PdLS-39

🙂

Ki sanak
Terus terang, saya belum mengikuti cerita PdLS dengan baik. Yang saya baca baru jilid 1 dan 2 dan jilid-jilid di atas 20 untuk membaca ulang hasil proofing Ki Mahesa, Ki Hartono dan Ki Wiek.
Ada beberapa nama tempat yang sempat saya jumpai pada cerita ini, dan sebagian besar rupanya sudah tidak ada di dunia nyata ini. Mungkinkah nama-nama desa itu dari catatan sejarah, atau hanya nama bentukan Ki SHM.

Jalur jelajah saya di jalur cerita ini, tetapi saya tidak bisa membayangkan kira-kira Panawijen dimana, Kemundungan dimana, Lulumbang dimana, Padang Karautan dimana, dll.

Tempat yang sempat saya catat adalah:

  1. Tumapel belakangan berganti Singosari (pada saat ini)
  2. Panawijen, saya ubek-ubek di Kabupaten Malang (lereng Gunung Kawi) tidak ketemu
  3. Padang Karautan
  4. Lulumbang, Padepokan Empu Gandring
  5. Karuman, Rumah orang tua angkat Ken Arok. Ada nama tempat di jalan Malang – Batu.
  6. Kemundungan, tempat tinggal Kebo Sindet
  7. Ngarang, desa asal Empu Sada dan ibu Mahisa Agni
  8. ……, dll

Mohon ditambahi nama-nama tempat yang ada di cerita ini.
Saya akan mencoba mencari, nama-nama tersebut, mungkin nama desa, atau pedukuhan yang masih ada pada saat ini.
Ada rencana untuk menampilkan peta, agar pembaca dapat memahami perjalanan lakon dalam cerita ini.

Ngapunten Ki Sanak,

Kulo sampun titip kalian satpam, Hari Kamis tanggal 21 jam 12.00 tit.., gandok dipun buka. Eh…, satpamipun dadak kesupen.
Monggo…., lontar digembol Ken Arok dibawa ke Padang Karautan

 

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 21 Januari 2010 at 12:00  Comments (108)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/pdls-39/trackback/

RSS feed for comments on this post.

108 KomentarTinggalkan komentar

  1. Alhamdulillah nomor setunggal malih, ndang disumit ben aja kedisikan Kang Pls

    • Nomer loro…lumayan

      • Horeee ….
        Bagian buka GANDOK …….
        Pegang kunci sendiri …
        Bisa masuk dan ngunduh paling disik …..
        Selamat Sakaw .. kisanak …

      • Nomer Telu !!!…lumayan..

    • nomer siji…

      ki Djojosm nomer setunggal

    • nomor kalih, asoyyyyy, absen KI gede

      • huah ternyata nomor tigo, cekelan ki Djojosm, Ki Jaka pekik lan Ki Pandanalas

        • salah lagi ternyata nomor sekawan, hiks lagi salah mulu

  2. Arep ngetik submit malahan sumit, djriji tua iki wis ora sinkron karo perintah atasan.
    Aku seneng iso ngalahke Kang Pls bab ngisi komen nang gandok 39, tetapi bab koleksi widow tetep ga iso ngalahke beliaunya ini sebab elmune aktif, akomodatif lan seduktif

    • koleksi widow Ki? hi hi hi, ki Pls punya berapa banyak ya dirumah……?

      • kulo niki namung menjalankan amanah…

      • koq pirso nek kulo ternak banyak…

        banyak di rumah saya banyak sekali ki..

        klo di pekarangan ki Djojosm, malah banyak ayam berkeliaran

        • banyaknya dikasih les komputer ngga ki?

          • banyak-e malah nge-gym

            supadhos padet-singset-mlethet

          • Nek teng nggen kulo malah …les angrem !…

        • les Komputer 2 minggu sekali…..
          saya denger yang diutamakan malah
          les renang ki….!!!

  3. Jalur jelajah saya di jalur cerita ini, tetapi saya tidak bisa membayangkan kira-kira Panawijen dimana, Kemundungan dimana, Lulumbang dimana, Padang Karautan dimana, dll..

    nek madhosi bulumbang + padang karautan..mboten sah tebih2 ki…saenggon2 kathah..
    (jarene ki Tumenggung lho…hiksss)

    • madhosi bulumbang + padang karautan….???

      hiks, ki PA……U-nya jangan diperlihatkan,
      cukup blumbang….nanti ki SENOPATI gampang menelusuri.

      ki SENO tangled kemawon sama ki AREMA….

    • Sesampunipun khatam maos kitab38 wonten ingkang menarik dari cara SHM menulis alur cerita ini. Tampak ada perpindahan yang bergaonta ganti dari satu klimaks (pertarungan Agni melawan K. Sindet ) dan klimaks yang lain ( Ken Arok dkk sedang mengatasi banjir). Sedangkan klimaks yang lain terjadi setelah kecapean menggali belumbang dekat padang karautan, seorang perwira prajurit Tumapel yang bergelar Ki Peles ngos ngosan sambil ngelap keringet buntet dibadannya.
      Iki Cerita ngawur

      • ki Djojosm……ihik-ihik

        yang paling bawah klimaks-imajinatif

  4. absen

    • Bade tindak pundi Ki, kok absen …..
      Di padepokan Ki Seno, kata absen berarti tidak masuk, alias, mbolos bin ditch padepokan …
      hiks…

  5. Hadir …….

  6. On 21 Januari 2010 at 11:46 pandanalas Said:

    ngentosi mechungulipun mentrik simbolik-heprbolik-similikithik…mesthi pirsone…lah wong wasis saestu…nanging kedah ngatos2..priyiyine radhi se*si

    wah telat mlebu…..ra po2 tak paste neng kene
    pengeni nomer siji, malah kebagian nomer loro (hiks)

    • Kalau Ki Pandanalas nunggu mentrik simbolik-hiperbolik, sebaliknya Ni KP mencari cantrik nyentrik-parabolik-mekitik …….
      Sinten nJih?

      • jelas niku..priyantun sangking Lemah Abang (LA)

      • Sanes Kulo lho,…

    • biar lambat yang penting hadiirrrr

  7. dari Wikipedia : Lulumbang ada di Pasuruan (kecamatan Lumbang) sementara hanya itu yang saya pernah baca ki Seno

    • pekanbaru njih kathah ki…
      nek jam sewelas bengi, lulumbange podho ngawe2 pinggir ndalan..nopo maleh teng jalur arifin achmad…hikss

      • yaa ampyuuuunnn…
        apal sak jam2e..

        piss ki.. 🙂

        • kulo niku dipun paringi pirso kaliyan engkang mbaurekso AA koq Nyi

        • Ingkang mbaurekso AA nopo mamih-ipun?
          Ora pareng duko!!! Tak mlayu hi!

          • priyantun Arifin Achmad ki..

  8. Nuwun para panguwaos padepokan, para kadang, kula pun cantrik bayuaji, bade ngaturi uninga, inggih mboten sanes namung kangge njagi katentreman padepokan, lan rasa maturnuwun dumateng Ki Bagawan SH Mintardja (ingkang sampun seda) saha sakulawarganipun.
    Wonten satunggal bab, inggih punika bab hak cipta. Sadaya rontal, menawi panjenengan maos wonten kaca pambuka, tamtu wonten seratan mekaten:
    (ejaan lama)
    HAK TJIPTA DILINDUNGI OLEH UNDANG-UNDANG
    Penjiaran lesan/tertulis harus seidjin penulis

    Kamongko sapunika Ki Begawan SH Mintardja sampun seda, mbokbilih wonten dangan ing penggalih para kaki panguwaos padepokan keparenga nyuwun ijin dumateng Nyi Begawan SH Mintardja garwanipun Ki Begawan. Awit wonten paugeran Penyiaran lesan/tertulis harus seijin penulis
    Sinaosa sadaya rontal, kita picados mboten bade dipun komersialkan. Kula ugi picados, menawi rontal ingkang wonten namung kangge koleksi pribadi kemawon, lan kangge ngraketaken sih silaturahmi sesami titah.
    Nanging punika namung kangge rasa maturnuwun kita sadaya dumateng Ki Begawan. Ngiras-ngirus mengeti sewelas tahun sedanipun Ki Begawan, maujudaken sih silaturahmi dumateng kaluwarga Ki Begawan.
    Tanapi menawi jengandika para kaki sampun nate, inggih syukur mangayubagya. Cekap semanten. Nyuwun ngapunten yen wonten ukara kang keladuk. Nuwun. cantrik bayuaji.

    • ngestoaken..mdereaken..madep mantep nderek ki cantrik BA

    • 🙂

      • koq dereng saged diklik ki seno?

        klik kiri mendel kemawon..
        klik kanan malah njuweweki…

        🙂 cobi sing niki
        hikss…

        • hiks..mpun telas sing niku ki…

          • he….he….he….
            Ki Pls dibeda Ki Seno.
            (kula nggih sampun badhe tumut ngunduh je…)

  9. enggak afdol cuma baca komen doang.
    hadirrrrrrrrr….

    • emang……………..
      makanya aye juge hadiiiiiiiir…..!

      • …gilu lee..!!.ngaciiirrr..

  10. dah pakai parabolik – bolak balik – menjadi hiperbolik, belum juga tune, pinginnya di malam jum’at kliwon ini dapat kitap ke 39,
    kita menyimak ini saja:
    “Jika Anda membeberkan rahasia Anda kepada angin, Anda tidak boleh menyalahkannya jika angin membuka rahasia itu kepada pohon-pohon.” Kahlil Gibran (1883–1931), filsuf, pujangga dan penulis Amerika Serikat kelahiran Lebanon.
    Salam, tks.

    • Berikut ini juga dapat kita simak tentang “membeberkan rahasia” yakni sesuatu yang lebih patut untuk TIDAK PERLU DIKETAHUI ORANG LAIN:

      Sabda Wong Agung Rasulullah Muhammad SAW:
      “Barang siapa yang mencegah terbukanya aib saudaranya sesama muslim, niscaya Allah akan mencegah wajahnya dari api neraka pada hari kiamat nanti.” [HR At Tirmidzi dari Abu Dzar ra]

  11. Di atas panjenengane Ki Seno mempersilahkan dg kata MONGGO, barangkali artinya ‘monggo’ bisa: monggo diunjuk/didahar, monggo kulo nderek langkung, monggo disekecakaken lenggahipun … nenggo sak watawis.

  12. Kalo dilihat-lihat, dipandang-pandang, mundak dino gambare Ken Dedes kok sangsoyo ayu, apakah ini yang jadi penyebab poro cantrik podo gandrung2 kapirangu maos PDLS.
    Monggo!

  13. Jalur jelajah saya di jalur cerita ini, tetapi saya tidak bisa membayangkan kira-kira Panawijen dimana, Kemundungan dimana, Lulumbang dimana, Padang Karautan dimana, dll.

    Tempat yang sempat saya catat adalah:

    1. Tumapel belakangan berganti Singosari (pada saat ini)
    2. Panawijen, saya ubek-ubek di Kabupaten Malang (lereng Gunung Kawi) tidak ketemu
    3. Padang Karautan
    4. Lulumbang, Padepokan Empu Gandring
    5. Karuman, Rumah orang tua angkat Ken Arok. Ada nama tempat di jalan Malang – Batu.
    6. Kemundungan, tempat tinggal Kebo Sindet
    7. Ngarang, desa asal Empu Sada dan ibu Mahisa Agni
    8. ……, dll
    …………

    Sekedar sambil menunggu diwedarnya rontal 39.. he he, saya mencoba melihat kembali rontal tua pararaton dan sejarah tafsirnya,menun jukkan bebrapa daerah jelajah kisah PdLS. berikut ini :

    1. Tumapel belakangan berganti Singosari (pada saat ini), terletak di Kecamatan Singosari Malang, sebagian besar wilayahnya berupa lereng Gunung Arjuno.
    2. Panawijen, diprakirakan terjadi pengausan kata (kalau pendapat ini benar) menjadi Palawijen, suatu dusun dan sekarang terletak di daerah Kepanjen Malang, tidak jauh dari Wendit dan Dinaya.
    3. Padang Karautan ???
    4. Lulumbang, Padepokan Empu Gandring, diprakirakan kedua nama ini yakni Lulumbang dan Gandring adalah nama sebuah desa, bukan nama diri atau nama orang. Sedang nama Lulumbang sebagaimana nama lainnya lambat laun aus menjadi Lumbang, yakni sebuah desa (kalau pendapat ini benar) yang terletak di daerah Pasuruan Jawa Timur. Tetapi selain itu ada juga desa Lumbang yang terletak sebelah utara lereng gunung Argopuro (?)>/b>
    5.
    Karuman, Rumah orang tua angkat Ken Arok. Sampai sekarang desa Karuman masih ada, dan merupakan bagian dari Kelurahan Tlogomas.
    6. Kemundungan, tempat tinggal Kebo Sindet ????
    7. Ngarang, desa asal Empu Sada dan ibu Mahisa Agni ?????

    Mudah-mudahan berguna,paling tidak sinambe nenggo wedaripun rontal 39 he he he

    Terimakasih Ki.
    Memang ada nama dusun Palawijen di Kota Malang, saya tidak tahu apakah itu Panawijen? kalau ya, penggambaran Palawijen yang tandus kurang tepat, karena di daerah dataran dekat dengan Kali Brantas.
    Tentang Karuman, saya pernah tinggal di situ selama beberapa tahun.
    Tentang Lumbang, memang ada Kecamatan Lumbang di Pasuruan, tetapi penggambaran Lulumbang yang subur rasanya kurang tepat, karena Lumbang sebagian besar merupakan daerah kering, karena bekas medan lahar Pegunungan Tengger.

    • Daerah Karautan telah dibuat sebuah bendungan karena keadaan yang memprihatinkan, jaman sekarang ada jembatan didekatnya, yaitu jembatan Ngeprih … diantara daerah Batu dan Malang.
      Sedangkan taman yang dibuat untuk Ken Dedes, tetap menjadi daerah yang terpelihara dan indah, namanya sudah diganti Sekaling Indah.

      • Sengkaling Indah …. ?

        hmmm .. koyone kuwi dununge bangsal kitab pdls

    • Koyo eruh-eruho wae … hiks

    • mBokbilih benten ki Lulumbang rikala jaman Ken Arok kalian Lumbang jaman saniki napa dene jamane Ken Tuku (sapa meneh iki???)

  14. absen malam hadir ki

    • Tinimbang ngrasani tanggane, luwih becik othak-athik panggonan tuwo, sapa weruh bisa nemu tinggalane Ken Dedes, Ken Arok, hicks………..

      Sugeng enjing para kadang padepokan, malam Jumn’at Kliwon begadang antuk apa ki ????

  15. ikut hadir Ki Mukidi

  16. Selamat pagi poro sedulur,… sugeng makaryo,..

  17. Selamat pagi juga Ki/Nyi Aulinda.
    Sugeng enjing poro mitro sedoyo.
    Nderek antri, radi becek

  18. semalam saya nemu transkrip kitab “pararaton” dalam bahasa indonesia.

    apakah ada bebahu & cantrik yang tertarik ?

    • kiirrriiiimmmm

      • Kalau berkenan, saya mau dikirimi Ki…. atau kasih alamatnya, nanti saya don-lot …..

        • Matur nuwun Ki sampun ngunduh.
          Bade diwaos benjing bibar Subuh.
          Sekaliyan pamit bade bobo. (sudah cuci kaki, pipis dan gosok gigi lho).

    • menarik..untuk menambah wawasan.
      bisa ikutan baca?

    • ikuuuutttttt ki sukasrana…
      ikut dikirimi maksudnya..hehehehhe

  19. ki Seno..supadhos jum’atan mangke saged khusyuk,..pripun nek kitabe diwedar sak niki kemawon…

    hiksss … cantrik pasif-obsesif

    Nembe saged sambang padepokan
    he he …, menawi dipun wedar sak niki malah mboten khusyuk ki. Lha wong sampun jam 11.15 je. Mangke berangkatipun nelat, terus pas Jum’atan malah nglamun. piye jal….., hikss…..
    Mangke bakda Jum’atan nggih.

    • ki Seno..supadhos jum’atan mangke saged khusyuk,..pripun nek kitabe diwedar sak niki kemawon…

      hiksss … cantrik pasif-agresif

    • nJenengan leres!
      Menawi makaten … diwedar Jum’at Minggu ngajeng kemawon ….
      Yen critane wis lali …. pasti ora ono sing nglamun … hiks

    • teng mriki jum’atane jam 12.30 ki..

      maose namung cekap 15 menit koq

      • bar maos ngelamun, sakaw njaluk kitab 40 trus ngogrok ogrok, ngulil ulik lan maskumambang ta ki???

  20. kula nderek ngantri mawon..
    ngantri numpuk lontar..hehehe..

    sugeng siang ki seno lan para kadang cantrik..
    🙂

  21. Habis Jumatan langsung dapat ransum Kitab 39,.. Maturnuwun Ki Is, jebulane kitabe keri ning padang karautan,…:)

  22. padang karautan pancen isis. akeh kitabe

  23. Matur nuwun Ki….
    Padang Karautan nya.

    salam,

  24. matur nuwun

  25. Walah…. tibak-e kitab ceblok ndek padang to…..

  26. bubar ngunduh di gandok sebelah mampir sekalian kesini … lha kok yo disuguhi padang karautan … langsung wae dijupuk eh di unduh sekalian … he3 …
    matursuwun ki Arema lan ki Ismoyo … monggo

    • ngunduh kitab Pdls-39……
      setelah ki Lazuardi selesai

      • Matur nuwun ki Ismoyo, ki Arema kitab sampun dipun ddonlot.

        • Matur nuwun ki Ismoyo, ki Arema kitab sampun dipun ddonlot.

          hiksss..komen sing radhi mbeling langsung dispamisasi

  27. sekedar nebak letak “tautan” rontal Pdls-39 :

    -kenapa ki SENO memilih meletakan tautan pada
    poin 3 (Padang Karautan).

    bukan pada poin 1 (Tumapel) ataupun poin 2
    (Kemundungan) pasti ada yang menarik……
    paling tidak ada sebab yang membuat ki SENO
    titik-titik…….???

    belajar menebak pikiran-bukan yang jadi
    pikiran maupun lamunan,

    • lho..sampun jelas tho ki…

      seng kitab 40 mesthi disangkutke neng bulumbang

      • bar mampir bulumbang…..mlebu
        neng Karuman, selagi belum Kemundungan.

        ki PA jan pinunjul tenan….HIKS

    • Menurut sayah mah, karena Ki Arema baru membaca secara urut jilid awal, 1 & 2. Dan tempat pertama di mana tokoh utama berkeringat adalah padang dan hantunya, Karautan. Bukan begitu Ki? 🙂

      Hatur nuhun ah, lontarna. Parantos di unduh.

      • sumuhun..parantos dieguhkeun….

        padang karautan mah resep pisan oe…

  28. terimakasih ki Arema & ki Ismoyo..
    semoga Allah SWT memberikan kebahagiaan kepada kalian seperti para cantrik bahagia saat pembagian lontar..
    amin

    Amiinn….

    • sami2…nderek mandongo ki adhie..

      (jebul ki senopati rawuh,…sekti saestu..mboten wonten swaranipun ujug2 rawuh)

      • Selamat sore .. terimakasih Ki saya sudah ngunduh

  29. Sugeng sonten….
    Kulo badhe ndherek nyantrik wonten padepokan mriki.
    Wiwit alit kulo pengin maos karya-gung mpu sh mintardja.
    Jebule..kepanggih wonten mriki. Niat ingsun madep mantep….ndherek nderes rontal-rontal ingkang kawedar.
    Matur nuwun….mugi Gusti paring sedaya sih kawelasan dumateng para piyantun ingkang sami ngupadi wedaripun rontal-rontal adiluhung….
    Nuwun

    • Sugeng dalu Ki Widyantoro,
      asma panjenengan ngengetaken kula kaliyan kanca kula saking Semarang.

  30. cantrike do ngintip…..rebutan mlebu
    nomer “SIJI”

    ki SENO punopo Njenengan “LOEPA” pesen pak
    satpam, mbikak gandok Pdls-40 njih,….?? 😀

    • kayane di sengaja kaliyan ki Seno supados kathah ingkang tindak gandhok niki

  31. Saksampunipun ngemutken Ki Seno, saklajengipung mbujuk kitab enggal dipun wedar……
    (nuwun duko, kulo nembe nyobi mBedhek pikiranipun Cantrik pinunjul…)

  32. matur nuwun……
    padang karautan pancen ijo royo royo.

  33. Ki Arema, Ki Ismoyo, matur nuwun sanget.

  34. ki…nyuwun engkang 40 B…..

    • Nanti jilid-40 dititipkan ke penumpang Garuda yang terbang ke Kulon Progo
      Hiks …

      • Matur Suwun Ki Seno!

      • Ojo kondo-kondo, yen oleh bocoran ….

  35. Ki Arema, Ki Ismoyo, matur nuwun sanget.

  36. Antri (Hadir) kata Ki Yuda (ra oleh pakai kata “ABSEN) tetep kalah gasik karo Kakang Pandan Alas….

    • nginjen gendhak 40….ono kiaine gek mesam-mesem ndelik ngisor dingklik

      • Awas …. astane nyekeli sikil-e dingklik …. Yen ono sing mbeling … tinggal disawat .. wae ….
        Iki jurusnya Ni Nuniek … (nyawad nganggo dingklik)..

        • hiks…nek jurus pakiwan nopo sampun ngendep teng Senopati njih…?

  37. matur nuwun ki

  38. Mangkir (absen) dulu, gandok 40 belum dibuke!

    • absen(mangkir)dulu,gandok 40 belum dibuke..!!

      Tiga komen ditangkap satpam. KTP rangkap nggih Ki, hikss…,

      • Ki Akismet mestinya kerja di Bandara Sukarno Hatta …

        • gajine boten cocok sajake ki…

  39. seperti Ki Arema, saya belum baca serial ini. soal nama-nama tempat, ada baiknya dibuat bilik khusus seperti ADBM. Mungkin kawan2 di jawa timur dan yang paham sejarah bisa ikut nimbrung.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: