HLHLP-055

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3 4 5

Telah Terbit on 26 November 2010 at 00:01  Comments (108)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-055/trackback/

RSS feed for comments on this post.

108 KomentarTinggalkan komentar

  1. Podo ndik endi, tha?

  2. Langsung, nGGer Satpam?

  3. Nuwun

    lingsir wêngi

    Lingsir wêngi taksih samyå wungu. Lan Gusti Ora Saré tansah maspadakên dumatêng pårå titah ingkang tansah manêmbah lan nyênyuwun tanpâ kêndat marang Panjênêngan Ipun.

    Sêdåyå pujå puji pangaståwå namung katur dumatêng Gusti Ingkang Måhå Wêlas lan Ingkang Måhå Asih, awit namung saking Sih Katrêsnan Panjênêngan Gusti, Panjênêngané kuwåså anêbihakên sâdåyå sêngkålå tuwin sâdåyå bêbêndu. Panjênêngan Gusti kuwåså paring sâdåyå kanugrahan dumatêng kitå.

    Åjå turu soré kaki,
    ånå déwå nglanglang jagad,
    nyangking bokor kêncanané,
    Isiné dongå tetulak
    pangan lawan sandhang,
    yå iku bagianipun,
    wong mêlék sabar narimå
    ………………………………
    sanityåså pinrihatin
    puguh panggah cêgah dhahar lawan néndrå.

    Janganlah engkau memperkaya hari-harimu dengan selalu memperkenyang perutmu dan memperlama tidurmu. Bukankah di saat malam-malam seperti ini Tuhanmu dan para MalaikatNya turun ke Langit Dunia, manakala masih tersisa sepertiga malam yang terakhir.

    Dia Maha Mendengar.

    Berdoalah kepadaNya. Sampaikan keluh kesah deritamu, dan persoalan-persoalan hidupmu yang engkau tidak sanggup mengatasinya.

    Bukankah Dia berjanji: ‘Siapa yang berdoa kepadaKu, niscaya Aku mengabulkannya, siapa yang memohon kepadaKu, niscaya Aku memberinya, dan siapa yang meminta ampun kepadaKu niscaya Aku mengampuninya!

    Dan Allah tidak pernah mengingkari janji.

    Dia membawa kabar gembira bagi orang yang berjaga, prihatin dalam kesabaran.

    Nuwun

    punåkawan

    • sami’allahuliman hamidah…………

      • ….’rabbana lakal hamdu’

    • Kalau malam itu setara dengan jatah usia kita, berarti 1/3 malam terakhir mesti banyak prihatin. Ya Ki ?

      • @ Ki Tmulyono,

        Bukankah hidup di dunia ini juga sebagai panandhang dan prihatin = (pêrih-ati), diperintahkan olehNya untuk bersabar dan bersyukur, manêmbah kepada Gusti Kang Murbå Ing Waséså, untuk meraih kebahagiaan yang haq.

        Matur nuwun Ki.

  4. Pengin nulis crito dek cilikanku gembiyen..jebul wis diborong ki Puno (sederekan kliyan ki Truno njih?)

    • @ Ki pandanalas
      sederekan kliyan ki Truno njih?
      Tunggal båpå Ki, Båpå Adam

      Sugêng énjang, kepada yang pagi ini ‘hadir’: Ki Pandanalas, Ki Kompor, Ki Honggopati, Ki Budi Prasojo, Ki Widura (yang sejak tengah malam sudah lèk-lèkan). Sugêng tindak makaryå.

  5. No enem

  6. Assalamualaikum.
    Selamat pagi.
    Sugeng enjuing.

  7. Lho, …. wis wedaran to? Wah maaf, ………………

  8. On 22/11/2010 at 08:15 anatram said:

    Selamat pagi menjelang siang..
    Absen sik…
    Balas

    *
    On 22/11/2010 at 08:17 Kartojudo said:

    Absen sik…
    Selamat siang..
    Balas
    o
    On 22/11/2010 at 12:18 anatram said:

    Langsung mlayu.. kok ra bledehan sik ya?
    Balas

    + On 22/11/2010 at 12:32 Kartojudo said:

    Lho..sing suka ngasih bledehan itu Ki Menggung YP Ki…wis sesuk tak golekane neng endi menclok-e…
    Balas

    Mpun pinanggih Lek?

    • Ki Karto, ……… panjenengan delikkan teng pundi Ki Menggung YP? Lha wong pemilihan Ketua KPK mpun liwat, lan boten enten ingkang kepilih nggih mpun Ki YP didalaken mawon Ki.

    • Sugeng enjing..dereng kepanggih Ki…wis ben kajenge di thok2ke rumiyin Ki mangke neng mpun rawuh….(Nah ini cerita jaman mbiyen) :

      Kalo dolan pulangnya kesoren..durung adus ro Bapak langsung dicancang neng wit randu sing akeh semut rang2nge..ben kapok !…pernah satu kali kulo dolan mancing welut dengan cara peniti (dibengkongkan)dibuat pancingnya terus dibuatkan tampar(tali) dari pelepah pisang yang kering..alhasil dapat belut tiga..tapi pulangnya kesoren sampe dirumah..Bapak yang sudah ngganteng nunggu didepan rumah katanya..”ra sah adus sik langsung dimasak wae..kowe sing masak..makan soremu yo welut kuwi !”
      ..duh matri aku !..padahal kulo ra doyan welut je mung seneng mancing thok !..jadi lain hari kalo dapat welut gak pernah lagi tak bawa pulang….eh..kecuali welut-e dewe !

      Monggo Ki Puna..nuwun !

      • Matur nuwun, sampun kêrså dongèng.
        Jadi semalaman, karena ra kêrså dhahar wêlut,påså Ki?
        Lha trus wêlutnya diapakan Ki ???
        Maksudnya wêlut hasil mancing Ki, bukan “wêlut” yang lain.

        • Hikss…maklum sik bocah ra iso masak welut dadi jadi bagiannya kucing !….welut yang lain agak gatel soalnya belum mandi…Akhirnya makan malam jam 10 malam ditunggui Bapak…kelihatannya beliau agak kasihan..waktu itu Ibu masak sop..tapi sopnya sudah dingin..kuahnya dah nggajih…dan tanpa lauk ! …hikss
          Meskipun Ibu kurang setuju dengan sikap Bapak..tapi saya nggak marah Ki..Beliau hanya mengajari disiplin !

          • Bapakne Ki Kartoj, pancen Huebat tenan, salut…

          • Matur nuwun Ni….hiks jadi kangen Bapak…

          • Sekarang miss nonA dong yang dongèng waktu kecilnya dulu, mangga atuh.

          • Wah masa kecil aku sama aja kayak ki Kartoj, cuma kalau Ki Kartoj nyari belut, aku nyari ikan disawah, main layangan, main sodoron / galah asin, dampu, pokoknya permainan yang seru2 dech, kebetulan waktu kecil aku dah tinggal di jakarta tepatnya di Halim PK tapi sayang rumahku kena gusur dan sekarang jadi salah satu ruas jalan tol cikampek. waduh apa lagi yang mau diceritain yach? abis aku ndak bisa ndongeng koyo Ki Puna and the gank sech. Tapi yang pasti masa2 indah penuh kenangan dech…

          • Wah…kalo nyari ikannya di halim pasti dapetnya ikan sepat ato betik…kadang mungkin kutuk(gabus)…tapi apa bisa nangkep kutuk Ni…hiksss

          • Hehehehe kog tau sech, jangan2 pernah nangkep ikan betik, sepat atau gabus bareng nech, tapi nangkep ikan gabus emang rada susah yach….

          • Gak susah tuh….megangnya pelan2..lembut pasti b..eh kena !

  9. Selamat pagi,
    Hadir antri.

  10. #
    On 21 Desember 2008 at 21:31 yanti rubiyanti said:

    Matur nuwun sanget Mas,,, hebbbat sekali bisa mengumpulkan cerita dengan lengkap ilustrasinya,, sudah lama mau cari bukunya dan susah,, Saya kenal cerita ini -itu pun penggalan2 saja- dari seorang teman penggemar berat buku ini,,, Alhamdulillah sudah bisa baca,, baca dari HP,, bisa baca sambil tiduran, makan, besok2 bisa sambil nunggu sate dihidangkan,, mungkin sambil ngawas mahasiswa UAS,, Makasih banyak deh salut,,, Two Thumbs for U. Boleh kasih masukan? Nyuwun sewu,, masih ada yang salah salah ketik ya Mas. Tapi luar biasa,, dibandingkan mencari bukunya setelah sekian lama baru bisa baca berkat upaya dan perjuangan Mas. Tengkyu banget,,,, Salam kenal.

    GD: Ibu Yanti, jilid 1-10 kami kopi paste saja dari blog pendahulu kami yang sekarang sudah non aktif. Kami belum sempat membenahinya baik karena waktu maupun rujukan aslinya yg tidak punya. Mulai jilid 11, tidak akan ada lagi salah2 ketik itu. Kami jamin karena mulai jilid 11 itulah kami melanjutkan ADBM.
    Balas

    • Halo Nyi Ajar Yanti Rubiyanti, ……. masih on line di Padepokan?

  11. #
    On 7 Februari 2009 at 08:57 Telik Sandi said:

    English Version :
    Lightning raced through the sky, its thundering sound echoed throughout the slope of Mountain Merapi. The tropical thunder storm owns the night.
    Agung Sedayu is still sitting on a bamboo bench, shivering with fear. His face turns paler every time. It was very cold and gruel some.
    “I am going,” suddenly he heard the low tone voice of his older brother, Untara. He raised his pale face, and with a shivering voice he said, “No, please don’t go now”.
    “No more time”, Untara said. “The remaining of Arya Penangsang’s troops who can’t accept their defeat has gone wild and uncontrollable. I have to inform uncle Widura in Sangkal Putung. If not, casualties will be devastating. His children will die in vain. The attack will come swiftly.”
    “But can you just send somebody else to do that?” said Agung Sedayu.
    “There’s no one else,” Untara replied.
    “But,…” Agung Sedayu lips are trembling.
    “I have to go.” Untara rise, but his brother’s hands quickly grab his cloth. “No, please, don’t!” he scream. “I’m scared”.
    Untara release a long sigh. “You only have to be alone for one night,” he said. “Tomorrow, you will go to Banyu Asri, and you’ll stay there until I come.”
    “But it’s this night that makes me scared.” His little brother replied. “What if those angry troops come here?”
    “They won’t,” Untara said. “I know that. They will ambush uncle Widura. That’s why I have to go.”
    “No – Noo!!” Agung Sedayu eyes began covered with tears.
    Once more Untara releases a long sigh, and unconsciously put him back sitting to his brother’s side. His mind stuck. He can’t just do nothing for his uncle’s troop that is already being in danger. But his little brother is really a mama’s boy. He’s almost 18 years old, but depends entirely on others. After their father past away a few years ago, followed by their mother’s a few months back, his brother never leaves his side, especially in this kind of situation. He sometime thinks he’s left with a baby.
    After a long pause, he said, “Sedayu, you’re almost 18 years old. At your age, The Duke of Pajang, once known by his nick name, Mas Karebet has made an impact on Demak, and now, still at a very young of age, he defeated the mighty Arya Penangsang.”
    “I’m not them.” Sedayu answered
    Untara shakes his head, “at least, you have to be ashamed of yourself”.
    “But, I’m scared!” Agung Sedayu said, ignoring his big brother’s words.
    Again, Untara is at lost. It’s his own fault that he is over protecting his younger brother. He faced everyone who tried to bully his little brother. That’s why Sedayu is totally depended on him. And now that he’s grown into a young man, he’s not able to stand on his own feet.
    Although he already teach him a move or two on self defense, where in that lesson Sedayu showed his agility and dexterity, but it’s still limited behind their house walls.
    (SHOULD I CONTINUE ?)
    Mohon arahannya Ki Gede,…

    $$ pasti boleh.. saya dukung.

    Balas

    • Halo, ….. gimana Ki Telik Sandi, ……. apa sudah tamat menterjemahkan ADBM ke English Version-nya? Kalo Pak Obama ngeliat, kayaknya berminat juga tuh, biar nanti Ki Widura yang nawarin ke sono!
      Hiks, ……. nguna.

      • Wow it’s great idea to translate the ADBM story in english version…, and Ki Telik Sandi had translated it in good,communicated and not so hard to read.

        Ki TruPod, kalau ada mau dong….jangan OBAMA duluan yang ditawarin atuh….

        • Yes! Leres nDuk Nona.
          But Ki Telik Sandi already gantos pedamelan. nJenengane recently assumed a new tanggung jawab as a Tukang Loak.

          He has no more tiempo to nerjemahne komik karangane SH Mintardja.

          Mbok menawi nDuk Nona could give nJenengane a hand.

          Hiks,

          • Wah Pakde Wid, njaluk ngapuro english kulo not so good…

          • Lho ….. lho …. kok nJaluk sepuro ….
            Saya cuma kasih tahu .. kalau Ki Telik Sandi sibuk puolll.
            Sejak jadi tukang loak sudah tidak bisa tilik Padepokan.
            Mbok ojo peko-peko tho Neng?

            Aku iku wong tuwo sing seneng gojeg … nagin ora genit … kaya Ki Pandanalasan, Leres lho!

          • halah..Pak De Wid niki lho…

            kulo genit mung nek ketemu Nona…dumateng panjenengan kulo pasrah bongkokan…

        • Mengko nek wes dapet, bangunin jam 3 yo Non

          • Hiks, tiap malam aku tidur 1-2 jam sekali bangun Ki, nguruske mami, soale udah ndak bisa ditinggal, tapi yach itu dia jadi ndak sempet mampir gandok abis nguantuk tenan…

          • Ki Pandan kiriman aku dah diterima belum?

          • yg size 40 MB ya…(thx)

            ada yg kurang…hot-picnya blm keterima

          • Hiks…wis sepuh tenanan iki….

  12. On 4 September 2008 at 03:03 adik_nunu said:

    Subhanallah, mas DHE2, terimakasih bayak untuk adanya blog ini, Ini sangat bagus, top markotop pokoke, saya kira kitap ini sudah hilang di makan jaman, ternyata disini saya menemukannya.
    Tetap semangat mas, semoga ADBM, semuanya selalu diberi kesehatan.
    Untuk Mas Rizal, kalau bisa gabung lagi sama mas DHE2 dan pasukannya.

    salam
    wahyu sugimo malang
    Balas

    • @Adik Nyunyu,
      Apa kabar? Sekarang adinda di mana gerangan?

      • @ Sugêng énjang Ki Truno.

        Nampaknya Panjênêngan punya sêdulur/kåncå sing wus suwé kêpatèn obor . Upaya yang bagus Ki, indah menyambung kembali tali silaturahim ngumpulké balung pisah

        Nuwun

        punåkawan

  13. Sugeng enjing para kadang warga padepokan…
    Nderek absen sinambi macul wonten sabin…..
    Sinambi nyemak silaturahmi para warga ing padepokan…
    Nenggo wedaran rontal 55 saking Putut SatPam…..
    (Ananging kinten – kinten kapan inggih badhe wedaran….)

  14. Assalamu’alaikum, selamat pagi…

  15. .

    • Ki Pandan….dadi kelingan ndisik wonten sing saged komen kosongan….

      • Sanes kosong, niku andheng-andheng!

        • Leres Ki…ning nek sing ndisik niku jan kosongan je..

  16. andheng andheng neng pucuk irung , sopo sing mandeng dadi bingung

    • Nek neng pucuk irung kulo mboten bingung Ki…lha nek neng pucuk gunung baru mbingung-i….

      • neng pucuk gunung jenenge dudu andheng2…
        (dadi kelingan ki YP..senengane gae gunungan + galengan sawah)

        • Nek sanes andheng2 punopo…laler Ki..xixixi

  17. Nuwun,

    Mau ‘mbaca dagelan anyar?

    Suatu hari di salah satu ruangan di gedung Parlemen. Seorang anggota wakil rakyat yang baru dipilih, sedang berada di ruangan kerjanya yang mewah dan megah, dengan gayanya yang serius supaya nampak berwibawa, namun serba kikuk nan canggung,

    Beberapa saat kemudian, ada yang mengetuk pintu ruangannya. Ada tamu rupanya. Setelah dibuka, berdiri dihadapannya dua orang dengan menjinjing kopor besar dan segulungan kabel.

    Wah…, ini pasti wartawan TV mau mewawancarai aku…“, pikirnya dalam hati.
    Dengan gaya yang dibuat-buat, dahi dikerut-kerutkan, sambil berkali-kali melihat jam tangannya, membalik-balik halaman buku cacatannya, dia mengangkat gagang telepon yang tergeletak di atas meja kerjanya, dan berkata: “Maaf tunggu sebentar, saat ini saya harus menghubungi ketua fraksi untuk melaporkan hasil-hasil sidang hari ini…” katanya kepada kedua tamunya.

    Kemudian selama beberapa puluh menit dia ”menelpon” dan terlibat pembicaraan sangat serius, sambil sekali-sekali menyebut-nyebut ‘demi rakyat‘, ‘teruskan membela wong cilik’ atau ‘utamakan kepentingan rakyat jelata‘, atau ’angkat derajad hidup kaum fakir-miskin’ dan ‘kusumbangkan segala miliku demi kesejahteran kaum marginal’. Keras-keras.

    Setelah selesai sambil meletakkan gagang telepon dia berkata pada dua orang tamunya tersebut. “Nah, sekarang wawancara bisa kita mulai…“.

    Kedua orang itu tampak bingung dan berpandangan satu sama lain.
    Akhirnya salah seorang dari mereka berkata: “Maaf pak…, kami datang kesini mau memasang saluran telepon bapak.

    Nuwun, sugêng siyang

    punåkawan

    • He he he he he

      • Dak kiro penyalur klepon..xixixi

    • kulo dereng mudeng …
      Non njaluk tulung dimudengke

      • Begini ini kalau dah sepuh musti dimudengke neh, hikss

        • Non..kirimane ono 2 …

          sing size 40 opo sing 38 ?

          • Mulai lagi mbahas tentang ukuran..hugh tape dech…

          • 40 MB sama 38 MB khan?

      • @ Ki pandanalas

        Katanya mau nulis crito dek cilikan gembiyen.
        Ditunggu Ki critonya.

    • ngestoaken ki….

      cilikanku rambutku dicukur kuncung
      katokku soko karung gandum
      klambiku warisane mbah kakung
      sarapanku sambel korek sego jagung

      kosokan watu neng kali nyemplung neng kedung
      jaman ndisik, durung usum sabun
      andukku mung cukup anduk sarung
      dolananku montor cilik soko lempung

      bis holobis kuntul baris
      gek jomblo gek ndang uwis

      honocoroko dotosowolo
      iki carito jaman semono

      • gek jomblo gek ndang uwis

        mêsakaké, …..jan.. mêmêlas mên…………
        Hiks..

        • Mbok kulo dgolekke tho ki..

  18. absent

  19. nggih Ki selamat jalan, matur nuwun tinggalane

  20. haduu…yen tak sawang-sawang koq meh saben dino Ki Arema lan Mas Satpam iki uklam-uklam terus, njlajah deso milang kori sobo alas mlumpat kali, jan-jane kerjone Ki Arema iki ngopo tho, koq sajake kepenak banget? Sugeng tindak, boten saged nyangoni punapa-punapa, malah matur suwun pikantuk tinggalan

  21. Kelihatannya Ki Ajar Arema dan Ki Panji Satrio Pamedar ini lagi laku topo ngrame Ki SL. Yah mudah2an kasil jadi Ajar dan Panji yang mabrur.

  22. hadu……
    baru datang, sudah harus berangkat lagi,

    hadu……
    dapet tinggalan rontal lagi…….

    “Ki Arema lan Mas Satpam iki uklam-uklam (uklam-uklam ini bahasanya kera ngalam) terus” demikian ngêndikané Laskar Sabrang Lor.

    Ki Truno Podang ngêndikå “Ki Ajar Arema dan Ki Panji Satrio Pamedar ini lagi laku topo ngrame Ki SL”

    Kalau saya melihatnya beliau berdua ini sedang melaksanakan tugas “têlik sandi“. He he he

    Koq jadi inget kisah operasi militer ke Pamalayu saat Singosari dibawah pemerintahan Ćrí Mahârâjâdhirâja Krtânagara Wikrama Dharmmottunggadewa alias Raja Kertanagara, anak dari Prabu Wisnuwardhana Ranggawuni.

    (HLHLP yang sering kita “ogrok-ogrok” ini, masih berkisar masa pemerintahan Sepasang Ulang Naga di Satu Sarang yakni: Prabu Wisnuwardhana Ranggawuni dan Ratu Anggabhaya Bhatara Narasinghamurti Mahisa Campaka).

    Ekspedisi militer Pamalayu adalah sebuah operasi militer yang dilakukan Kerajaan Singosari dibawah perintah Raja Kertanagara pada tahun 1275–1293 terhadap Kerajaan Dharmasraya atau San-fo-tsi (Kronik Cina tahun 1225), atau Kerajaan Melayu di Pulau Sumatera. Ekspedisi Pamalayu untuk menjadikan pulau Sumatra sebagai benteng pertahanan dalam menghadapi ekspansi bangsa Mongol.

    Siapa senopati sandhi-yudha (têlik sandi) Ekspedisi militer Pamalayu?

    Dialah Kebo Anabrang alias Kebo Anengah. Panjênêngané tidak lain adalah Mahesa Arema.

    Matur nuwun. Sugêng dalu. Sugêng tindak makaryå, ngatos-ngatos, Ki

    Nuwun

    punåkawan

  23. hadu……….
    matur nuwun Ki Ajar pak Satpam.

  24. Matur nuwun Ki SATPAM.
    Sugeng tindak ngati-ati kata cucu saya TTDJ

  25. Hadu … pagi-2 sudah ditinggal ….
    Walau ada yang ditinggal
    Tapi kami merasa ditinggal

    MsAuTwUuRn ……..

  26. hadu,jadi malu, baru datang udeh langsung nyepit.
    hati-hati dijalan, mugi-mugi tidak ada rintangan. Sori ane juga ikut caw, mau baca dulu………

  27. Sugêng énjang

  28. Dolanan wulu sek..

    • wulu ???

      Wuludjêng Éndjang, Ki Pandanalas

      • Ngestoaken…
        Wulu wulu putih
        Ditandur neng kebon njomblang
        Njomblang akeh lemute
        Klambi abang akeh *****te

  29. SUGENG ENJING KADANG SEDOYO:

    Argometer Made in Indonesia
    Suatu hari ada orang jepang naik taksi, ia meminta supir taksi untuk membawanya berkeliling Jakarta.
    Ketika ada mobil Honda lewat ia berkata, “Hmm… Honda made in Japan very fast”.
    Sang supir taksi hanya tersenyum, lalu kembali lewat mobil Nissan, ia pun kembali berkata, “Hmm.. Nissan made in Japan very fast…”
    Sang supir taksi semakin dongkol tetapi ia tetap memaksakan untuk tersenyum.
    Akhirnya orang jepang itu pun minta turun di daerah Parkit, orang jepang itu berkata, “Mas, berapa bayarannya?”
    Supir taksi menjawab: “Satu juta, Pak!”
    “Wah mahal sekali!”, kata orang Jepang.
    Sopir taksi dengan bangganya menjawab, “Argo made in Indonesia very fast…

  30. selamat pagi, ki arema, ki pak satpam, ki panembahan ismoyo, ki tumenggung anatram, ki tumenggung kartojudo, ki tumenggung yudha pramana, ki rangga widura, ki pandanalas, ki honggopati, ki mahisa peteng, ki bayuaji, ki ryan clickers, ki gembleh, ki kompor, ki sutajia, ki truno podang, ki djojosm, ki truno prenjak, ki bancak, ki sabrang lor, ki glagah_merah, ki zacky_74, ki lazuardi, ki panembahan donoloyo, ni nunik, nyi miss nona, ni ken padmi, dan para sanak kadang cantrik serta mentrik semuanya…

    salam, semoga semuanya selalu sehat dan sejahtera di dalam lindungan dan bimbingan Sang Maha Kasih…

    • Pantesan mau bengi udan gluduk lindu angin puting meling2…jebul putut sepuh rawuh neng paseban
      Sugeng rawuh ki Ajar Rowo Pening

    • Whelah, tumben Ki Pandan salah pethek. Ki Banuaji itu masih taruno je. Dedeg piadege weweg ramping dukure ya sedeng manungso jowo, gagah pidekso, kumise mbaplang koyo R Gatutkoco, kulitane sawo mateng, yuswo yo ngancik 30-an. Dadi salah pethek nek dingendikakake pinisepuh. Lha kalo Bapak-e Ki Banu pancen pinisepuh. Nanging ya itu masih gagah pidekso kayak R Setyaki. Oooooohhhh oooooo cring cring cring troktok tok tok cring

      • Sepuh olehe nyantrik ki…kawit jaman adbm durung kondang…

        • woooo… pantes, tangan kiri saya koq gatelen, jebulnya mendapat anugrah pujian dari ki truno podang dan ki ageng sepuh pandanalas….

          bagaimana, ki pandan, rawuh ke tempat ki goenas kah?

          • wah…
            wonten tamu to
            monggo Ki Banu, pinarak ingkang sekeca.

          • nopo ki Goenas badhe kraman maleh tho ki..? koq dereng wonten undanganipun ?

          • he…he…he… katanya syukuran, sebab terpilih menjadi abdi dalem juru kunci merapi, gelarnya krt api…

          • matur nuwun, ki pak satpam… selamat dini hari…

  31. Wilujeng Enjing sadayana, …….. abah, ambu, akang, nyai, teteh, ….. pokokna sadayana we.

    • Teteh Nyai Ronggeng

  32. sugeng enjing poro kadang sedoyo

  33. KETIKA AKU KECIL (Truno Podang Kecil)

    Rumahku dekat sungai namanya Kali Gawe. Mungkin dinamakan demikian, karena sungai ini merupakan sungai buatan atau sungai untuk pengairan. Sungai ini merupakan cabang aliran Sungai (Kali) Serayu. Dusunku memang betul2 hebat. Disebelah timur dibatasi oleh Kali Gawe, sebelah utara Sungai Serayu, …… dan di sebelah barat dibatasi oleh Kali Banyumas. Yang terakhir ini kenapa dinamakan demikian, ….. karena airnya betul2 jernih berkilau seperti air emas.

    Sebagai anak2 yang sehari-hari bergulat dengan sungai, maka wajar saja kalu lahan bermain itu ya nggak jauh2 dari sungai. Mandi dan berenang di kali, menangkap ikan, mancing, olah raga atletik di tepian kali, berkebun , mencari rumput, menggembala ternak, bermain sepak bola, berburu burung, mencuri rambutan dls.

    Dari berbagai jenis kegiatan tersebut tentu ada yang lucu dan berkesan mendalam. Tidak hanya satu dua, tapi buanyak.

    1. Pulang Telanjang Bulat

    Ayahku (sudah almarhum) semasa hidupnya adalah seorang pendidik. Beliau menanamkan disiplin tinggi dalam mendidik putra-putrinya. Namun tidak selamanya kami mengikuti perintah dan larangan beliau. Saya termasuk yang sering melanggar aturannya. Beda dengan kakakku langsung yang sekarang di Surabaya, kakak adalah type anak yang taat. Adapun salah satu larangannya adalah tidak boleh mandi di kali. Sebab angger adus nang kali mengko kowe “patheken”. Patheken adalah sejenis penyakit gatal-gatal di tubuh. Yah maklum saja, kebiasaan orang di desaku banyak yang melakukan “mck” (mandi, cuci, kakus) di kali. Jadi kalo sedang berenang suka ada pisang goreng di depan kita. Kita cukup menghalau dengan mendorong dengan hempasan air.
    Kalo berenang di kali, kita biasanya telanjang. Kita bisa juga terjun akrobat, bukan papan seperti di kolam renang, tapi manjat pohon dulu, baru lompat dengan berbagai macam gaya. Tapi tentu saja tidak seperti gaya atlit2 renang sekarang, karena dulu di kampung belum ada tivi jadi tidak ada contekannya. Jadi gayanya ya gaya naluri alamiah aja lah, yang penting melayang di udara. Tetapi akibat yang ditimbulkan ya sama saja, kalo jatuhnya pas dada jatuh menghadap permukaan air, ….. ya sesak nafas.
    Suatu hari saya sedang asyik bergembira ria berenang di sungai bersama teman2. Rupanya kakakku ingin mengambil hati ayahku dengan menjadi Joko Tarub. Biasanya kalo mandi, celana dan baju kami tanggalkan begitu saja di tepian kali. Dengan mengendap-endap diambillah sepasang pakaianku oleh kakakku itu, terus di bawa pulang. Tapi masih baik hati dia karena tidak dilaporkan kepada ayahku. Kalo tidak maka “blukang” (sayatan pelepah kelapa, untuk kayu bakar) telah menanti.
    Tapi meski demikian perjuangan berat harus aku jalani. Begitu naik ke darat, semua anak sudah mendapatkan pakaiannya, ……. lha saya kok belum.
    Wah ciloko, …… ini mesti pokal kakakku yang baik hati itu. Bagaimana akal? Padahal untuk pulang ke rumahku melewati rumah Sekar Kinanthi. Maka akhirnya kutemukan jalan darurat yaitu dengan memakai daun pisang, mengendap-endap pulang ke rumah. Tapi dasar apes, Sekar kebetulan melihatku sambil bertanya : kenapa mas? Kujawab : Burungku lepas.
    Nanti belakang hari, ……. walau sekejap, …… Sekar sempat singgah di hatiku.
    Akhirnya aku selamat sampai di rumah, …… maksudku di sumur, untuk mandi dan bersabun terlebih dahulu. Alhamdulillah, …… bajuku ada di situ, dan ayahku memang sedang tidak di rumah.
    Hapy Ending
    Tancep kayon

    Bersambung kisah yang lain, kalo inget.

    • nostalgila…pasti nostalgila kita smua ga jauh-2 beda..

      • Kulo mboten lho…sing nembe nostal namung ki Truno

    • @ Ki Truno. Sugêng siyang

      Jan menarik sekali,kalau boleh mbok kulå didongèngi yang sempat singgah di hati, walau sekejap. Sekar Kinanti.

      Mungkin seperti kisah cinta Roro Mendut- Pranacitra, atau Layonsari-Pranajaya, atau Bangsacara-Ragapadmi. Romeo-Juliet asli Nusantara. Tapi tentunya tidak berakhir dengan tragis.

      Siap mendengarken dongèngnya Ki. Nyuwun pangapuntên Ki.

      Nuwun

      punåkawan

      • Kulo njih pengin midangetaken kisah cinta ki TruPod sareng Sekar Kinanthi…numpak gethek sangking gedebog pisang kados di Caprio-Kate Winslate

    • Ki Truno podang….punopo Kaligawe-ne sing celak lapangan tembak ?….

  34. haduu…sampun pun unduh
    matur sembah nuwun..

  35. Pengin ndongeng jaman cilikanku…nunggu gandok 56 wae ben jembar

    • Halah, …… alesan aja, …… padune ngogrok alus tuh. Penginnya Ki Pandan, ……. Ki Panji Satrio Pamedar ngendiko : …… “haduuuu” ……… terus mak jugrug, gandok nyar terbuka. Kelingan crito Rampok Suro Gentho, …… nek arep mbukak lawang guwo, mesthi muni : …..”brug-gedebrug bukak lawang!!!”.
      Maka pintu guwo sing dinggo nyimpen harta karun kebukak.

      • He he
        Jaman cilikan kulo dereng wonten listrik…TV BW namung teng klurahan…nek bengi kluyuran golek gangsir..dibakar nyaem tenan..dolanane : sodoran,ketan-umpel,gempuran,jitungpet,bar maghrib ngisi kolah neng mesjid,nek ketigo dolanan layangan bengi2 dipanteng nganti esuk…esuk2 layangane wis nyangkut neng wit jati…sore golek ungker nggo peyek..,nek pas negor wet aren mesthi gae montor2an soko plapah aren, tunggake iso nggo sumber gendon..dipepes enak…dst neng gandhok 56 wae

      • Oke deal Ki Pandan, …. Dados ngenjang dikirim jagung 5 truk langsung gudang pembeli Jl. Gandok No.56 nggih. Tulung tapak asmo ngisor niki tanda jadi. Nek boten iso tapak asmo cap jempol nggih oleh.

        • Nhgestoaken…(Ben kupinge Satpame panas)

          • hadu…..
            makanya seharian kok kesandung-sandung, rupanya dirasani para sesepuh.

            Niki pun abang
            sedinten kepanasan

            he he ….
            taksih kesel niki, pamit rumiyin nggih.

            tit …

  36. Side A – Side B Ala Sumanto

    Sumanto dirawat nang RSU Banyumas, bangsal perawatan sakit jiwa. Nembang ora mandeg2 karo ngathang2(mlumah) nang latar.
    Ujug2 mendeg gole nembang, terus mengkureb, nembang maning.
    Dokter teka terus takon, angger gole nembang kemureb toli angel, kudu nganggo ngos2an, lan suarane dadi ora kepenak.
    Jawab Sumanto : Lha niki Side B pak, nek wau Side A nggih mlumah.
    Dokter : Ya wis deterusna gole nembang.

    • Haduuu, ….

  37. nongol lagi,
    nyilem lagi,
    bleg–bleg–bleggg===(suara Ki TP nyilem di kali)

  38. tit tit tuuuuuuiiit tit

  39. sampun ngundhuh nomer-55. matur nuwun.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: