêkatên:

    Têpå slirå marang sapådhå-pådhå iku kunci kang baku mungguhing mêmitran supåyå langgêng, ora mbédak-mbédaké marang siji lan sijiné, Gusti Allah ora mbédak-mbédaké kawulaNé kajåbå mung amal lan takwané.

    Ananging ungggah-ungguh ing pakêrti tansah kulå ugêmi, sadåyå pitutur såhå dawuh piwulang pårå rêsi, pårå Sang Linangkung ingkang tansah ngangsu kawruh kautaman dumatêng pårå mursyid.

    Insya Allah salam saking panjênêngan sâdâyâ kulâ pundhi, kaaturakên via e-mail Ki Bayuaji.

    Mânggâ sami kitâ simak wêdaran ing ngandap punikå:

    Sampurasun.

    Wilujêng kapanggih para dulur, wanci iêu simkuring ngagêlarkêun atikan bahêula warisan para luluhur:

    Pada HLHLP-032 [On 12 Oktober 2010 at 06:38 cantrik bayuaji said:], Cantrik Bayuaji telah menulis tentang:

    “AJARAN BUDHI” PADA MASYARAKAT PASUNDAN

    Dan dilanjutkan dengan “obrolan ringan” dengan:

    a.Ki Truno Podang, berturut-turut:
    [On 12 Oktober 2010 at 10:40 Truno Podang said: ];
    [On 12 Oktober 2010 at 21:45 cantrik bayuaji said: ]; dan
    [On 12 Oktober 2010 at 22:46 Truno Podang said:], kemudian:

    b.Ki ‘Truno’ Emprith, [On 13 Oktober 2010 at 00:33 emprith said:] dan

    c.Ki Kompor [On 13 Oktober 2010 at 01:14 kompor said:]

    Berikut têrusanana:

    SUNDA, JATISUNDA

    Berdasarkan keterangan kokolot (tetua) Sunda, Urang Sunda ketika masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja penguasa Galuh Pajajaran yang bertahta di kedaton Surawisesa di Kawali. Sri Baduga, demikian juga Sri Baduga sendiri adalah penganut ajaran Sunda yang dalam Carita Parahyangan disebut sebagai ajaran “Purbajati” atau “Jati Sunda

    Carita Parahiyangan merupakan nama suatu naskah Sunda kuna yang dibuat pada akhir abad ke-16, yang menceritakan sejarah Tanah Sunda, utamanya mengenai kekuasaan di dua ibukota Kerajaan Sunda yaitu Kedaton Galuh dan kadaton Pakuan.

    Purbatisi purbajati, mana mo kadatangan ku musuh ganal musuh alit. Suka kreta tang lor kidul kulon wetan kena kreta rasa. Tan kreta ja lakibi dina urang reya, ja loba di sanghiyang siksa”.

    [Ajaran dari leluhur dijunjung tinggi sehingga tidak akan kedatangan musuh, baik berupa laskar maupun penyakit batin. Senang sejahtera di utara, barat dan timur. Yang tidak merasa sejahtera hanyalah rumah tangga orang banyak yang serakah akan ajaran luluhur].

    Dalam Carita Parahyangan juga menunjuk bahwa kepercayaan para luluhur adalah sewabakti ring batara utpati .

    Utpati atau Upati adalah Bahasa Jawa Kuno, pengaruh dari Bahasa Sansekerta. Upati adalah Yang Maha Pencipta, Yang Maha Pemilik Kehidupan, sedangkan Utpati adalah Yang Menguasai Kematian.

    Adapun pokok ajarannya adalah “Budi Daya”. Sama dengan “ajaran “Agami Budhi” yang berada di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

    Salah satu ajarannya adalah dunia besar, yaitu alam semesta tempat kita bisa belajar dan menghayati, bagaimana teraturnya alam (nyakra manggilingan). Bagaimana gunung, bukit, lembah, air, api, tanah, udara telah menjalankan kodratnya dan telah memberikan hidup dan kehidupan seluruh makhluk. Begitu pula tumbuh-tumbuhan dan hewan semuanya telah menjalankan kodratnya yang pada dasarnya untuk kepentingan dan kesejahteraan umat manusia. Sekarang apakah manusia telah melaksanakan kodratnya melaksanakan kemanusiaannya.

    Apakah Urang Sunda telah melaksanakan kodrat kesundaannya, Apakah Wong Jåwå tidak ingkar dari kodrat kejawaannya.

    Seperti ajaran budhi, Wong Jåwå yang memilki subå-sitå, aturan dalam bêbrayan agung, aturan tingkah laku dan tata krama, misalnya: Åjå gawé sêrík atining liyan lan åjå golèk mungsúh, atau Síng sênêng gawé nêlangsané liyan iku ing têmbé bakal kênå piwalês såkå panggawéné dhéwé.

    Urang Sunda pun mempunyai “subå-sitå” yang sama, yakni: “nyungsi diri nyuay badan angelo paesan tunggal” Bercerminlah pada dirimu sendiri, Janganlah melakukan suatu perbuatan kepada orang lain, jika engkau tidak menghendaki perbuatan itu kepada dirimu sendiri.

    Contoh lain:

    1.Hade ku omong goreng ku omong
    [Perkataan itu bisa menimbulkan kebaikan atau keburukan; maka berhati-hatilah].

    sama dengan:

    Luwíh bêcík åjå kojah amríh ora nandhang piduwúng.
    [Diam adalah emas].

    dan

    Ajining diri pribadi iku dumunung ånå ing lathi lan budi.
    [Penghargaan orang terhadap kita ditentukan bagaimana cara kita menjaga perkataan kita, dan budi pekerti kita].

    2.Banda tatalang raga
    [Jangan terlalu sayang pada harta kita kalau untuk keselamatan jiwa].

    sama dengan:

    Båndhå iku bisa gawé mulyå ugå bisa gawé cilåkå. Gawe mulyå lamun anané sâkå barang lan panggawé kang becik, gawé cilåkå lamun sâka panggawé nisthå.
    [Harta benda bisa membahagiakan dan menyengsarakan. Membahagiakan bila dihasilkan dengan cara yang benar, tetapi dapat menyengsarakan bila diperoleh dari perbuatan yang nista].
    dan banyak lagi contoh lainnya.

    Dalam kaji diri dan sejarah diri, terungkap tiga unsur, yaitu wadag (lahir), alus (halus, batin), dan kuring, jelema, hirup (yang punya tekad dan menggerakkan lahir dan batin). Ke mana dan bagaimana lahir dan batin akan digunakan tergantung sepenuhnya kepada kuring, aku yang bertindak sebagai pengendali, sekaligus bertanggungjawab atas perbuatan.

    Itulah sebabnya timbul istilah “agama kuring” yang sebetulnya sebutan yang bersifat melecehkan dari kalangan yang tidak menyukai terhadap ajaran ini, pada kasus lain orang luar di lingkungannya menyebutnya sebagai “Agama Jawa-Sunda”.

    Berdasarkan penelitian dan temuan arkeologi dan antropologi ajaran-ajaran Jatisunda, selain sarat dengan aspek-aspek spiritual ketuhanan dan kemanusiaan, juga sarat dengan ajaran mengenai kebangsaan dan “nation building”. Jadi Jatisunda bagi Urang Sunda sebagaimana Ajaran Budhi Wong Jåwå bukan faham animisme atau dinamisme.

    Berikut ajaran-ajaran atau pandangan hidup Urang Sunda yang sebagian kecil sempat dikumpulkan:

    I. Hubungan dengan Nu Mahawisésa (Yang Mahakuasa).

    1.Mulih kajati mulang kaasal.
    [Kembali ke tempat asal. — Semuanya berasal dari dan kembali ke Nu Mahawisésa , Nu Maha Murbeng Alam ].

    sama dengan pitutur Jawa:

    mulih bali marang Sang Sangkan Paraning Dumadi

    2.Dihin pinasti anyar pinanggih.
    [Nasib sudah dipastikan sejak awal, namun baru sekarang dialami. — Semua kejadian telah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa yang selalu menjaga hukum-hukumnya. Segala sesuatu yang terjadi didunia ini sudah menjadi kehendak yang Maha Kuasa].

    3.Melak cabe jadi cabe melak bonteng jadi bonteng, melak hade jadi hade melak goreng jadi goreng.
    [Yang Maha Kuasa selalu menjaga hukum-hukumNya, apa yang ditanam itulah yang dituai, kalau kita menanam kebaikan (hade) pasti akan dibalas kebaikan pula, kalau kita menanam keburukan (goreng) maka keburukan pula yang didapat].

    4. Manuk hiber ku jangjangna jalma hirup ku akalna.
    [Jika burung diberi sayap, maka manusia diberi akal].
    sama dengan tersebut nomor 5 ini:

    5.Mun teu ngarah moal ngarih, mun teun ngakal moal ngakeul, mun teu ngoprek moal nyapek.
    [Kalau tidak menggunakan akal nanti takkan menanak nasi; kalau tidak bekerja takkan mungkin bisa makan. — Yang Maha Pandai memberikan akal dan daya kemampuan, agar digunakan dengan sebaik-baiknya].

    6.Hirup nuhun, paeh rampes.
    [Hidup syukur, mati pun baik. Orang yang pasrah, menyerahkan hidup-matinya hanya kepada Nu Maha Kawasa.]

    7.Umur gagaduhan, banda sasampiran.
    [Umur dan harta benda bukanlah milik sendiri, bahwa hidup dan mati bukan miliknya, karena semua itu adalah milik Nu Maha Kawasa.

    8.Rejeki tara pahili, bagja teu paala-ala.
    [Rejeki atau takdir orang itu sudah ditentukan sejak awal, sehingga takkan tertukar dengan takdir orang lain. Tuhanlah yang menentukannya. Maka orang harus menerima dengan sabar apa pun atau berapa pun rejeki yang diperolehnya.

    Catatan: Pitutur ini diduga baru timbul setelah Islam masuk ke Tatar Sunda. Diketahui dari kata rejeki, yang tidak dikenal dalam kosa kata Sunda Kuno, tetapi diduga berasal dari Bahasa Arab rizki.

    9.Nimu luang tina burang
    [Semua kejadian pasti ada hikmahnya].

    II. Hubungan dengan Sesama Mahluk

    1.Sacangreud pageuh sagolek pangkek
    [Satu simpul teguh, satu simpul pengikat padi kering. — Gambaran orang yang teguh dalam memegang janji dan tidak pernah ingkar pada janjinya]

    2.Kudu hade gogog hade tagog
    [Harus mempunya budi bahasa dan tingkah laku yang baik]

    3.Urang kudu jadi ajug ulah jadi lilin
    [Jadilah ajug (ajug=damar, cempor, lampu). — Jangan hanya pandai memberikan nasehat kepada orang lain, tapi berakibat kita “dibakar” oleh nasehat kita sendiri].

    4.Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh
    [Orang hidup harus saling mencintai, saling nasehat menasehati, dan saling mengayomi].

    5.Datang katembong tarang, undur katembong punduk.
    [Waktu datang memperlihatkan dahi, waktu pulang memperlihatkan bahu (punduk). Etika kalau berkunjung ke rumah orang harus menemui si empunya rumah begitu pula pada waktu pulang harus menemuinya dahulu. Mengharuskan orang berlaku sopan dan mengucapkan salam waktu berkunjung ke rumah orang begitu juga sebelum pergi meninggalkannya harus menyampaikan salam pula.

    Sama dengan peribahasa Indonesia: Datang tampak muka, pul;ang tampak punggung.

    6.Jaga urang hees tamba tunduh, nginum tamba hanaang, nyatu tamba ponyo ulah urang kajongjonan
    [Tidur sekedar menghilangkan kantuk, minum sekedar menghilangkan haus, makan sekedar menghilangkan lapar. — Dalam perikehidupan hendaklah tidak berlebihan].

    7.Ngeduk cikur kedah mihatur nyokel jahe kedah micarek
    [Mengambil pohon cikur harus minta izin terlebih dahulu kepada yang punya demikian juga ketika mengambil jahe pun harus minta izin. — Jangan mengambil sesuatu yang bukan haknya. Jangan mencuri].

    senada dengan berikut ini:

    8.Mipit kudu amit. Ngala kudu ménta.
    [Mengambil, memetik, mengutip, atau memungut, harus minta izin.
    — Dalam arti luas, mengandung makna bahwa apabila kita menginginkan harta milik orang lain harus seizin pemiliknya. Normanya jelas, bilamana barang yang dikehendaki dilarang untuk diambil (karena memang bukan haknya), berarti orang itu telah melanggar kaidah, kelanjutan dari itu tentu akan memperoleh sejumlah akibat yang merugikan dirinya.

    Dengan kata lain, apabila pitutur mipit kudu amit dan ngala kudu ménta ini dilanggar, seseorang akan kehilangan kesempatan untuk memiliki hati dan jiwa yang suci. Hati yang tidak suci berarti kotor, hati yang kotor akan kehilangan akal dan pikirannya, sehingga akan menurunkan derajat kemanusiaannya, bahkan mungkin lebih rendah daripada derajat binatang. Bagi seseorang yang mematuhi kaidah ini, tidak akan berani mengambil harta orang lain tanpa izin. Jangankan dalam jumlah besar, setetes air pun ia tidak akan diminumnya. Tegasnya: Jangan mencuri. Jangan merampok. Jangan korupsi].

    9.Rup ku padung rap ku lemah
    [Ditutup dengan padung, diurug dengan tanah].
    Menggambarkan manusia yang masuk ke dalam kubur, ditutup dengan kayu padung dan kemudian diurug dengan tanah.
    Biasanya dipakai untuk menyatakan bahwa sampai mati dan dikuburkan, seseorang takkan dilupakan.

    Sama dengan peribahasa: Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama.

    10.Ulah ngaliarkeun taleus ateul
    [tales ateul=tales gatal. Jangan suka memfitnah. Jangan suka mengadu domba].

    11.Ulah lanca-linci luncat mulang.
    [Jangan menjadi peragu, jangan mendua, jangan plin-plan. — Manusia tidak boleh memiliki sikap mendua, melainkan harus tetap teguh terhadap satu keputusan. Orang yang tidak dapat dipercaya.]

    Sama dan senada dengan

    12.Ngomong soré teu kapaké isuk
    [salah satu ciri orang yang suka lanca-linci luncat mulang, pemikiran dan sikapnya bolak-balik tidak menentu (tidak konsisten) yang membuat orang lain bingung. Orang yang tidak bisa dipegang janjinya.

    Sama dan senada dengan pitutur Jawa, berikut ini:

    Esuk dele sore tempe [pagi kedelai sore tempe]; adalah ungkapan dalam bahasa Jawa yang sering digunakan untuk mengumpamakan pengambil keputusan yang mudah berubah (tidak konsisten).
    Apabila sikap seperti ini dimiliki oleh seorang pemimpin (mana ada pemimpin plin-plan), maka ribuan orang akan dirugikan, baik langsung maupun tidak langsung. Orang seperti ini tidak akan mampu menepati janji dengan baik, bahkan cenderung berhianat dan mementingkan diri sendiri. Dalam berkelompok atau berorganisasi, orang dengan tipe ini akan menjerumuskan siapa saja].

    13.Ulah nyaliksik ku buuk leutik
    [Jangan menyakiti hati rakyat kecil]

    14.Ulah pagirigiri calik pagirang-girang tampian
    [Janganlah berebut kekuasaan, kedudukan dan jabatan].

    III. Hubungan Dengan Alam

    1.Gunung teu meunang dilebur, sagara teu meunang di ruksak, buyut teu meunang di rempak.
    [Gunung tidak boleh dihancurkan, laut tidak boleh dirusak dan sejarah tidak boleh dilupakan].

    2.Tatangkalan dileuweung teh kudu di pupusti.
    [Pepohonan di hutan ituh harus di hormati].

    3.Leuweung ruksak, cai beak, manusa balangsak
    [Hutan harus dijaga, sumber air harus dirawat, tidak maka manusia akan sengsara].

    4.Gunung kayuan, lamping awian, lebak sawahan, legok balongan, jeung datar imahan. Gunung teu meunang dilebur, lebak teu meunang diruksak, ka cai jadi saleuwi, ka darat jadi salebak, sing runtut sauyunan, sabobot sapihanean, mipit kudu amit, ngala kudu menta. Sing kacukcruk walunganana sing kapapay wahanganana. Nete taraje nincak hambalan.
    [Gunung harus ditanami pepohonan kayu, tebing harus ditanami bambu, dataran rendah harus dijadikan sawah pertanian, legok atau cekungan di daerah rendah harus dijadikan kolam untuk perikanan, tanah yang datar harus jadi tempat perumahan. Gunung tidak boleh dihancurkan, pengairan sungai tidak boleh dirusak, semuanya harus serasi selaras dan menyatu dengan alam, hidup rukun bersma, saling ayom-mengayomi, gotong royong, segala sesuatunya harus meminta izin, mengambil segala sesuatu harus dengan memberitahukan atau meminta kepada yang punya, tidak boleh dengan sewenang-wenang, mencuri atau mengambil hak orang lain. Segala sesuatunya harus jelas kegunaannya, tumbuh berkembang serasi dan selaras.]

    Sebenarnya banyak lagi ajaran-ajaran yang intinya merupakan peringatan agar jangan melakukan sesuatu yang tidak terpuji atau bisa menimbulkan bahaya. Tapi dengan contoh tersebut kiranya kita cukup mendapat gambaran tentang apa-apa yang menurut pandangan Urang Sunda kurang baik jangan dilakukan. Dari contoh tersebut kita mendapat hikmah bahwa nilai-nilai yang dianut oleh Urang Sunda adalah adalah setia, harus jujur, harus rendah hati, harus tahu diri, harus bertanggungjawab.

    Bahan penulisan:

    1.Ajaran Sunda Rahiyang Wastu Kencana.
    2.Situs / Prassati Kawali I, II, dan I
    3.Buku: Nyanghulu Ka Hukum Nyanghunjar ka Nagara, RMI Bogor. 2070.

    aya kéné têrusanana

    Sampurasun

    cantrik Bayuaji.

    Kêparêng

    Punåkawan

    • ManGGa2 ki Punakawan,….mangga golek, mangga
      manaLAgi, manGga2 yang Laen.

      salam tepank ki,

      • Salam tepank juga Ki Punakawan, tepank Gandum, tepank jagung, tepank terigu, tepank dll..xixixi

    • Salam tepunk…
      Kulo njih salah satunggaling punokawan..
      Nek miss NN niku anggota 4 sekawan..

      • sapa ae ki,…Metu SIJI gandok dadi
        adem Ngene, muncul kabeh pa2t-e koyo
        ApA rasane….!!!

        bisa2 “KathuKen”

      • hehehe, koyoe seneng banget jadi anggota punokawan. jangan2 yg jadi bagong yach…

        • Kulo panengahing punokawan…njih permadi yayi…

    • Salam tepang Ki
      Monggo dipun lajengaken pengajianipun Ki Bayu.

      • Mawi palilahe Pak Lik Satpam, kulo nyuwun dibabar lakon PAMC (PandanAlas Mencari Cinta) njih

      • Uweladhalah, bojleng bojleng waru doyong ditegor uwong, ….. kasinggihan Uwo Semar, Romo Begawan tindak mertopo wonten ing tanah sabrang, ….. lha kok keleresan ingkang nggantosi panjenengan Uwo Semar.
        Sugeng rawuh Wa, sugeng tetepangan, mugi karahayon ingkang tansah pinanggih.

        • Ra mudeng barblas….

          • diNIKMATI aja Ni, nanti
            faham sendiri….xixixi

          • ra mudeng ra masalah Ni, maksude rasah di gagas :p

          • jambu alas kulite ijo
            sing digagas wis nduwe bojo

            jambu alas neng tengah alas
            mesthi dadi panganan codot

          • Kasihan yang lagi ditengah alas xixixi

  39. Nyuwun sewu

    Idi palilah Ki Bayuaji, nempil kamukten wonten ing gandhok.

    Punakawan

    Monggo Ki.
    Sugeng rawuh

  40. Matur nuwun Ki………

  41. horee….nomer akeh….
    sowan maneh…

  42. Selamat siang, sugeng siang, wilujeng siang.

    Terima kasih, ngrapel unduh.

  43. ngantuk, karo nunggu bukaan gandok anyar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: