PBM-05

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 1 Juli 2010 at 13:30  Comments (91)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/pbm-05/trackback/

RSS feed for comments on this post.

91 KomentarTinggalkan komentar

  1. Hore….dapet absenan no 1
    Makasih Ki Arema..

    • NUNUT ya ni…!!

      • …Ndrerek !!

        • Sugeng siang Ki P Satpam…
          Sugeng tumbas tape Ki Arema…

          Matur nuwun !

  2. Selamat siang pak SATPAM
    Selamat siang bu SATPAM

    mumpung ki SENO lagi nganglang
    tadak ADA salahnya pak SATPAM
    nyoba elmu ANYAR….!!!

    • wedar rontal DOeLoE….baru PAMIT
      ki SENO lewat panah sanderan…!!!

      monggo pak SATPAM, lakukan…!!!

    • ….kecuali kalo lagi menunggu….tape !…….hikssss

      • ning label tertulis begini :

        tanggal 1/2 mateng 2 juli 2010
        tanggal mateng TAPE 3 juli 2010

        pilih DeWe-dewe…!!

    • Oh pak Satpam udah ada thok..?
      Selamat datang kembali Pak Satpam…

  3. Ki seno mateg adjie mangendo warno, mergo bahasan ulo/sawer neng gandok 4 wis mulai rodho slewah…
    Ayo dilanjut mbahas sawerku sing nggarahi sakaw mi55 NN…
    Lah piye, bar dak paringi sawer, mesthi mi55 NN njaluk tambah…tanduk terus ketagihan…xixixi

    • permisi ki PA,…numpang lewat DOeleO
      arep ngambel si SAWER ning padepokan
      sebelah…heheeheee

      • Lho….sawer-e Ki Tmg. koq ditinggal sak enggon2 Ki ?….nopo taksih padhos susuh ?

        • Pada ngomongin apa seh…..
          mau dapet sawerannya Ki PA juga …

          • Gak ah Ni…dah punya koq…hikssss

          • hikssss….Gak ah Ni,
            dah punya koq…!!

            niru2 ki Tmg. KartoJ

          • Ki menggung kekaleh sakniki pitadhos tho nek saweranku nggae marem nimiss NN..

  4. Dherek antriiiiiiii

    • Kula nunut nderek antri nggih Ki Kentang.

  5. Sugeng rawuh Ki Ajar Pak Satpam,
    Kala wau Ki Seno paring dhawuh (via aji pameling dumateng Ki Menggung YuPram), kangge mengeti lan mahargya dinten BHAYANGKARA panjenengan diaturi enggal ngwedhar rontal PBM 05, sak menika ugi…..!
    Perkawis PBM 06 saged dipun wedhar mangke jam 00.01 tit kangge bonus, buka gandhok 06 langsung rontal dipun cantholaken.
    Kula aturi panjenengan pitados kemawon dumateng Ki Menggung YuPram, ingkang saged “menyelesaikan masalah tanpa masalah”.

    Rak leres mekaten to Ki Seno……?
    he….he….he…..sugeng dalu Ki.

    • Sugeng ndalu…

      Waduh… babakan gandok kaliyan kitab PBM 06, kula namung saget nyengkuyung kersanipun Ki Gembleh. Mugi dipun ACC Ki Arema utawi P. Satpam.. he he he

    • hiksss,
      menyelesaikan masalah dengan menumpuk-i
      si masalah njih ki…..heheeheee !!

      kulo pitados ki,
      malah mpun sering ke-bagian buntelane…

      • Lha niku Ki Yudha…

        Ngelmu ngogrok2ipun Ki Gembleh kan sampun terbukti Josss…. pramila kedah dipun sengkuyung.

        Leres mekaten tho Ki Gembleh? he he he

  6. kulo nunut ngiyup kemawon ki…..

  7. nunut antri absen

  8. Nunut mulyo neng iso mbonusi bengi iki …pbm-06

    • Sugeng ndalu kang PA. Elmu njenengan tambih ngedab ngedabi mawon. Kulo mboten saged ngungkuli aji sawer wulung njenengan. Numpang nitip salam kagem Nano eh Nona.

  9. tumben ki…
    buka gandhok siang hari,,,
    biasanya jam 00.01 titttttt..

  10. Nuwun

    Atur pambagyå dumatêng pårå kadang ingkang dahat kinurmatan:

    Sugêng pêpanggihan malih pårå kadang, radi sawêtawis wêkdal mboten nuwéni padêpokan.
    Penuh dengan “kesibukan” yang tidak dapat ditinggalkan demi masa depan, (walah åpå toh iki).
    Wah gandhok tambah rejå.

    Begini pårå kadang.

    Sekarang ini saya lagi sênêng-sênêngnya gojégan sama putu, (putuku ini usianya baru 2,5 tahun), båpå biyungé sedang umroh, direncanakan ±15 hari. Lha karena sudah jumênêng dadi éyang kakung (cucuku ini manggilnya “akung”) dan kepada éyang putrinya, yakni Sang Ardhanareswariku, (dipanggilnya “uti”), sehingga membuat sênthong pasêmadénku menjadi “tempat penitipan cucu”.
    Jadi yang namanya “wangi-wangian semerbak ompol (meskipun pake pam**), bedak baby, adalah “parfum” harianku.

    Lalu, daripada di kuthå gêdhé hanya bertiga (saya, sang ardhanareswariku, dan putu), juga karena sudah menjadi “pengacara” (maksudnya pengangguran tanpa acara), serta punya gelar “Drs.” dan titêl “S3” (maksudnya “Di rumah saja”, dan “Sampun Sangêt Sêpuh”); juga kangên sama kampung halaman, trus “bali mulih ndéså”. Nah di ndéså itulah banyak hal yang “dipelajari” oleh sang cucu ini.

    nDésåku nggak jauh dari Kota Tape Bondowoso atau Kota Gerbong Maut, yang lagi dituweni Ki Senopati Mahesa Arema.

    Ternyata Ki Senopati Mahesa Arema sudah tindak melanglang hingga ke Kota Tape Bondowoso, Mungkin Ki Arema sedang belajar mateg aji bandung bondowoso”, itu lho waktu gendhuk Jonggrang minta dibuatkan seribu candi dalam semalam, yang ngak dapet dipenuhi oleh si bandung-bondowoso.

    Tapi bagi Ki Arema kalau hal begitu sih kecil. Semalam 5 atau 10 rontal PBM pun nggak masalah…..lho……… Hiks hiks.

    Kota Bondowoso dijuluki juga Kota “Gerbong Maut”, karena Belanda pada tahun 1947 melakukan penangkapan besar-besaran terhadap Tentara Rakyat Indonesia (cikal bakal TNI), lasykar pejuang, gerakan bawah tanah dan orang-orang “republiken toelen”. Sehingga dalam waktu singkat penjara Bondowoso tidak mampu lagi menampung tahanan yang pada waktu itu mencapai hampir 700 orang. Belanda bermaksud memindahkan tahanan para “extrimis-extrimis” dari penjara Bondowoso ke penjara Surabaya. Untuk mengangkut para tahanan tersebut digunakan sarana kereta api.

    Sabtu, 23 November 1947, dimulai pada pukul 04.00 pagi, seluruh tahanan pejuang kemerdekaan dibawa dari penjara Bondowoso, dan pada pukul 05.30 pagi tahanan tiba di Stasiun Kereta Api Bondowoso.
    Seluruh tahanan dijejalkan oleh Belanda ke dalam gerbong-gerbong barang.

    Pada pukul 07.00 kereta api dari Situbondo datang. maka saat itu juga gerbong-gerbong dengan register GR 5769; GR 4416; GR 10152 digandeng, maka dimulailah perjalanan maut menuju kematian.

    Para tahanan terkungkung dalam gerbong yang bagaikan didalam neraka karena atap dan dindingnya terbuat dari plat baja. Banyak terjadi peristiwa diluar batas kemanusiaan, seperti guna mempertahankan hidup dari kehausan sebagian para tahanan terpaksa meminum air kencingnya dan dari tahanan lainnya.

    Lama perjalanan selama ±16 jam, Gerbong Maut pun sampai di Stasiun Wonokromo. Jam menunjukkan pukul 20.00 waktu Jawa. Dari dua gerbong yakni GR 5769 dan GR 4416 sebanyak 8 orang meninggal, sedangkan GR. 10152 seluruh pejuang sebanyak 38 orang meninggal semua. Menyedihkan dan membuat geram. Salah satu korban gerbong maut adalah paman, adik ibuku tercinta. Semoga Allah menempatkan para syuhada ini dalam surgaNya. Aamin.

    Ki Arema dan pårå kadang .

    Di Bondowoso juga terdapat satu peninggalan purba, namanya Situs MegalithDolmenMaesan-Bondowoso, lokasinya di desa Gunung Sari Pakuniran-Maesan Bondowoso. sekitar 5 atau 6 km ke arah barat dari pasar Maesan, ± 15 km dari pusat kota Bondowoso. Penduduk setempat menyebutnya “Batu Kenong” dari bentuknya yang menyerupai alat musik Jawa kenong. Tempat ini masih terjaga dan terawat dengan baik. Monggo menawi sempat dapat tindak ke sana.
    ….
    Sekarang cantrik Bayuaji mau ndongèng têtirah cantrik Bayuaji sama putu Jelang Akhir Juni 2010 dindésåku, sambil momong putu, ndongèng tentang ndésåku.

    Dongèngnya begini:

    Saat itu menjelang Akhir Juni 2010. Saput siti, ésuk umun-umun sebelum Shubuh dan sebelum plêtheking srengéngé diawali dengan kluruking jago, cucuku ini sudah bangun, langsung ambil sajadah, “calat min .. um…min .. um ..” (maksudnya “ash-shalatu khairun min an-naum”; bagian dari panggilan adzan Shubuh yang menyeru dan mengajak umat bahwa “sholat lebih baik daripada tidur”).

    Gema adzan bersahut-sahutan dari satu langgar ke langgar yang lain di seputar padukuhan menyingkirkan tabir malam. Sholat Shubuhpun didirikan.

    Terdengar cicit burung-burung pipit yang beterbangan di antara deretan pohon sawo kecik dan lengkeng di halaman. Codot dan kalong yang kesiangan pulang sarang ke lereng bukit pinggir padésan.

    Udara sangat atis, maklum mångså kaså, musim kemarau, suhu udara siang hari sangat panas dan malam hari hingga pagi hari sangat dingin, daun beberapa tumbuhan berguguran.

    Setelah terang tanah, beranjak dari “istanaku” menuju ke arah timur, ke sawah yang padinya sudah mulai menguning siap panen. nggusahi manuk, nguping mbrêngêngênging tawon di kuncup-kuncup beraneka ragam bunga, lalu ke pawon, (pawon di “kerajaanku” masih pawon kuno), yang nggak pake kompor minyak tanah apalagi kompor gas yang tabungnya dikabarkan sering mblêdos itu, bahan bakarnya pun cukup banyak tersedia, sabut kelapa atau bathok kelapa, dan tidak merusak lingkungan. Bukankah sisa pembakaran atau limbah sabut dan bathok kelapa dapat dijadikan bahan campuran pupuk kompos.

    Mencium aroma gåndå sêsangiting pêgå gêni bêdiyang, suara sénggot timbå, (di samping “kedatonku” masih ada sumur dengan sénggot timbånya lho, dan ini oleh “dinasti atau wangsa Bayuaji” sepakat untuk tetap dipertahankan), dan orang nyapu latar, ditingkah suara garèngpung, dan têmbang bocah angon, (nduk ndésåku masih ada bocah angon bébék, pake caping bawa gitik menuju sawah yang habis dipanen).

    Gåndå sangit pêganing gêni bêdiyang, suara sénggot timbå , mbrêngêngênging tawon ditingkah suara garèngpung dan lamat-lamat suwårå têmbang bocah angon, dibawa hembusan bayu pelahan dari lereng bukit. Komposisi suasana alam ndéså yang sangat indah di pagi hari nan sejuk.

    Tembang puja semesta alam mengagungkan Sang Maha Pencipta.

    Suasana ini kuasa menggugah lam-lamming ati alam batin padésan. Di situ alam ndésa nampak rêgêng, wingit tetapi nêngsêmaké, nampak éndah lan ngangêni.

    Maha Suci lagi Maha Indah Engkau wahai Tuhanku, Maha Pemilik Segala Kebesaran, Maha Pemilik Segala Kebesaran dan Kemuliaan .

    Demikianlah pårå kadang dongèng cêkak aos saking ndusun

    Pårå kadang.

    Sekarang dongeng yang utama yaitu: Dongeng Arkeologi dan Antropologi

    Dongeng Arkeologi dan Antropologi yang selama ini diwêdar mendampingi rontal-rontal ‘pelangisingosari’ berusaha mengikuti alur lakon Ki Dalang SHM seperti telah berlangsung sejak PdLS hingga SUNdSS, tetapi dalam perjalanannya tidak dapat terlaksana sepenuhnya.

    Membaca sepintas rontal pbm yang kemudian dilanjutkan dengan rontal hl2p (koq kayak rumus kimia), ternyata Ki Dalang SHM “menyimpang jauh dari pakêm rontal Pararaton dan prasasti sejarah”. Ibarat lakon wayang kulit, Ki Dalang SHM menggelar lakon carangan, yang “babon cêrita”nya bersumber dari “rontal” dan “prasasti” Ki Dalang SHM sendiri.
    Meskipun waktu dan tempat kejadiannya adalah waktu dan tempat Någhå Roro Salèng masih jumênêng nåthå, tetapi sedikit sekali “peranan” sang Prabu Ranggawuni Wisnuwardhana dan Ratu Anggabhaya Mahesa Campaka Narasinghamurti disinggung oleh Ki Dalang SHM dalam rontal-rontal selanjutnya. Tetapi tak apalah, itu adalah hak beliau sebagai “sutradara” dan yang empunya lakon ‘pelangisingosari’ ini.

    Dalam pada itu, rontal ‘pelangisingosari’ versi Dongeng Arkeologi dan Antropologi tetap berdasarkan pada kitab kidung Pararaton, pujasastra Nagarakretagama, Babad Tanah Jawi, dan beberapa kitab kidung lainnya, serta beberapa prasasti yang berkenaan dengan “jagadsingosari”, seperti yang telah disebutkan pada dongeng arkeologi & antropologi, dongeng kaping-27, Rontal SUNdSS-37.

    Maka miturut pakêm kitab kidung Pararaton, akhir dongeng arkeologi & antropologi ini adalah pada masa pemerintahan Dyah Suraprabhawa yang bergelar Sri Adi Suraprabhawa Singawikramawardhana Giripati Pasutabhupati Ketubhuta, atau lebih dikenal dengan nama Bhre Pandan Salas, di tahta Wilwatikta Majapahit.

    Tetapi untuk ndongèng ke masa itu memerlukan waktu yang lama, melangkah setapak demi setapak Jejak Sang Kala. Ada beberapa “episode”, sejak mangkatnya sang Prabu Wisnuwardhana, kemudian Mahisa Campaka (dongeng arkeologi & antropologi ke-27), disusul kemudian dengan naiknya Kertanagara ke tahta Singosari. Kertanagara yang memiliki pemikirian wawasan nusantara dengan cakrawala mandala nusantaranya, “reshuffle kabinet ” Kertanegara, ekspedisi Pamalayu, peristiwa Meng Chi, penyerangan Glang-Glang oleh Jayakatwang, keruntuhan Singosari, kembalinya wahyu keraton ke Kadiri, Ardharaja, Raden Wijaya, pengusiran tentara Mongol Cina, Churabaya, awal Majapahit, Jayanagara, Tribuana Tunggadewi, Jiwana Hayam Wuruk, Desawarnana, Sumpah Palapa, Bre Wirabhumi, Perang Paregreg, demikian seterusnya hingga terakhir Bhre Pandan Salas, dan terakhir sekali Majapahit runtuh “sirnå ilang kêrtaning bhumi”.

    Dengan demikian dongeng arkeologi & antropologi selanjutnya akan sangat berbeda dengan penuturan “pakêm” Ki Dalang SHM pada rontal PBMnya, karena seperti yang telah disebutkan, lakon PBMnya Ki Dalang SHM hanya ada dan dicatat dalam “kidung”, “pakêm” dan “prasasti”nya Ki Dalang SHM sendiri.

    Pårå kadang sutrésnå padépokan,

    Untuk mengawali dongeng arkeologi & antropologi, cantrik Bayuaji tawarkan opsi (wêlèh-wêlèh, lagak-lagunya kayak pansus bank C**tury saja), yaitu:

    1. tetap mengikuti alur lakon Ki Dalang SHM tuntas hingga akhir rontal Pararaton, artinya dongengnya sejaman dengan “kidung”nya Ki Dalang SHM, dengan ‘sudut pandang’ (wé istilahnya “ilmiah” banget); yang berbeda, tetapi nggak nyambung sama lakon Ki SHM dalam PBM;

    2. atau mulai dongeng baru, jaman purba masa keraton lama nusantara, Tarumanagara, Kutai, Kalingga, Mataram Kuno, dan seterusnya, tetapi tetap kagak nyambung juga sama wedaran rontal PBM.

    3. atau ada opsi lain dari pårå kadang.

    4.atau nggak usah ndongeng saja.

    Sakbênêré, cantrik Bayuaji yang sok kemintêr ini ndongeng untuk membagi kawruh buat pårå kadang tentang sejarah masa lalu nusantara, dengan menggunakan bahasa yang sederhana, bukan “bahasa ilmu sejarah”, bukan pula bahasa yang ndakik-ndakik, dengan begitu cantrik berharap pårå kadang tertarik untuk mempelajarinya, memahaminya, dan yang lebih penting adalah mencintai sejarah bangsa sendiri, lebih khusus lagi budaya bangsa yang adi luhung ini.

    (Tinimbang ngrasani tanggané, tinimbang sok arêp mèlu-mèlu mikir ruwêt rêntêngné nêgâri, nanging durung karuwan biså mrantasi gawé, ora ngrusuhi waé wis syukur lan matur nuwun sangêt. Pancèné ‘ra éntos. Nèk ånå padêpokan kiyé, iså gojêgan, iså ndongèng ngêcuprus, lha sing ndongèng aé ‘ra dibayar, ugå ‘ra njaluk bayaran jé. gratis tis tis tis. Malah mbayar. Ning koq gêlêm, yå. Sing didongèngi yå mung manthuk-manthuk aé, ngantuk, tur têklak-têkluk, hé hé hé hé ),

    Namun yang lebih penting dari-pada itu, dengan mendongeng, cantrik Bayuaji bersyukur atas nikmat karunia ini. Alhamdulillah. Puji Tuhan, karena cantrik Bayuaji bisa mendapatken ilmu baru dan pengetahuan baru, juga sohib baru, ahwan dan ahwat baru, kåncå énggal, sêdulur-sêdulur, mungkin juga kåncå lawas yang suwé ora jamu, tetapi bukan musuh baru.

    Menggiatkan silaturahmi, itu bahasanya al Mukarom al Ustadz Kyai di surau, langgar tempat saya mengaji di ndusun. Itupun jika pårå kadang, bila sudi berkenan kiranya….(iki båså aluuuuus bangêt, båsåné priyayi-priyayi pårå andahan pangrèh pråjå kuthå gêdhé yén lagi ngêndika kalawan priyagung pêtingginé, mundhuk-mundhuk, driji papat epek-epek tangan têngêné digêgêm, ning jêmpolé diacung-acungké ) dan he he he he.

    Nah, para kadang, monggo pada kesempatan berikutnya, Insya Allah cantrik Bayuaji akan mulai mendongeng lagi. Mudah-mudahan para kadang tidak bosan mendengarkan (maksudnya membaca) ‘ngêcuprus’nya cantrik.

    Untuk mengingatkan kepada kita semua:
    Tahukah kalian tentang sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan ataupun keburukan? ‘Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan,’ sabda Rasulullah SAW, ‘adalah balasan (pahala) orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan tali silaturahmi, sedangkan yang paling cepat mendatangkan keburukan ialah balasan (siksaaan) bagi orang yang berbuat jahat dan yang memutuskan tali persaudaraan (Hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah).

    Sumonggo.

    Nuwun,

    cantrik Bayuaji

    • saya setuju dengan yang ini;

      ==================
      2. atau mulai dongeng baru, jaman purba masa keraton lama nusantara, Tarumanagara, Kutai, Kalingga, Mataram Kuno, dan seterusnya, tetapi tetap kagak nyambung juga sama wedaran rontal PBM.
      ==================

      mangga ki, dilanjut.

      • kulo nggih sarujuk sanget pilihan niki, jan cespleng

    • Sugeng enjing Ki Bayuaji,

      Membaca cerita Ki Bayu, saya membayangkan hidup di kampung halaman atau “kedaton” Beliau pastilah sejuk, nyaman, tentram dan damai, gemah ripah loh jinawi. Alangkah indahnya. Mungkin mirip dengan Padhepokan Karang Tumaritisnya Panembahan Ismoyo di NSSI. Beda sekali dengan di kota… sudah panas… jalanan semrawut… bising lagi.

      Sedang mengenai opsi yang ditawarkan Ki Bayu, saya memilih :

      Dongengnya Ki Bayu dilanjutkan, tidak hanya sampai Majapahit, kalau waktu memungkinkan juga hingga Demak, Pajang dan Mataram. Tidak usah mengikuti alur lakon Ki Dalang SHM. Tidak nyambung dengan PBM juga tidak apa-apa.

      Tetapi semuanya tergantung kepada Ki Bayuaji dan sanak kadang yang lain. Sumonggo kerso. Hanya mohon maaf sebelumnya, entah kenapa saya hanya tertarik dan sangat menyukai sejarah raja-raja di Jawa Tengah dan Jawa Timur saja, yaitu sejak Mataram kuno hingga Mataram Islam. Sedang dari daerah lain tidak berminat. Mungkin karena sewaktu kecil sering didongengi orang tua cerita yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur saja seperti Loro Jonggrang, Andhe-Andhe Lumut, Keyong Mas, Timun Mas, Nawang Wulan, Joko Tingkir dan lain-lain.

      Cekap semanten rumiyin atur kulo, menawi wonten kalepatan nyuwun gunging samudra pangaksami. Matur nuwun.

      • Baca cerita Ki Bayuaji, jadi pengen ke Situbondo deh

      • Nuwun

        Ki Sukasrana dalah Ki Arga, ugi jêng miss nona, såhå pårå sanak kadang sêdåyå, matur nuwun sêdåyå kawigatosanipun.

        Kalau panjênêngan maos ada tulisan “kêdaton”ku pada tulisan cantrik Bayuaji di atas, mohon jangan dibayangkan itu seperti sebuah keraton ala Ngayogyåkartå Hadiningrat, trus ada pendoponya, atau rumah joglo gêdhé magrong-magrong, ada pringgitan agêng, dikelilingi para abdi dalem yang mlaku ndodok dan setiap papasan ndéprok njur nyêmbah.

        Atau jangan pula dibayangkan seperti ‘istananya Bang G*yus Tambun** ’ yang harganya sak hohah,

        Jangan pula disamakan dengan “gubug“nya para ambtênar pribumi antéknya kumpêni walondo jaman penjahajan kêmbiyèn, lengkap dengan bêdinde, jongos alias kacungnya,(biasanya kalu mengundang seseorang untuk datang ke rumah di pengundang, selalu dikatakan monggo tindak datêng gubug kulå. Padahal yang dinamakan “gubug” itu ya omah gêdhé magrong-magrong.)

        Apalagi sampai membayangkan seperti Gedung Putihnya Barack Obama.

        Lha nanti kalau itu dibayangken oleh petugas pajak, njur didatengi wèh repot tênan.

        Jauh dari itu. Lha wong sebuah omah tuwå, Cårå Jawané omah cèkli peninggalan para leluhur yang menurunkan “wangsa bayuaji”. Berada di halaman yang tak seberapa luas dengan rindangnya pepohonan, dan dikelilingi sawah-sawah yang sekarang tanaman padinya tengah menguning indah.(Sawah iku dudu duwèkku kabèh rèk). He he he.

        Matur nuwun kepada Allah yang sudah banyak melimpahkan anugerahNya pada kami.

        Tentang dongeng arkeologi & antropologi, Insya Allah cantrik Bayuaji akan berusaha memenuhi pamunduté pårå kadang sutrêsnå padépokan.

        Sugêng siyang sêdåyå.

        Nuwun

        cantrik Bayuaji

  11. Titip Ki…. Soko ALLOH, digowo jibril ILHAM{krenteg}mlebu njrone kholbu.krentek iki dikabarno ning AKAL{pusat saraf}njur dadi gerak urip.ILMU manggon ning akal yo ning kholbu,njur ndadekno sebab kelire laku{lurus opo serong}Mung ilmu sumber soko Qur’an dan Hadis kang di RIDANI GUSTI ALLOH.

    • On 1 Juli 2010 at 23:23 Sedayu605 Said:

      Nyuwun tulung nggih Ki.
      Yen ki sedayu saged. Kulo kepengin sinau tentang:

      ILHAM{krenteg}mlebu njrone kholbu.krentek iki dikabarno ning AKAL{pusat saraf}njur dadi gerak urip” (saya kutip dari comment Ki sedayu di atas)

      Kawulo mboten pados mudeng. Nyuwun sampeyan terangke sing ceto Ki, nek perlu nganggo dasar sing shahih (hadis). Kados ILHAM, KRENTEG, AKAL, QOLBU, ILMU
      Nyuwun sewu niki Ki. Kulo nembe sinau bab ilham, mimpi, wangsit.
      Sampun ndadosake mboten reno ing panggalih. Nyuwun pangapunten Ki.

      • Kadospundi Ki Sedayu, menopo nembe padso wangsit, kok dereng wonten “pencerahan”, Saestu Ki kulo tenggo. Menopo ingkang dipun arani ilham — wangsit — ngimpi — lan sanes-sanesipun.
        Waduh la kog mekso, ah mboten mekso namung nyuwun sanget pencerahan dari ahlinya.
        Nyuwun pangapunten Ki.
        Sampun duko njih…….Kepareng.

  12. Matur nuwun Ki Seno.
    Cantrik namung nyuwun mugi diparingi bonus, jalaran Piala Dunia nembe libur.

  13. he he …

    selamat pagi Ki sanak.
    Ki Arema agak kurang enak badan, sepertinya capek setelah nganglang kemarin.
    saya “ditimbali” untuk jaga gandok sebentar.
    rontal sudah dikantong, tetapi sudah dipesan untuk wedar siang hari.
    sudah kebelet nih…, siang itu jam berapa sampai jam berapa ya, biar tidak menyalahi pesan Ki Seno.

    • Pada ndik endi to iki

      kok sepi…, iki mau ketok sliwar sliwer, nanging kok gak ono sing ngisi daftar hadir..

      hallo……

      • Sugeng siang Ki P Satpam…siang itu biasanya sehabis sholat Jum’at…..ato mungkin nunggu setelah jadi tape….hiksss

        • TAPE re*order….heheeheee

          diPENek baru mau BUNYI…!!

        • Siip……

          Mau tape…?, ada yang sudah mateng hari ini, ada yang mateng besok, ada yang mateng lusa. Ada juga tape bakar, ada yang sudah jadi prol tape. Atau ada yang mau suwar-suwir…?

          hmm……..

          Kata Ki Arema melalui aji pameling, “di sana (Bondowoso) banyak yang jual“.
          Lha bagaimana to“, kata Ki Arema, “ada oleh-oleh tape, tetapi kan tidak bisa di sms atau di email, ya tak critani saja

          pasrah deh….

          habis Jum’atan, tit….

          yang minta bonus, ngapunten…., ora dititipi je….

          • Yach..ndak dapet oleh-oleh tape deh…
            mestinya, tape ndak dapet tapi dapet bonus rontal yach
            (He he he he, maunya !)

          • Kalo mau dapet bonus tape…..ya setelah diwedar di kempit aja Ni….nanti bisa jadi tape…hiksss

    • Heheheee….seLAMAT pagi pak SATPAM
      Cantrik PangLing,

      • habis jum’atan wilayah indonesia timur ki..?

        • hihiihiii…bener ki Iban,

          pak SATPAM kudu JELAS tiit-e
          gak boleh samar-samar….!!!

          • hadu….

            Ki YuPram sarung nih.., kleru ding saru…

            maksude ya habis saya Jum’atan, gitu…..

          • Tit tit !..(supaya lebih jelas)….

  14. tak Genepi sek….!!
    nanti ben diLanJut kadang Pdls,

    nomer 39

    • tak NAmBah siji meneh…..!!

      nomer 40

    • Assalamu’alaikum..
      Mo ikutan Ki YuPram ach..
      tak Genepi sek….!!
      nanti ben diLanJut kadang Pdls,

      nomer 40

      • Wah Ki YuPram curang…

        • Waalaikumsalam Ni NoNa,

          saya pake SAruNG ni bukan
          *urang….hihiihiii,

          • Ooh buat jum’atan yach…hihihiiiii

          • maksudnya….ada urang didalam sarung Ni…hikss

          • Jadi ya gak buat Jum’atan….tapi buat Minggonan…hiksss

          • He he he he bisa aja…
            Ki Kartoj iki punya ajian wolak walik kata yo..

          • Bukan cuma kata koq Ni….hiksss

          • HA HA HA HA, tuch kan bener..

          • He.?….pasti Ni Nona ini punya aji bedhek2an iki……

          • Apa itu bedhek2an…?

          • ..duh…boso Londo-e opo yo…anu Ni tebak2an….

  15. sugeng siang…

  16. Tit…….

    • Matur nuwun….tape-ne Ki Pak Satpam…legit deh !

      • ..Eh..lali.. Matur nuwun Ki Seno tape Bondowosonya…..

      • Iya neh, Matur nuwun Pak Satpam,
        legit temenan tape-ne.

      • pake sarung pak SATPAM…eh kleru ding matur nuwun tape kiriman,

    • Jan tape ueenakk tenan..
      matur nuwun Ki Pak Satpam
      matur nuwun Ki Arema
      siap badhe njujug gandhok ngajeng..

  17. Selamat sore

    Sudah siap-siap melihat pertandingan sepakbola Belanda vs Brazil rupanya.

    Hayo…, siapa yang menang.

    • Yang menang jelas yang mau mbagi tape rasa PBM 05…. opo meneh yen dibonusi tape rasa 06, semakin menang dehhh….

      matur nuwun P Satpam

      • Betul itu Ki siTolE,

        tape rasa manis merga direndem
        pak Satpam manis merga mBonusi 06

        sugeng dalu Ki,
        tak nonton Walandi brasil nggebug Brasil

        • Nah, rak tenan to…..?
          Brasil brasil digebug 1-2

  18. Ngomong-omong, Pak De Wid kok gak kelihatan ya beberapa hari ini.
    Nganglang kemana lagi ya

  19. T ernyata Ki Ajar pak Satpam orangnya baik
    A pa ada orang yang tidak baik….?
    P asti Ki Ajar pak Satpam suka mBagi bonus 06
    E mangnya Ki Ajar pak Satpam pernah menolak….?

    He…he…he…matur nuwun, tape sampun kula pendet.

  20. Sugeng dalu Pak Satpam.
    Nyuwun pencerahan wiwit wau madosi tapene kok taksih mentah sedoyo.
    Pun paringaken pundi to?

    • waduh…. Ki Honggo madosi tape wonten dalemipun sinten nggih?

      monggo pinarak wonten halaman 2, mangke dipun klik kemawon oleh2 tape saking P. Satpam, sampun mateng sanget kok Ki….

  21. Matur nuwun P. SATPAM, sampun kepanggih.
    Lha wong wos tuwo dadi sok nunak nunuk.
    Monggo sugeng dalu sugeng mirsani Brasil – Belanda.

  22. nonton bra – ned enake sinambi ngrahabi pbm-06…tp opo yo mungkin ???

    • mungkin sanget saestu lho Ki Pls,
      lha wong lare2 Walandi sampun kasil ngawonaken lare2 Brasil je..!

  23. Sugeng enjang Ki Arema,
    Sugeng enjang P. SATPAM, sampun wungu dereng?

  24. Sugeng enjang kadang PDLS’r
    Ketiwasan Brazil kawon, Ghana kawon (kurang beruntung).
    Monggo sami wungu nenggo pbm_06.

  25. Gandok sebelah dereng dibukak, P. Satpam kerinan.
    Maaf, tidak ada tulisan yang memenuhi kriteria Anda.

    • Ngapunten Ki Honggo
      Gandok nembe dipun cet
      Niki taksih ngepel, sekedap (?) malih dipun bukak.
      sabar nggih…

  26. satpam’ne wis leren….
    abis rondha sambil nonton bal-bal’an
    tapi koq nggak ada titipan yeee…..

    • Lali-lali pagi
      Lali-lali pagi
      sehatkan jasmani
      kalau lupa …?!
      (gak lupa ding…, setelah Subuhan tidur lagi, ngantuk habis nonton bola, jagonya kalah lagi)
      tidul lagi!

      Dulu…, pada jaman ADBM sepertinya ada cantrik yang cedal
      dimana sekarang ya..?

      • pak SATPAM, ki Leak ada di GENDHAK sebelah

  27. Gendhak ANYAR diGemBok pak SATPAM

    Cantrik-Mentrik podo Ngiler nunggu
    BUKA-an….heheeheee !!

    • nunggu mi55 NN mbuka

  28. terima kasih, ki arema, ki ismoyo, ki pak satpam dan para bebahu padepokan lainnya…

    salam, sanak kadang cantrik dan mentrik semua…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: