HLHLP-065

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3 4 5

Telah Terbit on 13 Desember 2010 at 18:30  Comments (154)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-065/trackback/

RSS feed for comments on this post.

154 KomentarTinggalkan komentar

  1. Kamsia paklek untuk gambar ati-nye
    Kamsia Ki TP, ternyata di pakuwonan Tangerang ada tiga jagoan, jangan-jangan kita sebelahan rumah. Tepatnya padukuhan ane di komplek DPR (daerah pinggir rawa)situ Cipondoh

  2. Nuwun

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

    HARI TASU’A DAN HARI ‘ASYURA

    Sugêng énjang pårå kadang hing Tlatah Nuswantårå

    Mbêtawi sisih Kilèn masih kerlap-kerlip. mratandani maksih umyêg.

    Suasana Ibukota, khususnya tlatah mBêtawi Kulon, pagi dini hari ini memang mendung namun tidak merata, setelah turun gerimis di sore tadi; masih nampak sedikit taburan bintang di langit sana.

    Suasana sunyi sekali, bertolak belakang dengan waktu di pagi dan siang hari. Tetapi masih ada nafas kehidupan, satu dua penjual mie tek-tek (disebut mie tek-tek, karena sang penjual menjajakan dagangannya dengan memukul-mukul bilah bambu pada sebuah kentongan kecil yang bunyinya ‘tek-tek’) dan penjual bajigur atau wedang ronde yang memukul-mukulkan sendoknya pada mangkuk-mangkuknya, berbunyi ‘ting-ting-ting’; juga mbok-mbok sayur dari Pasar Induk Sayur Mayur sudah berangkat bukak dasar di pasar nggak jauh dari kawasan padepokan Ki Bayuaji.

    Di pagi dini hari begini, hamba-hambaMu ya Allah, masih bersusah payah bekerja berkutat mengais rejeki yang Engkau tebarkan.

    Nampak dari ketinggian menara masjid, sepi, lengang, satu dua kendaraan bermotor, berlalu di kesunyian jalanan yang biasanya macet. Kerlap-kerlip lampu jalanan, dan bayu yang berembus perlahan.

    Di tengah kesunyian begini, menemani para santri, sambil minum saraba, minuman khas Bugis Makasar mirip bajigur, yang terbuat dari jahe, telor, santan dan gula merah, dan jajanan pisang, sukun, ketela rebus.

    Tadarusan. ya tadarus di setiap malam. Bergiliran di antara para santri. Lalu khusus di pagi dini hari ini, menyiapkan makan sahur (nasi kebuli hangat); berniat puasa sunnah pada bulan Muharram 1432H tahun ini, puasa sunnah hari Tasu’a, tanggal 9 Muharram dan puasa sunnah hari Asyura, tanggal 10 Muharram.

    Untuk tahun 1432H sekarang, tanggal 9 Muharram 1432H dan 10 Muharram 1432H. Insya Allah bertepatan dengan tanggal 15 dan 16 Desember 2010M.

    Periwayatan hadits:

    Dari Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhuma-, “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari ‘Asyura dan memerintahkan untuk berpuasa pada hari itu”. (Muttafaqun ‘Alaihi).

    Dari Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhuma- beliau berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila (usia)ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada (hari) kesembilan” (HR. Muslim)

    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa pada hari ‘Asyura, beliau menjawab, ‘Menghapuskan dosa setahun yang lalu’,

    Ini pahalanya lebih sedikit daripada puasa Arafah (yakni menghapuskan dosa setahun sebelum serta sesudahnya). Bersamaan dengan hal tersebut, selayaknya seorang berpuasa ‘Asyura (10 Muharram) disertai dengan Tasu’a (9 Muharram).

    Hal ini karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Apabila (usiaku) sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada yang kesembilan’, maksudnya berpuasa pula pada hari Tasu’a.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk berpuasa pada hari sebelum maupun pada hari ‘Asyura untuk membedakan dengan orang-orang Yahudi karena hari ‘Asyura yaitu tanggal 10 Muharram adalah hari ketika Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa as dan kaumnya, dan menenggelamkan Fir’aun dan para bala tentara pengikutnya.

    Dahulu orang-orang Yahudi berpuasa pada hari tersebut sebagai syukur mereka kepada Allah atas nikmat yang agung tersebut. Allah telah memenangkan tentara-tentaranya dan mengalahkan tentara-tentara iblis setan laknatullah, menyelamatkan Musa dan kaumnya serta membinasakan Fir’aun dan para pengikutnya. Ini merupakan nikmat yang besar.

    Oleh karena itu, setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tinggal di Madinah, beliau melihat bahwa orang-orang Yahudi berpuasa pada hari ‘Asyura.

    Beliau pun bertanya kepada mereka tentang hal tersebut. Maka orang-orang Yahudi tersebut menjawab, “Hari ini adalah hari di mana Allah telah menyelamatkan Musa dan kaumnya, serta celakanya Fir’aun serta pengikutnya. Maka dari itu kami berpuasa sebagai rasa syukur kepada Allah”.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, “Kami lebih berhak terhadap Musa daripada kalian”.

    Kenapa Rasulullah mengucapkan hal tersebut? Karena Nabi dan orang–orang yang bersama beliau adalah orang-orang yang lebih berhak terhadap para nabi yang terdahulu.

    Allah berfirman,

    Sesungguhnya orang yang paling berhak dengan Ibrahim adalah orang-orang yang mengikutinya dan nabi ini (Muhammad), beserta orang-orang yang beriman epadanya, dan Allahlah pelindung semua orang-orang yang beriman”. [QS. Ali Imran (3) ayat 68]

    Kepada Saudara-saudaraku Muslim seiman, yang menjalankan:

    Sugêng sahur, sugêng siyam sunnah Dintên Tasu’ah lan Dintên ‘Asyura, mugi-mugi sâdåyå ibadah katampi déning Gusti Kang Måhå Wålas lan Asih

    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

    Nuwun

    punåkawan

  3. Pindah gandok yooo…

  4. Suwun Ki, “hati” memang selalu menunjukkan ke jalan benar, apalagi hati yang diterangi dengan iman.

  5. Pak Like nang ngendi yo…
    Gandhoke wis seg-segan…nganti lawange jebol,..’Oq yo ora digawekno gandhok nyar

    • SUMUK …..SUMUK ….. esoek esoek … wis gerah awakku …..

      Yen gandhoke orang cepet dibuka aku arep DEMO!
      Aku arep OTE-OTE

      • Pak Dhe kerso Mi tek2 sing dicritakno ki Puno ?

  6. selamat pagi cik gu..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: