PBM-07

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 4 Juli 2010 at 14:30  Comments (86)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/pbm-07/trackback/

RSS feed for comments on this post.

86 KomentarTinggalkan komentar

  1. sabar-sabar monusipun sampun katah sanget, nangin tanggung, ngendikanipun ustad menawi maringi sampun ngantos setengah-setengah.

    • Halah….

      wong sampe meh 5 jam gak ono sing mlebu gandok

      katanya Ustad juga, nek mung duwe duwit sitik ya kudu di wet-wet, ojo terus dientekno, iso ngaplo… mengko.

  2. salah ketik bonusipun sanes monusipun

  3. bojleng bojleng … kulo sowan pak ki sat

    • nopo niku bojleng-bojleng Ki

      • bojleng2 meniko ngadep nyaket terus nyokot pak ki sat……

        • hii…..
          mblayu ae……

          • nek diuncali pbm-07, mesthi dadi lulute

          • bojleng…, bojleng…

  4. wahhh…
    sipppp ddehhh kalo gini ..!!

  5. Matur nuwun sanget P. Satpam…

    Lumayan lah, senajan dicicil sithik2..

  6. Muantap …….

  7. wah….Ki Ajar pak Satpam mulai kaya tabib.
    awan 1/3, sesuk isuk 2/3, sesuk bengi 3/3,
    lha kok mBoten dipun bres-aken sepindah to Ki ?
    supados ingkang sami sakaw enggal mantun.

    matur nuwun….sugeng dalu….!

    • Lha nek sami sarujuk nggih mboten menapa
      Dados, sedaya langsung benjang sonten/dalu nggih ki?
      malah penak…., he he ….

      • Setuju ah…. langsung benjing sonten kemawon P. Satpam.

        Jebulipun diwedhar model cicilan efek sampingipun kathah.. ingkang paling jelas nggih sakaw punika😛

        • Ok lah kalau begitu

        • setuju ki ToL Le …

          setuju sakaw

        • huwuadhuuuuh, Anakmas TolE salah membaca arah navigasi pengogrokan,
          supados mBoten ndadosaken Ki Ajar pak Satpam repot pramila rontal versi djvu dipun cantholaken sak menika kemawon, PARA CANTRIK MESTI BADHE SAMI SARUJUK MbOTEN BAKAL PROTES.
          Mengenai versi teks sumangga kemawon menawi badhe dipun unggah mBanjang inggih mBoten dados punapa.
          Rak mekaten to Nakmas TolE…?

          HE…HE…HE….
          (muga2 Ki Seno ora maos komen iki)

          • Huaduh…. ngapunten Ki Gembleh..

            Tumben tho ya, kok frekuensinya bisa beda. Apa gara2 sakauw yang berlebihan yaaa???

            he he he

  8. Sabar.. sabar.
    Alhamdulillah nadyan dicicil, yo ora opo2.
    Lha wong kari ngunduh.
    Matur nuwun.

  9. Kadang PDLS nek ora ono bola ngene podo ngopo yo?, mestine yo rodo gelo jalaran wedaran dicicil. hiks.

    • ancene pak ki sat kuwi senenge mencicil …

      • bojleng, bojleng

  10. kulo namung saged antri kalih ngunduh, tambah matur nuwun

  11. pak SATPAM ning endi Cantolane PBM-07
    di simpen….??

    Cantrik mohon penCERAHan,
    arep nyicil MOCO ra ngerti pangonane-e

    matur nuwun,

    • sugeng dalu ki SENO
      selamat malam Ni SATPAM

      sugeng dalu kadang Pdls

      • Sugeng dalu ugi Ki Yudha.

        • @ki ARGA,

          ni SATPAM nyantolke PBM-07
          teng pundi njih….??

          • Lha kulo nembe badhe nyuwun pirso panjenengan. Njih sampun, monggo sami-sami madosi.

  12. 2/3 besok pagi. Besok paginya jam pinten pak Satpam? Sampun kesiangen njih, selak bidhal dateng sabin. Matur nuwun.

    • mantun subuhan yake (waktu tlatah Singosari)

      • Lho… ngendikane badhe dipun “bres’aken P. Satpam? kok taksih dipun cicil???

        Sakawww….

  13. Mboten sambang 2 dinten mawon ketinggalan kathah….dherek antri Ki….

  14. Antri juga ….

  15. sugeng enjang..
    hadir Ki Arema..

  16. rontal baru akan diwedar nanti sore…

  17. Nuwun

    Cantrik Bayuaji marak ing paséban, ngêndit rontal:

    DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI © 2010. [dongèng kaping-I. Rontal PBM 07]

    Dongèng ing samangké kasêrat ing dintên Soma Wage, Wuku Tambir 1932Ç; 05 Juli 2010M; 23. Rêjêb 1943 – Dal; 23 Rajab 1431H

    Pårå kadang ingkang dahat kinurmatan:

    Mengawali dongeng arkeologi & antropologi kali ini Cantrik Bayuaji mengajak para kadang berkilas balik “melihat” lokasi-lokasi terjadinya lakon pelangisingosari yang disebut oleh Pararaton, Nagarakertagama, Babad Tanah Jawi, Prasasti Mula Malurung, kidung, kitab babad, dan prasasti-prasasti lainnya yang berhubungan, dan mencoba mencari tahu nama dan letak tempat-tempat itu pada nama dan tempat dengan sebutan sekarang.

    1. Panawijen atau “wanua i panawijyan”.

    Panawijyan, Panawijyan atau sekarang Pålåwijen. Tepatnya kelurahan Pålåwijen, di ujung utara kota Malang sekarang, ditengarai sebagai kampung kelahiran Ken Dedes.

    Kampung yang dulu dikenal dengan nama Panawijen ini masih menyimpan situs-situs abad ke-XI berupa sumur (tempat pemandian) dan instrumen pukul (kenong) yang masih berserakan. Sumur tua yang sekarang jelas bukan lagi berbentuk sumur ini berada di tengah kampung yang dikelilingi dengan pemakaman Islam.

    Di Jalan Cakalang, Lingkungan Watu Kenong RT 03/RW 02 desa Pålåwijen itu ada sebuah situs yang disebut situs Sumur Windu dikenal juga sebagai sumur upas atau Sumur Empu Purwå, situs yang banyak menjelaskan soal keberadaan Mpu Purwå dan putrinya nDèdès itu.

    Peninggalan arkeologis yang masih dapat ditemukan di tempat ini antara lain bekas pemukiman yang kaya dengan pecahan keramik asing dan gerabah, sisa umpak-umpak batu dan arung (saluran air bawah tanah).

    2. Kali Méwèk

    Dalam lakon PdLS disebutkan adanya padang gersang dan kering yang disulap menjadi daerah yang subur dengan membangun sebuah bendungan.

    Di masa lalu Pålåwijen adalah ladang. Di Prasasti Wurandungan I disebutkan bahwa masyarakat Panawijen atau Pålåwijen minta dibuatkan sudetan air untuk persawahan mereka yang menjadi lêmah cêngkar, karena sepata Empu Purwa.

    Prasasti Wurandungan I, yang dibuat tahun 870Ç/948 M sudah sangat jelas menyebutkan adanya sungai buatan (suwèkan) yang diambil dengan menyobek Kali Méwèk di arah utara Panawijen untuk menjadikan tanah Panawijen subur kembali.

    Dari lempeng ke-7 prasasti ini, menyebutkan keberadaan Panawijen yang sangat kering seperti kingkaboringayanya (laksana kerbau kurus kering).

    Pada lempeng ke-4 bagian B (lempeng sisi belakang) disebutkan bahwa Panawijen adalah daerah kering. Artinya bukan tanah sawah dengan pengairan yang berasal dari sumber artesis atau aliran sungai. Meskipun di daerah Panawijen mengalir sungai besar di sebelah utara, Kali Méwèk yang permukaannya di bawah Panawijen. Hal inilah yang kemudian menjelaskan sistem pengairan di masa lalu di sekitar Panawijen.

    Dalam kenyataannya, memang daerah Panawijen sangat tidak mungkin mengandalkan air dari Kali Méwèk, yang alirannya ada di sebelah utara situs Sumur Windu yang disebutkan di atas. Permukaan Kali Méwèk secara geografis letaknya 25 meter di bawah wilayah dataran Panawijen.

    Dalam prasasti Wurandungan itu jelas tercatat bahwa air untuk sawah diambil dari sungai yang disalurkan (disuwak=disobek dalam Jawa Kuno). Yang disobek adalah sungai induk yakni Kali (sungai) Méwèk itu.

    Jadi, cikal bakal nama Méwèk itu bukan berarti méwèk dalam artian menangis. Demikian masyarakat Malang mengartikan Kali Méwèk. Tapi, Méwèk dalam arti sobek. Sebab, Suwak mendapat awalan Ma menjadi Masuwak yang dalam tatanan Jawa Kuno menyatakan perbuatan, sifat, dan keadaan. Kata Masuwak sedikit demi sedikit mengalami perubahan bunyi menjadi Masuwèk —- Mawèk — akhirnya Méwèk. Aliran air itu yang disebut dalam prasati itu hingga kini ada di sebelah selatan situs Mpu Purwa berjarak sekitar 50 meter.

    Sementara sobekan dari Kali Méwèk dapat kita jumpai di sebelah barat Pålåwijen. Di sana terdapat sebuah dam kecil dari Kali Méwèk. Warga setempat mengaku dam tersebut dibangun pada Jaman Belanda ketika hampir disisihkan oleh Jepang. Namun, riwayatnya, sebelumnya dam tersebut sudah ada dan oleh penduduk pada masa lalu hanya dibendung dengan batang-batang pohon kelapa.

    Padang Karautan ? — “tempat” ini hanya ada pada “prasasti” Ki Dalang SHM saja.

    3. Tumapel, Singosari.

    Kawasan utara kota Malang adalah kawasan kota yang paling dekat dengan pusat Kerajaan Singosari yang berada di kecamatan Singosari. Memasuki kota melalui gerbang utara ini kita disambut patung Ken Dedes setinggi ± 7 meter berada di tengah-tengah taman Kali Méwèk.

    4. Taman Boboji

    Pemandian Watu Gede. Letaknya lebih kurang 10 km dari pusat kota Malang (dekat dengan Stasiun Kereta Api Singosari ± 100 m).

    Situs Pemandian Watu Gede ini dipercaya oleh penduudk setempat sebagai tempat Ken Dedes sering ‘ciblon’.

    Apakah situs Pemandian Watu Gede ini dahulunya adalah Taman Boboji yang juga tempat Ken Dedes sering ‘kumkum’, seperti yang disebut dalam Pararaton. Hingga kini belum ada penjelasan lebih rinci tentang keberadan Taman Boboji ini.

    5. Tempat kelahiran, daerah asal-usul Ken Arok.

    Beberapa tempat berikut di bawah ini disebut-sebut dalam Pararaton, temuan-temuan dan peninggalan situs purbakala yang diduga sebagai tempat kelahiran Ken Arok, atau paling tidak ditengarai bahwa Ken Anrok pernah bermukim di tempat itu.

    a. Pangkur;

    Pararaton:
    hana si yugga mami manusa wijil ing wong Pangkur. Ika angukuh i bhumi Jawa
    adalah anakku, seorang manusia yang lahir dari orang Pangkur, itulah yang memperkokoh tanah Jawa”.

    Pangkur diduga terletak di antara Kepanjen, Kabupaten Malang dan Blitar. Tetapi ada pula yang menyebutnya di daerah Ngawi.

    b. Batu, Malang Raya.

    Ada yang berpendapat bahwa Angrok berasal dari Batu, Malang Raya lantaran disebutkan di Pararaton bahwa Ken Ndok sempat pula bertemu dengan Lembong dan Bango Samparan dari Karuman untuk mengakui bahwa anak yang diasuh dua laki-laki itu adalah anaknya.

    Pararaton:
    wonten ta bobotoh sasiji saking Karuman haran sira Bango Samparan.”
    ada seorang penjudi permainan saji berasal dari Karuman, bernama Bango Samparan.”

    Pararaton:
    Sumahur Ken Angrok: ‘Ingsun dating ing Karuman, wonten bobotoh angangken weak ring ingsun haran sira Bango Samparan.
    Ken Angrok menjawab: ‘Hamba pergi ke Karuman, ada seorang penjudi yang mengaku anak kepada hamba bernama Bango Samparan’,…

    Karuman disebut sebagai tempat tinggal orangtua angkat Angrok, si penjudi Bango Samparan.
    Sampai sekarang desa Karuman masih ada, dan merupakan bagian dari Kelurahan Tlogomas. Kecamatan Lowokwaru (situs kuno menyebutnya wanua i waharu), Malang

    c. Rêjasa.

    Sri Rajasa Amurwabumi. (kata Rajasa dekat sekali dengan kata Rêjasa).

    Konon daerah itu, di zaman Jawa Kuno sudah sangat ramai. Terbukti dengan banyaknya temuan-temuan purbakala di sana.

    Di Kecamatan Junrejo, Batu Malang ada sebuah desa bernama Rejasa atau nJasa atau lidah Jawa menyebutkan Rejoso (?).

    d. Jiwut

    Pararaton: “Nihan katuturan Ken Angrok, Hana anak i randhani Jiput
    Demikian inilah kisah Ken Angrok. Adalah seorang anak janda di Jiput.”

    Jiwut atau Jiput terletak di kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar.

    e. Pujasastra Nagarakertagama memberitakan bahwa leluhur Prabu Hayam Wuruk adalah Putra Sang Girinata berasal dari sisi timur Gunung Kawi.

    Nguni sakabdhidesendu hana sira mahanatha yuddhaikawira
    Saksat dewatmakayonija tanaya tekap çri-girindra prakça
    …….Çri-ranggah rajasa kyati ngaran ira jayeng satru suratidaksa.
    Desagong wetan ing parbwata kawi penuh ing sarrrabhogatiramya
    Kuww anggehnyan kamantryan mangaran i kutarajenadeh wwang nikabap
    Yeki nggwan çri girindratmaja n-umulahaken dharma manggong kasuran
    .
    “Pada abdhidesendu (1104Ç) ada raja perwira yuda Putra Girinata, konon kabarnya lahir di dunia tanpa ibu.
    Sri Ranggah Rajasa nama beliau, penggempur musuh pahlawan bijak.
    Daerah luas sebelah timur gunung Kawi terkenal subur makmur.
    Di situlah tempat putra (atmaja) Sang Girinata menunaikan darmanya.”

    Siapa “Putra Girinata”, “Sri Ranggah Rajasa”, “putra (atmaja) Sang Girinata”. Dia adalah Angrok.

    6. Lulumbhang, Lulumbang [Katanglumbang (?); Lumbang Pasuruan (?)]

    Pararaton: “apande ring Lulumbhang, haran Mpu Gandring
    seorang pandai keris di Lulumbang, bernama Mpu Gandring”.
    Tidak ada penjelasan tentang Lulumbang ini. Lihat juga Lumbang Boro Timur, Prigen.

    7. Ganter.

    Belum diperoleh penjelasan, karena belum pernah ditemukan sisa-sisa bekas terjadinya peperangan (keris, tombak dsb).

    [Pesan pendek melalui ponsel dari nomor 0816.993***, cantrik Bayuaji terima beberapa bulan yang lalu, menyebutkan : “Ganter kuwi dalan ngulon sak lor e kantor kecamatan nDlopo, Ganter ana ning kelurahan nDoho, ana sendhang kramat lan biyen sering ditemokne perabot (gerabah) kuno terkadang malah perhiasan emas.

    Matur nuwun infonya, akan kami lacak, segera” demikian pesan singkat balasan kami].

    Kami segera mempersiapkan segala sesuatunya untuk “berburu”. Laporannya: “nDlopo adalah salah satu kecamatan di daerah Madiun.” Oleh “guider”, kami diajak ke suatu tempat dan ditunjukkan sebuah batu besar yang dikatakan sebagai batu tua di desa Doho, Dolopo (nDlopo), Madiun, di tempat ini (sambil menunjuk ke arah batu), dahulu adalah lokasi keraton yang merupakan salah satu kepanjangan tangan dari Majapahit di saat-saat akhirnya.

    Tidak jauh dari batu besar yang disebutnya sebagai batu kuno tadi, kami ditunjukkan ke sebuah area tanah kering semacam tanah patêgalan yang ditumbuhi semak belukar, contour permukaan tanahnya cekung ke dalam, yang oleh “guider” kami, dijelaskan sebagai bekas sendang dengan nama Sendang Ganter, yang menjadi bagian penting dari kompleks keraton, “sêndang” yang terbagi menjadi dua ini merupakan tempat mandi para puteri dan sendang yang satunya lagi menjadi tempat untuk mengambil air keperluan rumah tangga.

    Tidak nampak adanya tanda-tanda bahwa di tempat itu dahulunya adalah sendang, kecuali contour permukaan tanahnya yang akan cekung.

    Demikian juga tidak diperoleh tanda-tanda atau penjelasan lain, apakah di tempat itu dahulunya adalah keraton atau kota, atau seperti yang disebut dalam Pararaton, sebagai lokasi terjadinya peperangan antara Tumapel (Angrok) dan Kadiri (Kertajaya), yang disebut sebagai Perang Ganter, sehingga Prabu Kertajaya Dandang Gendhis gugur.

    8. Daha, Kadiri, adalah Kediri sekarang.

    9. Nama-nama kraton vasal menurut Prasasti Mula Malurung Lempengan VIIA dan B.

    a. Nararyya Kirana putera sang prabu Semi Ning Rat sendiri dirajakan di Lamajang (Lumajang);

    Pada lempengan VIIA baris 1 – 3 prasasti Mula Manurung menyebutkan:
    Sira Nararyya Sminingrat, pinralista juru Lamajang pinasangaken jagat palaku, ngkaneng nagara Lamajang
    “Beliau Nararyya Sminingrat (Wisnuwardhana) ditetapkan menjadi juru di Lamajang diangkat menjadi pelindung dunia di Negara Lamajang”

    Tahun dibuatnya Prasasti Mula Malurung yakni tahun 1177Ç/1255M, dijadikan sebagai tahun dari hari jadi Lumajang.

    b. Nararyya Murddhaja dirajakan di Daha; Kadiri.
    Adalah Kota Kediri sekarang

    c. Nararyya Turukbali, puteri sang prabu, permaisuri Jayakatwang, dirajakan di Glang Glang dengan ibu kota Wurawan. Sri Jayakatwang adalah keponakan sang prabu Semi Ning Rat;

    Glang Glang disebutkan terletak di sebelah barat Gunung Wilis, tetapi tidak diperoleh penjelasan lebih lanjut lokasi tepatnya.

    d.Sri Ratnaraja, adik sepupu sang prabu dirajakan di Morono; disebutkan terletak di Jawa Timur bagian Timur. Juga tidak diperoleh penjelasan lebih lanjut sisa tapak keberadaannya.

    e. Sri Narajaya adik sepupu sang prabu dirajakan di Hring; disebutkan terletak di Jawa Timur bagian Timur. Tepatnya tidak diketahui.

    f. Sri Sabhajaya, sepupu sang prabu dirajakan di Lwa. Disebutkan terletak di tepian sungai Brantas, tetapi tidak diketahui lokasi tepatnya.

    g. Seorang lagi yang namanya tidak disebut menjadi raja di Madhura (Sumenep).

    10. Kagnangan/Kagenengan dan Usana

    Pararaton: “Linan irå Sang Amurwwabhumi, i såkå 1169. Sirå Dharmméng Kagênêngan.”
    Sang Amurwabumi wafat pada tahun saka 1169Ç/1247M, dicandikan di Kagenengan.

    Babad Tanah Jawi: Bênginé Sang Prabu sêdå kaprajåyå ing duratmåkå. Layone Sang Prabu dicandhi ånå ing Kagênêngan (cêdhak Malang).

    Nagarakertagama: “ ri sakasyabdhi rudra krama kalahan iran mantuk ing swarggaloka, kyating rat sang dhinarmma dwata ri kagenengan saiwa-bodheng usana.

    Pada tahun 1149Ç beliau (Sang Amurwabumi) kembali ke swargaloka, (Dia) dicandikan di dua (tempat), di Kagenengan (sebagai) Syiwa (dan) di Usana (sebagai) Buddha.

    Kagnangan/Kagenengan sebagai tempat pendharmaan Ken Angrok sebagai Syiwa atau pun pendharmaan di Usana sebagai Buddha hingga sekarang ini belum dapat diketahui keberadaannya secara pasti.

    Tersisa suatu desa di wilayah selatan Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Pakisaji. Desa Kagenengan. Tetapi belum dapat dipastikan apakah Desa Kagenengan ini merupakan tempat yang sama yang disebut dalam kitab Pararaton, Babad Tanah Jawi dan Nagarakertagama.

    11. Katang Lumbang

    Rawuh sireng Katang Lumbang mukta ta sira. Linan sira (Apanji Tohjaya). Anuli dhinarmme Katang Lumbang. Linan ira isaka 1172”.
    Sesampainya di Katang Lumbang, Panji Tohjaya pun tewas karena luka-lukanya. Apanji Tohjaya dicandikan di Katanglumbang, ia mangkat pada tahun 1172Ç/1250M

    Ada nama sebuah dusun di wilayah Pasuruan, tepatnya di Dusun Lumbang Boro Timur Desa Lumbang Rejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan (Tretes).
    Tetapi belum dapat dipastikan juga apakah Desa Lumbang (Dusun Lumbang Boro atau Desa Lumbang Rejo) ini dahulunya adalah Katanglumbang, tempat yang disebut dalam kitab Pararaton,

    12. Churabhaya atau Hujung Galuh

    Nama Surabaya sudah ada jauh sebelum zaman kolonial, ejaan nama Surabaya awalnya adalah Çhurabhaya. Tulisan ini di antaranya ditemukan pada prasasti Trowulan I berangka tahun 1358M atau 1280Ç. Dalam prasasti itu tertulis Çhurabhaya termasuk kelompok desa di tepian sungai Brantas sebagai tempat penambangan atau penyeberangan penting yang sudah ada sejak dahulu (nadira pradeca nguni kalanyang ajnahaji praçasti).

    Kata SURA dan BAYA konon diambil dari suatu legenda dari suatu mitos perkelahian hidup-mati Ikan Sura dan Buaya di sekitar Jembatan Merah. Namun ternyata tidak ada korelasi sama sekali antara nama Surabaya dengan dua makhluk itu. Berdasarkan literatur tidak diketemukan padanan ikan Hiu dengan kata Sura. Dimungkinkan mitos itu lahir setelah lambang kota Surabaya itu ada.

    Sebelumnya daerah ini disebut Hujung Galuh atau Ujung Galuh disebut juga Jung Galuh, berdasarkan prasasti Kelagen, berangka Tahun 959Ç/1037M yang dibuat pada masa pemerintahan Prabu Airlangga. Prabu Airlangga adalah raja yang memimpin masa kejayaan Kerajaan Jenggala Kahuripan yang merupakan kelanjutan dari Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah yang runtuh karena bencana.

    Nama Janggala diperkirakan berasal kata Hujung Galuh, atau disebut Jung Yalu atau Chung Kia Lu berdasarkan dialek Cina.

    Diyakini oleh para ahli sejarah Çhurabhaya telah ada pada tahun-tahun sebelum prasasti-prasasti tersebut dibuat. Sebuah hipotesis, Surabaya didirikan Sinuwun Prabu Kertanagara tahun 1275M atau 1197Ç, sebagai pemukiman baru bagi para prajuritnya yang telah berhasil menumpas pemberontakan Kemuruhan tahun 1192Ç atau 1270M.

    Versi lain dikisahkan pada zaman Majapahit terjadi pertempuran antara Adipati Jayenggrono yang menguasai ilmu Buaya dan Sawunggaling yang menguasai ilmu Sura. Pertempuran itu berawal dari ”ketakutan” Majapahit terhadap perkembangan Ujung Galuh dibawah pimpinan Adipati Jayenggrono. Pertempuran 7 hari 7 malam itu terjadi di tepian Sungai Kali Mas. Keduanya tewas dalam pertempuran itu.

    Empu Prapanca juga menuliskan nama Surabaya dalam Pujasastra Negara Kertagama. Di dalam dijelaskan bahwa pada tahun 1365 Raja Majapahit, Hayam Wuruk beristirahat di muara kali brantas yang bernama Surabhaya, saat melakukan perjalanan:

    yan ring janggala lot sabha nrpati ring çhurabhaya manulus mare buwun

    Ketika sampai di Jenggala, sang raja singgah di Surabaya, terus menuju Buwun

    Dari sekian sumber sejarah, yang paling lemah adalah mitos perkelahian antara ikan Sura (Hiu) dan Buaya.
    Pada lambang lama kota Surabaya, tepatnya lambang Gemenete van Soerabaia atau Pemerintah Kota Soerabaia yang lahir pada 1 April 1906 terdapat tulisan Soera Ing Baia pada pita.

    Tetapi tidak ada istilah Jawa atau penjelasan yang akurat yang menyebutkan bahwa Suro/Sura adalah ikan hiu. Nama Sura sering digunakan sebagai nama pada beberapa tempat seperti Surakarta, Kartasura dan Suralaya, dan itu tidak ada hubungannya dengan ikan Hiu. Kata Sura juga terdapat pada nama pahlawan legenda Jawa.

    Dengan begitu dapatlah disimpulkan, bahwa ‘SURA’ dalam semua penyebutan itu berarti BERANI, tidak ada kata lain selain kalimat itu. Dengan kata lain kalimat di pita lambang itu mempunyai arti ” BERANI MENGHADAPI BAHAYA ” dan sama sekali tidak berhubungan dengan ikan hiu dan buaya. Lalu apa makna dari Ikan Hiu dan Buaya itu ? (Mungkin di antara para kadang ada yang mengetahuinya atau mempunyai literatur tentang hal ini.)

    13. Canggu

    Dalam Pararaton dsiebutkan Canggu terletak di utara Kotaraja, ibukota Kerajaan Singosari, dibangun sebagai pengganti pelabuhan lama kerajaan Yortan yang rusak terkena bencana.

    Dalam Kidung Sundayana, Canggu disebut sebagai “kota bandar”, disebutkan terletak di sisi selatan sungai besar (Sungai Brantas) yang letaknya tidak jauh dari Tarik, sebelum dua percabangan, terletak yang palungnya membelok dari arah selatan ke utara, dan terus ke arah timur.

    Dalam perjalanan waktu Canggu akhirnya memang menjadi “kota”. Sekarang, Desa Canggu termasuk wilayah kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

    14. Mahibit

    Disebutkan dalam Pararaton, bahwa Mahibit berada tidak jauh dari benteng Canggu.

    Diduga terletak di daerah Terung, tidak jauh dari kota keraton Majapahit. Tetapi karena kurangnya data-data sejarah, sulit dibuktikan dengan tepat

    15. Gunung Paulauan atau Gunung Penanggungan.

    Gunung Penanggungan dijadikan tempat untuk memuliakan tokoh-tokoh kerajaan. Di lereng timur gunung ini di Belahan terdapat makam Airlangga, makam Sindok di Betra, dan makam ayah Airlangga di Jalatunda. Di Penanggungan pun terdapat ratusan candi, yang saat ini tidak terawat.

    16. Kelagyan

    Prasasti Kelagyan (Kamalagyan) yang dibuat semasa Prabu Airlangga bercandra sengkala 959Ç atau 1037M.
    Prasasti Kelagyan menceritakan bahwa pada suatu hari sungai Brantas yang semula mengalir ke utara tiba-tiba mengalir ke timur memutuskan hubungan negeri Jenggala dengan laut, merusak tanaman dan menggenangi rumah-rumah penduduk. Prabu Arlangga bertindak dengan membangun bendungan besar di Waringin Pitu dan memaksa sungai kembali mengalir ke utara. Mungkin, inilah yang disebut sebagai bencana “banyu pindah” dalam buku Pararaton. Bencana seperti ini terjadi berulang-ulang, bencana yang sama dicatat di dalam buku Pararaton terjadi lagi tahun 1256Ç atau 1334M pada zaman Majapahit.

    Kelagyan adalah nama desa Kelagen sekarang di utara Kali Porong dari Gawir Watukosek, sebuah gawir sesar hasil deformasi sesar Watukosek yang juga membelokkan Sungai Porong, melalui titik-titik semburan lumpur panas termasuk lêndhut bêntèr, ‘têrasi muncrat’ itu, juga melalui “mud volcano” (deretan gunung-gunung lumpur) di sekitar Surabaya dan Bangkalan Madura.

    17. Tapan

    Transliterasi Cina dari kata Sampang yang terletak di sebelah timur Jung Galuh, yakni Pulau Madura.

    18. Sukitan

    Transliterasi Cina dari Supitan (Dalam bahasa Jawa, selat disebut supit atau supitan, atau laut yang sempit), dimaksud di sini adalah Supitan Madura, suatu tempat yang membentang di perairan selat Madura dari Bangil sampai Surabaya atau pantai Barat Daya Madura.

    Demikianlah pårå kadang beberapa nama tempat yang disebut dalam Pararaton, Nagarakertagama, Babad Tanah Jawi, Prasasti Mula Malurung, kitab kidung, kitab babad, dan prasasti-prasasti lainnya, sebagai nama-nama tempat yang dikenal semasa kerajaan Singosari dan Majapahit. Masih banyak tempat-tempat lain yang pada masa sekarang sudah tidak dikenal lagi, mungkin terlupakan, sehingga tidak diulas di sini.

    Sepanjang tidak didukung oleh bukti-bukti yang akurat (seperti prasasti), agak sulit untuk menentukan dengan tepat lokasi nama-nama yang disebut di masa sekarang, boleh jadi nama yang dikenal semasa jaman Singosari telah berubah (misal: Panawijen menjadi Pålåwijen), atau telah ditinggalkan penduduknya (misal: pindahnya kota/pelabuhan Yortan ke Canggu), karena sesuatu hal seperti bencana alam, atau perang, atau sengaja dirusak oleh orang-orang yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Ini dapat didongengkan tersendiri.

    Nuwun

    cantrik Bayuaji

    • matur nuwun ki bayuaji, dengan demikian maka sanak kadang berkeinginan napak tilas perjalan sejarah mempunyai sisik melik awal yang dapat dijadikan pijakan dari mana memulainya.

      dipun tengga dongeng-dongeng salajengipun.

      mangga ki, ….

    • Matur sembah nuwun Ki Bayuaji. Yang membuat saya heran dan kagum kok Ki Bayu bisa menemukan dan pirso sampai detail kecamatan-kecamatan dan desa-desa kecil yang ada hubungannya dengan sejarah Kerajaan Singasari di daerah yang begitu luas ini. Seperti kata Ki Sukasrana jadi ingin napak tilas tempat-tempat yang disebut Ki Bayu. Tetapi untuk sementara ini hanya bisa napak tilas lewat Google Map sekalian melihat pemandangan yang begitu indah kota Malang dan sekitarnya, gunung-gunung, telaga yang biru, hutan yang lebat dan selat Madura. Berikut nama tempat sesuai cerita Ki Bayuaji yang saya temukan lewat Google Map :

      1. Singosari
      2. Polowijen (di dekat Jalan Adi Sucipto)
      3. Watugede
      4. Rejoso ( tidak jauh dengan Selat Madura)
      5. Genengan. Ada 2 Genengan, yang satu di dekat jalan Slamet Supriyadi dan satunya di barat laut Tlogorejo (telaga yang indah sekali dilihat dari Google Map dekat Jalan Malang-Blitar )
      6. Jenggala (timur laut Tlogorejo). Tetapi menurut Ki Bayu Jenggala adalah Ujung Galuh/Surabaya. Berarti Jenggala yang ini tidak ada hubungannya dengan sejarah Singasari.
      7. Kidal (tenggara Malang)
      8. Lumbang (utara Wonokerto).

      Cekap semanten atur kulo, kulo tenggo dongeng saklajengipun. Sugeng dalu.

      He he ……
      kalau Ki Arga search Sengkaling dengan Google Earth, kemudian gunakan ruler mulai titik tengah kapal yang di tengah kolam, sejajar jalan dengan jarak 725 m, disitulah blog ini dioperasikan.

      • Matur nuwun dipun paringi pirso, badhe kulo padosi, mugi-mugi kepanggih.

      • He he he he he he he…

        Ki Arga ini koq bisa-bisanya “heran bin terkagum-kagum“; lha namanya saja Bayuaji, bayu khan artinya angin.

        Jadi kalau sudah “jadi” angin, ya “blusukan” kesana-kemari Ki. Asal nggak masuk angin saja Ki……..
        He he he he…

        Sugêng dalu. Matur nuwun kawigatosanipun

  18. Assalamu’alaikum, selamat pagi..
    Waduh… Kudu Sabar lan ikhlas neh…
    Hayo… sama2 C-Mentrik keluarkan jurus ogrok2nya
    Biar sambungan 3/3 dicantol lagi

  19. waduuuh ternyata prenjak (he3 nyuwun sewu ki Trupod …) yang berkicauan tadi telah menggiring dan membawa untuk menyambangi padepokan to …
    maturnuwun sanget ki Aema kagem atensinipun lan nuwun sewu jarang ngisi komen wonten mriki …

    semoga ki Arema, ki Ismoyo dan semua sanak kadang dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kurang satu apapun

    salam

    • Sugeng Tanggap Warso Ki Lazuardi….
      Sukses Selalu !!

    • Sugeng Tanggap Warso ugi Ki Lazuardi….
      mugi panjenengan tansah pinaringan kebegjan donya dalah wonten akherat

    • sugeng tanggap warsa ki laz..🙂

  20. Monggo ….

  21. Monggo … monggo …

  22. sugeng siang ki arema..
    sugeng siang para kadang cantrik…
    sugeng siang para kadang mentrik…
    sugeng siang…………………..

  23. sugeng siang poro canrik
    monggo ……….

  24. sugeng sonten poro cantrik lan metrik
    monggo……….. dipun rahapi nyamikanipun

  25. piye to kok podo ora ono sing dolan ono padepokan

  26. matur nuwun nembe mawon mlinteng rontal kang gumantung ing regol…

  27. Lha yen rontal wis dibabar ana ing regol padhepokan njur apa maneh sing bisa tak ogrok=ogrok…?
    Nuwun sewu Ki Ajar pak Satpam, kula badhe nyuwun pirsa gandhok 08 badhe dipun bikak kapan ….?

    matur nuwun rontal 07 sampun kula pendhet.
    sugeng dalu.

    • Taksih kathah KI…

      Ngogrok2 rontal sak lajengipun. he he he

      Matur nuwun P. Satpam, rontal sampun katampi

  28. matur nuwun

  29. Matur nuwun, sampun ngunduh.
    Wingi sedino ora biso sowan.

  30. Sugeng enjang Ki Arema,
    Sugeng enjang Ki Ismoyo
    Sugeng enjang P. Satpam
    Sugeng enjang kadang PDLS sedoyo.

  31. Matur suwun Ki, sampun ngundhuh.

    • Selamet pagi semuanya………

      Ki arema “Said”, ki ismoyo “Said”, ki pandanalas “Said”, ki djodjosm “Said”, ki gembleh “Said”, ki sukasrana “Said”, ki arga “Said”, ki bayu “Said”, ki banu “Said”, ki kentang “Said”, ki budi prasodjo “Said”, nyi/ni/miss/mss naminonona “Said”, nyi/ni/miss/mss nunik “Said”, ki glagahmerah “Said”,ki samy “Said”.ki honggopati “Said”…. Oh ya ampir lupa, ki bapak satpam “Said”

      Pokoke kabeh bae, yang mempunyai “family name ” Said.

      Wilujeng enjing ka sadayana:
      Urang ngadu’a mugi-mugi Allah masihan rezeki sareng manjangkeun yuswa urang sadayana,mugi-mugi dipasihan barokah dina dinten ieu. Aamin.

      P. Satpam Said:
      he he … ada yang lupa “Ki Lelono Jagad Said”
      Banyak juga ya famili said di sini
      Ki Lelono aya aya wae

      • Wah Ki Lono, ternyata kita saduluran nyak?
        Marga ne SAID kabeh, he he he he

      • @ ki lelono jagad said.
        ki Satpam Said, para cantrik sedaya kaluargi said.
        Wilujeng enjing. Wilujeng ngantosan PBM-08

        • @ ki djodjosm

          Sumuhun mangga Ki Said…. eh ki djodjosm

      • dadi yèn ngaturi sanak kadang cukup nanggo “ki said” waé.

        lowung, ngirit tenaga nggo ngetik.

  32. wah ki bayuaji ada di perum sengkaling to,klo rumah saya ada di watu kenong,polowijen,memang di dekat rumah saya ada sumur windu tsbt,konon kata orang orang yang pernah memasuki sumur itu di dalamnya banyak lorong yg bercabang entah dimana batas ujungnya,dan didekat rumah saya berjarak 50 meter ada batu berbentuk mirip alat musik kenong,yg sudah berapa kali di pidahkan selalu balik ketempat semula.

    • Nuwun

      Nyuwun sèwu Ki, ingkang jumênêng wontén kêdaton Sêngkaling punikå inggih Panjênênganipun Sénopati Ki Mahèsa Aréma, déné kulå, Bayuaji manggén wonten tlatah wétan, wontên sa’ngandapipun argå Ijèn, ananging sapunikå, abot-aboté ngêmban sêsanggêman, akêkuwu wontên ndusunipun Wak Itêm ing Labuhan Kalapa tlatah kilén

      [Kalau sempat dan diijinkên oleh yang mbahurekså padépokan, Cantrik Bayuaji akan mendongeng siapa Wak Item dari Labuhan Kalapa ini].
      ..
      Jadi Ki Tambak Manyar ini “tetangga”nya Empu Purwa.
      Sudah lama, nggak tilik
      Kadewagurwan Panawijen. sumur windu, dan watu kenong. Semua masih terjaga baik bukan?

      Suatu saat saya akan sowan ke padukuhan Watu Kenong Palawijen, kalau Ki Tambak Manyar berkenan, saya akan mampir di dalêmnya Ki Tambak Manyar. Insya Allah.

      Nuwun

  33. Assalamu’alaikum, selamat pagi semuanya.

    • Waalaikumsalam Ni Nona salam tepang saking mbah djojo

      • Salam kenal juga Mbah Djojo,
        (wah jangan2 joshua Obok2 jenenge, he he he he)

  34. Pesan Ki Arema

    Maksud hati ingin beri kado Ultah Ki Lazuardi, tetapi persediaan rontal di bangsal pusaka semakin tipis, sedang Kiai Scanner Ki Ismoyo sedang sakit, maka kado Ultah Ki Lazuardi dari Ki Arema terpaksa hanya diberikan separuh saja.

    Tambahan dari Ki Truno.
    Sugeng Tanggap Warso Ki Laz, mugi panjenengan tansah sehat sa’enggo saged ngayahi kewajiban Kepala Keluarga kanti gancar. Tumpenganipun bade wonten pundi, ……. kulo namung nderek kerso panjenengan.

    @Ki Arema, ….. Wah5x persediaan rontal semakin tipis, …… bisa kekeringan nih padepokan kita. Marilah kita sama2 berdoa, semoga Kiai Scannernya Ki Ismoyo lekas sembuh.

  35. wah kapan gandok anyar dibukak, mergo ono cover ono harapan

  36. Ki bayuaji Said:
    Bayuaji manggén wonten tlatah wétan, wontên sa’ngandapipun argå Ijèn, ananging sapunikå, abot-aboté ngêmban sêsanggêman, akêkuwu wontên ndusunipun Wak Itêm ing Labuhan Kalapa tlatah kilén

    [Kalau sempat dan diijinkên oleh yang mbahurekså padépokan, Cantrik Bayuaji akan mendongeng siapa Wak Item dari Labuhan Kalapa ini].
    Monggo Ki kawulo nenggo, punopo Labuah kalapa puniko tlatah Pande-gelang ?, Menawi mekaten celak kaliyan kulo Ki.

    • Insya`Allah Ki.

      Nyuwun idi palilah dumatêng Sénopati Ki Mahésa Aréma,punåpå kêparêng Ki Mahésa?

      Nuwun

      • Lha monggo to Ki.
        Padepokan ini milik kita bersama, untuk saling berbagi.

  37. Nuwun sewu Ki bayuaji, wong arep ngetik Labuan Kalapa koq kleru Labuah kalapa.
    Nyuwun pangapunten.

  38. Ki Satpam, sugeng siang.
    Punopo gandok enggal bade dibukak mangke dalu kaliyan nenggo semi final ?

    • Kadosipun gandok sekalian kitab Ki Honggo, kagem camilan mirsani semifinal

  39. Maaf, tidak ada tulisan yang memenuhi kriteria Anda.

  40. Kulo nuwun ……
    Cantrik enggal sowan padepokan ….
    Nderek tepang kalih Ki Ajar Sengkaling, Angger Satpam dan sederek sedoyo ….

    Nembe mandap saking nganglang jagad kulon ….
    Nyuwun pamit … nJih ….
    kueselll puollll ….

  41. kulo sumangga’aken menawi ki bayuaji badhe pinarak dumateng gubuk kulo, pinaringi kabar rumiyin lho ki,menawi sumur windhu tasih kados kolo rumiyin namung watu kenongipun ingkang mrihatinaken,.. lha wonten pelataranipun wargo ingkang mboten mangertos artinipun sejarah.sejatosipun kulo tiang enggal wonten ngriku tasih 5 taon,nanging kelairan kulo sak kidulipun polowijen inggih meniko dusun sumpil lajeng pindah wonten sak leripun RSU saiful anwar,monggo ki kulo tenggo kabaripun.

  42. terima kasih, ki arema, ki ismoyo, ki pak satpam dan para bebahu padepokan lainnya…

    sugeng dalu, para cantrik lan mentrik sedaya

  43. sugeng enjang poro kadang

    randhat sowan …

  44. Nuwun sewu KiSatpam, kandhok menika nyasar menapo dipun sasaraken…….?

    • Wah salah ketik, maksud hati gandhok, jebule kandhok,….tapi tibake memang ternyata Ki Pak Boss Satpan mulai usil kok,…..kunci gandhoke disamarne, tapi bisa pakai kunci yang lain untuk masuk PBM 27.

  45. rahayu,…
    katur dumateng panjenengan sami,

    maturnuwun sanget …..mugi anak putu buyut saget nerasaken budoyo bongso. nuwun. cakalang 174a.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: