HLHLP-119

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3 4 5

Telah Terbit on 15 April 2011 at 19:30  Comments (306)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-119/trackback/

RSS feed for comments on this post.

306 KomentarTinggalkan komentar

  1. Walah critane dadi tambah menarik.
    Ki Dalang Kompor memang oyeee

  2. Sugêng siyang

  3. Haduuu, …… Ki Mahisa Kompor mesti nganger bu’e Kartinian nih?

    • Ralat nganger maksudnya nganter.

  4. Ada long wiken berarti besar harapan,
    Ayo Adhimas, lagi seru-2nya jangan
    disendat-sendat.

    • malem JUM’AT….HADIIIIIIR !!!

      kalo pak DALANG remenane diSINDEN ki,
      sanes disendat-sendat.

  5. Sang putri terkecil minta dibikinin puisi, temanya sekitar KARTINI, besok katanya ada lomba puisi…..
    SRET SRET SRET, puisi kartini tercipta, urusan vokal, urusan sang permaisuri….duh senangnya melihat sang putri membaca puisi dengan suara mendayu-dayu,
    DAN….ada waktu untuk ngedalang lagi……
    SRET SRET SRET….BRET BRET…….

    • Monggo Ki, saya temani lek-lekan, mumpung malam liburan.

  6. Tutug-e …………..21/04/2011

    Arya Kuda Cemani membawa tubuh Mahesa Pukat yang pingsan kerumahnya. Meski telah mengetahui bahwa Mahesa Pukat kebal terhadap segala racun , masih juga Arya Kuda Cemani khawatir, “apakah Mahesa Pukat mampu terlepas dari kekuatan racun keris Empu Gandring yang terkenal begitu keras ?”, bertanya Arya Kuda kepada dirinya sendiri.

    Arya Kuda Cemani bernapas lega, manakala Mahesa Pukat membukakan matanya, dan tersenyum memandangnya.

    “Ku kira kamu benar sekarat”, berkata Arya Kuda Cemani kepada Mahesa Pukat.

    ……
    sudah dipindah ke https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-119/4/

    • kamsia……

    • Wah, …… wis metu Tumenggung Honggopati. Mengko delo engkas onok Lurah Bancak, Bekel Gundul, Rangga Widura, Senopati Yuda Premana, Menggung Kartoyudo, Panji Joyosentiko, Resi Ismoyo, Ra Kebo Arema, Dyah Ayu Pramitasuri, Dyah Ayu Ken Padmi, …….

      • wah….
        tidak bisa pesan nama kalau begitu
        satpam…?!?
        he he he …, tidak cocok

        ya uwis lah….

      • Ki Panji Satrio Pamswakarsa

        • ha ha ha …
          masa jaman Singasari ada Pamswakarsa
          aya-aya wae Ki Truno

  7. Kirang setunggal ki Truno Panembahan Satpam .

  8. Wadu.. oleh nugroho pangkata dadi Tumenggung. Matur sewu sembah nuwun Pangeran.
    Dadi aku menang tinimbang Ki Rangga Agung Sedayu.

    Sugeng enjang sedoyo.
    Tetep semangat.

    • kedah enggal-2 bancak-an lho Ki,
      tumpeng nasi kuning, mawi ingkung dhere.

  9. Menunggu tutuge.
    Selamat siang.

  10. mau kirim tutug-e,
    mohon pertimbangan, boleh atau boleh ????

    • Bha ha ha, ……….. ketularan Resi Kalpitara.

    • boleh…, boleh…, boleh…

  11. Tutug-e……………..22/04/2011

    Sementara itu, Mahendra, Mahesa Pukat dan Wantilan sudah tiba di Padepokan Bajra Seta. Memang agak terlambat karena mereka dengan terpaksa berusaha menghindari jalan-jalan umum. Seisi Padepokan menyambut gembira kedatangan Mahendra. Beberapa pedagang keliling telah membawa berita besar yang menggemparkan istana itu sampai ke Padepokan Bajra Seta,lebih cepat dari kedatangan Mahendra sendiri.

    Setelah beristirahat sejenak, juga bersih-bersih diri di pringgitan, Mahendra naik ke pendapa. Mahesa Murti sudah menunggunya disana, layaknya sudah tidak sabar mendengar langsung dari Mahendra. Meskipun kabar burung sudah diketahui sebelumnya.

    ……
    sudah dipindah ke https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-119/4/

    • kamsia…….

    • “Kelak kamu dapat mengerti”,berkata Pangeran Gaco Bahari.

      “Bagaimana kami dapat segera mengerti kalau tutug”ane tidak segera diwedhar…???”
      yang bertanya ternyata Ki Menggung GundUL yang sengaja ditanam oleh Singasari.
      Istilah lainnya, agen tidur gitu loh….!!

    • Haduuu, …… sudah tamat apa ya, …… kok gak ada : ‘ono tutuge’-nya?

      • bukan TAMAT KI TRUNO, pak DALANG mau
        melanjutkan kisahnya diGANDUK anyar.

        Ayo pak SATPAM mumpung ki DALANG belom
        mutung/ngambek meLANJUTkan…!!!

  12. nah KALO gini kisah HlHlp ki DALANG MAHESA KOMPOR,
    memang dipersembah-kan terbatas (konco dewe) tiada
    niat ki DALANG masuk televisi….heheeee3x,

    cantrik HADIIIIIIIIR ki DALANG,

    • cantrik yha HADIIIIIIIIR ki DALANG,

  13. Ono tutuge mengko jam 21.30
    Rak ngaten to Ki Dalang Kompor.

  14. Biasane nulis kuwi susah arep miwiti. Mengko nek wis nulis susah le arep mandek.
    Nanging Ki Kompor mugo-mugo ora ngono sing penting critane ora ngambang. Lan ora perlu kepancing pakeme SHM. namanya juga HLLP kontemporer.
    Monggo Ki Lanjuuut.

  15. Tutug-e di glosor, mumpung lagi liburan……

    Sementara itu, Mahesa Pukat terus memacu kudanya menuju Padepokan Bajra Seta. Sebuah Padepokan yang dulu pernah di bangun dan di bina bersama kakaknya Mahesa Pukat. Kadang ada juga perasaan bersalah, meski kadang ditutupi dengan kepasrahan diri akan kekuasaan takdir. “Tuhan telah menentukan garis hidupku”, berkata Mahesa Pukat dalam hati.

    Mahesa Pukat melihat tidak ada banyak perubahan di sepanjang perjalanannya. Beberapa Padukuhan, pasar desa, sawah ladang serta hutan di sepanjang perjalanannya menuju Padepokan Bajra Seta. Kadang dalam perjalanannya berjumpa dengan beberapa iringan pedati milik para pedagang. Beraneka macam barang yang di bawa oleh para pedagang di dalam pedatinya, bukan cuma kapas, rempah-rempah atau culak badak, kadang yang begitu memilukan hatinya adalah manakala dilihatnya iring-iringan manusia yang diikat berantai, itulah para budak belian.

    ……
    sudah dipindah ke https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-119/4/

    • kamsia…..

    • He..he… akhirnya dapat jabatan juga. Semakin menarik saja ceritanya, ayo maju terus Ki Kompor, tolong selamatkan budak-budak belian itu.

    • Ki Arga didapuk dadi Cantrik Senior di Padepokan Bajra Seta. Tugase ngabsen poro Cantrik-Mentrik saben isuk, nyetor ke Sekretariat saben bengi.

      • Ngabsen Cantrik kemawon Ki Truno, padhepokan mriki dereng gadhah mentrik.

    • Mahisa Semu yang mendapat tugas mengungkap dimana lokasi para budak melamun sambil rengeng2

      Budak belian..ooo…eee…aaa…eee…ooo
      ada di trotoar..oo..ee..aa..ee..oo
      ada di pabrik-pabrik…oeya..eyo….
      ada di terminal….oeya…eyo…..
      ada di bis kota….oeya…eyo….

      “Hush…!!, itu orang pinggiran…!!”
      potong Mahisa Amping.

      “Lha budak belian-nya ada di mana..??”

      “Ada di D**….oooeya…eyo….
      ada di PE*****TA**N…..ooooeya….eyo…”

      “Lha kok bisa…????”

      Iya memang,
      budak nafsu memiliki Wismo
      budak nafsu memiliki Wanito
      budak nafsu memiliki Curigo
      budak nafsu memiliki Turonggo
      budak nafsu memiliki Kukilo
      yang paling mengerikan budak nafsu menguasai tahta.

  16. waduh….”telat” kedhisikAN ki DALANG

    matur nuwun, gak JADI pindah gandOK
    ki DALANG….penontoNE wes puooollll
    sampe2 cantrik ra keduMAN lunggUH,

    • pak SATPAM….ganDUKe, ganDOKe, genDAKe


      he he …
      dereng cepat setunggal jilid, nember 42 halaman dari 80 halaman.

  17. kalau mau…..tutug-e bisa dilepas lagi,
    mohon pertimbangan…..setuju apa setuju ?????

    • lha monggo to Ki
      lha wong sudah dibuat kok
      he he he ….

    • Setujuuuu…..mumpung belum ngantuk.

  18. Tutug-e mengalir terus….mumpung liburan……

    Matahari sudah bergeser merayap naik mengintip ujung regol Padepokan Braja Seta. Mahesa Pukat, Mahesa semu, Wantilan dan Arga dengan sigap melompat kepunggung kuda. Rancak langkah kaki kuda meninggalkan gerbang regol Padepokan Bajra Seta.

    Warna matahari masih senja kelabu, Mahesa Pukat dan rombongannya telah tiba di pinggir hutan Somplak.
    “Kita mencari tempat tersembunyi, agar dapat melihat kedatangan mereka”, berkata Mahesa Pukat.

    ……
    sudah dipindah ke https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-119/4/

    • Waduh….. jadi deg-degan, lanjutkan Ki Kompor!!

      • dibanding Ki Yudha, Ki Arga kena senter lebih lama…….honornya agak lebih dikit

        • Tidak apa-apa agak lebih sedikit, kalau sering kan lama-lama jadi bukit. Sugeng enjing Ki Kompor, ditunggu tutuge.

  19. kamsiaaaaaaa

  20. Baru tahu kalo di Jakarta dulunya banyak budak belian.
    Makanya ade kampung Bali
    Wajar aje kalo betawi budaye-nye campur aduk
    Jadi bisa dibilang jakarta ame amrik enggak jauh beda, sama-sama punya buyut…….
    Banyak orang membantah, tapi yang jelas, anak-anak australi dengan bangga berkata bahwa kakeknya MANTAN NAPI

  21. beli budaknya, budak berliannya, berlian budaknya, beliiii

    • kalo berlian hutagalong sih….enggak nolak

  22. Wah makin seyem nih. Tutuge kapan yah, Ki Kompor jadi ngangeni nih, ……

    • nunggu tit…nul nul (bergaya mirip Paklek Satpam)

      • cantrik curiGO pak DALANG ada maen
        sama ki yP,….hehee3x

        kasih peran siTIK, biar ki yP bisa
        leluasa jawIL-i, menyengGOL-i para
        sinDEN ki DALANG,

  23. nul….nul….ainul yakin deh ada lanjutannya

  24. liBUR2 cantrik belaNI tetep SAMBANG
    padepokan….HADIiiiiiiiR,

    • nul-nil-nol….tut-tit-tot, sePUR-e jalan
      terus.

  25. akan ada tokoh baru, pimpinan Padepokan besar yang ditemukan oleh Ki Arga. Orangnya tinggi besar, suaranya banter mengguncang dada, punya ilmu panglimunan,pukulannya bisa membelah batu (nyaingin Mahesa Jenar)
    Siapa yang mau daftar nama ???

    Nyang udeh daftar :
    1. Gundul Samparan
    2. KaSat-PamRih Kosongan
    3. Asmaraman Pondang Ho
    4. Ki Aremalangan

    • Ki Widuro Birowo Garwo Limo Dinggo Loro

      • langsung didaftar

    • sek sek sek….
      itu tokoh jahat apa tokoh baik?

      kalau tokohnya baik, bolehlah pakai nama sanak kadang pdls
      kalau yang jahat, jangan deh, nanti ybs ketularan. he he he ….

      • betul-betol-betol,
        tokoh penjahat kelas kakap,
        keliatannya enggak ada nama yang pantes dari sanak kadang PDLS

      • Ono Ki, …… GENTHO SURO atau SURO GENTHO.

        • Lha menawi wonten tembung
          SURO kados dene nyenggol
          Ki Pandanalas.

          setuju…..!!!!
          mumpung priyayi’ne durung kober
          ngungak gandhok iki, asmane disilih yo ora apa-apa.

          • Jane uwis, mung lagi demen memantau. Wuih koyo opo wae memantau

  26. Sudah hampir jam 9 malam Ki Kompor, tidak usah nunggu tit…nul nul.

  27. mAMPIR, HAdir…..terus nganCANI
    ki panjak kendang nabuh gamelan,

  28. Tutug-e………………………….

    “Kenapa kami harus berhenti, bukankah ini jalan umum ?”, berkata Arga maju kemuka tanpa rasa takut sedikitpun.

    “Anak muda, berikan budak-budak itu kepada kami, dan kamu aman tidak akan kami ganggu”, berkata orang brewok berbadan tinggi besar.

    “Mereka bukan budak, tapi begundal kecil yang akan aku serahkan ke Kademangan di seberang hutan ini”, berkata Arga begitu lantang.

    ……
    sudah dipindah ke https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-119/4/

    • kamsiaaaaaaaaaaa

      • takut keduluan Paklek Satpam

    • Bagus sekali…. ayo lanjut Ki Kompor!!

      • Lha Ki Arga menapa mboten sayah,
        ngetut’aken rombongan budak..???

        Ayo Adhimas, ndang dikebut…!!!!

        • Ngetut-aken Mahesa Kompor…eh Mahesa Pukat mboten wonten keselipun Ki Gembleh, he..he.. sugeng dalu.

  29. Tutug-e….ditambah lagi

    Arga terus mengikuti kemanapun iring-iringan itu berjalan, menyusuri padang ilalang panjang. Sekali-kali naik mencari bebatuan yang lebih tinggi agar dapat mencari arah kemana rombongan bergerak.

    Selanjutnya iringan menerobos belukar semak semak.
    Karena Arga mengikuti dari jarak yang cukup jauh, sementara belukar dan semak begitu rapat, Arga kehilangan arah. Untunglah tanah basah meninggalkan jejek-jejak kaki mereka. Dari jejak itulah Arga mengikuti mereka.

    ……
    sudah dipindah ke https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-119/4/

    • kamsiaaaaaa
      nyilem lagi ach……..

    • Betapa memilukan nasib para budak belian, diikat dalam satu rangkaian panjang bambu. Mungkin memang begitu kenyataannya pada jaman dulu kala.
      Hebat Ki Kompor, monggo dilanjutkan!!

  30. Wela ketiwasan ane,
    wingi sedino ora iso sowan neng paseban jebule Ki Senopati Kompor ngirim tutuge nganti bola bali.

    Matur nuwun Ki, monggo mboten sisah sungkan-sungkan liburan taksih sedinten.

  31. Sugeng enjang kadang sedoyo.

    sugeng enjing Ki
    kados pundi kawontenan tlatah kilenan?

  32. Nengok padhepokannya Ki Kompor, nunggu tutuge.

  33. Tutug-e….untuk penonton setia Den Arga

    Arga masih dapat mengikuti jejak, namun ketika sampai di dasar jurang, dihadapannya adalah sebuah sungai kecil berbatu.

    “Kemana arah mereka”, berkat Arga dalam hati.
    Untunglah, ketika ia tengah mencari-cari, didapatinya sobekan kain lurik menyangkut disebuah cagak kayu mati. “lurik panjang Mahesa Pukat”, berkata Arga mengerti maksud tanda yang diberikan Mahesa Pukat. Ternyata jejak mengarah kekanan melawan arus sungai.

    ……
    sdudah dipindah ke https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-119/4/

    • kam…kamsiaaaaaaaaa

      • komen sakti gue “kamsia” kena moderasi

        mana…, mana….
        gak ada kok
        mbujuki iki….

        • coba aye nyang masukin komen :

          Kamsiaaaaaaaaaaaa…..
          noh bise kan..??

          • Kaaaaamsiaaaa………
            he he he …, telat….

            hadu…..
            capek sekali
            mau pijet dulu

          • gak apa2 Ki Ajar pak Satpam,
            biar terlambat asal dipijat.

    • Ternyata Ki Kompor benar-benar punya bakat ngarang dongeng. Tutuge nanti malam ya Ki……..!!

  34. Gandhok’e sepi………..
    Ayo Adhimas, tutuge ndang dilanjut biar tambah regeng.

    • bangku penonton masih renggang, diluar hujan gwode banget…………….

      • Di tlatah lendhut-benter cuaca cerah sekali.
        puanase puooooooollll.

        sama Ki
        tlatah Ranu Sengkaling mulai semalam panas sekali

  35. Sugeng dalu Ki Kompor,
    Sugeng dalu P. Satpam
    Sugeng dalu kadang sedoyo.
    Kalau di tlatah Ujung kulon siang tadi seharian mendung tapi nggak ada ujan.
    Baru jam 3. an matahari nongol.

  36. Masih ada kursi yang kosong,biasanya Ki YP duduk disitu.
    Gimana ? tutug-e langsung diwedar atau menunggu yel-yel dari Ki YP ??

    • sebentar pak DALANG, cantrik cari tempat
      leyeh2 dhiSIK,

      dari pagi belom SAMBANG padepokan pak DL

  37. langSUNG nyelonong cantrik LUPA ketuK
    pintu….permisi HADIR,

    cap jempol sik, bruk-bruk-bruuuuuukkk

  38. Pagelaran segera di persiapkan……mohon beli karcis ditempat yang ditentukan………………

    • hadu, cantrik belom sempat kenalan sama
      ni SINDEN anyar…keBURU pak DALANG mulai
      pagelaran,

      yo wes sesuk AE kenalanE,
      para kadang SELAMAT menYAKSIKAN pagelaran
      karya kiMAHESA KOMPOR… 🙂 🙂 🙂 🙂

    • kamsiaaa…….

      eh…, belum ya …?!

  39. Tutug-e

    Malam sudah memasuki wayah sepi wong, titir nada dara muluk terdengar sayup dari gardu jaga padukuhan terdekat. Suara burung jalak kebo terdengar mengusik daun telingan Mahendra tua.

    “Aneh, ada suara burung Jalak kebo ditengah malam seperti ini”, berkata Mahendra dalam hati masih berbaring.

    “Ada tamu yang akan datang berkunjung esok hari”, Berkata Mahendra dalam hati tersenyum melanjutkan tidurnya, mengikuti perasaan bathinnya bahwa tidak akan terjadi sesuatu dimalam itu.

    ……
    sdudah dipindah ke https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-119/5/

    mulai masuk K-01 bagian 3
    sebentar lagi dapat satu jilid
    he he …
    semangat…!!!

    • kamsia………
      sebelum keduluan Ki Kompor

      • Hup !! bersalto dua kali tubuh Ki Kompor melenting melompati dinding pagar Padepokan yang terkucil,langsung masuk “barak empat”.

      • ki DALANG MAHESA tersenyum sambil
        meniup asap rokok…hem, kurang 1/3,

        “tidak masalah, bahan mentah masih
        ada se-OMByok tinggal diGORENG”

    • Baru saja selesai membaca, lanjut Ki Kompor.

      • barang mentah sudah digoreng, siap disaji ba’da subuh….mudah-mudahan enggak kesiangan !!

        ciaaaaaat….tinggi bersalto tiga kali di udara keluar dari dinding pagar padepokan……….

  40. Sugeng enjang Ki Kompor.
    Saya sudah pulang dari mesjid Ki nunggu kiriman nasi uduk dari Tangerang.

  41. Sugeng enjang kadang sedoyo.
    Tlatah kilenan mendung, nanging duko jawah punopo mboten.

    • Enjang Ki Menggung Honggopati. Tlatah Jawi Wetan mendung .

  42. Halo Ki Kompor,
    Menu pagi ini nasi goreng apa nasi uduk?

  43. Nuwun
    Sugêng énjang ndungkap siyang

    Memperhatikan sepak terjang Ki Dhalang “Mbelink’ Kompor dengan anggitannya, saya punya ide sablenk, bagaimana kalau lakon HLHLP K01+ made in Ki Kompor kita sebut saja Kethopraks van Tumapel Singosari atau Ludruks from Sengkaling made Situ Cipondoh
    Hiks……

    Nuwun

    punåkawan

  44. Tutug e…..kesiangan

    Kita kembali ke Padepokan terpencil yang ditemui Arga dimana Mahesa Pukat, Mahesa Semu dan Wantilan sudah ada di dalamnya.

    Sebagamana yang dilaporkan Arga kepada Mahesa Murti dan Mahendra, Padepokan itu memang sangat besar, tiga kali lipat luasnya dibandingkan dengan Padepokan Bajra Seta. Ditengah Padepokan itu berdiri bangunan utama. Berjejer dikiri kanannya barak-barak yang panjang. Sementara dibelakang Padepokan mengalir sebuah sungai yang sepertinya disengaja untuk kebutuhan penghuni Padepokan itu. Ada empat panggungan berdiri disetiap pojok Padepokan.

    Mahesa Pukat, Mahesa Semu dan Wantilan bersama beberapa budak yang datang bersamanya langsung ditempakan di sebuah barak besar. Tidak ada bale-bale di dalam barak, yang ada hanya alang-alang kering terhampar begitu saja. Beberapa budak belian Nampak tidur malang melintang. Mahesa Pukat, Mahesa Semu dan Wantilan ikut berbaring di tempat yang tersisa.

    ……
    sdudah dipindah ke https://pelangisingosari.wordpress.com/hlhlp-119/5/

  45. Mboten nopo-nopo Ki Kompor, langsung ditangkep.
    Matur nuwun

  46. wah2…esuk2 pak DALANG isih sempat mBEBER
    tutuGAne tadi malam,

    • dari baris beLAKANG cantrik menGACUNGkan
      tangan….HADIR,

      selamat PAGI kadang cantrik PAGUYUPAN pak
      DALANG MAHESA KOMPOR,

  47. terima kasih ki….

    • Hore………
      kadhangku sing saka Tlacap rawuh….!!!!

      Sugeng rawuh Ki Mukidi,
      sugeng dalu.

      • hi..hi..hi….matur suwun ki Gembleh, sugeng ndalu lan kepripun kabare?

      • hi…hi…hi…matur nuwun ki Gembleh, sugeng ndalu ugi, kepripun kabare ki?

        • pangestunipun Ki, sami wilujeng.
          Mugi2 kosok wangsulipun inggih dhawah pinaringan karahayon saha Kawilujengan.

  48. tetap semangat, lanjuuuut

  49. cantrik HADIR pak DALANG….langsung pamit
    mlebu gandokE sinden2,

    tiada maksud laen, cantrik sekedar mBANTU
    ni sinden mempersiAPkan segala kebutuhan.

    keBUTUHan boekan keBUNTUHan,

    • tapiiii….kalo memang diperLUkan cantrik
      juga sIAP membuka-buka keBUNtuhan…ok !!!

  50. Kebiasaan saya, kalau mau beli buku yang pertama saya pilih adalah pengarangnya, baru judul bukunya.

    Kalau baca kolom di koran atawa majalah, pilihan saya didasari pada judulnya. Setelah selesai membaca dan merasa puas, baru saya lihat siapa pengarangnya.

    Nah membaca HLHLP K-01 ini, saya begitu terhanyut dengan tutur bahasanya dan juga alur ceritanya.
    Karena itu aye kagak perduli siape nyang nulis ini cerite, nyang penting tutug’e cepet2 diwedhar.
    Ntar kalo emang ude tamat bin paripurna, nyang berarti Mahisa Murti ude kawin ame gacoannye, baru aye akan cari tau dan liat siapa tu nyang nulis cerite nyang hebat ini.

    • ogroG-an jeniUS sesepuh keng wilayah
      lendhut benter….he3x, intiNE sari
      pokokE teruuuuuus dilanJUT ojo sampe
      mandeK.

      • MAU mateng, setengah mateng, isih mentah
        ane gak mau TAU…!!!

        kethok mechunGUL langsung cantrik “SAUT”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: