PBM-27

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 11 Agustus 2010 at 03:15  Comments (101)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/pbm-27/trackback/

RSS feed for comments on this post.

101 KomentarTinggalkan komentar

  1. saurrrrr

    • Sepuh ………………

  2. s.a.h.u.r.s.a.h.u.r.s.a.h.u.r

  3. Selamat dtg dlm penerbangan “Ramadhan Air” dgn no PNB 1431 H dgn tujuan Idhul Fitri, Kita akan terbang dgn ketinggian 30 Hr diatas permukaan haus & lapar.
    Para penumpang diwajibkan memakai sabuk puasa & meneggakan kursi sholat, Pnerbangan ini adlh pnerbangan Bebas asap peselisihan,dan Semoga tiba di Idul fitri dgn selamat…

    • Amin, ya Robbal’alamin

  4. Poso2 ngene kudune okeh tadzarus…
    Okeh2 sedeqah nggo wong2 sing fakir…

    Kulo fakir pbm…monggo nek badhe sedeqah

    • Hadu….
      Puasa kok tidak bisa menahan lapar dan dahaga (membaca rontal PBM)
      xixixixi………
      puasa ora pareng duko…

      • Sssst…….
        Ki PA ngeluarin jurus mbeling ramadhan tuch, xixixi

  5. Assalamualaikum wr. wb.
    Alhamdulillah tadi malam taraweh malam kesatu sudah dimulai. Jamaah luber sampai serambi mesjid penuh Alhamdulillah.
    Mudah-mudahan sampai malam akhir ramadhan tetap demikian Amin.
    Tetapi saya suka merenung,kemana jamaah tersebut pada hari-hari yang lain?. Pada hari biasa mesjid hanya penuh pada hari Jum’at, sedangkan pada sholat 5 waktu yang lain paling banyak 3 shaf.
    Apakah Saudara-saudaraku tersebut tidak tahu bahwa bagi laki-laki shlat dimasjid itu hukumnya wajib.
    Selamat berpuasa Saudaraku.

    • Betul Ki, memang ada sebagian ulama yang menghukumi wajib menunaikan sholat wajib berjama’ah di masjid bagi laki-laki yang sudah baligh, dan yang paling ringan makruh meninggalkannya. Dhawuhipun Kanjeng Nabi SAW “Tidak ada sholat (tidak sah) sholat seseorang yang tinggalnya dekat masjid kecuali dengan berjama’ah di dalamnya”

  6. Pas no 6

  7. Hadir pagi,
    Antri pagi,
    Nunggu……

  8. Assalamualaikum wrbb
    Bahan renungan mengenai sholat berjamaah di masji:
    Mohon dilihat pada Al Quran ( surah 24) surat An Nur ayat 36;37 .

    36. Bertasbih[1041] kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang,

    [1041] Yang bertasbih ialah laki-laki yang tersebut pada ayat 37 berikut.

    37. laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.

    Selanjutnya mari kita lihat bagaimana Rasulallah sangat geram kepada kaum yang tidak berjamaah di masjid tanpa uzur.
    Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, “Rasulullah SAW telah bersabda, ‘Sungguh aku ingin sekali rasanya menyuruh shalat, lalu dibacakan iqamah. Kemudian aku menyuruh seseorang mengimami shalat berjamaah (menggantikan aku), lalu aku pergi bersama beberapa orang yang membawa tumpukan-tumpukan kayu bakar ke rumah orang-orang yang tidak pergi mengerjakan shalat berjamaah, aku bakar rumah-rumah mereka dengan api. “(Shahih: Muttafaq Alaih)
    Monggo dikaji dalam hati kita sekalian.
    Waalaikumsalam wrbb

  9. selamat pagi, ki dan nyi sanak sekalian…

    hadir, ki arema, ki ismoyo, ki pak satpam…

    • pagi juga Ki….

    • siang ki banu…
      siang ki seno…
      siang para kadang cantrik..
      siang para kadang mentrik…
      siang… panas… haus.. hiks… (ga pareng ya…)

  10. Assalamu’alaikum, selamat pagi…
    selamat berpuasa…

  11. gambar ular naga…kok mirip ADBM ?

    • kangge bonus ingkang siam, sumonggo kitab pbm27 lan 28 dipun wedar kemawon ki satpam.

  12. nderek ndaftar antri

  13. sudah boleh antri ta ???
    ikut paling belakang.

    • mangga, ki… menurut ki pak satpam, puasa harus bisa menahan lapar dan dahaga (membaca pbm)…

      jadi nanti saat buka akan ditemani pbm 27, juga besok saat sahur akan ditemani pbm 28…:mrgreen:

      • haduh….
        salah tulis nih..
        gak gitu ki maksudnya.
        capek deh…..

        • ooo… nggih nyuwun pangestunipun, ki…😀

        • lho ‘gitu’ nggih mboten napa2 lho ki…😀

  14. kulonuwun

    gandok iki kok rodo aneh
    aku raiso mlebu langsung, kudu liwat butulan gandok 26
    yen langsung malah nyasar neng gandok 007

    setuju sekali kalo ini hari ada bonus puasa hari pertama
    27 + 28 sekaligus

    • Wah, Ki P.Satpam, hari pertama puasa kayaknya berat banget neh, krn udah puasa menahan lapar dan haus trus ditambah menahan rontal agar wedar sesuai jadwal…kan berat tuch (hayoo puasa ndak boleh marah, xixixi)

  15. Betul .. betul .. betul ..
    setuju sekali kalo ini hari ada bonus puasa hari pertama
    27 + 28 sekaligus

  16. Poro kadang sedherek sedoyo …

    Dalam perjalanan ke rumah tadi siang, saya mampir ke pedagang kaki lima. Puasa hari pertama ini siangnya panas sekali. Melihat timun suri dan blewah yang berjajar di lapak kaki lima, kepala sudah membayangkan: es blewah, timun suri dan papaya. Suegerrrrr …! Terbayang apa pembuka menu di rumah sore ini.

    Para kadang sedherek sedoyo, karena memasuki ramadhan, cerita soal jagung Ki Pandanalas saya pending dulu. Saya mau mendongeng soal buah yang satu ini: blewah dan timun suri. Karena kandungan airnya, kedua buah ini sangat populer menjadi menu berbuka. Karena alasan ini, izinkan saya untuk sedikit mendongeng tentang keduanya.

    BLEWAH

    Blewah merupakan kultivar asli melon Indonesia. Kalau dalam taksonomi, blewah termasuk kelompok cantalop. Nama lengkapnya: Cucumis melo var. cantalupensis. Kalau di supermarket, kita mungkin melihat buah melon yang kulitnya seperti berjaring (seperti ada jaring-jaringnya). Nah, blewah merupakan spesies yang sama dengan melon berjaring itu. Cuma, yang berjaring itu benihnya dari persilangan impor, sementara blewah merupakan varietas asli Indonesia, yang banyak ditanam terutama di wilayah yang kering di Jawa Tengah dan Timur atau dijadikan tanaman sela setelah panen padi pada musim kemarau. Termasuk di Sragen, tempat saya dilahirkan.

    Sayangnya, seperti spesies lokal lainnya, blewah kurang berkembang karena penelitian maupun persilangan jenis ini tampaknya masih belum banyak dilakukan. Melon lokal ini pun tidak berkembang seperti cantalup dan melon lainnya. Tak memiliki keanekaragaman rasa, kadar gula, dan warna buahnya. Bandingkan dengan cantalop sudah berkembang sedemikian banyak varietas, dengan kulit, rasa buah dan kadar gula yang berbeda-beda.

    Meski blewah bisa disebut melon asli Indonesia, spesies ini bukanlah buah asli Indonesia (nusantara). Blewah itu buah perantau yang sudah menetap. Diduga buah ini berasal dari Afrika – karena keragaman genetik spesies ditemukan di sana. Pada abad kedua dan ketiga sebelum Masehi, melon menyebar ke Mesir, Iran dan kemudian ke wilayah Asia lainnya. Blewah adalah melon perantauan yang kemudian menetap di Jawa. Di Eropa, melon menyebar berkat bantuan bangsa Yunani dan Romawi.

    Sederek, kembali ke blewah dan puasa .

    Kalau kemudian kita suka berbuka dengan es blewah, itu bagus karena blewah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita yang berpuasa. Sari pati dan gula yang dikandung blewah merupakan gula sederhana yang gampang dicerna tubuh. Makanya tak heran kalau kita langsung merasa sueger setelah minum es blewah. Apalagi kandungan air blewah tergolong tinggi.

    Para sederek nggak perlu beli cairan isotonik seperti yang diiklan-iklan. Blewah adalah isotonik alami. Seperti isotonik umumnya, blewah bermanfaat menggantikan cairan tubuh kita yang banyak berkurang setelah berolah raga atau pada saat kita puasa.

    TIMUN SURI

    Ini jenis buah yang populer di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Seperti blewah, kandungan air timun suri pun tinggi. Cuma rasanya memang agak berbeda dibanding blewah. Timun suri, menurut saya, lebih kapes-kapes. Kalau disuruh milih, saya lebih suka blewah.

    Selain kaya kandungan air, timun suri kaya serat, kalium dan provitamin A. Selain menyegarkan karena kandungan airnya, timun suri pun menyehatkan.
    Yang menarik, baru-baru ini ada penelitian: timun suri mungkin lebih tepat jika dikelompokkan sebagai varietas spesies melon
    (Cucumis melo), ketimbang mentimun (Cucumis sativus).

    Meski sekilas bentuknya seperti mentimun, tetapi keduanya berbeda terutama ketika buahnya sudah masak. Mentimun tidak berbau ketika masak. Sementara timun suri baunya tajam dan segarr sekali. Mirip buah melon.

    Ketika penelitian terhadap kromosom dilakukan, maka didapatkan bahwa timun suri memiliki kromosom diploid sebanyak 24 – mirip seperti melon. Sementara timun 14. Karena itu ada ahli botani yang mengusulkan, penamaan timun suri sebaiknya diganti dengan nama melon suri …

    Lah, bagi kita nggak pentinglah. Kata Shakespere, apa artinya sebuah nama …. Yang penting, nyiapi blewah dan timun suri plus papaya plus sedikit sirup … suegerrrrrr. Walah-walah, rasanya seperti sudah berbuka sekarang!

    Gitulah hasil blusukan setelah buka internet di rumah. Sekadar memuaskan rasa penasaran saja. Monggo, mempersiapkan buka dengan es blewah dan timun suri ….

    Semoga berkenan …

    Wassalam,

    Cantrik Gelap Mahisa Peteng

    • kulo njih remen kaleh sing blewah2…nopo maleh sing timun-timun …

      • Whalah … Ki pandanalas ki mangsudnya nopo. eling: 1. sampun tuo. 2. niku ramadan lho

        • lhah pripun tho…

          bukanan : es blewah..
          saur : jus timun…

          rak echo saestu tho ki padang (tinimbang ki peteng)

          • Ki, saur niku enake sing anget-anget. Kalau jus (biasanya dicampur es), perut njenengan nanti mules lho …

          • jus timune ngangge wedang sere ki….sanes dicampuri es..he..he..

          • Yo wis lah..blewah dicampur timun ngono…wis mesti seger enak..

    • sing ngangeni niku rak sing bléwah-blèwèh niku.

      • ki Ajar Satpam kudu ndang medar rontal iki…
        iso podho batal posone nek mbahas sing bléwah-blèwèh tur timun-timun

      • pandanalas said:

        jus timune ngangge wedang sere ki….sanes dicampuri es..he..he..

        —–

        Pancen, Ki Pandanalas iku ilmu ngelese top tenan! Paling top!

        • keokeokeo …

          saestu lho ki…lah kulo nek ngejus niku mboten nate ngangge es je…

          nek ngangge es, mangke saged mengkeret timune….malah mboten echo

          • Dibalese sasampune buko nggih Ki, wedi batal posone …

          • kulo kinten..: meh medar bar bukonan…hiksss

    • Nuwun

      Sekedar menambah penerangan agar supaya tidak “gelap” dan menjadi “peteng” seperti Ki Gelap Mahesa Petengyang yang sekarang sudah nggak peteng lagi.

      blewah

      Buah yang menyandang nama latin Cucumis melo Var Cantalupensis, atau garbis atau semangka belanda.

      Blewah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita yang berpuasa. Sari pati dan gula yang dikandung blewah merupakan gula sederhana yang gampang dicerna tubuh. kandungan air blewah tergolong tinggi. Blewah adalah isotonik alami.

      Seperti isotonik umumnya, blewah bermanfaat menggantikan cairan tubuh kita yang banyak berkurang setelah berolah raga atau pada saat kita puasa.

      Blewah memiliki kandungan fruktosa dan glukosa, gula buah sederhana yang cepat diserap tubuh sehingga bisa memberikan energi instan. Kalsium di dalam blewah termasuk tinggi, demikian juga dengan kandungan vitamin A. Baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mata.

      Betakaroten di dalam blewah bersifat antioksidan, manfaatnya melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Sedangkan vitamin C di dalam blewah berfungsi sebagai anti bakteri dan anti virus, bermanfaat meningkatkan setamina sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sementara tingginya kalium di dalam blewah mampu mengendalikan tekanan darah, cocok bagi penderitaa hipertensi.

      Sementara serat yang tinggi mencegah tubuh dari serangan kanker kolon. Blewah juga memiliki indeks glikemik yang rendah, aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan obesitas.

      Blewah memiliki beberapa kandungan. Dalam 100 gram blewah mengandung energi 39 kalori, karbohidrat 10,2 gram, vitamin c 36,7 mg, protein 0.84 g, serat 0.9 g, gula 7,86 g, kalsium 9 mg, vitamin C 36,7 mg, vitamin A 3.382 IU dan vitamin E 0.05 mg.

      Selain itu blewah mempunyai monosakarida atau glukosa jenis fruktosa. Air merupakan kandungan yang paling mendominasi. Karena itu tidak heran jika buah ini cocok digunakan untuk mengganti cairan tubuh agar tubuh tetap terjaga kesehatanya.

      Sayangnya, jika sudah dipotong blewah hanya bertahan satu hari, jadi sebaiknya jangan menyimpan buah yang satu ini dalam keadaan sudah terpotong, usahakan agar sekali penyajian buah dapat langsung habis, karena gampang rusak dan busuk karena kulitnya yang tipis.

      Buah yang satu ini juga mudah didapatkan, Jika kita mengunjungi pedagang buah di pasar-pasar tradisional atau pun di supermarket, hampir dapat dipastikan kita akan mendapat buah blewah, apa lagi saat bulan puasa datang, buah yang satu ini banyak sekali di jual dipinggir jalan dengan harga yang murah dan bervariasi.

      Buah yang berkerabat dekat dengan melon ini rasa dan aromanya memang lebih mantap. Segar, manis, dan wangi buah montok ini sungguh menggoda selera, serta warna jingganya akan lebih memikat.

      Buah yang menyandang nama latin Cucumis melo Var Cantalupensis ini sedikit terpinggirkan bila dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Penelitian tentang blewah sulit didapati, sehingga varietasnya pun sangat terbatas. Yang paling sering kita jumpai adalah blewah jenis kuning jingga, baik kulit dan daging buahnya.

      Semangka yang namanya lebih berkibar dibanding blewah, temyata hanya mengandung 600 IU vitamin A. Coba kita bandingkan dengan blewah yang nyaris terpinggirkan ini, buah dengan nama lain garbis mengandung vitamin A mencapai 4.000 IU dalam 100 gram buah segar.

      Vitamin A yang terkandung dalam buah ini sugguh berlimpah yang hanya dapat disaingi oleh buah mangga yaitu 6.150 IU. Meski masih tersisih, mulai sekarang masukkanlah blewah ke dalam daftar menu harian keluarga.

      Luar biasa keistimewaan buah yang kerap disebut semangka belanda ini, dengan mengasup sepotong kecil ukuran 5×15 cm setara dengan 100 g sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian kita.

      Kandungan vitamin C dalam blewah segar seberat itu setara dengan 60 mg vitamin C suplemen. Karena vitamin C sangat mudah rusak dan bereaksi dengan udara, maka makanlah blewah segar sesaat setelah dikupas.

      Bila dikonsurnsi segar, buah ini akan sangat mambantu mengatasi gangguan kulit. Karena, blewah kaya sekali vitamin-vitamin andoksidan, penyegar dan peremaja kulit.

      Radikal bebas tidak pemah berhenti menggeranyangi kulit kita, karenanya vitamin A, C, dan vitamin E sangat dibutuhkan sebagai penangkalnya. Blewah mengandung semua vitamin anti radikal bebas itu, karenanya konsumsilah buah ini.

      Kepada para kadang yang ingin badannya segar, wangi, lembut dan bercahaya, sesekali pergi ke SPA, di sana kita dapat “mandi blewah” alih-alih “mandi susu

      He he he he he..

      Sugêng sontên Ki Cantrik Gelap Mahesa Peteng, apakah blewahnya sudah diserut, Saya tunbggu kiriman es blewahnya.

      Juga pårå kadang sutrésnå padépokan pêlangisingosari
      Selamat menanti saat berbuka puasa.

      Dari Abu Hurairah radhiallahu `anhu, dia bercerita, Rasulullah shallallhu `alayhi wasallam bersabda, “……. Dan orang yang berpuasa itu memiliki dua kegembiraan; kegembiraan saat berbuka dan kegembiraan saat berjumpa dengan Rabbnya. ……

      Nah bukankah kita kini sedang menunggu saat berbuka puasa.

      Nuwun

      cantrik Bayuaji

      • Saya sudah cek di meja makan. Sudah siap Ki. Sudah diserut. Plus pepaya mateng. Ditambah sedikit sirup.
        Siap dikirim semangkok ke alamat Ki Bayuaji, by email.
        Jadi nuwun sewu, dibayangkan saja ya Ki

  17. Alhamdulillah…sudah bertemu dan masih dipertemukan dengan ramadhan lagi.
    Mohon maaf lahir batin buat sanak kadang semua,
    Kaya’nya baru baru saja baca komen salah satu cantrik yang membahas kalau buka puasa jangan pakai yang manis (lupa siapa yang nyentelin)..sekarang sudah puasa lagi,
    ketemu blewah sama timun suri lagi..

  18. Ana kidung rumeksa ing wengi

    teguh hayu luputa ing lara

    luputa bilahine kabeh

    jim setan datan purun

    paneluhan tan ana wani

    miwah panggawe ala

    gunaning wong luput

    geni atemahan tirta

    maling adoh tan ana ngarah ing mami

    guna duduk pan sirna

    • hiks….Sunan Kalijogo lewat ….

      • lho, ki sutajia memang anak didiknya kangjeng sunan, ki… alas mentaok khan dibuka atas restu beliau…

        • iyo nding..lali aku….

          nek ki banuaji kuwi kembarane ki bayuaji yo …

          • iyo yake…

          • sinambi ngabuburit..enake ngrahabi pbm 27 lho ki Ajar…

            sedeqah di bulan ramadhan pahalanya dilipatgandakan lho..opo maneh sedeqah ketika sdg persediaan menipis…opo maneh sedeqah kepada wong sing gek kaliren….

          • harah…

            jangan lupa, berbukalah dengan yang manis….

          • yang manis jangan sampai ditutupi rontal lho, biar terlihat dengan jelas……

  19. Selamat malam Ki Senopati,
    Selamat malam Ki Ajar Satpam,
    Selamat malam Ki Sanak semua

    Selamat Berbuka Puasa hari pertama Ramadhan.

  20. Selamat malam Ki Ismoyo

    Nembe kemawon buka, dawet janggelan.
    nyess…, asreipun ngantos madaran.

  21. ki sanak semuanya, …

    selamat berbuka puasa.

    bahagia rasanya berbuka puasa bersama anak-anak, sambil sekali-sekali melihat cucu yang bléwah-blèwèh di gendhongan ibunya.

    • walah…
      Ki sukasrana taksih kemutan blewah-bleweh.

  22. ki satpam,

    sepengetahuan saya, “bléwah-blèwèh” itu artinya sebentar-sebentar tersenyum cerah tulus dari hatinya, biasanya pada anak bayi/balita yang belum bisa ngomong. kadang-kadang ngecès juga, …

    di tempat lain mungkin saja berbeda istilah, mangga saja, …

  23. Sugeng ndalu….

    Alhamdulillah, hari pertama dilewati dengan selamat. Setelah berbuka dengan es cincau-kolang kaling-rumput laut, di lanjutkan dengan nasi sop karya nyai tercinta…. alangkah lebih lengkap kalo buka puasa hari ini kalo bisa ditutup dengan PBM-27.

    Leres mekaten tho Ki Ajar???? matur nuwun sak derengipun

    • SABAR….
      Pak Satpam sudah kirim info sama Ki Bukan_SMS alias Embah Syukur, katanya rontal bentar lagi diwedar.
      Kali ini gue enggak bohong, ane JUJUR……

      • MAAF, ADA TAMBAHAN INFORMASI
        Keybord Pak Satpam kesiram manisan BLEWAH
        Mohon kesabarannya…………

        • PBM-27 untuk teman makan sahur Ki

          singidan maneh….

          • nggih mpun mangga, sing penting “ana-tutuge”

  24. Kali ini gue pengen bicara serius (enggak pake canda)

    Terima kasih sebelumnya buat Ki Ismoyo, Ki Arema, Pak Satpan juga bebahu semuanya dibelakang layar yang telah menyajikan karya emas SHM.
    Lagi-lagi gue angkat topi, seorang laki-laki tulen seperti SHM dapat menggambarkan begitu sempurna perasaan “minder” KENPADMI yang cewek tulen.Nyaris SEMPURNA.
    Rontal 25,26 betul-betul mengasyikkan, buktinya para kadang yang sudah lama tidak hadir muncul kembali (komen sampei meluber)gelar perang seperti cakra yuda, sapit urang dan garuda nglangyang begitu sempurna ditayangkan seperti nyata.
    YANG JELAS SAT INI GUE SAKAW BERAT,
    ME-NUNG-GU (suara mirip bang Rhoma)

    • Ki Kompor,

      sakaw berat menunggu tutuge…..atau menunggu Ni Ken Padmi…..ha ha ha.

      puasa gojeg sedikit…boleh khan hiks

      • Ingat jaman di adbm….rame sueekali.
        saya sampai menjadi penterjemah pribadi Ki Kompor…..he he he.

        • selamat pagi, ki arema, ki pak satpam, ki ismoyo, dan sanak kadang cantrik serta mentrik semuanya…

          ki kompor atau ni ken padmi, ki? he…he…he…

          bagaimana, kabarnya, ki is?

  25. Nuwun

    Sugêng dalu. Sugêng pêpanggihan pårå kadang sâdåyå. Atur pambagyå raharjå dumatêng pårå kadang sutrésnå padépokan pêlangisingosari , ingkang dahat kinurmatan:

    SELAMAT BERTADARUS MALAM KEDUA

    Mohon izin dan perkenan Senopati Ki Mahesa Arema, dalah pårå bêbahu padépokan pêlangisingosari såhå pårå kadang sâdåyå.

    Tinimbang gojeg sing ora-ora” (lha gojeg sing oraora-orakuwi piye toh). Ada komen:“Puasa kok tidak bisa menahan lapar dan dahaga (membaca rontal PBM)….. Sssst…….ngeluarinjurus mbeling ramadhan tuch, xixixi …………….

    Di saat-saat pårå kadang muslim sutrésnå padépokan pêlangisingosari menjalankan ibadah puasa Ramdahan 1431 H tahun ini, cantrik Bayuaji ingin mengisi saat-saat itu untuk Saudara-saudaraku seiman pårå kadang muslim sutrésnå padépokan pêlangisingosari , dengan DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI PENYEBARAN ISLAM DI NUSANTARA

    Hal yang cantrik Bayuaji paparkan (kalau diizinkan) bukan suatu hal yang baru, karena di beberapa situs atau di buku-buku sejarah, dan juga beberapa peninggalan para juru da’wah Islam masa lampau baik berupa makam, pêsaréyan, masjid kuno, mimbar kuno, Kitab Suci Al Qur’an Tulisan Tangan (juga kuno), yang sudah pasti sering dibaca, diziarahi oleh pårå kadang sutrésnå padépokan, atau paling tidak pårå kadang khususnya muslim sutrésnå padépokan pêlangisingosari sudah mengetahuinya.

    Satu hal lagi yang ingin cantrik Bayuaji sampaikan bahwa paparan (sekali lagi kalau dongengnya cantrik ini diizinkan oleh yang “mBahurekso padépokan pêlangisingosari ”) semata-mata dari penglihatan dan pendengaran mata dan telinga sejarah saja, dan tidak mencampuri hal-hal yang menyangkut keyakinan seseorang terhadap sesuatu peristiwa atau tempat-tempat yang dikeramatkan dan sebagainya.

    Adapun sumber tulisan sebagai rujukan adalah “rontal-rontal para pakar di bidangnya, situs-situs peninggalan Islam seperti makam, masjid, Kirab Suci Al Qur’an, dan seperti yang pernah cantrik Bayuaji tulis bahwa:

    Pemaparan sejarah semata-mata penggambaran dari sejarah itu sendiri, yang kebenarannya bersifat hipotetik. Dalam menelisik untuk mencari kebenaran sejarah, harus berbasis keilmuan semata dan tanpa beban, tanpa rekayasa, selalu dengan akal sehat, pikiran yang jernih, bersih, netral, tanpa emosi, tanpa maksud-maksud yang tidak wajar, dan sudah barang tentu tidak ada unsur pemalsuan, apalagi ditunggangi kepentingan-kepentingan politik tertentu dengan cara-cara bujukan atau pemaksaan.

    Kalaulah digambarkan, seperti tokoh Darba dan Paniling yang tidak lain adalah Radite dan Anggara, murid Pasingsingan Sepuh, dari Pudak Pungkuran dalam lakon Nagasasra Sabukinten: “Orang yang dipanggil Darba itu kemudian tertawa. Tertawanya terdengar seperti suara air yang memancar dari mata airnya. Bersih dan tanpa maksud-maksud yang tidak wajar

    Demikianlah. Sumonggo, cantrik Bayuaji nênggo dawuh.

    Nuwun

    Cantrik Bayuaji
    11072010PBM27

    Monggo Ki

    • Wah, sae Ki.
      Dongengi Ki Bayuaji (koyo syair lagu) kutunggu slalu …

  26. Sugeng tadzarusan…
    Sugeng midangetaken…
    Sugeng blewah-bleweh … (Koyo guyune bocah bayi kae lho…dudu liyane)

  27. isi daftar hadir malam hari…

    tongkat estafet diserahkan ke ki widura, ki pak satpam, dan ki serta nyi sanak yang mendapat tugas ronda…

    sugeng dalu, sanak kadang sedaya, selamat beristirahat, bagi yang menjalankannya

  28. Absen tengah malam…. :))

    • ikuuuuuttttt kang, ….

  29. Menelusuri kembali peta surga yang sempat terlupakan… ^_^

    اَللّهُمَّ اجْعَلْ صِيامي في رمضان صِيامَ الصّائِمينَ وَقِيامي فيِهِ قِيامَ القائِمينَ ، وَ نَبِّهْني فيهِ عَن نَوْمَةِالغافِلينَ ، وَهَبْ لي جُرمي فيهِ يا اِلهَ العالمينَ ، وَاعْفُ عَنّي يا عافِياًعَنِ المُجرِمينَ . و قَرِّبْني فيهِ اِلى مَرضاتِ…كَ ، بِرَحمَتِكَ يا أرحَمَ الرّاحمينَ

  30. hoaahemmm

    Lha dalah….
    lama sekali tidak bertemu (sing bener membaca komen Ki tqmrk)
    Selamat datang Ki

    • he..he.. lama ditinggal ternyata padepokan sudah pindah. padepokan lama udah sepi. apa kabar para sedherek?

      Tidak pindah Ki
      Cuma buat bangunan baru.
      Padepokan ADBM tetap sebagai induk dari padepokan ini.

      • Padepokan lama sih yang sambang masih rame Ki…cuma gak pada komen gitu…

  31. Kamsia,
    Lalap rontal sudah direbus buat SAHUR
    Ane JUJUR

  32. baru lima menit yang lalu bisa masuk gandhok dan mengundhuh pbm-27. sebelumnya sejak jam 01.00an koneksi ke-mana-mana kena blokir. hanya beberapa saja yang bisa diakses.

    hasil kebijakan “brilliant” dari menkominfo.

    apakah sanak kadang juga mengalami kejadian yang sama ?

    matur nuwun.

    • Kok saya bisa masuk sejak sebelum makan sahur tadi ya, malah jam 4.00 sudah ngundhuh PBM-27. Memang saya tidak kemana-mana, hanya masuk gandok Pdls dan gagakseta saja.
      Sugeng enjing Ki Sukasrana.

  33. Matur sembah nuwun katur Ki Arema, Ki Ismoyo, Pak Satpam. PBM-27 sampun kulo undhuh.

    • Saur PBM-28
      Buko PBM-28
      Camilah malam PBM-29
      Sangu turu PBM-30
      Bonus Bulan Ramadhan PBM-Tamat

      Hiks ….. Angger Satpam … lagi minta ijin kepada Ke Seno …. “boleh apa boleh ya?,” Ki Seno langsung njawab …. “Ya wis …. wedar wae sesuai dengan permintaan ………..” Horeeeeeeee

  34. Tingak-tingoek …
    Tolah-toleh
    Teklak-tekluk

    banjur mlaku dimik-dimik ….
    mulih disik … mapan turu …
    Ngunduh, nanging ora kuat moco ….

    • asal gak ora kuat poso….

  35. Matur tengkyu, ki Arema, ki P Satpam.
    Buntelan saur sudah dipendhet.

  36. terima kasih, ki arema, ki ismoyo, ki pak satpam, dan para bebahu padepokan sekalian…

    salam, sanak kadang cantrik dan mentrik semua…

    • ndherek ki Banuaji,

      terima kasih, ki arema, ki ismoyo, ki pak satpam, dan para bebahu padepokan sekalian…

      salam, sanak kadang cantrik dan mentrik semua…

      • selamat siang, ki yudha pramana, ki arema, ki ismoyo, ki pak satpam, dan sanak kadang cantrik semua…

        (lho, ada yang ngopi di pojokan, “sambil nunggu buka.” katanya…)🙂

        • Siapa hayooo….ojo2….Ki Banu sendiri…xixixi

          • kelingan jaman mbiyen
            wektu ki Menggung…he3x

            “mokel”

          • dudu, ki… kula namung ngerencangi, koq…😀

  37. Assalamualaikum,
    Selat pagi Ki Arema, P. Satpam dan Saudaraku semua.
    Pagi-pagi walaupun terlambat sudah ngunduh.
    Matur nuwun.

  38. Ngisi daftar hadir pagi sambil ngunduh.
    Nuwun …

  39. Nuwun

    Sugêng énjang

    Jakarta di pagi hari ini, matahari bersinar lembut. Jalanan bukan tol yang biasanya suka “pamer” (padat merayap) dan cenderung macet, pagi ini (07.30 sd 09.15) lancar, kendaraan melaju dengan rata-rata kecepatan antara 50 sd 80 Km/Jam.

    Tol lingkar dalam kota, dan luar kota arah dari/ke Jagorawi, “sepi ing mobil, lancar ing puoolllll”. Kendaraan melaju dengan rata-rata kecepatan 80 /120 Km/jam.

    Apa pada kesiangan, habis dapet berkatan sahur trus bobo, and Shubuhnya…..? Mudah-mudahan ngak.

    SELAMAT BERPUASA HARI KE-2

    Yaa Allah! Dekatkanlah aku kepada keridhaanMu dan jauhkanlah aku dari kemurkaan dan kemarahanMu. Berilah aku kemampuan untuk membaca ayat-ayatMu dengan rahmatMu, Wahai Ar Rahman. Allah Yang Maha Pengasih dari semua Pengasih Aamin.

    Nuwun

    cantrik Bayuaji
    12082010PBM27

  40. sugeng siang…
    mampir nginguk kemawon…

    selamat berpuasa hari ke-2..😀

    • sugeng juga, ni…

      selamat berpuasa, semoga dalam ibadahnya, mendapatkan pencerahan dari Yang Maha Agung, sebab di kantor saya, pada bulan puasa, jam-jam segini malah sepi… aneh… kalau di luar bulan puasa, malah sudah pada teriak-teriak dari pukul 13.00 bbwi tadi…

      • wis diparingi tekan 28 … hiks

  41. Huahhh …
    Nyampe di rumah hampir buka.
    Masih ada es blewah (blewah sisa kemarin).
    Kali ini ada nasi pecel, krupuk gendar, pindang telur rebus
    Sudah nantang di tata rapi di meja makan …
    Sayang, kurang tempe/tahu bacemnya …

    Sekadar mampir, menjelang buka …
    Selamat berbuka puasa sederek sedoyo!

    Cantrik Gelap Ki Mahisa Peteng

    • @ Cantrik Gelap Ki Mahisa Peteng

      Lho menu berbuka puasa kita kok sama Ki.
      Cuma beda: Kalau saya nggak pake pindang telur rebus, tapi pake tempe bacem, dan pecelnya pake lamtoro muda.

      Es blewah….(lha kan dapet kiriman dari nJenengan Ki.).

      Nuwun. Selamat berbuka. Trus budal tarawih….

      • @cantrik peteng mahesa gelap
        @ cantrik Banyuaji bukan Banuaji
        Selamat nunggu gandhok dibuka…..

  42. “Ken Padmi mengintip dari pintu seketheng”
    Adakah yang bisa kasih pencerahan tentang pintu seketheng???
    Apakah sama pintu seketheng itu dengan pintu samping??

  43. Selamat sahur ki Satpam dan para sedulur kabeh, minumnya es blewah yaaaa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: