JDBK-13

<< kembali | lanjut >>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 21 Agustus 2011 at 03:35  Comments (13)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/jdbk-13/trackback/

RSS feed for comments on this post.

13 KomentarTinggalkan komentar

  1. Nuwun
    Sugêng énjang

    DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI
    SURYA MAJAPAHIT

    Dongeng sebelumnya:

    Waosan kaping-29; Bhre Jiwana Hayam Wuruk Sri Rajasanegara (1350-1389) [Parwa ka-10] Masa Kejayaan Majapahit. [9] On 21 Mei 2011 at 06:47 NSSI 12

    Waosan kaping-44. Gajah Mada. (Parwa ka-9) . Siapa Gajah Mada. Bagian ke-3 On 16 Agustus 2011 at 01:10 JdBK 11

    Waosan kaping-45:

    BHRE JIWANA HAYAM WURUK MAHARAJA SRI RAJASANEGARA (1350-1389) [Parwa ka-11]

    AKHIR PEMERINTAHAN PRABU HAYAM WURUK [Bagian ke-1]

    Sansåyå dalu araras abyor kang lintang kumedhap. Titi sonyå têngah wêngi lumarang gandaning puspitå ‘rum, kasiliring samirånå mrik, Ong……….. sêkar gadhung, kongas gandanyå o…. mawèh raras rênaning driyå, o…. o…. o….

    Surya Majapahit mulai meredup menuju sandyakala

    Brantaning ati kalangkung pêrih, anangis sru jalmå wicaksånå atur uningå, konjuk matur ing Ngarså Dalêm Gusti:

    Dhuh Gusti Pangéran Gung Kang Waséså
    Paringånå sabar.
    Dhuh Gusti wålå-wålå kuwatå
    Mugi Paduka tansah paring sih kawêlasan dumatêng kawulå.

    Duh Gusti.
    Kathah titah manungså ingkang tansah nglirwakakên sêdåyå dawuh Padukå.
    Pramilå kêdadosan målå lan bêbåyå samangké, inggih saking råså lan tumindak adigang, adigung adigunå janmå manungså sayêkti.

    Dhuh Gusti Pangéran Ingkang Maha Ngasorakên,
    Dhuh Gusti Pangéran Ingkang Maha Panyikså,
    Dhuh Gusti Pangéran sêsêmbahan kulå.
    Konjuk atur kawulå mugi katarimå,
    Sun gugat karså tiwikråmå
    Ambêngkas sagung angkårå
    Samyå rusak darbewålå
    Kasirnakakên langkung prayogå
    Manêkung pujå hardhå sangårå
    Sarånå sanga harså amêmulyå
    Hambrasthå tuwuh ngrêmbåkåning panandhang påpå cintråkå

    Duh Gusti, Ingkang Maha Welas Asih. Padukå Ingkang Kagungan Kaagungan lan Kamulyan.
    Padukå Ingkang Måhå Nggêsangakên, Padukå Ingkang Måhå Mangsulakên Kagêsangan,
    Mugi pinêdahnå margi lêrês dhumatêng kawulå
    Inggih punikå margining têtiyang ingkang sami Padukå paringi kanikmatan sanés margining tiyang ingkang Panjênêngan paringi bêbêndu lan tiyang ingkang sami kêsasar.
    Mugi-mugi Panjênêngan nyêmbadhani panyuwun kawulå.

    ***

    Zaman keemasan Majapahit melekat erat dengan masa pemerintahan Hayam Wuruk, raja ke-empat Majapahit. Bersama orang yang memomongnya sejak kecil, Gajah Mada, Hayam Wuruk membangun Majapahit ke puncak kejayaan berdasarkan falsafah kenegaraan Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.

    ***

    Dari uraian Kitab Pararaton kita mengetahui bahwa setelah peristiwa Bubat berakhir, Gajah Mada mukti palapa, mengundurkan diri dari jabatannya, namun beberapa saat kemudian ia aktif kembali dalam pemerintahan, tetapi tidak terdapat keterangan lebih lanjut perihal pelaksanaan program politik Nusantaranya.

    Di dalam kakawin Nāgarakṛtāgama disebutkan bahwa raja Hayam Wuruk Sri Rajasanagara pernah menganugerahkan sebuah sima kepada Gajah Mada yang kemudian diberi nama Darmma Kasogatan Madakaripura, di tempat inilah agaknya Gajah Mada menetap selama ia mukti palapa.

    Berhubung dengan meninggalnya puteri Sunda (Dyah Pitaloka) dalam peristiwa di Bubat, maka kemudian raja Hayam Wuruk menikah dengan Paduka Sori anak dari Bhre Wengker Wijayarajasa dari perkawinannya dengan Bhre Daha Rajadewi Maharajasa (bibi Hayam Wuruk).

    Masa pemerintahan Hayam Wuruk nampak sekali usaha-usaha untuk meningkatkan kemakmuran bagi rakyat, berbagai kegiatan dalam bidang ekonomi dan kebudayaan sangatlah diperhatikan.

    Hasil pemungutan berbagai macam pajak dan upeti dimanfaatkan untuk menyelenggarakan kesejahteraan bagi seluruh kerajaan dalam berbagai bidang. Kakawin Nāgarakṛtāgama dan beberapa buah prasasti yang berasal dari pemerintahan raja Hayam Wuruk memberikan keterangan tentang hal tersebut.

    Untuk keperluan peningkatan kesejahteraan di bidang pertanian, raja telah memerintahkan pembuatan bendungan-bendungan dan saluran-saluran pengairan, serta pembukaan tanah-tanah baru untuk perladangan. Di beberapa tempat sepanjang sungai-sungai besar diadakan tempat-tempat penyeberangan yang sangat memudahkan lalu-lintas antar daerah.

    Raja Hayam Wuruk sangatlah memperhatikan kondisi daerah-daerah dalam wilayah kerajaannya, beberapa kali ia mengadakan perjalanan kenegaraan, meninjau daerah-daerah di seluruh wilayah Majapahit dengan diiringi oleh para pembesar kerajaan.

    Kakawin Nāgarakṛtāgama mencatat perjalanan raja Hayam Wuruk ke Pajang pada tahun 1351 M, ke daerah Lasem pada tahun 1354 M dan ke daerah pantai selatan (Lodaya) pada tahun 1357 M.

    Kemudian ia mengadakan perjalanan menuju daerah Lumajang pada tahun 1359 M dan daerah Tirib – Sempur pada tahun 1361 M dan pada tahun 1363 M raja Hayam Wuruk mengunjungi Candi Simping sambil meresmikan sebuah candi yang baru selesai dipindahkan.

    Sebagai kerajaan Hindu terbesar di Nusantara keamanan rakyat terjamin, dimana hukum serta keadilan ditegakkan dengan tidak pandang bulu. Dalam kehidupan beragama raja membentuk dewan khusus yaitu Dharmadhyaksa Kasaiwan yang mengurus agama Syiwa Budha dan Dharmadhyaksa Kasogatan yang mengurus agama Budha keduanya dibantu oleh pejabat keagamaan yang disebut Dharma Upapatti yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan.

    Banyaknya pejabat tersebut menunjukan kompleksnya permasalahan agama yang harus diatur. Dengan adanya pejabat keagamaan tersebut, kehidupan keagamaan Majapahit berjalan dengan baik, bahkan tercipta toleransi dan keharmonisan.

    Hal ini seperti apa yang diceritakan oleh Ma Huan pada tahun 1413, ketika menjelajahi Daerah Laut Selatan bersama Laksamana Cheng Ho, dalam catatan muhibahnya: Ying-Yai Sheng-Lan yang diterjemahkan dari teks China, diedit oleh Feng Chéng-Chun dengan catatan dan introduksi oleh J.V.G Mills. Dipublikasikan oleh Cambridge University Press. Cambridge Tahun 1970, dengan judul The Overall Survey of the Ocean’s Shores. (Laporan Umum Tentang Pantai-pantai Lautan), bahwa masyarakat Majapahit di samping beragama Hindu, Budha juga ada yang beragama Islam, semuanya hidup dengan rukun. Dari berita Ma Huan tersebut dapat diketahui bahwa pengaruh Islam sudah ada di kerajaan Majapahit. Kehidupan sosial yang penuh dengan toleransi juga dibuktikan melalui kitab Sutasoma yang ditulis oleh Mpu Tantular yang di dalamnya ditemukan kalimat “Bhinneka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrwa”.

    Dalam Nāgarakṛtāgama Pupuh LXXXV (85) diuraikan bahwa tiap bulan Caitra (Maret-April) atau bulan pertama setiap tahun Raja Hayam Wuruk mengadakan pertemuan dengan para Menteri, perwira, pembantu baginda, kepala daerah, kepala desa dari luar kota untuk membahas tanggung jawab pemerintahan didaerahnya masing-masing.

    Nāgarakṛtāgama Pupuh LXXXV (85)

    tanggal ning caitra tekang balagana mapulung rahy ahem apupul
    mantri mwang tanda len gusti sahana nguniweh wadwa haji tumut
    milw ang mantry akuwu mwang juru buyut athawa wwang ring parapuri
    astam sang ksatriya mwang wiku haji karuhun sakweh dwijawara.

    [Tanggal satu bulan Caitra bala tentara berkumpul bertemu muka,
    Menteri, perwira, para arya dan pembantu raja semua hadir,
    Kepala daerah, ketua desa, para tamu dari luar kota,
    Begitu pula para kesatria, pendeta dan brahmana utama.]

    Beberapa hasil karya semasa Hayam Wuruk lainnya antara lain:
    • Pemeliharaan tempat-tempat penyeberangan melintasi sungai-sungan Solo dan Brantas;
    • Perbaikan bendungan Kali Konto (sebelah timur Kadiri);
    • Memperindah Candi untuk Tribhuwanottunggadewi di Panggih;
    • Perbaikan dan perluasan tempat suci Palah (Panataran);
    • Penyempurnaan Candi Jabung dekat Kraksaan (1354);
    • Membuat Candi Surawana dan Candi Tigawangi di dekat Kadiri (1365);
    • Membuat Candi Pari (dekat Porong) bercorak dari Campa di tahun 1371.

    Babad Tanah Jawi memberitakan:

    Ing djaman samono pårå adjar oêtåwå pandhitå (agama Boêdhå oêtåwå Sjiwah) mèloê nindakaké papréntahan nagårå, moêlané pådhå diparingi loênggoêh boêmi dhéwé-dhéwé kang diarani boêmi: Pradikan. Padésan ing sakoêbênging tjandhi oêtåwå padhépokaning pårå pandhitå loêmrahé oêgå dadi boêmi pradikan, wongé diwadjibaké djågå lan ngopèni tjandhi padhépokan maoê.

    Kawoêlå lijané pådhå kênå padjêk prapoêloêhan (saprapoêloêhing pamêtoêning boêminé), lan kênå ing pagawéjan goêgoêr-goênoêng lan sapêpadhané. Padjêk rådjåkåjå, padjêk panggaotan lan tambangan ing wêktoê samono ija wis ånå. Pamêtoning prådjå gêdhé bangêt, pêrloê kanggo ragad pêrang lan kanggo kapraboning Sang Nåtå sartå kanggo jêjasan nagårå, kajata: kraton, gêdhong-gêdhong, pasanggrahan-pasanggrahan lan lija lijané.

    Ing nagårå Mådjåpait wis akèh omah kang bêtjik-bêtjik, pajoné sirap, déné omah kang loêmrah pådhå apagêr gêdhèg, ananging ing djêro ratjaké ånå pêthiné watoê kang santoså pêrloê kanggo njimpên barangé kang pangadji. Wong-wong dhèk djaman samono pådhå dojan nginang, sênêngané pådhå toêkoê bålå-pêtjah såkå djoêragan TJinå, pambajaré nganggo dhoêwit sing diarani kèpèng.

    Wong lanang pådhå ngoré ramboêt, wong wadon gêloêngan kondhé. Wiwit ênom wong-wong pådhå nganggo gêgaman kêris, lan gêgaman ikoê kêrêp diêmpakaké. Wong jèn mati djisimé diobong, jèn sing mati ikoê bångså loêhoêr oêtåwå wong soêgih bodjo-bodjoné (råndhå-randhané) pådhå mèloê obong.

    Ora adoh såkå nagårå ånå papan kanggo adoê-adoê kéwan oêtåwå oêwong oêtåwå kanggo karaméjan lija-lijané. Papan ikoê arané “Boêbat”. Sang Nåtå kêrêp lêlånå tinggal nagårå, ing Blambangan saoêroêté ija taoê dirawoêhi.

    Prakårå pêrdagangan ija dadi gêdhé bangêt, awit såkå madjoêning lêlajaran kagåwå såkå kêhing nagårå-nagårå kang kabawah ing Mådjåpait sing kêlêt-lêtan sagårå. Bab kagoênan, kåjåtå: ngoêkir-oêkir sapêpadhané, komboêlé ing Tanah Djåwå Wétan dhèk poêngkasané abad kang katêloêlas, lan ing wiwitané abad kang patbêlas, moêng baé panggawéné rêtjå-rêtjå kang apik-apik ikoê nganggo toêntoênaning wong Indhoê oêtåwå noêroên kagoênan Indhoê.

    Peristiwa penting lainnja yang terjadi pada masa pemerintahan raja Hayam Wuruk adalah penyelenggaraan pesta dalam rangka upacara sraddha agung untuk memperingati dua belas tahun meninggalnya Sri Rajapatni (neneknya). Upacara sraddha tersebut diselenggarakan dengan khidmat dan meriah dalam bulan Badrapada tahun saka 1254 atau 1362 atas perintah ibunda raja Tribhuwanottunggadewi.

    Upacara srada dilaksanakan oleh Prabu Hayam Wuruk untuk memperingati wafatnya Sri Rajapatni (Gayatri ) atas perintah Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi, dalam Nāgarakṛtāgama diuraikan dalam pupuh 63 sampai dengan 67.

    Kakawin Nāgarakṛtāgama

    I. Pupuh LXIII (63)

    [1].
    enjing sri-natha warnnan mijil apupul aweh sewa ring bhrtya mantri
    aryyadinya ng marek mwang para patih atata ring witana n-palinggih
    ngka sang mantry apatih wira gajamada marek sapranamyadarojar
    an wwanten rajakaryyolihulih nikanang dharyya haywa pramada.

    [Tersebut paginya Sri Naranata dihadap para menteri semua,
    Di muka para arya, lalu para patih, duduk teratur di Sitinggil Witana,
    Patih Amangkubumi Gajah Mada tampil ke muka sambil berkata:
    “Baginda akan melakukan kewajiban yang tak boleh diabaikan.]

    [2].
    ajna sri-natha sang tribhuwana-wijayottunggadewi
    sraddha sri-rajapatni wekasana gawayen sri narendreng kadatwan
    siddha ning karyya ring saka siwasa masirah warnna ring bhadramasa
    sakweh sri-natha rakwawwata tadah iringen de para wrddha mantri

    [Atas perintah Sang Rani Sri Tribuwana Wijayatunggadewi,
    Supaya pesta srada Sri Rajapatni dilangsungkan Sri Baginda,
    Di istana pada tahun saka siwasa masirah warnna (1284) bulan Badrapada,
    Semua pembesar dan Wredamenteri diharap memberi sumbangan”.

    [3].
    nahan ling sang sumantri teka subhaya maweh tusta ri sri-narendra
    sonten praptomarek tang para dapur aputih sajjanadinya wijna
    mwang mantry asing wineh thany asuruhan amakady aryya ramadhiraja
    tan len gong ning byayanu sinadasada ginosti harep sri-narendra.

    [Begitu kata Sang Mahapatih dengan ramah, membuat gembira Baginda,
    Sorenya datang para pendeta, para budiman, sarjana dan menteri,
    Yang dapat pinjaman tanah dengan Ranadiraja sebagai kepala,
    Bersama-sama membicarakan biaya di hadapan Sri Baginda.]

    [4].
    byatitan meh teka ng bhadrapada ri tilem ning srawana teki warnnan
    sakwehnya ng citrakaranikanikel amangun sthana singheng wanguntur
    dudw ang malad wawan bhojana bukubukuran mwang tapel saprakara
    milwang pande dadap kancana rajata padewer mmatambeh swakaryya.

    [Tersebut sebelum bulan Badrapada menjelang surutnya Srawana,
    Semua pemahat berlipat-ganda giat menghias sthana singheng di setinggil,
    Ada yang mengetam baki makanan, bokor-bokoran, membuat arca,
    Pandai emas dan perak turut sibuk bekerja membuat persiapan,]

    II. Pupuh LXIV (64)

    [1].
    ndah prapta ng subhakala sampun atitah tekang sabhanindita
    ngkane madhya witana sobhita rinengga lwir prisadyyaruhur
    tunggal tang mabatur silasaka rinaktarjja wuwung hinyasan
    sasry apan pada munggw i sanmuka nikang singhasanatyadbhuta.

    [Ketika saatnya tiba, tempat telah teratur sangat rapi,
    Balai Witana terhias indah, di hadapan rumah-rumahan,
    Satu di antaranya berkaki batu karang, bertiang merah,
    Indah dipandang, semua menghadap ke arah takhta Baginda.]

    [2].
    kulwan mandapa sapralamba winangun sthana narendrapupul
    lor tekang taratag pinik mider amurwwatumpatumpa wugat
    stri ning mantri bhujangga wipra ng inaha talpanya sampun pepek
    ngkane daksina bhrtyasanggha taratagnyasangkya kirnnasusun.

    [Barat, mandapa dihias janur rumbai, tempat duduk para raja,
    Utara, serambi dihias berlapis ke timur, tempat duduk,
    Para isteri, pembesar, menteri, pujangga serta pendeta,
    Selatan, beberapa serambi berhias indah untuk abdi.]

    [3].
    ndan tingkah ni gawe narendra wekas ing sarwwajnapujadhika
    sakweh sang wiku boddhatantra gata saksing mandalalekana
    mukya sthapaka sang purohita masadpade suddharmmenadhi
    labdhawega susila satwika tetes ring sastra tantraya.

    [Demikian persiapan Sri Baginda memuja Buda Sakti,
    Semua pendeta Buda berdiri dalam lingkaran bagai saksi,
    Melakukan upacara, dipimpin oleh pendeta Stapaka,
    Tenang, sopan, budiman faham tentang sastra tiga tantra.]

    [4].
    sngke wrddha niran sahasramasa ring swotpatti manggong tutur
    wwanten hina nireng swakaya kimuta ng satsisya makweh marek
    ngka mpungkw ing paruh aprasiddha patangan lampah nireng mandala
    mudra mantra japanut udhara minusty angde tepet ning hidep.

    [Umurnya melintasi seribu bulan, masih belajar tutur,
    Tubuhnya sudah rapuh, selama upacara harus dibantu,
    Empu dari Paruh selaku pembantu berjalan di lingkaran,
    Mudra, mantra, dan japa dilakukan tepat menurut aturan.]

    [5].
    tanggal ping rwa welas manginjem irika swah sutrapatheniwo
    mwang homarccana len parisrama samapte prapta ning swah muwah
    sang hyang puspa yinoga ring wengi linakwan supratista kriya
    poh ning dhyana samadhi siddhi kinenaken de mahasthapaka.

    [Tanggal dua belas jiwa yang di surga dipanggil dengan doa,
    Disuruh kembali atas doa dan upacara yang sempurna,
    Malamnya memuja arca bunga bagai penampung jiwa mulia,
    Dipimpin Dang Acarya, mengheningkan cipta, mengucap puja.]

    III. Pupuh LXV (65)

    [1].
    enjing purnnamakala kala ni wijil nira pinarek i madhyaning sabha
    ghurnna ng kahala sangka len padahaganjaran i harepasangkya mangdulur
    ring singhasana sobhitaruhur manusa kahanan iran winursita
    sakweh sang para sogatanwam athua telas apupul amuja sakrama.

    [Pagi purnamakala arca bunga dikeluarkan untuk upacara,
    Gemuruh disambut dengan dengung salung, tambur, terompet serta genderang, Didudukkan di atas singgasana, besarnya setinggi orang berdiri,
    Berderet beruntun semua pendeta tua muda memuja.]

    [2].
    ngka ta sri-nrpati n-pareng marek amuspa saha tanaya dara sadara
    milw ang mantry apatih gajamada makadi nika pada maso mahan marek
    mwang mantry akuwu ring paminggirathawa para ratu sahaneng digantara
    sampunyan pada bhakty amursita palinggihan ika tinitah yathakrama

    [Berikut para raja, parameswari dan putera mendekati arca,
    Lalu para patih dipimpin Gajah Mada maju ke muka berdatang sembah,
    Para bupati pesisir dan pembesar daerah dari empat penjuru,
    Setelah berbakti sembah, kembali mereka semua duduk rapi teratur.]

    [3].
    sri-natheng paguhan sireki rumuhun humaturaken anindyabhojana
    sang sri-handiwahandiwa lwir ia tapel nira n-amawa dukula len sereh
    sri-natheng matahun tapel nira sitawrsabha hana maminda nandini
    yekametwaken artha bhojana mijil saka ri tutuk apurwwa tanpegat.

    [Sri Nata Paguhan paling dahulu menghaturkan sajian makanan sedap,
    Bersusun timbun seperti pohon, dan sirih bertutup kain sutera,
    Persembahan raja Matahun arca banteng putih seperti lembu Nandini,
    Terus-menerus memuntahkan harta dan makanan dari mulutnya.]
    [4].
    sang sri-natha ri wengker apned awawan yasa pathani tadah niradhika
    sarwwendah racananya mulya madulur dhanawitarana wartta ring sabha
    sri-natheng tumapel tapel nira tang indah araras asarira kamini
    kapwateki matunggalan dina siranpawijil i kawicitran ing manah.

    [Raja Wengker mempersembahkan sajian berupa rumah dengan taman bertingkat, Disertai penyebaran harta di lantai balai besar berhamburan,
    Elok persembahan raja Tumapel berupa perempuan cantik manis,
    Dipertunjukkan selama upacara untuk mengharu-rindukan hati.]

    [5].
    mukya sri-narapaty apurwwa giri mandara wawan ira bhojanadbhuta
    kalanyan pinuter tapel wiwudhadaityagana mider ares twas ing mihat
    lemboratyaya gongnya kabhinawa polaman angebek aliwran angdulur
    kadyagrah mawero tekap ni banu ning tasik amewahi ramya ning sabha.

    [Paling hebat persembahan Sri Baginda berupa gunung besar Mandara,
    Digerakkan oleh sejumlah dewa dan danawa dahsyat menggusarkan pandang,
    Ikan lambora besar berlenggak-lenggok memenuhi kolam bujur lebar,
    Bagaikan sedang mabuk diayun gelombang, ditengah tengah lautan besar.]

    [6].
    ndann angken dina salwir ing tapel asing lewih adhika niwedya don ika
    stri ning mantry upapatti wipra dinuman sakari nika duweg matunggalan
    mwang sang ksatriya wandhawa nrepati mukya sira rinawehan sasambhawa
    len sangkeng warabhojanederider edran i sabala narendra ring sabha.

    [Tiap hari persajian makanan yang dipersembahkan dibagi-bagi,
    Agar para wanita, menteri, pendeta dapat makanan sekenyangnya,
    Tidak terlangkahi para kesatria, arya dan para abdi di pura,
    Tak putusnya makanan sedap nyaman diedarkan kepada bala tentara.]

    IV. Pupuh LXVI (66)

    [1].
    enjing rakwa kaping nem ing dina bhatara narapati sabhojanakrama marek
    mwang sang ksatriya sang padadhika penuh yasa bukubukuran rinembat asusun
    dharmmadhyaksa kaih sireki n-awawan banawa pada winarnna bawa kakidung
    gongnya lwir tuhu palwa gong bubar agenturan angiring aweh resep ning amulat.

    [Pada hari keenam pagi Sri Baginda bersiap mempersembahkan persajian,
    Pun para kesatria dan pembesar mempersembahkan rumah-rumahan yang dipikul,
    Dua orang pembesar mempersembahkan perahu yang melukiskan kutipan kidung, Seperahu sungguh besarnya, diiringi gong dan bubar mengguntur menggembirakan.]

    [2].
    ratryan sang mapatih gajamada rikang dina muwah ahatur niwedya n-umarek
    stryanggeng soka tapel nirarjja tiheb ing bhujagakusuma rajasasrang awilet
    mantry aryyasuruhan pradesa milu len pra dapur ahatur niwedya n-angiring
    akweh lwir ni wawanya bhojana hanan plawa giri yasa mataya tanpapegetan.

    [Patih Amangkubumi Gajah Mada pada hari esoknya diwaktu senja hari menghadap sambil menghaturkan
    Sajian arca putri cantik yang sedang bersedih berlindung dibawah gubahan Nagapuspa yang melilit Rajasa
    Menteri, arya, bupati, pembesar desa pun turut menghaturkan persajian,
    Berbagai ragamnya, berduyun-duyun, ada yang berupa perahu, gunung, rumah, ikan]

    [3].
    atyadbhuta halep ni karyya naranatha wekas ing mahottama dahat
    apan ring dina sapta tanpegat tikang dhana wasana sabhojanaparimita
    lumre sang caturasrama pramuka sang dwija milu paramantry asangkya kasukan
    kahyunhyun juru samy amalwang atepat kapilarih ika lwir ambuh umili.

    [Sungguh amat mengagumkan persembahan Baginda raja pada hari yang ketujuh, Beliau menabur harta, membagi-bagi bahan pakaian dan hidangan makanan,
    Luas merata kepada empat kasta, dan terutama kepada para pendeta,
    Hidangan jamuan kepada pembesar, abdi dan niaga mengalir bagai air.]

    [4].
    sarsok tekang aninghaninghali sakeng dasadik atetel atri tanpaligaran
    tingkah ning pasabhan lawan sang ahatur ttadah atiki tinonya n-asrang arebut
    sri-raja rikanang witana mangigel bini bini juga tang maninghali marek
    kapwalinggih atindih agelar angebek hana lali ring ulah kawongan amulat.

    [Berbondong-bondong dengan menggemuruh para penonton dari segenap arah, berdesak-desak,
    Ribut berebut tempat melihat peristiwa di balai agung serta para luhur,
    Sri Nata menari di balai witana khusus untuk para puteri dan para istri,
    Yang duduk rapat rapi berimpit, ada yang ngelamun karena tercengang memandang.]

    [5].
    sasing karyya maweha tusta rikanang parajana winangun nareswara huwus
    nang widw amancangah raketraket anganti sahana para gitada pratidina
    anyat bhata mapatrayuddha sahaja ng magelagelapan anggyat angdani paceh
    mukya ng dana ri salwir ing manasi tanpegat amuhara harsa ning sabhuwana.

    [Segala macam kesenangan yang menggembirakan hati rakyat diselenggarakan,
    Nyanyian, wayang, topeng silih berganti setiap hari dengan paduan suara,
    Tari perang prajurit, yang dahsyat berpukul-pukulan, menimbulkan gelak-tertawa, Terutama derma kepada orang yang menderita membangkitkan rasa gembira rakyat.]

    V. Pupuh LXVII (67)

    [1].
    yawat mangka lekas narendra magawe araddhangiwo sang paratra
    tawat tan pakawandhya n-angdani suke sri-rajapatni n-kinaryya
    astw angdadyakena ryy anugraha nire swastha ny adeg sri-narendra
    sang sri-raja sanagarastu jaya sastrwahingana ng candra surya.

    [Pesta srada yang diselenggarakan serba meriah dan khidmat,
    Pasti membuat gembira jiwa Sri Rajapatni yang sudah mangkat,
    Semoga beliau melimpahkan berkat kepada Baginda raja,
    Sehingga jaya terhadap musuh selama ada bulan dan surya.]

    [2].
    enjing kala datang mamuja para boddhanguraken sang pinuja
    prajnaparamita temah nira n-umantuk ring mahabuddhaloka
    sang hyang puspasaira sighra linarut sampun mulih sopakara
    sakweh caru ganjaran tuwi dinum lumrerikang bhrtyasanggha.

    [Paginya pendeta Buda datang menghormati, memuja dengan sloka,
    Arwah Prajnyaparamita yang sudah berpulang ke Budaloka,
    Segera arca bunga diturunkan kembali dengan upacara,
    Segala macam makanan dibagikan kepada segenap abdi.]

    [3].
    lila suddha manah narendra ri huwus ning karyya norang wikalpa
    anghing dharmma nireki pinrih i kamal-pandak ri dadyanya purnna
    tekwan sampun i bhumi suddha rikanang sakagnisaptarkka ngunten
    sang sri-jnanawidhi n-lumakwani teher mabrahmayajna n-pamuja.

    [Lega rasa Baginda melihat perayaan berlangsung dengan lancar,
    Karya yang masih menunggu, menyempurnakan candi di Kamal Pandak,
    Tanahnya telah disucikan tahun sakagnisaptarkka ngunten (1274),
    Dengan persajian dan puja kepada Brahma oleh Jnyanawidi.]

    ånå toêtoêgé

    Nuwun

    cantrik bayuaji

  2. Nuwun
    Sugêng énjang

    DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI
    SURYA MAJAPAHIT

    Dongeng sebelumnya:
    Waosan kaping-45; Bhre Jiwana Hayam Wuruk Sri Rajasanegara (1350-1389) [Parwa ka-11] Akhir Pemerintahan Prabu Hayam Wuruk [Bagian ke-1] On 21 Agustus 2011 at 05:05 JdBK 13

    Waosan kaping-46:
    BHRE JIWANA HAYAM WURUK MAHARAJA SRI RAJASANEGARA (1350-1389) [Parwa ka-12]

    AKHIR PEMERINTAHAN PRABU HAYAM WURUK [Bagian ke-2]

    Sansåyå dalu araras abyor kang lintang kumedhap. Titi sonyå têngah wêngi lumarang gandaning puspitå ‘rum, kasiliring samirånå mrik, Ong……….. sêkar gadhung, kongas gandanyå o…. mawèh raras rênaning driyå, o…. o…. o….

    Surya Majapahit mulai meredup menuju sandyakala

    Upacara ini disebut Sradha yang dilaksanakan dengan dharma yang harinya pun telah dihitung sejak meninggal tiga hari, tujuh hari, dan seterusnya sampai seribu hari dan tiga ribu hari. Hal ini sampai sekarang di Jawa masih berjalan yang disebut dengan istilah sradha, sradangan yang pada akhirnya disebut nyadran.

    Memperhatikan perkembangan agama Hindu yang mewarnai kebudayaan serta seni sastra di Indonesia di mana raja-rajanya sebagai pimpinan memperlakukan sama terhadap dua agama yang ada yakni Syiwa dan Budha, jelas merupakan pengejawantahan toleransi beragama atau kerukunan antar agama yang dianut oleh rakyatnya dan berjalan sangat baik.

    Ini jelas merupakan nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada umat beragama yang ada pada saat sekarang. Nilai-nilai luhur ini bukan hanya mewarnai pada waktu lampau, tetapi pada masa kini pun seharusnya tetap merupakan nilai-nilai positif bagi pewaris-pewarisnya.

    Sebagai patih Amangkubhumi Gajah Mada menyampaikan pesan kepada para Menteri dan Punggawa untuk turut berperan-serta dalam upacara srada tersebut. Pada hari pertama upacara tersebut dimulai dengan pemujaan Budha.

    Upacara ini dipimpin oleh pendeta Stapaka dengan dibantu Empu dari Paruh. Semua pendeta berdiri dalam lingkaran untuk menyaksikan pemujaan Budha oleh Sang Prabu. Kemudian menyusul doa untuk memanggil jiwa Rajapatni dari Budhaloka yang ditampung dalam arca bunga.

    Pada malam berikutnya dilanjutkan pemujaan terhadap arca bunga yang telah terisi jiwa Rajapatni, pemujaan dipimpin oleh pendeta dengan samadi dan puji pujian. Paginya arca bunga dibawa keluar disambut dengan bunyi tambur dan genderang. Arca bunga kemudian didudukkan di Singgasana setinggi orang berdiri. Pemujaan dimulai dengan semua pendeta Budha kemudian dilanjutkan dengan Raja, permaisurinya dan putra putranya serta anggota keluarga lainnya.

    Pada hari ketujuh dipentaskan tari-tarian dan kesenian lainnya dari berbagai wilayah Majapahit. Upacara srada akhirnya ditutup pada hari kedelapan, Pagi pagi pendeta Budha berkumpul untuk melakukan pemujaan dengan lagu-lagu pujaan yang diciptakan khusus untuk Rajapatni yang telah berpulang ke Budhaloka. Arca bunga kemudian diturunkan dari singgasana dengan upacara, semua sajian kemudian di bagikan habis ke semua undangan. Demikianlah upacara srada telah selesai dan dilanjutkan dengan perbaikan makam Rajapatni di Kamal Pandak.

    ***

    Hayam Wuruk lahir tahun 1334, beberapa bulan sebelum Gajah Mada dikukuhkan sebagai Mahapatih Amangkubumi. Pada saat Gajah Mada mengucapkan sumpah sakral Tan Ayun Amuktia Palapa bayi Hayam Wuruk baru saja menikmati udara Majapahit.

    Dia tidak tahu dan mengalami langsung peristiwa bersejarah itu, tapi belasan tahun kemudian tangannyalah yang kemudian memimpin dan membawa Majapahit melaksanakan program maha dahsyat itu.
    Di tangannyalah kemudian seluruh perairan Nusantara bersatu menentang penjajahan bangsa asing dari Daratan Utara.

    Sabdanya telah membentuk negara menjadi pemerintahan yang berwibawa dan disegani rakyatnya. Masyarakat Majapahit menunduk hormat sambil merapatkan kedua telapak tangannya dengan ikhlas kepada sang Raja. Sabda raja adalah hukum yang harus dihormati.

    Tiga puluh delapan tahun masa pemerintahannya sejak tahun 1351 sd 1389, Hayam Wuruk telah membawa seluruh rakyat Majapahit, Wilwatikta Agung, ke puncak kejayaan dan keemasan. Membawa seluruh rakyatnya mengalami kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan. Setiap perayaan agung di pusat kerajaan dimeriahkan oleh seluruh rakyat tanpa kecuali.

    Pada masa pemerintahannya itulah kerajaan-kerajaan lain di Nusantara Raya ini tidak hanya sekedar sebagai negara bawahan yang tidak mempunyai kemerdekaan, tetapi semua kerajaan itu bersama-sama dengan pemerintah pusat di Jawa Timur mengembangkan potensi daerah masing-masing bagi kepentingan Nusantara Raya ini.

    Persatuan dan kesatuan yang menjadi program dasar Majapahit Agung telah memberikan sumbangan pemikiran yang bermanfaat bagi pengembangan daerah yang pada akhirnya membawa negara besar ini ke pintu gerbang kemajuan peradaban bangsa yang disegani oleh negara sahabat dan mancanegara.

    Tercatat, pada masa pemerintahan Hayam Wuruk tidak ada pemberontakan di dalam negeri yang cukup berarti seperti pada masa-masa pemerintahan sebelumnya. Hubungan dengan negara tetangga sangat baik, terutama dengan Cina.

    Ditandai dengan gempa bumi yang sangat dahsyat yang oleh Pararaton disebut peristiwa pabanyu pindah (peristiwa ini berulang kembali di Abad ke-21, namun akibat ulah manusia yaitu Lêndhut Bêntèr ‘Jêng’ LuSiLumpur Sidoarjo –) yang menimbulkan kerugian harta dan nyawa, dan didahului dengan munculnya pemberontakan-pemberontakan dan krisis kepemimpinan di pusat kerajaan Majapahit, lahirlah bayi Hayam Wuruk di tengah-tengah masyarakatnya pada tahun 1334.

    Seluruh masyarakat, dari kasta paling rendah sampai para bangsawan dan petinggi Majapahit menyambut kelahiran jabang bayi calon pemimpin besar bangsa ini. Semua bergembira. Lebih dari sebulan Majapahit menyambut kelahiran putra mahkota itu dengan mengadakan pesta rakyat di alun-alun Bubat.

    Para pendeta Hindu dan Budha melakukan upacara keagamaan yang sangat sempurna. Candi-candi dan tempat-tempat ibadah dibersihkan. Para pujangga dan seniman istana mengukir dan memuji si jabang bayi dengan sentuhan estetika mereka. Setiap desa, padukuhan dan tanah perdikan di seluruh Majapahit, Daha, Kahuripan dan Singasari mengantarkan hasil bumi mereka ke kotaraja bagi keberlangsungan upacara-upacara yang diadakan.

    Mereka bersama-sama merayakan hari bahagia menyambut putra mahkota di kotaraja. Alun-alun Bubat dipenuhi tenda-tenda yang disediakan oleh kerajaan bagi para pemimpin daerah yang datang. Seluruh Majapahit bergembira, putra mahkota telah lahir, seorang laki-laki yang tampan, sempurna lahir dan batiniah.

    Hayam Wuruk yang juga bernama Raden Tetep itu bersama-sama Gajah Mada, orang yang memomongnya dengan tlatèn sejak dia masih kecil, telah memberikan garis kebijakan yang sangat jelas mengenai rantai kepulauan besar Nusantara, yang menurut Mohammad Yamin (berdasarkan uraian Nāgarakṛtāgama) terbagi dalam daerah yang delapan, yaitu:

    I. Seluruh Jawa, meliputi: Jawa, Madura dan Galiyao (Kangean).

    II. Seluruh Pulau Sumatra (Melayu), meliputi: Lampung, Palembang, Jambi, Karitang (Inderagiri), Muara Tebo, Dharmasraya (Sijunjung), Kandis, Kahwas, Minangkabau, Siak, Rokan, Kampar, Pane, Kampe, Haru, Mandailing, Tamiang, Perlak, Barat (Aceh), Lawas (Padang Lawas, Gayu Luas), Samudra (Aceh), Lamuri (Aceh tiga segi), Bantam dan Barus.

    III. Seluruh Pulau Kalimantan (Tanjungnegara), meliputi: Kapuas, Katingan, Sampit, Kuta Lingga (Serawak), Sedu (Sedang di Serawak), Kota Waringin, Sambas, Lawar (Muara Labai), Kedangdanan (Kendangwangan), Landak, Samedang (Simpang), Tirem (Peniraman), Sedu (Serawak), Brunai, Kalka Saludung, Solot (Solok, Sulu), Pasir, Baritu, Sebuku, Tabalong (Amuntai), Tanjung Kutai, Malanau dan Tanjungpuri.

    IV. Seluruh Semenanjung Melayu (Malaka), meliputi: Pahang, Hujungmedini (Johar), Lengkasuka (Kedah), Saimwang (Semang), Kelantan, Trengganu, Nagor (Ligor), Pakamuar (Pekan Muar), Dungun (di Trengganu), Tumasik (Singapura), Sanghyang Hujung, Kelang (Kedah, Negeri Sembilan), Kedah. Jere (Jering, Petani), Kanjab (Singkep) dan Niran (Karimun).

    V. Di sebelah timur Jawa, seluruh Nusa Tenggara, meliputi: Bali, Bedulu, Lwagajah (Lilowan, Negara), Gurun (Nusa Penida), Taliwang (Sumbawa), Dompo (Sumbawa), Sapi (Sumbawa), Sanghyang Api (Gunung Api, Sangeang), Bima, Seram, Hutan (Sumbawa), Kedali (Buru), Gurun (Gorong), Lombok Mira (Lombok Barat), Saksak (Lombok Timur), Sumba dan Timor.

    VI. Seluruh Sulawesi, meliputi: Bantayan (Bontain), Luwuk (Luwu), Udamakatraya (Talaud), Makasar, Butun (Buton), Banggawi (Banggai), Kunir (Pulau Kunyit), Salaya (Saleier) dan Solot (Solor).

    VII. Seluruh Maluku, meliputi: Muar (Kei), Wandan (Banda), Ambon dan Maluku (Ternate).

    VIII. Seluruh Irian (Barat), meliputi: Onin (Irian Utara) dan Seram (Irian Selatan).

    Wilayah Kekuasaan Majapahit Jaman Pemerintahan Hayam Wuruk

    Di zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389) yang menggantikan Tribhuwanatunggadewi, Patih Gajah Mada terus mengembangkan penaklukan ke wilayah timur seperti Logajah, Gurun, Sukun, Taliwung, Sapi, Gunungapi, Seram, Hutankadali, Sasak, Bantayan, Luwuk, Makassar, Buton, Banggai, Kunir, Galiyan, Salayar, Sumba, Muar (Saparua), Solor, Bima, Wandan (Banda), Ambon, Wanin, Seran, Timor, dan Dompo.

    Menurut Kakawin Nāgarakṛtāgama pupuh XIII-XV, daerah kekuasaan Majapahit meliputi hampir seluas wilayah Negara Keastuan Republik Indonesia sekarang, termasuk daerah-daerah Sumatra di bagian barat dan di bagian timur Maluku serta sebagian Papua (Wanin), dan beberapa negara Asia Tenggara.

    Namun demikian, batasan alam dan ekonomi menunjukkan bahwa daerah-daerah kekuasaan tersebut tampaknya tidaklah berada di bawah kekuasaan terpusat Majapahit, tetapi terhubungkan satu sama lain oleh perdagangan yang mungkin berupa monopoli oleh raja. Majapahit juga memiliki hubungan dengan Campa, Kamboja, Siam, Birma bagian selatan, dan Vietnam, dan bahkan mengirim duta-dutanya ke Cina.

    Daerah-daerah di luar Jawa yang dikuasai Majapahit pada jaman pemerintahan Raja Hayam Wuruk seperti diuraikan dalam Nāgarakṛtāgama pupuh 13 dan 14 antara lain:

    [Pupuh XIII (13)]

    [1].
    lwir ning nusa pranusa pramuka sakahawat ksoni ri malayu
    ning jambi mwang palembang karitang i teba len dharmasraya tumut
    kandis kahwas manangkabwa ri siyak i rokan kampar mwang i pane
    kampe harwathawe mandahiling i tumihang parlak muang i barat.

    [2].
    i lwas lawan samudra mwang i lamuri batan lampung mwang i barus
    yakadhinyang watek bhumi malayu satanan kapwamateh anut
    len tekang nusa tanjungnagara ri kapuhas lawan ri katingan
    sampit mwang kutalingga mwang i kuta waringin sambas mwang i lawai.

    [Pupuh XIV (14)]

    [1].
    kadangdangan i landa len ei samedang tirem tan kasah
    ri sedu baruneng ri kalka saludung ri solot pasir
    baritw i sawaku muwah ri tabalung ri tanjung kute
    lawan ri malano makapramuka ta(ng) ri tanjungpuri.

    [2].
    ikang sakahawan pahang pramuka tang hujungmedhini
    ri lengkasuka len ri saimwang i kalantan i trenggano
    nasor pakamuwar dungun ri tumasik ri sanghyang hujung
    kelang keda jere ri kanjapiniran sanusapupul.

    [3].
    sawetan ikanang tanah jawa muwah ya warnnanen
    ri balli makamukya tang badahulu mwang i lwagajah
    gurun makamuka sukun ri taliwang ri dompo sapi
    ri sanghyang api bhima seran i hutan kadalyapupul.

    [4].
    muwah tang i gurun sanusa mangaran ri lombok mirah
    lawan tikang i saksakadi nikalun kahajyan kabeh
    muwah tanah i bantayan pramuka bantayan len luwuk
    tekeng udamakatrayadhi nikanang sanusapupul.

    [5].
    ikang sakasanusanusa makasar butun banggawi
    kunir ggaliyao mwang i salaya sumba solot muar
    muwah tikang i wandan ambwan athawa maloko wwanin
    ri seran i timur makadi ning angeka nusatutur.

    Di Sumatra : Jambi, Palembang, Toba, Darmasraya, Kandis, Kahwas, Minangkabau, Siak, Rokan, Kampar, Pane Kampe, Haru, Mandailing, Tamihang, Perlak dan Padang, Samudra, Lamuri, Batan, Lampung, Barus, dan negara-negara Melayu.

    Di Kalimantan Tanjungnegara: Kapuas-Katingan Sampit, Kota Lingga, Kota Waringin, Sambas, Lawai, Kadandangan, Landa Samadang, Tirem, Sedu, Barune(ng) (Brunai), Kalka, Saludung, Solot, Pasir, Barito, Sawaku, Tabalung, Tanjung Kutei, Malano.

    Di Semenanjung Tanah Melayu Hujung Medini: Pahang, Langkasuka, Saimwang, Kelantan, Trengganu, Johor, Paka, Muar, Dungun, Tumasik, Kelang, Kedah, Jerai, dan Kanjapiniran.

    Sebelah Timur Jawa: Bali, Badahulu, Lo Gajah, Gurun, Sukun, Taliwang, Pulau Sapi, Dompo, Sang Hyang Api, Bima, Seram, Hutan Kendali (Kadali), Pulau Gurun, yang juga biasa disebut Lombok Merah, Sasak, Bantayan, Luwuk, Udamakatraya, Makasar, Buton, Banggawi, Kunir, Galian, Salayar, Sumba, Solot, Muar (Saparua), Wanda(n) (Banda), Ambon atau pulau Maluku, Wanin, Seran, dan Timor, dan beberapa lagi pulau-pulau lain.

    Setelah menyimak data tersebut, Gajah Mada berhasil mewujudkan sumpahnya. Wilayah kekuasaan Majapahit hampir meliputi seluruh wilayah Nusantara, bahkan Semenanjung Malaya juga berhasil dikuasai Majapahit kecuali kerajaan Pajajaran (Sunda) yang belum dikuasainya.

    Masih dalam Nāgarakṛtāgama pada Pupuh 15, pada masa pemerintahan Hayam Wuruk Majapahit sudah menetapkan batasan wilayah negara tetangga (bukan negara bawahan).

    [Pupuh XV (15)]

    [1].
    nahan lwir ning desantara kacaya de sri narapati
    tuhun tang syangkayodhyapura kimutang dharmanagari
    marutma mwang ring rajapura nguniweh singhanagari
    ri campa kambojanyati yawana miteka satata.

    [Inilah nama negara asing yang mempunyai hubungan,
    Siam dengan Ayudyapura, begitu pun Darmanagari,
    Marutma, Rajapura, begitu juga Singanagari,
    Campa, Kamboja dan Yawana ialah negara sahabat.]
    Sin atau Siam (Syangka), Thai, Dharmanagara, Martaban atau Marutma (Birma), Kalingga (Rajapura), Singanagari, Campa, Kamboja dan Annam (Yawana).

    [2].
    kunang tekang bhumi madhura tanani lwir para puri
    ri denyan tunggal mwang yawadharani rakwekana dangu
    samudrananggung bhumi keta sakakalanya karengo
    tewekny dadyapantara sasiki tatwanya adoh.

    [Tentang pulau Madura, tidak dipandang negara asing,
    Karena sejak dahulu dengan Jawa menjadi satu,
    Konon tahun Saka samudrananggung bhumi keta, itu saat,
    Jawa dan Madura terpisah meskipun tidak sangat jauh.]

    [3].
    huwus rabdha ng dwipantara sumiwi ri sri narapati
    padasthity awwat pahudhama wijil angken pratimasa
    sake kotsahan sang prabhu ri sakahaywanya n iniwo
    bhujangga mwang mantrinutus umahalotpatti satata.

    [Semenjak nusantara menadah perintah Sri Baginda,
    Tiap musim tertentu mempersembahkan pajak upeti,
    Terdorong keinginan akan menambah kebahagiaan,
    Pujangga dan pegawai diperintah menarik upeti.]

    Gajah Mada, seorang Mahapatih Amangkubhumi Majapahit dari 1331 ke 1364, memperluas kekuasaan kekaisaran ke pulau sekitarnya. Pada tahun 1377, yaitu beberapa tahun sesudah kematian Gajah Mada, angkatan laut Majapahit menduduki Palembang, menaklukkan daerah terakhir bekas kerajaan Sriwijaya.

    ***

    Hayam Wuruk suka menari (memainkan peran wanita) sebagai Pager Antimun, menjadi dalang dengan gelar Tirtaraju, kalau jadi pelawak dalam wayang mengambil peran Gagak Ketawang, sebagai pemeluk agama Syiwa dikenal sebagai Janeswara. Sebagai raja selain mengambil nama abiseka Sri Rajasanagara juga sering disebut Sang Hyang Wekasing Suka.

    Kepopuleran Hayam Wuruk bukan saja di dalam negeri, tetapi juga di mancanegara. Seorang bhiku dari pertapaan Sadwihara di daerah Kancipuri (India) yang bernama Sri Budhatiya mengarang buku Bhogawali, berisi pujian kepada Sang Prabu Hayam Wuruk.

    Hayam Wuruk dinobatkan sebagai putra mahkota (yuwaraja) sejak masih kanak-kanak di Kahuripan dengan gelar abhiseka Sri Rajasanagara yang terus dipakainya sampai menjadi raja di Majapahit (dinobatkan pada usia 16 tahun, pada pertengahan tahun 1351).

    Menurut Pararaton, sehabis perang Bubat (kegagalan Hayam Wuruk memperistri putri Sunda: Dyah Pitaloka) Hayam Wuruk memperistri Paduka Sori, putri Bhatara Hyang Paramesywara dengan Dyah Wiyat Sri Rajadewi Maharajasa. Bhatara Hyang Paramesywara adalah Bhre Wengker (raja di Wengker). Dyah Wiyat adalah bibinya, adik ibunya yang menjadi ratu di Daha (Bhre Daha). Jadi Paduka Sori masih adik sepupunya.

    Dari perkawinan itu lahir Bhre Lasem Sang Ahayu. Menurut Nāgarakṛtāgama pupuh VII (7):4 Bhre Lasem Sang Ahayu bernama Kusumawardhani yang akhirnya kawin dengan Bhre Mataram Wikramawardhana, putra sulung Bhre Pajang. Sepeninggal Sri Rajasanagara, Wikramawardhanalah yang menjadi raja di Majapahit.

    Nāgarakṛtāgama Pupuh VII (7) : 4

    takwan wrddhi siran pakanak i sireng nrpati kusumawarddhaniswari
    rajni rajakumarii anindya siniwing pura ring kabalan utameng raras
    sang sri wikramawarddhanendra saniruktya nira pangucap ing sanagara
    saksat dewata dewati sira n atemwa helem anukani twas ing jagat.

    [Berputeralah beliau puteri mahkota Kusumawardani, sangat cantik
    Sangat rupawan jelita mata, lengkung lampai, bersemayam di Kabalan
    Sang menantu Sri Wikramawardana memegang perdata seluruh negara
    Sebagai dewa-dewi mereka bertemu tangan, menyenangkan pandangan.]

    Masa-masa Suram Majapahit

    Hayam Wuruk wafat tahun 1369, yang diperkirakan dimuliakan di Tayung (daerah Brebek Kediri), yang digantikan oleh keponakannya yang juga menantunya, Wikramawardhana, suami dari anak perempuannya, Kusumawarddhani. Sedangkan anak Hayam Wuruk dari isteri bukan permaisuri, Bhre Wirabhumi, diberi pemerintahan di ujung Jawa Timur.

    Sepeninggal Mahapatih Gajah Mada (1364 M) dan Raja Hayam Wuruk (1389 M), kerajaan pemersatu Nusantara, Kerajaan Majapahit, pecah menjadi Kedaton Wetan dan Kedaton Kulon akibat sengketa keluarga yang saling berebut kekuasaan. Pertengkaran keluarga terjadi. Kelompok-kelompok pendukung dibentuk untuk saling menggalang kekuatan, bersengketa untuk merebut posisi kunci kekuasaan. Bau permusuhan dan saling curiga-mencurigai menebar di mana-mana di seluruh wilayah Majapahit, negeri tak terurus.

    Surêm-surêm dwiyangkårå kingkin. Lir manguswå kang layon. Dènyå ilang mêmanisé
    [Remang-remang redup memudar cahaya surya matahari seakan bersedih. Seakan mencium bau mayat ….. Dan hilanglah keindahannya.

    Majapahit menuju sandhyakala ………………

    ånå toêtoêgé

    Nuwun

    cantrik bayuaji

  3. 3

    • matur nuwun Ki Bayu

  4. HADIr

  5. Matur nuwun Ki Bayu,
    Matur nuwun P. Satpam.
    Sugeng Enjang

  6. 7….pitu

    • 8….wolu

      • 9….songo

        • 10…genep?

          • 11…..ganjil

            rontal yang ini coba di baca Non, bagus….b-a-g-u-s
            kata pak SATPAM,

          • B A G U S sich bagus tapi tamat ndak?

  7. genk DALU…..kadang padepokan SENGKALING


Tinggalkan Balasan ke canTRik yuDHa Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: