JDBK-6

<< kembali | lanjut >>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 31 Juli 2011 at 10:38  Comments (27)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/jdbk-6/trackback/

RSS feed for comments on this post.

27 KomentarTinggalkan komentar

  1. Wis…., jan….. (tiru-tiru Pak satpam)

    pancen wis gak layak lagi mengelola “Padepokan”, lha wong gawe gandok wae kok salah-salah terus. Setelah tidak bisa memperbaiki gandok jdbk-06 yang rusak sebelum dibuka, terpaksa buat gandok baru JDBK-6 (bukan jdbk-06 lho!)
    Setelah buka beberapa waktu, eh….. buku tamunya masih belum dipasang.
    hikss………
    Sabar nggih…., Pak Satpam masih memperpanjang waktu cutinya

    monggo, buku tamu JDBK-6 sudah tersedia di teras.

  2. Taqobbalallohu wa minkum , taqobbal yaa karim .

    Sugeng ngayahi ngibadah siyam kagem poro Wajib , mugi ketampi sedoyo ngibadah kito ing wulan siyam meniko dening Gusti Alloh Subhana wa Ta’alla .

    Amin , amin ya Robbal alamin ….

  3. kulo nuwun nderek sebo ngisi buku hadir

  4. sret..sret….isi daftar hadir

    • selamat menjalankan ibadah PUASA, kadang cantrik
      mentrik padepokan SENGKALING sedaya

      • sugeng enjang…..selamat PAGI

  5. Lha wingenane nomor siji saiki saiki dadi nomer telu ki piye to ? , awak-awak apes tenan iki . tujune JDBK -6 wis tak gembol dhisik dhewe .

    Sugeng nenggo wanci sahur .

    Sugeng Parak enjing ……

  6. lho koq ora mlebu …??????

  7. Nuwun
    Sugêng énjang

    DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI SERI ‘NSSI’ KERIS LEGENDARIS

    Wedaran sebelumnya, adalah wedaran kaping-21: Keris, Dhuwung atau Tosan Aji (Bagian ke-16) Kêris Kyai Carubuk dan Keris Kyai Brongot Sétan Kobêr, Kyai Plèrèd (Parwa-6). On 30 Juli 2011 at 14:22 JdBK 05

    Wêdaran kaping-22:
    KERIS, DHUWUNG atau TOSAN AJI] (Bagian ke-18)

    KÊRIS KYAI CARUBUK dan KÊRIS KYAI BRONGOT SÉTAN KOBÈR; dan TOMBAK KYAI PLÈRÈD. [Parwa-7]

    Keris legendaris:
    • Keris Mpu Gandring
    • Kêris Kyai Någåsåsrå
    • Kêris Kyai Sabuk Intên
    • Kêris Kyai Sêngkêlat
    • Kêris Kyai Condong Campur
    • Kêris Kyai Carubuk
    • Keris “Pusaka” Sétan Kobêr

    Aryå Pênangsang Pralåyå

    Pada saat Sultan Hadiwijåyå bertahta di Kerajaan Pajang, beliau merasa prihatin atas penderitaan Nyai Kalinyamat yang bertapa lantaran dendamnya terhadap Aryå Pênangsang. Oleh Sultan Hadiwijåyå.

    Nyai Kalinyamat lalu dibujuk agar mau pulang ke Pajang. Namun, Nyai Kalinyamat menolaknya. Ia baru bersedia kembali ke Pajang asalkan Aryå Pênangsang dibunuh. Sultan Hadiwijåyå menyanggupi permintaan tersebut.

    Ketika telah berada di Pajang, segeralah Kanjêng Sultan Hadiwijåyå memikirkan cara yang akan ditempuh untuk mengalahkan dan membunuh Aryå Pênangsang.

    Pekerjaan itu tidak mudah, sebab Aryå Pênangsang terkenal sangat sakti dan mempunyai keris pusaka yang sangat ampuh bernama Kyai Brongot Sêtan Kobèr.

    Tiap hari Kanjêng Sultan selalu memikirkannya, tetapi belum juga menemukan cara yang dianggap baik. Akhirnya, setelah sekian lama tidak juga menemukan caranya, lalu dipanggillah kedua patihnya, Ki Agêng Pêmanahan dan Ki Pênjawi, untuk diajak berunding.

    Setelah keduanya menghadap, Kanjêng Sultan mulai menceritakan persoalannya. Singkat cerita, di hadapan Ki Agêng Pêmanahan dan Ki Pênjawi, Kanjêng Sultan menjanjikan ganjaran berupa tanah di Pati dan tanah yang terletak di hutan Mentaok apabila mereka berhasil membunuh Aryå Pênangsang.

    Setelah itu, Ki Agêng Pêmanahan dan Ki Pênjawi kemudian berunding. Dalam perundingan itu, Ki Agêng Pêmanahan menyampaikan pendapatnya kepada Ki Pênjawi, bahwa tidak ada orang lain yang mampu membunuh Aryå Pênangsang selain Danang Sutåwijåyå.

    Ki Pênjawi pun sependapat dengan Ki Agêng Pêmanahan. Danang Sutåwijåyå sebenarnya adalah anak kandung Ki Agêng Pêmanahan, tetapi sejak kecil telah dijadikan sebagai anak angkat oleh Kanjêng Sultan Hadiwijåyå. Ia adalah seorang pemuda yang cakap, serta menguasai olah kanuragan.

    Kemudian, Ki Agêng Pêmanahan memanggil Danang Sutåwijåyå untuk memberinya tugas membunuh Aryå Pênangsang. Danang Sutåwijåyå pun menyetujuinya. Dalam percakapan tersebut Ki Agêng Pêmanahan memberikan nasihat dan petunjuk agar Danang Sutåwijåyå dapat memenangkan pertarungan melawan Aryå Pênangsang, yaitu:

    1). janganlah sekali-kali mendahului lawan mencebur Sungai Bengawan, apalagi menyeberanginya. Apabila ia nekat mendahului mencebur Sungai Bengawan, maka ia pasti kalah. Konon, apabila terjadi peperangan di Sungai Bengawan, pihak yang lebih dahulu turun ke sungai akan kalah;

    2). jangan mudah terpancing oleh lawan. Bagaimanapun tingkah laku Aryå Pênangsang, Danang Sutåwijåyå harus tetap berada di pinggir Kali Bengawan; dan

    3). harus memakai kuda betina.

    Setelah itu, Danang Sutåwijåyå diberi senjata pusaka berupa sebuah tombak yang bernama Kyai Plèrèd.

    Ki Agêng Pêmanahan, Ki Pênjawi dan Danang Sutåwijåyå kemudian berunding untuk mencari cara agar Aryå Pênangsang dapat ditaklukkan. Dalam perundingan itu dicapailah kesepakatan bahwa Ki Agêng Pêmanahan dan Ki Pênjawi akan pergi ke Jipang untuk memancing Aryå Pênangsang agar bersedia bertarung di Sungai Bengawan. Sementara Danang Sutåwijåyå disuruh untuk bersiap-siap menghadapi Aryå Pênangsang di tepi Sungai Bengawan.

    Keesokan harinya, Ki Agêng Pêmanahan dan Ki Pênjawi berangkat ke Jipang untuk memancing kemarahan Aryå Pênangsang. Sampai di sana mereka bertemu dengan seorang pêkatik yang sedang mencari rumput.

    Melihat pêkatik itu Ki Agêng Pêmanahan memanggilnya dan langsung memotong telinga si pêkatik, dan mengikatkan sepucuk surat di telinga yang satunya. Sesudah itu si pêkatik disuruh pulang untuk menyerahkan surat tersebut kepada Aryå Pênangsang. Adapun isi surat itu adalah tantangan kepada Aryå Pênangsang untuk bertarung di Sungai Bengawan.

    Ganti cinaritå, hing paséwakan Kêdaton Jipang Panolan:

    Siang itu, di ruang dalam kedaton Jipang Panolan, tengah berkumpul para pembesar khusus. Pada hari itu, Aryå Pênangsang tengah mengadakan acara syukuran atas terselesaikannya masa puasa yang telah dijalaninya selama tiga bulan.

    Dengan berpakaian kebesaran, Aryå Pênangsang nampak duduk dengan gagahnya di kursi indah. Bunyi gamelan mengalun mengiringi perjamuan tersebut. Di bawah, di lantai pualam yang putih bersih, para bangsawan nampak duduk bersila, berjajar dengan mengenakan pakaian kebesaran masing-masing.

    Mereka duduk berjajar, memanjang lurus. Ada dua kelompok barisan. Memanjang di sebelah kiri dan kanan. Di tengah-tengah kedua barisan ini, tertata rapi hidangan syukuran. Beberapa daging panggang, lauk pauk, nasi tumpeng dan buah-buahan beraneka macam, tersaji di sana.

    Menjelang acara dimulai, suara gamelan berhenti. Patih Matahun yang duduk di sebelah Aryå Pênangsang nampak menghaturkan sembah sejenak kearah junjungannya. Kemudian beranjak berdiri dari tempat duduk.

    Patih Matahun mewakili Aryå Pênangsang mengutarakan maksud diadakannya perjamuan disiang itu. Setelah Patih Matahun selesai mengutarakan maksud diadakannya acara syukuran tersebut, seorang ulama keraton memimpin doa.

    Selesai doa dibacakan, gamelan mengalun kembali. Beberapa abdi dalem segera masuk dan membagi-bagi segala sesajian makanan yang sudah tersedia. Setiap bangsawan dilayani sebaik mungkin.

    Perjamuan baru saja berjalan, mendadak seorang prajurit kawal khusus tergopoh-gopoh masuk keruangan memohon ijin memberikan laporan penting. Seluruh yang hadir, tak terkecuali Aryå Pênangsang sendiri dan Patih Matahun, terkejut oleh kehadiran prajurit kawal khusus ini. Segera, Aryå Pênangsang memberikan isyarat agar prajurit tersebut mendekat saat itu juga.

    Gamelan mendadak berhenti. Suasana menjadi tegang seketika. Ruangan menjadi sunyi dan hening. Seluruh bangsawan terdiam, mengawasi lekat-lekat sang prajurit yang tengah bergerak jalan duduk, sembari menduga-duga ada apakah gerangan yang terjadi?

    Aryå Pênangsang memberikan isyarat agar sang prajurit segera memberikan laporan yang dibawanya. Diperhatikan oleh berpuluh-puluh pasang mata, dan didengar oleh berpuluh-puluh telinga dari semua yang hadir di tempat itu, sang prajurit berkata:

    Kasinggihan dhawuh, Kanjêng sinuwun. Saya memohon ijin membawa masuk seorang pêkatik kuda sinuwun. Keadaannya sungguh sangat tidak baik. Dia membawa gulungan rontal yang katanya buat padukå Kanjêng sinuwun.

    Wajah Aryå Pênangsang tegang. “Bawa dia masuk.”

    Sang prajurit menghaturkan sembah, dan lalu berjalan duduk mundur. Tak lama dia sudah keluar dari ruangan. Berselang beberapa saat, dia datang kembali sembari diiringi seseorang yang lain. Seseorang yang wajahnya berlumuran darah segar. Dengan sangat kesulitan, dia berjalan duduk mengikuti prajurit kawal khusus yang membawanya.

    Melihat kehadiran sosok yang dibawa menghadap oleh prajurit kawal khusus itu, seluruh yang hadir gempar. Seseorang yang mukanya berlumuran darah yang tak lain adalah si pêkatik kuda Sang Adipati JIpang, terlihat menahan rasa sakitnya.

    Belum jelas bagian mana dari kepala si pêkatik yang terluka karena darah segar yang terus mengalir, sedikit banyak menutupi tempat luka berasal. Namun, semakin diperhatikan, akan semakin jelas, bahwa cuping telinga kiri si pêkatik telah hilang. Seluruh yang hadir bisa menebak seketika, bahwa darah itu keluar dari luka di bagian telinganya yang telah tanggal.

    Mata Aryå Pênangsang dan Patih Matahun memperhatikan keadaan pêkatiknya tanpa berkedip. Begitu si pêkatik dan prajurit kawal khusus telah berada tepat di hadapan Aryå Pênangsang, segera Aryå Pênangsang berkata: “Ada apa? Ceritakan apa yang terjadi?. Dan surat apa yang kau bawa untukku?

    Sembari mengerang, pêkatik itu menghaturkan sembah. Tangannya yang penuh darah gemetar saat menghaturkan sembahnya. Sang perumput, didengar oleh Aryå Pênangsang, Patih Matahun dan seluruh bangsawan yang hadir segera menceritakan apa yang menimpanya.

    Gemuruh suara seluruh yang hadir setelah mendengar laporan sang pêkatik. Aryå Pênangsang memerah wajahnya, segera dia meminta gulungan rontal yang dibawanya. Pêkatik itu mengulurkan gulungan rontal yang juga berlumuran darah. Aryå Pênangsang menyuruh Patih Matahun menerimanya dan segera membaca isinya.

    Patih Matahun menerima gulungan rontal dari tangan sang perumput. Sembari berdiri, dia buka gulungan itu dan dengan suara keras, dibaca isinya:

    Hé, Pênangsang. Yèn sirå nyåtå lêlananging jagad, payo tandhing lawan ingsun. Dak anti sapinggiring bêngawan tapêl wates. Yèn ora wani nêkani, nyåtå sirå wandu kang mémbå rupå. Budhalå tanpå rowang. Ingsun wong Sélå wus tan bisa suwé nahan sêdyaning tyas kêpéngin nigas jånggå irå.

    Menggeram marah Aryå Pênangsang mendengar bunyi surat yang baru dibacakan. Tangannya mengebrak meja di sebelahnya yang dipenuhi dengan berbagai macam makanan. Meja terguling dan makanan di atasnya berburai seketika, berserakan mengotori lantai pualam di sekelilingnya.

    Aryå Pênangsang, dengan dada bergemuruh dan amarah yang sudah meninggi memerintahkan kepada prajurit kawal yang menghadap tadi: “Siapkan Kyai Gagak Rimang sekarang juga.

    Prajurit yang diperintah menyembah dan tergopoh-gopoh jalan mundur. Seluruh yang hadir opanik dan cemas. Patih Matahun segera menyembah dan berkata: “Nakmas Pênangsang, mohon sabarkan hati sejenak. Biarkan saya memberikan perintah kepada Senopati Jipang agar menyiagakan seluruh prajurit.

    Aryå Pênangsang tak bergeming. Matanya memerah penuh amarah. Sejurus kemudian, prajurit yang diutus menyiapkan kuda nampak tiba kembali di ruangan. Dia tengah memulai untuk berjalan duduk dengan maksud menghadap. Namun Aryå Pênangsang sudah tidak sabar lagi, dia segera keluar dari ruangan tanpa permisi.
    Patih Matahun kalut. Segera dia berkata: “Nakmas Senopati.

    Yang ditunjuk dan tengah duduk di antara para bangsawan menyembah, “Segera siagakan seluruh prajurit Jipang Panolan sekarang juga.
    Yang diperintahkan menyembah sekali lagi dan mohon undur.
    Dan kepada semua priyayi yang hadir di sini.” lanjut Patih Matahun, keras suaranya, ”Segera siagakan diri untuk bertempur dengan orang Sélå.
    Seluruh yang hadir riuh memberikan sembah. Dan bubar saat itu juga.

    Aryå Pênangsang telah menaiki kuda kesayangannya. Beberapa kepala prajurit berusaha mencegahnya, namun Aryå Pênangsang tak bergeming. Tanpa banyak bicara lagi, digebraknya Kyai Gagak Rimang. Kuda berwarna hitam mulus itu meringkik nyaring sejenak, lalu melesat keluar dari lingkungan istana Jipang Panolan.

    Seluruh kepala prajurit dan bangsawan Jipang geger melihat kenekatan Aryå Pênangsang. Seketika itu juga, gong beri, gong kecil yang biasa dibunyikan agar seluruh prajurit menyiagakan diri, segera terdengar dipukul bertalu-talu. Susul menyusul. Dari satu sudut istana, disusul sudut yang lain. Riuh rendah suaranya memekakkan telinga.

    Di sana-sini, teriakan-teriakan perintahpun terdengar, berselang-seling, membuat seisi istana Jipang gempar. Di tempat lain, Kyai Gagak Rimang telah melesat menuju perbatasan.

    Kyai Gagak Rimang melaju kencang, melesat ke arah sungai yang menjadi tapal batas wilayah Jipang Panolan dengan daerah yang belum berhasil diduduki pasukan Jipang.

    Menjelang matahari condong ke barat, tepat seusai waktu dzuhur, barulah Aryå Pênangsang memperlambat laju kudanya.

    Wilayah yang dibentangi aliran sungai dangkal ini adalah tapal batas kekuasaan Jipang Panolan. Di seberang sana, terbentang wilayah luas yang sudah direncanakan hendak diduduki pasukan Jipang.

    Kyai Gagak Rimang meringkik nyalang manakala tali kekang kuda yang melilit lehernya ditarik kencang. Serta merta, Kyai Gagak Rimang mengangkat kedua kaki depannya sejenak, kemudian kembali menjejak ke tanah dan berjalan pelan memutar.

    Mata Aryå Pênangsang menyipit mengamati keadaan sekeliling. Aliran sungai yang tak seberapa dalam nampak terus mengalir dengan tenangnya. Pepohonan lebat yang tumbuh di seberang sana, tumbuh di area berbukit tepat di pinggir aliran sungai, nampak lengang pula. Tak tampak sesuatupun yang mencurigakan.

    Bergegas Aryå Pênangsang menarik tali kekang kuda, menuruni tanah berbukit yang menuju ke bawah, menuju ke aliran sungai. Begitu sampai di bawah, tepat di pinggir sungai, ternyata situasi benar-benar senyap.

    Tak ada siapapun di sana. Hanya bunyi burung-burung hutan yang sesekali memamerkan suara ditambah gemericik air sungai, menyambut kehadiran Aryå Pênangsang.

    Aryå Pênangsang mendengus. Dengan mata memandang ke seberang, dia berteriak keras: “Kêparat. Yèn nyåtå lanang mêtuwå. Åjå singidan.

    Suara Aryå Pênangsang menggema, memantul dari lereng ke lereng lain. Mengoyak kesenyapan yang sedari tadi menyergap daerah itu.

    Tapi, begitu suara gema menghilang. Keadaan kembali sepi. Tak ada jawaban. Aryå Pênangsang gusar. Merasa dipermainkan. Ditariknya tali kekang Kyai Gagak Rimang, nekad dia menyeberangi sungai.

    Di sinilah, pêngapêsan Aryå Pênangsang. Menurut kepercayaan, jika dua orang lawan sedang bertempur, dan di antara mereka terhalang sebuah sungai, bagi siapa saja yang berani menyeberangi, pasti akan kalah perangnya.

    Dan tepat ketika kaki-kaki Kyai Gagak Rimang tengah tertatih-tatih menapaki dasar sungai yang cuma sebatas lutut dalamnya, mendadak, terdengar bunyi riuh desingan. Mata Aryå Pênangsang awas. Beratus-ratus anak panah meluncur deras mengarah kearahnya.

    Aryå Pênangsang mengumpat. Namun sungguh luar biasa, bukannya dia kebingungan menghindar, malahan dia buka dadanya lebar-lebar.

    Beberapa batang anak panah yang tepat mengarah ketubuhnya, terpental kesamping, tak bisa melukai kulitnya sama sekali dan langsung luruh masuk ke dalam aliran sungai. Bahkan beberapa ada juga yang patah menjadi dua.

    Tak hanya itu, anak panah yang sempat menyasar ke tubuh Kyai Gagak Rimangpun mengalami hal yang serupa. Kyai Gagak Rimang hanya terlonjak-lonjak saja ketika beberapa anak panah meluncur mengenai tubuhnya. Tak ada luka sedikitpun di tubuh kuda hitam mulus itu. Bidikan anak panah mereda seketika.

    Belum usai kegusaran Aryå Pênangsang, disusul dari arah seberang, keluar seekor kuda putih. Kuda itu dipacu menuruni lereng. Keluar dari balik pepohonan.

    Begitu jelas siapa yang hadir, mata Aryå Pênangsang melotot marah. Jelas terlihat, seorang anak kecil, tengah menunggang kuda dengan tombak terhunus di tangan kanannya. Terdengar suara kecilnya nyaring tanpa ada kegentaran sedikitpun: “Pênangsang. Aku lawan tandingmu.

    Dada Aryå Pênangsang bagai dibakar api. Wajahnya bagai dicoreng dengan arang. Betapa tidak. Seorang anak kecil dengan lancangnya berani sendirian menghadapinya dan bahkan sesumbar menantangnya.

    Ditariknya tali kekang Kyai Gagak Rimang. Kuda meringkik, kesulitan berjalan menapaki dasar sungai. Berusaha terus melaju ke arah seberang mendekati sosok kecil yang dengan gagahnya menenteng tombak di sana.

    Melihat Aryå Pênangsang mendekat, anak kecil tersebut memutar arah kudanya. Kyai Gagak Rimang telah berhasil melewati aliran sungai dan langsung berderap mengejar kuda putih di depannya.

    Begitu jarak sudah sedemikian dekat, mendadak terjadi keanehan. Tingkah Kyai Gagak Rimang seketika berubah. Kepalanya mengangguk-angguk dan menjadi liar.

    Aryå Pênangsang terkejut menyadari perubahan yang terjadi. Kuda tunggangannya tidak pernah bertingkah aneh seperti itu selama ini. Sejenak Aryå Pênangsang kesulitan menarik tali kekang kudanya yang menjadi tak terkendali.

    Di tengah usahanya membuat Kyai Gagak Rimang kembali patuh, mata Aryå Pênangsang melihat sekilas bagian belakang kuda putih yang tengah ditunggangi lawannya.

    Aryå Pênangsang marah. Dia menyadari sekarang mengapa Kyai Gagak Rimang bertingkah laku aneh. Rupanya, ekor kuda putih di depannya sengaja diikat keatas, sehingga kemaluannya terlihat jelas. Dan Aryå Pênangsang semakin menyadari, kuda yang ditunggangi lawannya adalah kuda betina.

    Aryå Pênangsang mengumpat-ngumpat. Kyai Gagak Rimang selama ini memang sengaja tidak diperkenalkan dengan kuda betina. Kyai Gagak Rimang adalah kuda tempur. Jika mengenal kuda betina dan sempat bersenggama, maka kemampuan tempurnya akan menurun. Dan kini, melihat kuda betina dengan kemaluan terbuka lebar seperti itu, Kyai Gagak Rimang tidak bisa menguasai birahinya.

    Di tengah kesibukan Aryå Pênangsang mengendalikan keliaran Kyai Gagak Rimang, mendadak anak kecil yang menunggang kuda di depannya, memutar haluan kudanya. Berderap suaranya mendekat. Mata Aryå Pênangsang awas. Namun keliaran Kyai Gagak Rimang semakin menjadi-jadi. Aryå Pênangsang panik. Dan benar.

    Tombak di tangan kanan sang anak mengarah telak kearah lambungnya. Dan. Aryå Pênangsang yang sibuk mengendalikan Gagak Rimang yang tengah melonjak-lonjak, tidak mampu menghindari tikaman tersebut.

    Tombak Kyai Plèrèd yang tajam langsung menembus lambungnya seketika itu juga. Darah menyemburat. Aryå Pênangsang menjerit kesakitan. Dan yang mengerikan, begitu mata tombak ditarik, sebagian ususnya ikut terburai keluar.

    Kuda putih berlalu dengan derapan kemenangan. Aryå Pênangsang meringis kesakitan. Diraihnya sebagian ususnya yang keluar dan langsung dikalungkan ke warångkå keris Kyai Brongot Sêtan Kobèr yang terselip di pinggang kirinya.

    Begitu ususnya tidak menjuntai dan terikat di warångkå keris, Aryå Pênangsang segera memutar tali kekang Kyai Gagak Rimang.

    Kuda hitam itu mendengus-dengus dan berderap semangat mengejar kuda betina. Begitu jarak sudah sedemikian dekat, Aryå Pênangsang meraih tubuh kecil sang penunggang kuda putih dan membantingnya ketanah. Jerit kesakitan terdengar.

    Aryå Pênangsang segera turun dari punggung kuda. Sosok kecil yang tengah terjatuh di atas tanah berusaha bangkit dan hendak melarikan diri, namun terlambat. Leher kecilnya terpegang dan kembali terbanting ketanah.

    Begitu tubuh kecil itu telentang tak berdaya, kaki kekar Aryå Pênangsang langsung menginjak dadanya. Suara kesakitan nyaring terdengar. Aryå Pênangsang beringas. Diraihnya gagang keris Kyai Brongot Sêtan Kobèr.

    Tunggu..

    Mendadak terdengar bunyi nyaring. Mata Aryå Pênangsang mencari asal suara. Terlihat empat orang berkuda keluar dari balik gerombol pepohonan mendekat kearahnya. Dua di antara empat orang yang datang adalah Ki Juru Martani dan Ki Agêng Pêmanahan.

    Belum selesai kemunculan empat orang tersebut, disusul suara riuh rendah derap kuda dari seberang sungai terdengar. Mata Ki Juru Martani awas. Pasukan Jipang Panolan ternyata sudah tiba.

    Cepat dia memberikan isyarat. Dua orang yang ikut dengannya segera mengeluarkan bendera merah. Begitu melihat bendera merah terkibar. Bunyi gemuruh pasukan Pajang membahana. Serempak keluar dari persembunyian masing-masing. Perang besar akan segera terjadi.

    Mata Aryå Pênangsang memerah.
    Ki Juru Martani dan Ki Agêng Pêmanahan menatapnya lekat-lekat. Dan mata Ki Juru Martani serta Ki Agêng Pêmanahan juga melirik usus Aryå Pênangsang yang terburai dan tersampir di warångkå keris.

    Pênangsang.” teriak Ki Juru Martani, ”Anak kecil itu putra Adipati Pajang. Bunuh saja jika kamu berani.

    Aryå Pênangsang kalap. Dia melihat anak kecil yang masih diinjak dengan kaki kanannya. Anak kecil yang tak lain adalah Danang Sutåwijåyå. Dengan diiringi geraman kemarahan yang tak tertahankan, dicabutnya Kyai Brongot Sêtan Kobèr dengan kasar, Kemarahan membuat Aryå Pênangsang lupa, sebagian ususnya yang keluar tersampir di sana.

    Begitu keris Kyai Brongot Sêtan Kobèr tercabut, Aryå Pênangsang seketika menjerit keras. Ususnya ikut tercerabut seketika itu juga. Dengan tangan kanan yang terangkat keatas.

    Gerakan Aryå Pênangsang terhenti. Tubuhnya tergetar hebat. Hanya sesaat. Sejurus kemudian, tubuhnya tumbang ke tanah dan tewas seketika itu juga. Cepat Ki Agêng Pêmanahan menarik tubuh Danang Sutåwijåyå yang ngeri ketakutan. Dan langsung membawanya menjauhi arena.

    Di lain tempat, peperangan telah terjadi. Pekik kemarahan berselang sering dengan jerit kesakitan. Tubuh-tubuh dari kedua prajurit bertumbangan ketanah. Darah tertumpah. Membuat aliran sungai menjadi berubah warna menjadi merah.

    Senjata tajam berkelabatan tertimpa sinar matahari sore. Berdenting mengincar nyawa lawan. Nampak Patih Matahun mengamuk di barisan depan.

    Ki Juru Martani segera memerintahkan seorang kepala prajurit Pajang berteriak mengabarkan kematian Aryå Pênangsang. Yang diutus segera menjalankan tugas. Sebentar saja, teriakan serupa disambut teriakan yang lain dari kepala pasukan Pajang.

    Berita kematian Aryå Pênangsang membuat nyali pasukan Jipang menciut. Di tengah-tengah pertempuran dahsyat tersebut, dari sudut kesudut, terdengar suara bersahut-sahutan dari pasukan Pajang: “Aryå Pênangsang wis matiiiiiiiiiii..

    Dampaknya luar biasa, sebentar saja, pasukan Jipang terdesak hebat. Satu persatu, tubuh pasukan Jipang jatuh ketanah dengan luka menganga mengeluarkan darah segar. Pasukan Pajang terus merangsak maju. “Åjå mundur. Majuuuuuuuuuuu.

    Terdengar teriakan Patih Matahun, disusul oleh kepala pasukan Jipang yang lain. Namun percuma. Nyali pasukan Jipang sudah turun drastis. Bahkan, di beberapa sisi, pasukan Jipang sudah kocar-kacir. Jika diteruskan, seluruh pasukan Jipang akan terbabat habis tak tersisa. Pasukan Pajang mengamuk bagai banteng ketaton.

    Namun, Patih Matahun tak berniat mundur. Ki Agêng Pêmanahan segera memacu kuda mendekati posisi Patih Matahun. Melihat kehadiran Ki Agêng Pêmanahan, Patih Matahun langsung menyerang.

    Pertempuran kedua priyayi dari Pajang dan Jipang ini terjadi. Namun bagaimanapun juga, semangat Patih tua ini juga sudah banyak luruh. Sebentar saja, dia sudah terlihat terdesak hebat. Dan pada akhirnya, sebuah tusukan telak mengarah dadanya. Patih Matahun meringis kesakitan dan tumbang ketanah.

    Melihat Patih Matahunpun telah tewas, beberapa kepala pasukan Jipang panik. Pasukan Pajang terus membabat habis lawannya tanpa ampun lagi. Mayat-mayat bergelimpangan semakin banyak. Aliran sungai telah berwarna merah dan berbau anyir.

    Dan menjelang malam tiba, pasukan Jipang kocar-kacir. Pasukan Pajang terus bergerak menuju ibukota. Penduduk ibukota Jipang panik. Pasukan Pajang merangsak masuk istana Jipang. Jerit ketakutan terdengar di sana-sini.

    Bangunan istana segera menjadi sasaran perusakan pasukan Pajang tanpa ampun. Beberapa sudut istana dibakar. Perlawanan dari sisa-sisa pasukan Jipang tidak berarti sama sekali. Sebentar saja, menjelang dini hari, istana Jipang Panolan telah dikuasai pasukan Pajang.

    Gamelan ditabuh menandakan kemenangan pasukan Pajang. Keesokan harinya, kabar kemenangan itu diteruskan ke Pajang. Beberapa prajurit diutus memberikan laporan kepada Adipati Hadiwijåyå. Seluruh bangsawan Pajang menyambut kemenangan itu dengan suka cita.

    Tak menunda waktu lama, diutuslah beberapa prajurit ke Jepara untuk mengabarkan hal serupa kepada Ratu Kalinyamat. Ratu Kalinyamat bergembira dan bersedia menyudahi tapa telanjangnya.

    Kemudian dia ikut rombongan pasukan Pajang menuju ibukota Pajang. Kemenangan orang Sélå tersiar kemana-mana. Tewasnya Aryå Pênangsang membuat gempar seluruh bangsawan Jawa. Tak terkecuali Sunan Kudus.

    Kisah kematian Aryå Pênangsang melahirkan tradisi baru dalam seni pakaian Jawa, khususnya busana pengantin pria. Pangkal keris yang dipakai pengantin pria seringkali dihiasi untaian bunga mawar dan melati.

    Ini merupakan lambang pengingat supaya pengantin pria tidak berwatak pemarah dan ingin menang sendiri sebagaimana watak Aryå Pênangsang

    Kini, tidak ada lagi penguasa Jawa yang kuat selain Adipati Hadiwijåyå di Pajang. Beberapa minggu kemudian, upacara besar dilaksanakan. Disaksikan oleh para pembesar Dêmak Bintårå, Ratu Kalinyamat menyerahkan tahta Dêmak Bintårå kepada adik iparnya, Adipati Hadiwijåyå.

    Keputusan ini banyak disokong oleh berbagai pihak. Namun sesuai janji semula, Pajang harus berbentuk Kesultanan, bukan Kerajaan. Oleh karenanya, Adipati Hadiwijåyå dikukuhkan sebagai seorang Sultan dengan gelar Kanjêng Sultan Hadiwijåyå. Kejadian ini bertepatan dengan tahun 1546 Masehi.

    Putra Ki Agêng Pêngging, kini telah resmi memegang tampuk pemerintahan Jawa. Ramalan Sunan Kalijågå, terbukti sudah. Kini, Ki Mas Karebet atau Djåkå Tingkir, telah menjadi seorang Raja, penguasa Tanah Jawa.

    Setelah Aryå Pênangsang tewas, maka Ki Agêng Pêmanahan dan Ki Pênjawi kemudian menghadap Kanjêng Sultan Pajang, melapor bahwa Danang Sutåwijåyå telah berhasil membunuh Aryå Pênangsang.

    Mendengar berita ini, Sultan Pajang sangat gembira. Singkat cerita, setelah kedua patih itu berhasil melaksanakan tugasnya, mereka dihadiahi tanah Pati dan Mentaok, seperti apa yang telah dijanjikan sebelumnya.

    Ki Agêng Pêmanahan dan Ki Pênjawi lalu berunding. Dalam perundingan itu diperoleh kata sepakat bahwa Ki Pênjawi mendapat tanah di Pati, sedang Ki Agêng Pêmanahan mendapat tanah Mentaok. Sesudah kesepakatan dicapai, keduanya lalu menuju ke tempat bagiannya masing-masing.

    Sewaktu akan berangkat ke Mentaok, Ki Agêng Pêmanahan mengajak Danang Sutåwijåyå untuk ikut serta pindah ke sana. Demikianlah, tanah Mentaok yang semula berwujud hutan belantara yang mengerikan dan membahayakan, akhirnya berubah menjadi pusat kerajaan besar yang kelak bernama Kerajaan Mataram.

    ånå toétoégé
    berlanjut dengan Dongeng Nyi Ratu Kalinyamat.

    Selamat berpuasa di hari pertama

    Nuwun

    cantrik bayuaji

    • matur nuwun ki Bayu,

    • Matur sembah nuwun Ki Bayuaji, kulo tenggo dongeng lajengipun.

  8. Assalamualaikum,
    Sugeng enjang lan matur nuwun Ki Bayuaji.

  9. Ki Bayu nwun sewu bade nyuwun pirso, la Semangkin lan Prihatin ingkang pun janjekaken Ratu Kalinyamat dateng Hadiwijaya, kadospundi Ki ?, punopo leres wonten?

  10. Setunggal malih nyuwun pirso Ki Bayu, daerah Selo asalipun Ki Ageng PEmanahan puniko “selo” lereng Merapi, punopo “selo” daerah Purwodadi (Grobogan)?
    Matur nuwun Ki.

  11. matur nuwun dongengipun Ki Bayu, tansah dipun tenggo toetoege

  12. Assalamu’alaikum, selamat pagi…
    wah ada tempat tongkrongan baru..
    mampir ach….

    • Wa’alaikumsalam wr wb,
      wah tongkrongan baru ada tempat….
      melu mampir ach….

    • Wa’alaikumsalam wr wb,
      wah tongkrongan baru ada tempat….
      melu mampir ach….

      • Wa’alaikumsalam wr wb,

        wah ada tempat tongkrongan mampir ….
        baru melu ach….

        • Hehehe, kurang 1 anggotanya…
          ki Kartoj mana ya…???

          • Hehehe, kurang 1 anggotanya…
            wah nongkrong dimana ya…???

  13. SELAMAT PAGI KADANG PADEPOKAN SENGKALING

  14. selamat sore kadang sedoyo

  15. selamat siang menjelang sore hari

  16. haduuuu, ki shm ki kok nganyelke ta ? ….. napa hrs memunculkan tokoh cewe? ….. marahi ngrusuhi paksi wae😦😦😦 uuuuu sebeeeeel

  17. dik satpam ngapusi😦😦 …. jarene paksi jomblo?😦😦

    • 🙂
      baca aja terus
      ya harus usaha dong, gimana gitu…, agar gak jadian.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: