HLHLP-056

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3 4 5

Telah Terbit on 28 November 2010 at 00:01  Comments (121)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-056/trackback/

RSS feed for comments on this post.

121 KomentarTinggalkan komentar

  1. Sugeng dalu Pak Satpam,
    sugeng dalu poro kadang sedoyo,
    sugeng pinanggih malih.

    • Sampun kundur Ki Arga?
      Sugeng uthuk-uthuk! Pak satpame sudah mlebet senthong!

      • Sugeng uthuk-uthuk ugi, Ki Widura. Monggo menawi badhe nggentosi rondha. Kulo nyuwun pamit rumiyin.

        • pokoke nomor telu…

          selamat dini hari, ki arga, ki rangga widura, ki arema, ki pak satpam, ki ismoyo, ki truno podang, ki ageng sepuh pandandalas, ki tumenggung kartojudo, ki tumenggung yudha pramana, ki tumenggung anatram, ki honggopati, ki bayuaji, ki bancak, ki si_tole, ki leak, ki zacky_74, ki laz, ki djojosm, ni nunik, ni ken padmi, nyi chika, ki panembahan donoloyo, ki kompor, ki gembleh, dan para sanak kadang cantrik serta mentrik semuanya…

          • nomer papat

          • Sugeng enjing Ki Banuaji.

          • sugeng rawuh Ki Banu.

  2. Selamat buka gandhok anyer,
    Seneng juga denger cerita masa kecil seperti Ki TP,
    Pasti seneng membaca cerita masa kecilnya Ki Pandanalas (sesuai janji beliau di gandhok 56 ini).
    Boleh juga tuch, sambil menunggu rontal, semua bercerita tentang masa kecilnya.
    OKELAH KALO BEGITU, gue ikutan bercerita :

    Sewaktu kecil, gue tinggal tinggal disebuah kampoeng di Jakarta. Dekat dengan Gedung Proklamasi yang dulu orang bilang Gedung Pola.
    Seperti anak-anak yang lain, pagi sekolah madrasah, siang sekolah SD. Meski pada waktu itu sudah ada Bus PPD, tapi budaya jalan kaki sepertinya sudah biasa, bayangin aje bro, rumah gue di Jalan Talang, sementara sekolah di SD Cidurian-Cikini, kurang lebih 1,5 kilometeran. Tapi, meski jauh,kalo jalan bareng sama teman-teman emang jadi enggak terasa jauh.

    Banyak hal yang berkesan dan menarik di masa kecil, ada satu yang mungkin menarik untuk diceritain, yaitu bahwa ketika usia di kelas 4 dan 5 SD, ternyata sudah tumbuh benih cinta, gue, naksir berat sama seorang cewek, rumahnya berselisih dua rumah dari rumah gue, yang kebetulan juga satu kelas.Yang paling mengesalkan adalah bukan cuma gue yang naksir ame tuch cewek, ternyata temen gue juga naksir berat.Yang paling mengesalkan lagi, temen gue ini nitipin surat cintanye ke gue. Dengan segala berat hati, gue menjalani pekerjaan sebagai tukang pos, koeselnye bener-bener poall, kata Ki Widura.

    Cerita lainnya, boanyak bener, seperti terjun di kali Ciliwung dari jembatan Matraman ketika pulang dari madrasah. Atau di antup tawon ketika salah nyambit, bukan buah mangga yang kena, tapi sarang tawon yang kena kesambit.

    Yang paling menyedihkan, kampoeng gue udeh enggak ade lagi, berubah menjadi komplek perkantoran besar, dan sekarang, gue iri kalo ade orang yang pulang kampoeng, karena gue enggak punya kampoeng lagi, enggak bisa pamer sama si denok yang pernah gue taksir di waktu kecil, bahwa sekarang gue “bukan tukang pos”, tapi “direktur setrum”, he-he-he.

    • Asyik jg ki Komp…ada kisah romannya ga?

    • Wah, seru juga cerita direktur setrum kita ini, Ki Pandan bagaimana dengan anda?

      • Nganu Non, mengko nek meh bobok, dak critani jaman cilikanku..anggep wae dongeng pengantar tidurmu..nah mengko awakmu sing nulis biografiku (koyo usule ki Truno)..piye ???

  3. Genk enjink

  4. Wilujêng pêpanggihan pårå kadang.

    Yang pagi ésuk umun-umun sudah marak di paséban:
    @ Ki Arga, apa kabar Ki, dangu mbotên ngabyantårå,
    @ Ki banuaji, apa kabar juga, lama juga nggak ‘mechungul’.
    @ Ki Widura, yang srêgêp ‘nglanglang gandhok’
    @ Ki pandanalas, mana dongeng masa baheulanya
    @ Ki Budi Prasojo, yang komentarnya di gandhok selalu ‘prasojo’ singkat.Hehehe
    @ Ki kompor yang dulu kena antup tawon, sekarang direktur antup pake setrummmm, he he
    @ Pårå kadang sâdåyå kémawon ingkang dahat kinurmatan ingkang dahat kinurmatan,

    Mugi pårå kadang dalah sakulåwargå samya pinaringan Sih Bêrkahing Gusti Ingkang Måhå Waséså. Aamin.

    Nuwun

    punåkawan bayuaji

    • Amin, wa minni mitslu dzalika.

    • Pikantuk pangestunipun Ki Punakawan manggih wilujeng, mugi-mugi makaten ugi Ki Puna soho sedherek sedoyo. Kasinggihan Ki, dangu kulo mboten saget sowan amargi nembe kathah tugas wonten njawi.
      Sakkedhepan kulo maos cariyos wayangipun Ki Puno, sae sanget Ki, monggo dipun lajengaken. Ki Bayuaji ndongeng sejarah dene panjenengan ndongeng wayang kangge nambah regeng padhepokan meniko.
      Matur nuwun.

  5. Assalamu’alaikum wr wb,
    Sugeng enjang ugi Ki Sanak sedoyo, ……
    Hiks! Ki Pandan lagi nggethu bikin karya tulis neng sentong ngarep. Sentonge nganti kemebul, asbake kebek tegesan, …… kopi nganti entek 5 cangkir.
    Kadang2 mengerutkan dahi, ….. kadang2 senyum sendiri, …. kadang2 geregetan, …… kadang2 nyanyi lagu lawas, …… wah ketoknya sedang mengungkap berbagai kahanan nasa lalu yang tertimbun peristiwa2 mutakhir.
    Hayuu kita tunggu saja terbitnya “Kisah Masa Kecil Pandanalas”. Pasti Seru!!! Mbuweling gak yah?

    • Pasti mbeling …!

      • super mbelink. wilujeng enjing kasadayana.

    • Alhamdulillah, ….. Ki Panji sudah wungu. Tinggal ‘enter’ kan Ki? Abrakadabrah, ….. cling !!!!
      Mana yang dulu ya, ……. Kisah Ki Pandan ataukah Rontal 56? Ataukah saling mendahului, …. ataukah saling menunggu? Wah makin seru nih!

      • he he …

        bakda subuh olah raga sekedarnya (cuma jalan-jalan doang).

        Menunggu cerita masa kecil Ki Pandan yang “paling mbeling”

        Hayo…., Ki Pandan sudah janji.

        Kalau sudah diwedar, harus ada yang komen, ceritanya mbeling atau tidak.

        Kalau tidak mbeling, rontal tetap diwedar tit …

        • Ternyata semua kadang sedang menunggu kisah petualangan Ki PA (Pandan Anom) di masa kecil. Judulnya “Menagih Janji”, hik,…..Ki PA sembunyi di bawah amben sambil “kemulan” sarung.

    • Waalaikumsalam Warohmatullahi Wabarakatuh

      m.e.n.u.n.g.g.u……

      Rontal HLHLP 056 or “Dongeng Ki Pandan Kecil”

      • Kayaknya bakalan seru “Dongeng Ki Pandan Kecil” nech

        • Wah Ki PA ngambeg nih, biasanya kalau disapa Si Miss Nona langsung disambut hangat, tapi……….

      • Miss Nona kapan release Cerita Disaat Aku Kecil-nya . Nanti yang ngasih ponten Ki Puna dan Ki Bayuaji, …… hadiahnya air zam-zam.

        • Gêmiyèn kalau disuruh Guru Bahasa Indonesia /Guru Bahasa Daerah (Jawa)atau Guru Bahasa Inggris. Kalau mau dongeng mesti diawali dengan kata-kata:
          Pada suatu hari……
          yèn cårå Jawané:
          Ing sawijining dinå….
          utåwå, yèn cårå Inggrisé:
          Once upon time

          Nah, saya terawang dari kadohan, Ki Pandanalas baru sampai pada kalimat itu.
          Hiks. Månggå Ki Pand diterusken saja.

        • Saya jadi kelingan ketika anak2 masih cilik, …… biasa tak dongengi, …. sing awale : Pada jaman dahulu kala, ……….. Lha suwe2 sawijining dino kok bocahku nyelethuk, … Pak kok jaman dahulu kala terus, ….. kapan dong yang jaman sekarang?

  6. Assalamu’alaikum wr wb, sugeng enjing poro sederek sedoyo, mugi sami rahayu ingkang pinanggih, amiiien.

  7. Daftar Isi Cerita Ki Pandan hal

    1. Cilikanku rambutku dicukur kuncung ….. 5
    2. Katokku soko karung gandum …………. 11
    3. Klambiku warisane mbah kakung ………. 23
    4. Sarapanku sambel korek sego jagung ….. 29

    5. Kosokan watu neng kali nyemplung neng kedung
    …………………………………. 35
    6. Jaman ndisik, durung usum sabun …….. 41
    7. Andukku mung cukup anduk sarung …….. 54
    8. Dolananku montor cilik soko lempung …. 67

    • Wah pasti seru!

    • Hiks tenanan seru kalau daftar isinya kayak gitu, gilee sampai 67 hal, iki koyoe detail buanget ojo2 pengalaman masa kecilne Ki TruPod????

    • Lha itu saya dapat bocoran dari Ki Pandan sendiri je, …….. tadi nelepon dan memberitahu kalo sudah mulai nulis bab 1-nya.

  8. Harah…..

    Tapi…, sepertinya betul ngendikane Ki Truno, Ki Pandan sebenarnya sudah datang di padepokan, tetapi langsung menuju sanggar untuk menuliskan cerita mbelingnya sewaktu kecil.

    Hadu…..
    Pak Satpam sebenarnya juga ingin mencerikan cerita sewaktu kecil. Tetapi, tidak ada yang aneh-aneh. Hanya saja, ada satu foto yang terselip di album, hasil jepretan keng rama di sawah dekat rumah kakek di kampung. Waktu itu sebenarnya pak Satpam juga ada di sawah itu dan ikut cari wader, tetapi suwer… bukan yang dijepret itu lho.

    • Biasane si dijepret iku sejenis manuk ….
      Miss-nona kelihatannya pingin copas gambar ini … dipasang cermin supaya bisa kelihatan bagian ngarep sing iso di dijepret

      Hiks,
      Yen punya Ki Pandanalas biasane njaluk diplintheng, ben klepek-klepek ….

    • Hayuu, …. Ki Widura juga ceritain donk rikolo ciliknya. Sempet pake celana kodok nggak?

      • Hikss..kulo sempet Ki pake celana kodok..waktu itu meskipun kurang suka tapi ada kantongnya didepan jadi bisa untuk ngantongi kelereng…..kurang sukanya karena kalo kita main kelereng pas jongkok…biasanya burung kita ikutan keluar main kelereng…hikss mungkin mau ikut nginceng lawan kita….

      • Aku nggak pernah pakai celana kodok, karena si kodok sudah pinjam celanaku, malah jaket lorengku.
        Tanggaku punya dikasih bapaknya ibu tiri, aku dikasih ibuku seorang bapak Tiri.
        Ibu tiri kancaku galak sekali, tapi bapak tiriku baik sekali. Setiap pagi aku ditempilingi.
        Kalau siang diajak ani-ani, waktu malam diajak judi.

        Di sekolah aku punya guru sing nuakal puolll.
        Hari senin, kepalaku digandhen. Kalau selasa dipalasara, godhek-u ditarik keatas sampai rambut kakiku berdiri.
        Setiap rabu aku dikatain bodo. Sedang hari kami aku mesti palang sambil nangis.
        Hari jum’at guruku rada kumat …
        Jadi setiap sabtu aku bisa ngguyu ….

        Dolanan paling tak senengi ya terjun payung. Saben kali pergi ke Maospati Mediun), nonton orang yang bebas terjun.
        Ketika sampai dirumah, pelajaran langsung dipraktekkan.
        Payung ibuku tak colong. Aku langsung naik ke pohon asem. Payung tak buka, langsung loncat. Payung mbuka sebentar, tapi kebablasan mbukanya langsung sobek.
        Beneran aku jatuh dan tanahnya mblesek dalam karena aji berat sekati. Tanganku membentur batu, langsung patah. Sedangkan batu tersebut hancur menjadi debu.

        Ya itu saja dulu, ana candake

        • Wah Pakde Wid, pengalamanan masa kecilnya seru euy terutama yang ada tulisan “ana candake”, xixixi

      • he he …

        Ki Pandan sepertinya juga menemukan fotonya waktu masih kecil dengan celana kodoknya. Rambut dikuncung sambil bawa plintengan di tangan kanan dan mangga di tangan kiri.

        Monggo Ki, sampun titi wanci naskahipun dipun wedar.

        • nGGer Satpam said:
          Monggo Ki, sampun titi wanci naskahipun dipun wedar.

          Kulo padosi naskahe hlhlp-056 kok mboten wonten.
          Disingitno nDik endi tho, nGGer>

          • he he …
            dipun wedar menawi Pak De sampun angler anggenipun sare.

          • Ya wis tak turu saiki …..
            her,,, her ….

        • Cobi dipadosi wonten kantong clono kodokke Ki P Satpam.

          • Tak rogoh dari samping, rasanya ada dua butir biji mlinjo, nanging kok rada kenyal …
            Kalau neker kok ora lonjong, kalau biji mlinjo kok athos.

            Aku mboten mudheng.
            Yen rontal mestine ya kaya rokok jarummm …

            Hadu …
            jangan-jangan .. anunya si anu …

          • Sampun ngantos dipencet nggih Ki, …… mangke mbledush!

  9. Nyuwun sewu…niki nembe nganglang … Nembe ngawal bopo biyung tindhakan…Alhamdulillah teng margi roda pedatine kesangkut watu tajem…ikrak-ikrik ngganti roda (nunak-nunuk piye corone ngudari roda cadangan…maklum wis sepuh) akhire kelar jg…niki nembe jagong bayek … (Luwih enak njagongi manten ayake)..
    Kulo cicil sekedik njih…biyen tonggo2 kerep nekani bopoku mergo aku..njaluk pertanggungjawaban…mbelinge puwoLL : anake tonggo okeh seng gemetih mergo gelut…sing podho dodolan nagih nang ngomah…soale blonjone nganggo duwit2an…senengane nek sore dolan neng kedung (nginjeni wong2 podho adus)…wes mbelinge keliwat2 tenan…pernah diajar nggo bonggol pohung mergo anake tonggo nganti cacat…
    Wes ah…isin aku…

    • Soal nginjeni wong adus durung berubah, malah nemen.
      Dudu nona, nonya, nyonya muda wae … malah sing rondho ya ora opo-2, sekedar camilan waktu jaga jagung.

    • Lha nopo Ki Widura tetanggian kalih Ki Pandan dhek cilikane?

      • Nggih ki, tetanggi provinsi Jatim-Jateng.

    • iku isih judule, durung critane
      he he he …

      • Blaik tenan iki..
        Aku iki isone mung uro2..,ek kon crito koyo ki Truno, ki Puno, ki Bayu…angel je…..kudu njaluk bantuan Nona iki nggo ngedit naskah…

        • wah asik tuh…
          ndongeng dengan gaya uro-uro
          monggo

      • Ya kalo mau ditulisin biografi Ki Pandan ya harus Kopi Darat dulu sama Miss Nona to?

        • Lah koq idene sae saestu…..pengin ndarat kaliyan Nona..priyiyine angel golekane

  10. On 28 November 2010 at 12:04 P. Satpam said:
    Monggo Ki, sampun titi wanci naskahipun dipun wedar.

    Matur Nuwun Ki Panji Satrio Pamedar, …. informasini-pun.

    • titi wanci naskahipun Ki Pandan
      lha sanes naskah ingkang dipun wedar, nembe judulipun

      • Niku lho mesakaken, …. Ki Widura sampun ngantos ‘suren’.

      • Leres Ki,
        Mesakak-e …
        Waktu kecil disiksa bapak tiri …
        Wis sepuh dipermainkan Satpam Tiri.

      • Lha wong P Satpam Kandung taksih nderekaken Ki Ajar Arema nganglang ayahab omorb kok.

  11. Hadu…..

    sudah ada sesepuh yang hadir, tetapi mau diwedar kok belum ada yang memenuhi syarat:

    komen <50
    ingukan <500
    ki pandan belum wedar dongeng

    • Sing kurang-e nyusul wae ….

      • Mangke gek Ki Pandan mblenjani janji

        • Aman Pak Lik…mung kulo butuh bantuane Nona…
          Mbok kulo dimediasi kersane Nona kerso mitulungi kulo…

          • Sakjane Pak Lik Pandan ora nate blenjani janji ..
            Nangin rada manja … nJaluk kanca wadon, ayu, merak ati seperti missnona… supaya nambah gairah …..
            Hiks, gairah apa tha?

          • Janji lho Pak Lik

            Monggo, menawi mekaten.

  12. Tebak2 Kulit Manggis,
    Gambar Koper 56 kayaknya Ki Mahendra dan 2 anaknya, Mahisa Murti dan Mahisa Pukat beserta pasukan, sedang berhadapan dengan musuh segelar sepapan.
    Padahal di 55 khan dua Mahisa itu sedang nganglang nyari murid. Perang sama siapa lagi ya?

    • Tapi kalo melihat persiapannya, ….. apakah mereka bertiga digroyok masa?

      • lha nggih monggo dipun waos piyambak

  13. wonten pundi Ki ?

    • Isi buku tamu rumiyen Ki, angsal jatah wader …..
      Moso nembe dugi langsung pingin NEDI, hiks …. ora parenk duko ….

      • leres Ki, matur nuwun

    • Mas Bancak didukani Ki Wid langsung mulih, mingseg2 neng senthong. Bungkusane malah ditinggal.

  14. Matur Suwun …. angsal WADER ….
    Ora turu disit …. moco wae, mumpung malam minggu!

  15. Matur nuwun, waderipun jaaan…. gurih saestu.

  16. Matur nuwun kintunan Pecak Waderipun Ki Panji, …….
    wuah segerrr tenannn.

    • lho…, kulo wastani sampun kundur?
      monggo Ki

  17. @ Ki Panji Satrio Pamedar,

    Nyuwun pirså, pada foto
    On 28 November 2010 at 08:28 P. Satpam said:Harah…..,hasil jepretan cari wader, yang di”klik” “klak“, itu bagian yang mana ya Ki. Mosok cah loro wudha yang diklik. He he he he he.
    Dapet “wader” Ki…..! Matur nuwun.

    @ Ki Pandanalas

    Yang didongengkan itu baru janturannya belum suluk, belum jêjêran, dan gårå-gårå, lan sapituruté…..

    Sugêng sontên pårå kadang

  18. Assalamu’alaikum wr wb,
    Ahaaa, ….. ternyata benul dugaan Pak Lik Sat, …. begitu dapet kiriman Ikan Wader, ….. padepokan langsung suwepi. Meja kursi pating blangkrah, …. runtah mlarah2, ……. piring – gelas kotor numpuk nang pojokan. Mesakaken Pak Lik Sat reresik padepokan ora ono sing ngrewangi. Nggih mriki Pak Lik, kulo rencangi nyapu latar Padepokan, …… lha meniko Ki Puno nggih kerso reresik ing pendopo. Ning poma nggih Pak Lik, ….. kulo ampun diparingi pedamelan umbah2 gelas piring, …… mangke malah kathah sing pecah. He he he, ……….

  19. Walaikumsalam wr. wb.

    K Truno, sangertos kulo yen umbah-umbah puniko kangge ageman (pakaian), dene yen nyuci piring menawi mboten klentu asah-asah.
    He..he.
    Sugeng sonten Ki Truno

    • Ha ha ha ha, ……. Ki Honggo kok ngeliat aja lagi nih.
      Nggih monggo Dimas Haryo Honggopati kemawon ingkang isah2 grabah, …… kulo tak nyedot wedang sere rumiyin.

  20. Sugeng sonten….

    Wah, bubar diguyur udan, diparingi rontal kanggo anget2 awak. matur nuwun sanget….

  21. Alahamdulillah dapet kiriman wader dan kenangan masa cilik.
    Endi yo critane Ki Pandanalas.

    Yen aku durung duwe crito mergo isih cilik kok.

  22. we ladalah lali ngaturke panuwun karo P. Satpam.
    Matur nuwun Ki kirimane wader sampun diwedar.

  23. Nyadhong penjlentrehan saking para kadhang,
    kepareng nyuwun uninga menawi badhe ngundhuh dongeng rikala alit-ipun Ki Pandanalas wonten pundi….?
    kawit kala wau kula namung manggihi WADER, menawa kedah “ngeklik” kutuk menapa kuthuk…?

    he….he….he…..
    sugeng dalu.

  24. “eh..ternyata elo ade disini?”berkata Ki Buyut
    “Hadu..ternyata elo disini yang megang kabuyutan”berkata Mahesa Pukat.
    “Omong-omong, anak udeh berape Yut”, bertanya Mehesa Murti.
    “Anak sih udeh empat, nyang paling gede udeh kuliah”, berkata Ki Buyut sambil nyruput wedang jahe dilanjutkan dengan mengunyah sepotong gula aren.
    “set..,”, berkata Ki Patah sambil mendekatkan telunjuk dibibirnya. “kita pindah ngobrolnya ke gandhok anyer, mudah-mudahan Ki Pandanalas sudah menyelesaikan cerita ciliknya yang mbelink, tentunya dengan bahasa melayu”, berkata Ki Patah sambil mengangkat pantatnya, ngeluyur ke gandhok anyer.

    • begitu sampai, ki patah nyeletuk, “lah, … wayah begini pengumumannya belum dihapus. maaf, tidak ada tulisan yang memenuhi kriteria anda.

  25. matur nuwun wader-nya.

  26. selamat beristirahat saya ucapkan bagi sanak kadang cantrik serta mentrik yang menjalankannya…

    selamat bertugas saya ucapkan bagi sanak kadang cantrik serta mentrik yang menjalankannya…

    bagi yang tidak sedang menjalankan apa-apa, selamat juga deh…

  27. Sugêng énjang pårå kadang sutrésna padépokan pêlangisingosari

    Månggå samyå wungu, énggal-énggal sêsuci samyå nuhoni dawuh Gusti.

  28. Suwun Ki, sampun ngundhuh

  29. Sajake wis empet2an iki…nek mbabar caritan mesthi ra konsen…
    Mbabar BAB I neng gandok 57 wae ah

    • Halah…..
      mbujuki tok

    • Mbabar BAB I neng gandok 57 wae ah

      Maksudnya:
      1. Gandhok 57 : BAB I
      2. Gandhok 58 : Alinia Pertama BAB I
      3. Gandhok 59 : …. embuh …..
      Lha kapan dongengnya?

      Sugêng énjang Ki Pandan, sami wilujêng Ki

      • ceritane panjang….mungkin nek ditulis yo sekitaran 118 jilid…

      • Alhamdulillah ki Puno….sekitaran jam 8-nan bengi sampun tekan kandang…sepanjang perjalanan udan deres….untunge roda pedatine kompromis, miris sebab cadangane durung sempet ditambalke….(ora iso ditambal mergo jebul rodane cubles tur suwek)

        • Abis nengok kebun sebelah yo

          • Abis “lihat kebunku” yang penuh dengan bunga…

  30. Assalamu’alaikum, selamat pagi…
    Wah aku kalau disuruh ngedit mau, tapi kalau nyeritane story Ki Pandan wah angel teunan…ra gelem ach…

    • kalo kuedit…mau ga ?

      • Halah, koyo wani ae. Hiks…

        • Lah opo aku iki wes terlalu sepuh tho ?…sajak ora percoyo …

  31. BAB II…Cilikanku…

    Gemuruh petir dan hujan deras menyaput hampir seluruh punggung perbukitan…Hutan jati yg sdh mulai renta nampak dari batang2nya yg meranggas…suara garengpung dAn jenggaret seolah berharmoni dgn derasnya tiupan angin…

    • Hah itukan tinggal copy paste aja…wah ndak krematif Pak Lik Pandan ini….

      • Lah kuwi tugasmu ngedit supaya ga keliatan copas..

  32. gandok-e anyar rung binuka

  33. poro sederek kakung…

    nek Miss Nona ngilang soko padepokan, kuwi dudu pokalku lho….OJO SUJONO

    • Lho…tenan-e Ki..wah blaik !

      • Lho OJO SUJONO menapa rayine KOPRAL JONO ?

  34. Ki Patah kembali ke gandhok lawas, karena gandhok anyernya masih digembok.

  35. Sambil nunggu dibukanya gembok “gandhok anyer”

    Pembenaran artikel editor sebuah surat kabar.

    Editor sebuah koran dituntut untuk minta maaf oleh seorang anggota parlemen dari sebuah negara, karena artikel yang dimuat berjudul: “Setengah Anggota Parlemen adalah KORUPTOR”.

    Benarlah, di edisi berikutnya sang editor minta maaf dengan mengganti artikelnya dengan judul:
    Setengah Anggota Parlemen BUKAN KORUPTOR”.

    Selamet malem aje, tunguin “gandhok anyer” ampe gemboknye dibuka…

    • mungkin editnya gini :
      Anggota Parlemen adalah setengah KORUPTOR

      • Nu setengah deui naon Kang Kompor ??

        atau

        Yang BUKAN KORUPTOR, BUKAN ANGOTA PARLEMEN

  36. “Mengapa Ki Patah kembali lagi ?”, bertanya Mahesa Pukat.
    “Gandhoknya masih digembok”, berkata Ki Patah.
    “Kalian membicarakan gandhok itu ?, berkata Ki Buyut sambil menunjuk gandhok yang masih digembhok.
    “Apa yang Ki Buyut ketahui tentang gandhok itu ?”, bertanya Mahesa Murti.
    “kunci gemboknya ada dikantong Ki Bekel”, berkata Ki Buyut cuek sambil kembali nyruput wedang jahenya.
    “Aku akan mengambilnya dari Ki Bekel”, berkata tidak sabaran Mahesa Pukat sambil bangkit berdiri.
    “Jangan”, berkata Ki Buyut.
    “Kenapa ?”, bertanya Mahesa Pukat penasaran.
    “Karena setengan anggota parlemen ada didalamnya”, berkata Ki Buyut cuek sambil nyruput wedang jahenya yang tersisa.

    • maaf, tidak ada SETENGAH tulisan yang SETENGAH memenuhi SETENGAH kriteria ( masa SETENGAH lagi ?) anda.

      • hore…….
        jam 00 tit nanti rontal akan SETENGAH diwedhar

  37. Haduu, …..
    Ki Panji Sat Pam, …….. cuwapek SETENGAH MATI.
    Sepulang dari pengembaraan berjalan SETENGAH TIDUR.
    Sudah bikin gandok anyar sih, ….. tapi SETENGAH JADI.
    Hal ini berakibat poro Cantrik/Mentrik SETENGAH E***.

  38. setengah ……….?

  39. Sambil nunggu gandok nyar dan jam tayang wedaran, …. ada baiknya baca2 dibalik cerita wayang. Panjang sih, ….. tapi bagus untuk renungan. Monggo, …

    Kumbakarnakah Kita Ini?

    Oleh Rudy W. Partohardono

    Wednesday, 02-September-2009,

    Kumbakarna. Ah…Nama itu bagiku sudah tak asing lagi. Tentu kalian pun juga akan merasakan hal yang sama kalau telah akrab dengan kisah Ramayana.

    Begitu mendengar namanya yang legendaris, kuyakin, kalian tidak akan membayangkan seorang lelaki muda yang klimis dan rapi seperti bintang sinetron. Kalian juga tak akan membayangkan seorang yang berjenggot panjang, memakai jubah dan surban yang melilit di kepala.

    Yang kalian temukan hanyalah seorang raksasa. Ya, raksasa. Lengkap dengan perut gemuknya, dengan taring panjangnya, dengan rambut gimbalnya dan dengan tubuh besarnya.

    Kumbakarna bukanlah seorang yang ideal bagi impian manusia normal. Ia adalah seorang yang hanya tahu makan enak dan tidur nyenyak. Ia hanya tahu harumnya daging panggang dan manisnya anggur peraman.

    Tiap hari ia habiskan untuk menikmati sejengkal demi sejengkal, setetes demi setetes rasa manis dunia yang bersifat badani, bersifat sementara ini.

    Namun, kawanku, lihatlah!
    Negeri Alengka kini banjir darah
    Di tiap penjuru kota yang ada hanya rintih dan desah

    Dari janda yang kehilangan suaminya
    Dari kekasih yang ditinggal kekasihnya
    Dari anak yang ditinggal bapaknya

    Dari badan-badan tanpa bahu
    Tanpa kaki
    Tanpa telinga

    Dari badan-badan yang robek
    Yang putus
    Dan yang terajam senjata

    Kumbakarna tak tinggal diam. Ia mengamuk. Mengamuk sejadi-jadinya. Di pihak Ramawijaya jutaan kera mati terpelindas, tergencet, tergigit bahkan tertelan olehnya.

    Jangankan Sugriwa, Anoman atau Anggada
    Apalagi Wibisana si Pembelot atau si Laksmana
    Rama, sang Wisnu yang turun, bergidik melihat polah tingkahnya

    Dengan hujan panah ia tetak kaki-kaki perkasa itu
    Ia pangkas kedua bahu yang berotot itu
    Ia potong telinga-telinga besar itu

    Hingga akhirnya, Kumbakarna yang sohor akan kedigdayaannya, mati konyol, dirajang-rajang seperti bawang. Diiris-iris bagai buncis.

    Ada yang berkata bahwa itu adalah karma dari ayahnya, yang membunuh Arya Jambumangli sang raksasa yang merindu cinta Dewi Sukesi….dengan cara yang sama.

    Tapi aku tak percaya.

    Lakon tak habis di sini

    Pathet belum lagi berganti.

    Atma Kumbakarna naik ke udara. Diiringkan Bidadari dan Bidadara. Hapsari dan Hapsara.
    Terurai rambutnya menebar harum aroma bunga padma
    Bermahkotakan kembang kanigara
    Berkalung kembang regula

    Tapi di depan pintu Swargaloka,ia terhadang
    Wajahnya pun memuram
    Semuram malam.

    Dengan dingin, Bathara Cingkara yang berkulit selegam baja itu menegur Kumbakarna.
    Wahai, Manusia. Swargaloka bukanlah tempatmu. Atau lebih tepatnya, kau belum boleh naik ke Swargaloka.
    Kumbakarna tercengang. Ia tergagap-gagap. Lalu setelah ia tenangkan dirinya, ia mulai mendebat.
    Duhai, Dewa. Apa salah dan dosaku? Aku hanyalah seorang yang selama di dunia berupaya berbuat kebajikan, bersabar menghadapi kaum tiran dan membela negeri yang hampir terjajah. Lantas kini semua jadi sia-sia. Becus tidakkah para Dewa?

    Cingkara tertawa. Tertawa terbahak-bahak.

    Hai, Manusia!, katanya sambil terkekeh.
    Meski engkau bertawassul dengan semua jasa-jasa baikmu di dunia, mengklaim bahwa tindakanmu membela negara dengan cara mati konyol seperti itu pantas jadi penebus harga kaswargan langgeng, aku tetap tak izinkan kau masuk. Tak boleh, Manusia!

    Hah? Mati konyol?

    Kumbakarna termangu.

    Ia longokkan kepalanya ke atas.
    Ia lihat Patih Prahasta, Bagawan Sumali, dan semua nenek moyang raksasa Alengka, dalam balutan jubah putih bertawaf di alam kelanggengan. Semua dalam keadaan serba tenteram, tanpa rasa iri, benci, apalagi dendam.

    Hai, Manusia!

    Perkataan dengan suara yang berat dan parau itu mengagetkan Kumbakarna.
    Semua lamunan dan impiannya, buyar sudah.

    Cingkara tersenyum maklum, lalu mulai membuka cerita:

    Tentunya kau akan protes kepadaku karena pamanmu Prahasta, kakekmu Sumali, dan raksasa macam Banjaranjali dan Getahbanjaran semua berada di alam langgeng, dalam rupa atma yang terbebas dari papa-sengsara dunia,bukan?

    Ketahuilah, Kumbakarna.

    Tebusan dari kemuliaan adalah Dharma.

    Dharma seorang ksatria adalah memunahkan kebatilan di muka bumi.

    Dan tentunya dalam menjalankan Dharma, ketiga nafsu harus terkendali.

    Rajas

    Tamas

    dan Sattva

    Kesemuanya harus terangkum dalam kesucian
    Kesemuanya, bagaikan kuda penarik kereta…
    Tak boleh berjalan saling berebut dahulu

    Tapi, Kumbakarna…berkacalah.

    Ingatkah kau bahwa dalam peperangan terakhirmu, kau hanya maju dengan rasa marah?
    Ingatkah kau bahwa dalam peperangan terakhirmu, kau maju dengan tujuan yang bias?
    Ingatkah kau bahwa dalam peperangan terakhirmu, kau tak menjadikan Dharma sebagai peganganmu?

    Kumbhakarna anak Wisrawa, ketahuilah!

    Membela negara adalah dharma seorang Mahasenapati seperti dirimu
    Membela kehormatan raja adalah dharma seorang Ywaraja sepertimu

    Namun menegakkan kebenaran adalah dharma yang utama bagi kemanusiaan
    Melanggengkan kebodohan,
    Melestarikan tirani,
    Mendukung kebobrokan, itu semua bukanlah dharma. Itu adalah tindakan Adharma!

    Kau tak bisa menjalankan pembelaan terhadap negara hanya dengan semboyan Benar atau Salah, itulah Negeriku, Kumbakarna!
    Kau tak bisa memproklamirkan diri sebagai pahlawan, hanya dengan mati di medan perang di bawah bendera Alengka!

    Coba kau lihat kehidupanmu tiap hari.
    Pedulikah kau dengan raksasa-raksasa miskin yang kelaparan di tepi jalan?
    Sudikah kau melihat raksasa-raksasa petani yang memupus harapan untuk hidup layak?
    Pernahkah sekali saja kau tengok raksasa-raksasa jelata yang berkeluh kesah meratapi nasib?

    Kau hanya makan,
    dan tidur.

    Begitu terus sepanjang hidupmu.

    Kau tentang keangkaraan Rahwana,
    tapi hanya bicara.

    Ketika Sinta diculik dari suaminya,
    kau tetap jadi pejabat di Alengka

    Ketika Dasamuka membunuh Danaraja kakaknya,
    Kau sungkan melepas pangkat di Leburgangsa.

    Ketika Dasamuka merancang dan merekayasa rencana-rencananya yang nista
    Masih saja kau bergelimang kenikmatan….
    yang sebenarnya tak lebih dari segumpal tahi yang kau keluarkan tiap hari.

    Kumbakarna!
    Swarga yang suci hanya menerima yang suci.

    Lihatlah pakaianmu!
    Ia adalah hasil bancakan jabatan dan penggelembungan anggaran

    Lihat badanmu yang besar dan kekar!
    Ia adalah tangisan raksasa petani dan nelayan

    Lihatlah darah dan tulangmu!
    Ia dibangun dari air mata raksasa hina dan papa

    Kau tahu Dharma,
    tapi kau tutup mata dan telingamu dari realita.
    Kauciptakan realitamu sendiri sebagai pembenaran
    Dan kaunafikan kenyataan

    Masihkah kau berbangga diri, menyebut dirimu sebagai patriot sejati,hai, Kumbakarna?

    Cintamu akan tanah airmu, hanya didorong oleh amarah
    Kalaupun negerimu tak diserang orang,
    Akankah kau peduli dengan semua ini?

    Niscaya kau akan tetap tidur dan makan semampusmu, tanpa peduli kejadian di sekitarmu.

    Menjadi seorang pecinta tanah air, harusnya menjadi berkah bagi tanah air.
    Negerimu Alengka bukanlah hanya tempat untuk menumpang lahir, makan, tidur, dan membuat anak!
    Ia seharusnya adalah Janmabhumi, markas utama dari gebrakan-gebrakan besar yang akan dilahirkan pemuda-pemuda sepertimu
    Ia seharusnya adalah Karmabhumi, tempat berdharma bhakti bagi para putra-putra yang dilahirkan dan dibesarkan dengan sebaik-baiknya oleh ibu Pertiwi.

    Kumbakarna berlinangan air mata. Luluh layu semua perhiasan yang lekat di badannya. Ia rubuh bagaikan karang yang diledakkan dengan dinamit. Tersungkur di hadapan Sang Hyang Cingkara.

    Ia menangis, mengutuk-ngutuk. Tapi nasi telah menjadi bubur, kawan. Semua tak akan terulang lagi.
    Kisah Sri Rama dipentaskan di dunia hanya sekali. Dan peperangan Bharatayudha dilakonkan di kelir jagad raya cuma sekali.

    Adalah suatu perenungan bagi kita,
    Akankah nasionalisme kita hanya berhenti sebatas simbol-simbol figuratif belaka?
    Akankah patriotisme kita hanya menjadi euforia temporer saja?

    Jangan jadi pecinta tanah air musiman.
    Jadilah berkah bagi tanah airmu.

    Malam semakin larut, semakin suntuk.
    Langit malam yang semula kelam, kini jadi lembayung
    Menghantarkan titik-titik hujan kembali ke pelukan bumi
    dan menghantarkan jiwa-jiwa yang kepayahan
    Naik ke peraduan…

    Rudy Wiratama Partohardono
    sumber : Rudy’s note at facebook

  40. Sugeng dalu poro pinisepuh.
    Sugeng dalu Ki Truno podang, matur nuwun kiriman Kumbokarno nipun Ki. Lajeng Sarpokenoko sampun tangi menopo dereng?

  41. Assalamualaikum wr. wb.
    Gandok wis suesak nemen kok ora digelarke karpet anyar to.
    Bubar subuh mangkat neng Betawi nganti sore lagi bali menjelang “maghrib”.
    Bubar Maghrib langsung tumbang, jan capek tenan.

  42. Teng… teng.. teng…
    Kentongan dalam nada daramuluk sudah terdengar, tetapi masih pada ngringkel kemul sarung semua.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: