HLHLP-109

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3 4 5

Telah Terbit on 24 Februari 2011 at 19:50  Comments (106)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-109/trackback/

RSS feed for comments on this post.

106 KomentarTinggalkan komentar

  1. Sugeng dalu.

    • Sugeng dalu Ki

      • Mbonceng Ki Arga neng mBurine Ki Biting,

        Sugeng dalu Ki Arga saha Ki Biting.

  2. Lho kok selamat pagi Ki Ajar pak Satpam..?

    Menapa rontal badhe diwedhar ngenjang pagi..?
    Matur nuwun.

    • aja-aja Ki Satpam lagi ngimpi isih isuk..

  3. selamat malam semuanya

  4. sugeng dalu

  5. antri ach met malem sadayana

    • Wilujeng wengi Ki Satpam, Ki Lurah sareng saderek cantrik sadayana.

  6. Selamat malam,
    masuk gandhok anyer,
    nyilem dulu, baru nyamplok rontal 108
    kamsia
    kamsia
    kamsia

  7. tepat 10

  8. it’s the final count down to the end

    TEN…

  9. heemmmm….

  10. sugeng dalu, hadir tumut ngantri wonten wingking…

  11. menghitung hari…kurang 10 rontal lagi maka tamat sudah kisah keluarga ki Mahendra.

    kapan yach terbitnya episode rontal 109~118?

  12. Sekedar bertanya

    1. jika saya mengadakan turnamen sepak bola antar padhepokan yang jelas tidak masuk dalam kalender PSSI apalagi FIFA, apakah PSSI bisa atau berhak melarang?

    2. Jika dalam turnamen antar padhepokan yang saya selenggarakan tiba-tiba ditemukan seorang pemain bagus yang tidak masuk klub manapun (namanya juga tarpok), bisakah pemain tersebut direkrut masuk tim nasional?

    • Sekedar menjawab

      maen sih bole, tapi jangan maen bole

      • main bole, gak main bole. main gak main tetep bole, bole gak bole tetep main. kalau gak bole main, bole juga main. kalau bole gak main, gak bole juga gak main.

  13. Nuwun
    Sugêng dalu

    DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI
    SURYA MAJAPAHIT

    Atur Pambuka. Surya Majapahit. On 18 Februari 2011. HLHLP 106.
    1.Waosan kaping-1. Gampingrowo Alas Trik, Buah Maja yang Pahit (Parwa-1). On 18 Februari 2011. HLHLP 106.
    2.Waosan kaping-2. Gampingrowo Alas Trik, Buah Maja yang Pahit (Parwa-2). On 20 Februari 2011. HLHLP 107.
    3.Waosan kaping-3. Radèn Wijaya, Dyah Sanggrāmawijayā Śri Maharajā Kĕrtarājasā Jayāwardhanā (Parwa-1). On 23 Februari 2011. HLHLP 108.

    Waosan kaping-4:
    RADÈN WIJAYA, DYAH SANGGRĀMAWIJAYĀ ŚRI MAHARAJĀ KĔRTARĀJASĀ JAYĀWARDHANĀ (1293 – 1309) (Parwa ka-2).

    5. Siapa Radèn Wijaya?

    Radèn Wijaya adalah nama yang lazim dipakai para sejarahwan untuk menyebut pendiri Kerajaan Majapahit. Nama ini terdapat dalam Pararaton yang ditulis sekitar akhir abad ke-15. Kadang Pararaton juga menulisnya secara lengkap, yaitu Radèn Harsawijaya. Padahal menurut bukti-bukti prasasti, pada masa kehidupan Wijaya (abad ke-13 atau 14) pemakaian gelar Radèn belum populer.

    Nāgarakṛtāgama yang ditulis pada pertengahan abad ke-14 menyebut pendiri Majapahit bernama Dyah Wijaya. Gelar dyah merupakan gelar kebangsawanan yang populer saat itu dan menjadi cikal bakal gelar Radèn. Istilah Radèn sendiri diperkirakan berasal dari kata Ra Dyah atau Ra Dyan atau Ra Hadyan, menjadi Rahadyan dan akhirnya Radèn.

    Nama asli pendiri Majapahit yang paling tepat adalah Nararya Sanggramawijaya, karena nama ini terdapat dalam Prasasti Kudadu yang dikeluarkan oleh Wijaya sendiri pada tahun 1204. Gelar Nararya juga merupakan gelar kebangsawanan, meskipun gelar Dyah lebih sering digunakan.

    Menurut Pararaton, Radèn Wijaya adalah putra Mahisa Campaka Narasingha Murti Ratu Anggabaya, Kerajaan Singasari semasa Singasari diperintah oleh Wisnu Wardhana.

    Menurut Naskah Wangsakerta pada Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara, Radèn Wijaya atau Sanggramawijaya adalah putra pasangan Rakeyan Jayadarma dan Dyah Lembu Tal (Dyah Singamurti, menurut Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara Dyah Lembu Tal adalah seorang perempuan).

    Ayahnya adalah putra Prabu Buru Darmasiksa, raja Kerajaan Sunda Galuh, sedangkan ibunya adalah putri Mahisa Campaka dari Kerajaan Singasari. Setelah Rakeyan Jayadarma tewas diracun musuhnya, Lembu Tal tidak ingin tinggal di Pakuan, tetapi pulang ke Singasari membawa serta putranya Radèn Wijaya.

    Dengan demikian, Radèn Wijaya merupakan perpaduan darah Sunda dan Jawa. [ Catatan:Sebagian besar sejarahwan meragukan keaslian naskah Wangsakerta ini].

    Kisah di atas mirip dengan Babad Tanah jawi yang menyebut pendiri Kerajaan Majapahit bernama Jaka Sesuruh putra Prabu Sri Pamekas raja Kerajaan Pajajaran, yang juga terletak di kawasan Sunda.

    Jaka Sesuruh melarikan diri ke timur karena dikalahkan saudara tirinya yang bernama Siyung Wanara. Ia kemudian membangun Kerajaan Majapahit dan berbalik menumpas Siyung Wanara.

    Babad Tanah Jåwi (XXIV) Cariyos Prabu Bråwijåyå lan têdhak turunipun

    Gantos ingkang cinariyos Sang Prabu Bråwijåyå wontên ing Måjåpahit, saking karsanipun ingkang nganggit sêrat punikå aran ngaturakên ingkang nurunakên kawiwitan saking Karaton Jênggålå, ingkang jumênêng nåtå Radèn Rawisrênggå, pêputrå Radèn Laléyan jumênêng nåtå wonten ing Pajajaran, dangunipun satus taun. Pêputrå Radèn Bondhansari, ugi lêstantun jumênêng nåtå wontên ing Pajajaran, pêputrå Radèn Bondhanwangi pêputrå sêkawan.

    Ingkang pâmbarêp putri, ananging pikantuk supatanipun ingkang råmå dados wadat botên kénging pålåkråmå, tinundhung ingkang råmå lajêng mratåpå wontên rêdi, têmahan mêrnyanyang dados bangsanipun lêlêmbut, inggih punikå jumênêng ratu wontên ing sêgårå kidul, ingkang pinaraban Kanjêng Ratu Kidul.
    Ingkang panênggak ugi putri ananging kathah sakitipun sartå gadhah cacat bisu botên sagêd caturan, ingkang råmå sangêt lingsêmipun. Putri wau binucal dhatêng pulå Harmus, pinupu dening Sang Ratu Kêlan, dados ndhérèk golongan bångså wolung nagari, inggih punikå Spanyol saurutipun.
    Ingkang nomêr tigå kakung, pêparab Jåkå Sêsuruh lan tunggal råmå-ibu. Wontên malih putranipun ingkang nomêr sêkawan, tunggal råmå bèntên ibu, ugi kakung pêparab Radèn Siyung Wanårå.
    Sasêdanipun Sang Prabu Bondhanwangi ingkang nggantosi jumênêng nåtå putrå ingkang wuragil jêjuluk Radèn Siyung Wanårå. Déné
    Radèn Sêsuruh jumênêng nåtå wontên ing Måjåpahit. Karaton ing Pajajaran tumuli sirnå, putranipun Prabu Siyung Wanårå lajêng ngratu dhatêng Majapahit, dados ratunipun namung sêtunggal wontên ing Måjåpahit kémawon.

    Menurut Pararaton, Radèn Wijaya adalah putra Mahisa Campaka, seorang pangeran dari Kerajaan Singasari. Menurut Nāgarakṛtāgama, Wijaya adalah putra Dyah Lembu Tal, putra Narasinghamurti.

    Menurut Pararaton, Narasinghamurti alias Mahisa Campaka adalah putra Mahisa Wonga Teleng putra Ken Arok pendiri Wangsa Rajasa.

    Antara Pararaton dan Nāgarakṛtāgama ada celah satu generasi: ada dan tidak ada Dyah Lembu Tal. Pararaton menyebut Wijaya putra Mahisa Campaka alias Narasinghamurti, sedangkan Nāgarakṛtāgama menyebut Wijaya cucu Narasinghamurti.

    Berita Nāgarakṛtāgama sejalan dengan Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara dalam hal Dyah Lembu Tal sebagai orang tua Wijaya, namun tidak dalam hal jenis kelaminnya.

    Berdasarkan catatan sejarah dari sumber lain yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya bahwa Radèn Wijaya atau Radèn Jaka Tanduran atau Radèn Sesuruh atau Prabu Brawana merupakan putra ke-7 pasangan Prabu Sundha Hanyakrawati/Prabu Harjakusuma atau Prabu Pamekas di Pajajaran dari Permaisuri Dewi Ambarsari yang merupakan putri dari Prabu Dewamantala di Kerajaan Galuh.

    Mengenai berita adanya perselisihan diantara para keturunan Prabu Pamekas adalah hal yang mungkin dapat dibenarkan dikarenakan masing-masing berambisi untuk meneruskan tahta.

    Diceritakan dari sumber lain dimana terjadi peselisihan diantara Radèn Wijaya dengan saudaranya yaitu Radèn Siyung Wanara atau Jaka Tambi atau Arya Banyakwidhe yang merupakan putra ke-9 dari pasangan Prabu Pamekas dengan selir dan kemudian Siyung Wanara menjadi Raja di Pajajaran dengan gelar Prabu Sri Maha Sekti.

    Rakeyan Jayadarma salah seorang pangeran kerajaan Sunda dinikahkan dengan putri Mahisa Campaka dari Tumapel Jawa Timur, bernama Dyah Lembu Tal. Dari pernikahan Rakeyan Jayadarma, ia mempunyai seorang anak yang diberi nama Sang Nararya Sanggramawijaya atau sering disebut Radèn Wijaya.

    Namun karena Jayadarma wafat pada usia muda, sehingga Dyah Lembu Tal memohon ijin untuk tinggal di Tumapel bersama putranya.

    Berita di atas berlawanan dengan Nāgarakṛtāgama yang menyebut Dyah Lembu Tal adalah seorang laki-laki, putra Narasinghamurti.
    Naskah ini memuji Lembu Tal sebagai seorang perwira yuda yang gagah berani dan merupakan ayah dari Dyah Wijaya.

    Perlu diketahui bahwa catatan dari tanah Sunda tentang kaitan antara Radèn Wijaya dengan Rakeyan Jayadarma ini hanya pendapat minoritas sejarawan. Kelemahan utamanya adalah nama Dyah Lembu Tal adalah nama laki-laki, yang umumnya diterima sebagai ayah dari Radèn Wijaya.

    Radèn Wijaya setelah dewasa ia menjadi senapati Singasari, pada waktu itu diperintah oleh Kertanegara, hingga pada suatu ketika ia mampu mendirikan negara Majapahit. Radèn Wijaya didalam Babad Tanah Jawi dikenal juga dengan nama Jaka Susuruh dari Pajajaran, karena ia memang lahir di Pakuan.

    Dalam Pustaka Nusantara III dijelaskan, bahwa Darmasiksa masih menyaksikan Radèn Wijaya, cucunya mengalahkan Jayakatwang, raja Singasari. Kemudian dengan taktis ia mampu menyergap dan mengusir laskar Kubilai Khan dari Jawa Timur.

    Kemudian empat hari pasca pengusiran pasukan Cina, atau pada 1293 M, Radèn Wijaya dinobatkan menjadi raja Wilwatika dengan gelar Kertarajasa Jayawardana.

    Peristiwa yang juga direkam didalam Pustaka Nusantara III tentang Darmariksa memberikan nasehat kepada Radèn Wijaya, cucunya. Ketika itu Radèn Wijaya berkunjung ke Pakuan dan mempersembahkan hadiah kepada kakeknya, sebagai berikut :

    Haywa ta sira kedo athawamerep ngalindih Bhumi Sunda mapan wus kinaliliran ring ki sanak ira dlahanyang ngku wus angemasi.

    Hetunya nagaramu wus agheng jaya santosa wruh ngawang kottaman ri puyut katisayan mwang jayacatrum, ngke pinaka mahaprabu.

    Ika hana ta daksina sakeng Hyang Tunggal mwang dumadi seratanya.

    Ikang Sayogyanya rajya Jawa lawan rajya Sunda paraspasarpana atuntunan tangan silih asih pantara ning padulur.

    Yatanyan tan pratibandeng nyakrawati rajya sowangsowang.

    Yatanyan siddha hitasukha. Yan rajya Sunda duh kantara, wilwatika sakopayana maweh carana; mangkana juga rajya Sunda ring Wilwatikta.

    (Janganlah hendaknya kamu mengganggu, menyerang dan merebut Bumi Sunda karena telah diwariskan kepada Saudaramu bila kelak aku telah tiada.

    Sekalipun negaramu telah menjadi besar dan jaya serta sentosa, aku maklum akan keutamaan, keluar biasaan dan keperkasaan mu kelak sebagai raja besar.

    Ini adalah anugrah dari Yang Maha Esa dan menjadi ketentuan yang telah tersurat.

    Sudah selayaknya kerajaan Jawa dengan kerajaan Sunda saling membantu, bekerjasama dan saling mengasihi antara anggota keluarga.

    Karena itu janganlah beselisih dalam memerintah kerajaan masing-masing.

    Bila demikian akan menjadi keselamatan dankebahagiaan yang sempurna.
    Bila kerajaan Sunda mendapat kesusahan, Majapahit hendaknya berupaya sungguh-sungguh memberikan bantuan; demikian pula halnya Kerajaan Sunda kepada Majapahit).

    Dari uraian di atas tentunya dapat disimpulkan, bahwa Darmasiksa memiliki peranan yang cukup besar terhadap keutuhan Sunda. Dilakukan tidak menggunakan kekuatan militer, melainkan dengan cara Diplomasi.

    Kiranya keindahan kepemimpinan Darmasiksa patut dicontoh oleh generasi berikutnya. Selain ia ahli agama dan memegang erat tetekon keyakinannya, ia pun mampu menjalankan fungsinya sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

    Radèn Wijaya (atau dikenal dengan Nararya Sanggramawijaya) yang bergelar Kertarajasa Jayawardhana yang merupakan keturunan langsung dari wangsa Rajasa adalah pendiri dan raja pertama Majapahit (1293-1309).

    Radèn Wijaya adalah anak dari Rakeyan Jayadarma, raja ke 26 dari Kerajaan Sunda Galuh, dan Dyah Lembu Tal/Dyah Singhamurti, seorang putri Singasari. Ken Arok, raja pertama (1222-1227) Singasari menikahi Ken Dedes, dan memiliki anak: Mahesa Wong Ateleng.

    Lalu ia memiliki anak: Mahesa Cempaka yang bergelar Narasinghamurti. Kemudian memiliki putri: Dyah Lembu Tal diberi gelar Dyah Singhamurti.

    Rakeyan Jayadarma. Ia adalah raja ke-26 Kerajaan Sunda Galuh, anak dari Prabu Guru Dharmasiksa, raja ke-25 dari Kerajaan Sunda Galuh. Setelah Rakeyan Jayadarma diracun oleh salah seorang bawahannya, dan tewas, Dyah Lembu Tal kembali ke Singasari bersama Radèn Wijaya.

    Radèn Wijaya seharusnya menjadi raja ke 27 Kerajaan Sunda Galuh. Sebaliknya, ia mendirikan Majapahit di tahun 1293, setelah tewasnya raja Kertanegara, raja Singasari terakhir, yang merupakan mertuanya, dan juga sepupu ibunya.

    Dialah Radèn Wijaya yang disebut sebagai Jaka Susuruh dari Pajajaran. Ia dibesarkan di lingkungan kerajaan Singasari, menjadi raja pertama di Majapahit.

    Di antara naskah-naskah di atas, Nāgarakṛtāgamalah yang paling dapat dipercaya, karena naskah ini ditulis tahun 1365, hanya berselang 56 tahun setelah kematian Radèn Wijaya. Berita dalam Nāgarakṛtāgama diperkuat oleh prasasti Balawi yang diterbitkan langsung oleh Radèn Wijaya sendiri tahun 1305.

    Dalam prasasti itu Radèn Wijaya menyatakan dirinya sebagai keturunan Wangsa Rajasa. Menurut Nāgarakṛtāgama, Wijaya adalah putra Dyah Lembu Tal, putra Narasinghamurti.

    Menurut Pararaton, Narasinghamurti alias Mahisa Campaka adalah putra Mahisa Wonga Teleng putra Ken Arok pendiri Wangsa Rajasa, penguasa pertama Kerajaan Singasari.

    6. Berdirinya Keraton Majapahit menurut Kitab Babad

    Konon, dahulu ada seorang pangeran dari Kerajaan Pajajaran yang melarikan diri ke wilayah Pulau Jawa sebelah timur. Pangeran itu bernama Radèn Jaka Sesuruh.

    Ia melarikan diri karena Kerajaan Pajajaran dikuasai pemberontak yang bernama Ciung Wanara.
    Ciung Wanara sebenarnya masih putra Raja Pajajaran sendiri. Ia lahir dari salah satu istri (selir) Raja Pajajaran karena diramalkan kehadirannya akan membawa akibat buruk, saat bayi Ciung Wanara dibuang oleh Raja Pajajaran.

    Setelah dewasa, ia bermaksud untuk balas dendam. Oleh karena itu, Ciung menyerbu Pajajaran dan menguasai.

    Radèn Jaka Sesuruh terus berlari ke timur. Ia ingin ke puncak Gunung Kombang. Ia ingin meminta petunjuk kepada nenek pertapa itu. Apa yang dilakukannya sekarang.

    Di tengah perjalanan Radèn Jaka Sesuruh merasa kehausan perutnya juga sudah berkali-kali merasa lapar. Beruntung ia, karena tidak jauh ada sebuah rumah dan rumah itu besar, namun sangat sederhana yang atapnya dari rumbia dan dinding nya dari kulit kayu kering kemudian Radèn Jaka mendatangi rumah itu.

    Seorang pemuda membukakan pintu saat Radèn Jaka Sesuruh selesai mengetok pintu.

    Siapakah Tuan? ada keperluan apakah tuan datang kerumah saya?“, tanya pemuda itu.
    Aku adalah pengembara dan aku ingin meminta air minum dan sedikit makan jika ada. bolehkah?
    Tentu boleh tuan! Mari silakan masuk!

    Radèn Jaka sesuruh kemudian masuk kedalam rumah, di dalam rumah ada dua orang pemuda dan seorang gadis.
    Perkenalkan Tuan. nama saya Jaka Wirun. Dua pemuda dan gadis itu adalah adik-adik saya, dua pemuda itu bernama Jaka Nambi dan Jaka Bandar sedang seorang gadis itu bernama Rara Uwuh. Lalu, siapakah nama Tuan?” Tanya Jaka Wirun.

    Namaku Radèn Jaka sesuruh. Aku berasal dari kerajaan Pajajaran.
    Oh maafkan hamba, Radèn! hamba tidak tahu kalau anda seorang pangeran dari Pajajaran. Ayo Rara Uwuh segera siapkan makanan dan minuman untuk Radèn Ini!

    Rara Uwuh segera menyiapkan apa yang diinginkan Radèn Jaka Sesuruh.
    Radèn Jaka sesuruh segera meminum air minumnya lalu mengisi sedikit makan untuk mengisi perutnya.
    Apakah Gunung Kombang masih jauh dari sini?” tanya Radèn Jaka sesuruh setelah memakan dan minumnya.

    Tidak begitu jauh, Radèn. Namun berbahaya kalau Radèn pergi ksana sekarang, hari sebentar lagi malam. Sebaiknya, Radèn menginap dulu disini besok pagi-pagi kami antar Radèn kesana!” kata Jaka Wirun.

    Untuk apa kalian mengantarku?” tanya Radèn Jaka sesuruh ingin tahu.
    Kami ingin menjadi pengikut Radèn, kami lihat Radèn sendirian mungkin kami bisa membantu Radèn nanti.

    Radèn Jaka sesuruh membenarkan kata-kata Jaka Wirun. Akhirnya, Radèn Jaka sesuruh memperbolehkan Jaka Wirun dan saudaranya menjadi pengikutnya.

    Malampun berlalu pagi telah datang dan Radèn Jaka Sesuruh berangkat menuju Gunung Kombang di iringi Jaka Wirun dan ketiga saudaranya kemudian mereka sampai ke puncak Gunung Kombang dan seorang nenek pertapa menyambut kedatangan mereka.

    Radèn, aku sudah tahu maksud kedatanganmu, sekarang Radèn teruslah berjalan ke timur berhentilah saat Radèn menemukan sebuah pohon maja yang buahnya hanya sebuah dan aku akan memberikan Radèn dua ekor burung perkutut yang mana burung itu yang akan menunjukkan dimana letak pohon maja itu kemudian bukalah hutan di sekitar pohon maja tersebut jadikan sebuah perkampungan yang mana disitu Radèn akan menjadi orang besar!” kata nenek pertama yang kemudian menghilang.

    Sehilangnya nenek pertapa datanglah dua ekor burung perkutut kedua burung perkutut tersebut berputar-putar diatas kepala Radèn Jaka Sesuruh kemudian burung perkutut tersebut terbang pelan kea timur.

    Ayo kita ikuti kedua burung itu!” ajak Radèn Jaka Sesuruh pada Jaka Wirun dan ketiga saudaranya.
    Mereka mengikuti kedua ekor burung perkutut itu terbang setelah cukup lama akhirnya kedua burung itu hinggap di suatu pohon dan itulah pohon maja dan pada saat itupohon itu sedang berbuah dan hanya satu buahnya.

    Kita telah sampai, lihatlah itu pohon maja buahnya hanya satu dan keduaa pohon itu hinggap di dahannya,” kata Radèn Jaka Sesuruh.
    Untunglah sudah sampai, aku haus sekali biarlah kita makan buah itu mungkin, bisa menghilangkan rasa hausku!” kata Jaka Wirun.

    Ia mengambil buah maja itu kemudian membelah dan membaginya dengan saudara-saudaranya. Namun, apa yang terjadi saat mereka memakan buah maja tersebut?
    Buah maja tersebut ternyata pahit rasanya, Jaka Wirun segera memuntahkan buah tersebut yang mana telah terlanjur memakannnya.

    Buah maja ini rasanya pahit! Maja pahit!” teriak Jaka Wirun.
    Radèn Jaka Sesuruh tergerak hatinya mendengar teriakan Jaka Wirun itu kemudian Ia memandangi sekeliling.

    Kalian jadi saksinya,tempat ini aku namakan Majapahit! ayo sekarang kita mendirikan tempat menginap seadanya dulu. Mulai besok kita akan menebangi pepohonan untuk membuatkan padepokan.

    Keesokan harinya mereka memulai menebangi pepohonan. Setelah beberapa lama, terbukalah hutan itu. Rumah-rumah segera dibangun dari batang-batang pohon sisa tebangan maka, jadilah hutan itu menjadi sebuah dusun kecil dan lama-lama banyak pendatang baru yang ingin bergabung.

    Jadilah Majapahit sebuah desa yang ramai semakin lama semakin banyak pendatang baru. Radèn Jaka Sesuruh mengajak mereka membangun mereka agar lebih maju.

    Majapahitpun akhirnya menjadi kerajaan dan Radèn Jaka Sesuruh diangkat menjadi rajanya yang mana bergelar Prabu Brawijaya. Prabu Wijaaya mengangkat Jaka Wirun menjadi patihnya, sedangkan Jaka Nambi diangkat menjadi penasehat raja, kemudian Jaka Bandar diangkat menjadi panglima perang dan Rara Uwuh diangkat menjdi kepala dayang-dayang.

    7. Radèn Wijaya mangkat

    Akhir hayat Sang Prabu Sri Kertarajasa ditulis dalam Pararaton: ia mendapat penyakit bisul berbengkak. Ia wafat di Antapura, wafat pada tahun 1257M.

    Sedangkan Nāgarakṛtāgama Pupuh 47 (3) mengabarkan bahwa Sang Prabu mangkat pada tahun 1231 Ç atau 1309 M, beliau dimakamkan di Antahpura dan dicandikan di Simping sebagai Harihara, atau perpaduan Wisnu dan Syiwa.

    ring saka ma-try-aruna lina nirang narendra
    drak pinratista jinawimba sireng puri jro
    antahpura ywa panelah nikanang sudharmma
    saiwapratista sira teki muwah ri simping.

    [Tahun Saka matryaruna (1231 Ç), Sang prabu mangkat,
    disemayamkan di dalam pura,
    Antahpura, begitu nama tempat peristirahatan beliau,
    Dan di Simping ditegakkan arca Siwa.]

    Radèn Wijaya wafat pada tahun 1231 Ç / 1309 M. Beliau didharmakan sebagai Harihara, di Simping dengan sifat Siwaitis dan di Antapura dengan sifat Budhistis, yakni perwujudan Radèn Wijaya sebagai Syiwa dan Wisnu dalam satu arca.

    Arca Inilah yang disebut dalam Nagarakrtagama sebagai arca Saiwa dari Candi Simping (Candi Sumberjati), Blitar, Jawa Timur.

    Candi Simping, disebut juga candi Sumberjati adalah makam raja Radèn Wijaya Sri Kertarajasa Jayawardhana. Keterangan ini terdapat pada kitab Negara Kertagama yang ditulis Empu Praspanca. Oleh karena itu bisa dipahami raja Hayam Wuruk dalam kunjungannya ke daerah Blitar beberapa kali mampir di candi ini. Bahkan Hayamwuruk dan Mahapatihnya, Gajahmada pernah menginap di candi ini.

    Candi Sumberjati ini terletak didesa Sumberjati, Kecamatan Surah Wadang, Daerah Kademangan, Blitar Selatan. Dari arah Blitar kita ke jalan raya ke Tulung Agung, setelah melewati jembatan sungai Brantas, melintas ke kiri melalui jalan desa, penduduk setempat cukup faham lokasinya.

    Saat ini candi Simping masih dalam keadaan berupa reruntuhan, namun pada saatnya, merupakan persemayaman abu jenazah Radèn Wijaya (1293 – 1309 M), negeri kerajaan Majapahit dalam perwujudannya sebagai Hari-Hara (gabungan Wishnu dan Shiwa).

    Candi ini disebut-sebut di naskah Nāgarakṛtāgama, dan direnovasi oleh Raja Hayamwuruk pada tahun 1285 Syaka (1363 M), kontruksi gambar yang dibuat oleh Dinas Kepurbakalaan menggambarkan candi ini indah dan ramping meninggi.

    Pada batur candi setinggi 75 cm, panjang 600 cm dan lebar 750 cm ini terpahat relief berbagai macam binatang. Di antaranya Singa, angsa, merak, burung garuda, babi hutan dan kera. Di sisi barat ada tangga yang dulu digunakan sebagai jalan masuk ke ruang candi.

    Di tengah-tengah batur candi ini terdapat batu berbentuk kubus dengan ukuran 75 cmx 75 cm x 75 cm. Pada bagian atas batu ini dipahat relief kura-kura dan naga yang saling mengkait mengitari batu tersebut.
    Tak jelas apa guna atau fungsi batu berbentuk kubus ini.

    Para sejarahwan memperkirakan batu ini berfungsi sebagai tempat sesajian untuk para desa. Pada badan candi yang direkontruksi di halaman candi terdapat hiasan-hiasan bermotif sulur-suluran dan bunga.

    Sementara pada mustaka candi terdapat pelipit-pelipit garis dan bingkai padma (bunga teratai). Dari rentuhan yang ada diperkirakan bentuk candi Simping ini ramping sebagaimana bentuk jandi-candi Jawa Timuran.

    Di atas pintu utama dipahat kepala Kala yang kelihatan menyeramkan sebagai penjaga pintu Pahatan kepala kara ini, seperti umumnya kepala Kara model Jawa Timuran, tidak dilengkapi dengan Makara.

    Pada sisi utara, timur dan selatan terdapat cerukan yang masing-masing di atasnya juga terpahat patung Kala. Pahatan (patung) kepala Kala ini sekarang nampak berserakan di halaman candi.

    Di halaman candi sebelah timur laut terdapat tiga buah Lingga-Yoni kecil. Tak jelas Lingga-Yoni ini dulu ditempatkan dimana. Hanya saja anehnya, pada bagian bawah Lingga untuk menancapkan ke Yoni ini tidak berbentuk silinder, tetapi segi empat.

    Sedangkan dibagian atas bersegi delapan. Di dekat Lingga-Toni ini ada beberapa patung yang tak jelas patung siapa karena kepalanya sudah tidak ada sehingga tidak bisa dikenali.

    Di sudut tenggara halaman candi terdapat patung singa yang duduk di atas padmasana. Sayang patung singa ini kepalanya sudah tidak ada, tinggalm badanya saja. Sedangkan di sebelah selatan batur candi terdapat sebuah lingga miniatur candi. Diduga kuat di sini ada patung Hari Hara yang kini tersimpan di musium Jakarta.

    Kondisi Candi Simping tidak memungkinkan untuk dipugar. karena terlalu banyak bagian candi yang hilang.
    Pujasastra Nāgarakṛtāgama menyebutkan candi itu merupakan tempat Radèn Wijaya diperabukan. Akan tetapi, kitab itu juga menyebutkan bahwa Radèn Wijaya diperabukan di Candi Brau Trowulan.

    Candi itu juga memiliki relief jenis pradasina, relief yang dibaca searah jarum jam. Biasanya relief pradasina tidak digunakan pada candi yang berfungsi sebagai makam.

    Peneliti di Balai Arkeologi Yogyakarta menulis bahwa kakawin Nāgarakṛtāgama mencatat Krtarajasa meninggal pada tahun 1231 Ç (1309 M) dan didharmakan di Simping dengan sifat Siwaitis dan di Antapura dengan sifat Budhistis
    Di Candi Simping itu sebenarnya ada arca setinggi 2 meter yang kini disimpan di Museum Nasional Jakarta.

    Dalam Nāgarakṛtāgama disebutkan Hayam Wuruk berkunjung beberapa kali, hingga pada tahun Saka 1285 (1363 M) memindahkan candi makam Krtarajasa.

    Makam Siti Inggil dipercaya merupakan tempat persinggahan dan pertapaan Raja ke-1 Majapahit Radèn Wijaya Kertajaya Jayawardhana. Dulu ceritanya adalah sebuah punden di Dusun Kedungwulan yang diberi nama “Lemah Geneng” yang artinya Siti Inggil.

    Di depan makam Siti Inggil terdapat dua makam, yaitu makam Sapu Angin dan Sapu Jagat sehingga makam ini dikeramatkan dan sering dikunjungi wisatawan lokal maupun asing setiap Jum’at Legi.

    Lokasinya berada di Dusun Kedungwulan, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan.
    Diyakini pula oleh yang berpendapat lain, bahwa Radèn Wijaya tidak dimakamkan, beliau moksa.

    Batu nisan di Bejijong dibuat jauh setelah Majapahit runtuh, nampak dari usia karbon batu nisan dan nisan tersebut dibuat bercorak islam karena mungkin saja yang membuat atau yang berinisiatif membuat nisan beragama Islam.

    Setelah Kertarajasa wafat tahun 1309, Jayanagara menjadi raja Majapahit, dan gelar Bhre Daha (II) disandang oleh Rajadewi.

    ånå candhaké

    Nuwun

    cantrik bayuaji

    Matur suwun
    Rontal sudah dipajang di gandoknya

    • Matur nuwun dongengipun Ki Bayuaji, kulo tenggo lajengipun.

    • Matur nuwun Ki Bayu.

  14. hhmmm …..
    wis pada bobo ayake
    sugeng sare sedoyo kemawon
    he he …, wong wis sare kok disapa?

  15. Genk enjenk

    Nomer 16 …kagem panjenenganipun ki Budi Prasojo

    • Kalah dhisik Ki, arep absen no 16 enthuk no 22, soalnya no rumah 16.

  16. Kalau yang di cover itu tentu adegan sabung muridnya Maheso Pukat dengan murid Ki PA

    • Lha kulo kok sampun kangen Mahisa Amping nggih!

      • Mahisa Amping….cuma kangge amping-ampingan Ki.

    • Lha nopo 2 pangeran ingkan dados muridipun M Pukat meniko nopo putra mahkota nggih, ingkang mangkenipun bade nggantosaken Nogokembar?

  17. Delok ribut ribut neng PSSI rasane kudu misuh neng kambek sopo ?

    KUDU MISUH

    Cobo to gagasen lelakonku iki
    Ra ono senenge susah sing tak temoni
    Ngolah ngaleh gawean kabeh ra nate mundut
    Dino dino isine aku mung kudhu misuh
    …..Embuh

    Nyobo garap sawah tinggalane wong tuaku
    Nggumunku sak ben tandur regane pupuk duwur
    Bareng tibo panen rego gabahe mudun
    Kabeh modal utangan ora biso kesaur
    …Anjur

    Sawah tak dol murah aku nyicil angkodes
    Lagi Nyoper seminggu regane bensin ngedes
    Tarip tak undakke penumpang nggerundel aee
    Kerpe telat oli rusak ring sak metale
    Oh.. kere

    Montor ngangkrak nang bengkel rabiso ogel ogel
    Rasane uripku mung kari dengel dengel
    Nyepi nang kuburan nggolek tebusan togel
    Nomer ngeblong aku tambah dedel duel
    Oh …..gathel

    Kabeh dalan wis buntu aku nekat mbandar dadu
    Durung ono sing udhu keamanan wis jaluk sangu
    Ono oknum tentara
    ono oknum polisi

    Obrakan wingi wingi wis kerep tak amplopi
    Bareng prei ra nyangoni aku diseret nyang mburi
    Diganjar telung sasi
    misuh sak jerune ati
    …Jangkrik…

    • ngendikanipun para piniswpuh, misuh-misuh menika mboten prayogi ki, …
      pramila kula mboten tumut misuh-misuh, ….
      asem kecut, dhasar pssi, ….

      • Ha ha ha ….
        dasar ….

        • asem kecut,gulo legi….

  18. Selamat pagi, hadir…….

    • hadir…….selamat pagi,

  19. sugeng enjang

  20. sugeng enjing

    nomer akeh

  21. wilujeng enjing…

  22. sugeng enjang
    tilik gandhok..
    ngeblasssssss……….

    • Kaya wayang kulit bae, ……. pethatha pethithi nang ngarepe dalang, ngomong setitik…….. balik badan, ……. terus nggeblassssss!!!! Biasane wayang sibuk.

      • Geng enjing Ki TP minggu ngajeng kulo badhe sowan teng toko buku islami, taksih aktip toh?

        • Sekalian mampir….sebelah-e !

        • Monggo Ki Kartoyudho, ….. sugeng rawuh, kulo aturi lenggah ingkang sekeco.

      • Alhamdulillah taksih Ki, …… kapan bade rawuh, nopo perlu kulo potongaken mendo?
        Nggeblassss kaya Bawor,…..

        • kulo nderek njih…dipun traktir Gabus pucung mBekasi…direncangi poro mentrik padepokan Tambun

          • Mangga Ki PA, niki wau nembe sami bibaran.

        • Lha nggih dawah keleresan menawi Ki Pandanalas bade rawuh, ….. nopo saged tuker tambah ayam alasipun?

          • monggo….tapi kedah ngronda rumiyin..ayam alase radhi liar…kluyuran saenggon2

          • Asal mboten nelek sak enggon2..xixixi

          • Wangi pundi ayam alas kalih ayam Ancol?

          • Kemungkinan wangi..ayam den lapeh….

  23. nggeblass kaya citraksi, ngapunten ki

    • Ngapunten Ki Bancak, Citraksa-Citraksi niku pendukung Nurdin Halid nopo Arifin Panigoro nggih?

      • lha yen bab dukung mendukung meniko kawulo mboten mangertos, lha wong wonten ndeso klutuk adoh lor adoh wetan

      • Kulo pendukung berat NURDIN PANIGORO. Kulo ogah mundukung Arifin Halid …..

      • Kulo bukan pendukung berat ke2nya,
        Kulo pendukung berat kiSENO AREMA,

        he-he3x…satus SONGOnyo

        • Kulo pendukung Dursoseno yudho….

  24. hari jumat hari yang membahagiakan hati, apalagi bila selesai sholat jumat kitab sudah diwedar, wah ndah ebo senenge, monggo pak Satpam

  25. Ning Mesir, Tunisia, Yaman, Libya wong pada demo menumbangkan pemerintahan. Ning Indonesia demo menumbangkan ketua PSSI. Yen nganti ora berhasil, jan kebangeten… kebangeten.

    • mbanget2-i njih Jeng….duh kangen-e..

    • gatel juga ya Ni…pengen melu ngruWESi siKETUA
      PARPOL pssi.

      selamat SIANG kadang Pdls

      • gatel juga ya Ni…pengen melu ngurusiWESi TUA PAkPOL issi.

        selamat SIANG kadang Pdls

      • Enak pundi ngruwes Ketua PSSI nopo Ni Nona?

        • Tergandul sing dikruwes Ki…

  26. Pramana mampir ke sebuah stasiun pengisian BBM yang baru saja dibangun. Di spanduk promosi stasiun pengisian BBM itu tertulis besar-besar:
    “Berhadiah Langsung ‘Freesex’ Jika Anda Bisa Menjawab Teka-teki Kami.”
    “Spanduk itu enggak bohong, ‘kan?” tanya Pramana.
    “Tidak, Pak. Lihat gadis yang di sana? Dia akan melayani, jika Bapak menang,” jawab seorang pria parlente, salesman stasiun BBM itu.
    “Jika pemenangnya perempuan?”
    “Ya tentu saja saya yang akan melayani,” jawab si salesman enteng.
    Si salesman lalu mengeluarkan teka-tekinya.
    “Saya sedang memikirkan bilangan dari satu sampai sepuluh, bilangan apakah itu?”
    “Tujuh!” tebak Prarnana.
    “Salah, yang benar sembilan,” si salesman tersenyum penuh kemenangan.
    Besoknya, Pramana kembali datang ke pom bensin itu. Tapi jawabannya kembali salah.
    “Aku curiga, jangan-jangan kamu hanya dipermainkan mereka,” cetus temannya.
    “Ah enggak mungkin,” jawab Pramana.
    “Kok enggak mungkin?”
    “Istriku sudah lima kali menang kok!”

    • Kok pilih nama tokoh “Pramana” sih, mbok ya Wonokairun…

      • Si embahnya tetanggaku ya wis menang 7 kali kok …. sampai salesmannya mutaber …

      • Ngombe susu wayu?

  27. ha ha ha ha ha ha ketahuan copy paste

  28. Kulo pendukung PERTAMA … wedar hlhlp-109 lebih awal …..
    Supaya cepat menyusul hlhlp-110 …

    • hore….!

      eh.., apa to iku mau?

  29. hore……..! matur nuwun

  30. Alkisah, Ki Padmo lan Nyi Parmi wis omah omah 10 tahun, tapi ana sing aneh karo ki Padmo iki. Yen lagi campur laki rabi, senengane ki Padmo ngene : bar foreplay mesti deweke mateni lampu terus miang nang kamer mandi nembe lanjut nang babak ngegolke gawange Nyi Parmi. Siji bengi saking penasarane, lagi gol golan, nyi Parmi nekad ngurubke lampu. Barang, byar …..Nyi Parmi nesu marang lakine. “Kang jadi sampeyan tega tah nganti saprene bmujuki aku toh nganggo p****s karet iki!!!

    Ki Padmo mung cengar cengir bae karo ngomong:” Aja ribut nyi anak sing mbarep karo sing ragil iku anake sapa???!!!”
    Apa anake Ki PA apa ki TP????
    Nuwun sewo mangga dibedek piyambak.

    • He he he, ……. muga2 dudu pengalaman pribadi, melainkan hanya ceritera fiktif belaka, nama dan tempat hanya hasil rekayasa belaka.

    • Njih anak-e pentil kaget..eh..karet tho Ki..

    • Sing dudu karet …. ora gelem tangi ….
      kethoke wis waleh bal-balan ….
      soale Nyi padmi ya nganggo gawang karettttt

      Soal … anak …. gampang ditebak …
      Yen sirahe rada peyang …. pasti dari Ki PA.
      Yesn sing rada musian ….. ya wis jelas … kaya Ki TP.

      Hiks

  31. Assalamu’alaikum,
    selamat sore…………
    Haduh.., kangen berat ma coment-e cantrik mentrik semua…
    maaf ya baru bisa nyambang, ech dah harus pergi lagi…(kalau kata ki Kompor” NYILEM, BYUUUUUR”
    See U all….Take care.

    • Yo wis, mengko jaburane tak rangkepe nggo aku!

  32. selamat malam

    • Selamat malam juga Ki Jabrik.
      Alhamdulillah, ….. Padhepokan sepi, itu berarti seusai shalat Maghrib berjama’ah, poro Cantrik podo Zikir dan tafaqur hanya kepada Allah, hingga shalat Isya menjelang.

  33. dapet ANTRIAN 87,

    selamat MALEM….moga2 si pakDHE berBAIK haTI
    masang Cantolan jam 8 lebih 7 menit.

  34. Suwun Ki sampun ngundhuh 109

    • Hiiiii ngeri deh dibengoki ki Suro ana wong gelut tapi ora ngingo klambi. Ingrise naked fight kaliiiii
      Mtur nuwun Ki Satria Pam

      • Lapor Ki, Kitab 109 sudah habis……

  35. Matur nuwun, 9 rontal lagi …

    • Matur nuwun, tinggal 8 rontal lagi …

  36. Tujune Ki Suro bengak bengok,
    jotas jotosan karo Ki Pandanalas,
    tak tututi nganti tekan panggonane,
    jebul lagi padha rebutan rontal 109.

    Matur nuwun Ki Ajar pak Satpam,
    matur nuwun Ki SurBeng.

  37. Matur nuwun.

  38. Matur nuwun sekali lagi Ki Satpam dan semua bebahu padepokan. Padepokan kulo enggih badhe tutup gerbang.
    Mangga sugeng dalu.

  39. wew laptop ku jebol kepaksa la slameti data dulu soal update ntar ajja

    • Ada yg bisa dibantu Nyi ? sekedar nambahin jebol laptop sih bisalah…

      • ku sudh minta kirim ext hdd dr abang, wew cuma sluruh program tu dari tuk convert, editor, sampe ftp install ulanggggggg hiks 2 hr ga cukup

        • Nyi Dewi KaZe…Tutur Tinular tansah dak anti2

  40. jebul ora kabeh padudon kuwi ora becik. ning ana sing migunani.

    matur nuwun nggih ki,….

    ngapunten ki
    kecegat amargi klintu nyerat asmanipun.
    niki sampun dipun leresaken.
    nuwun
    P. Satpam
    .

  41. Tiga hari berturut-turut pulang pergi tangerang -gambir. Iseng-iseng naek kereta, ruar biasa, jakarta – tangerang cuma abis 2 ribu perak.
    Terima kasih PJKA, yang telah memberikan transfortasi murah untuk anak bangsa.
    Kamsia…….rontalipun wis di unduh.
    Salam untuk neng Padmi sing lama baru muncul.
    Kamsia untuk semua dan segalanya.
    Ikut misnona ach nyilemmmm………..

  42. ………………………..
    Wilujêng énjing
    ………………………..

  43. Ayo ikutan bal-balan gêni maning. Terpikir juga ngajak pengurus PSSI main “bal-balan gêni“; brani nggak ya mereka?

    • diJAMIN brani ki PUNA,….brani NONTON doank
      pada ngaCIR kalo diMINTA turun jabatan…he3x

      sugeng DALU,

  44. selamat pagi

  45. pagi..

  46. hhmmmm……

      • Gandok anyar dereng dibukak toh Ki?

        • Sing kagungan gendak taksih nyare ki…

  47. sugung sonten sedoyo

    nuwunsewu… kalo mau dowload file djvu yang terbaru caranya mana ya.. maklum, saya sangat gaptek… hiks

    maturnuwun sederengipun

    terbaru yang mana?
    kalau sulit cari di tempat persembunyiannya, cari di halaman unduh.
    kadang memang terlambat 1, atau 2 wedaran.

  48. diBUKA gandOKe po-oh pak SATPAM,

    cantrik punya tembang bagus nggo
    bapak SATPAM…sariUS !!??

  49. ehm ehm ehm ……


Tinggalkan Balasan ke Truno Podang Batalkan balasan