PdLS-44

sms dari Ki Ismoyo, 31/01/10 07.25

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Tadi jam 7.00 wib, ferry berangkat ke M’sia, kepada sanak kadang mohon do’a restunya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

🙂

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 31 Januari 2010 at 00:01  Comments (83)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/pdls-44/trackback/

RSS feed for comments on this post.

83 KomentarTinggalkan komentar

  1. Ya wis tak antri nomer SIJI

    hikss…, gak ana kancane…

    • Yen dikancani jilid-44 dan jilid-45 akan gayeng heuyeng …. hiks ..

      • NOMORO LORO

        • nomer telu…

        • nomer telu…..

          • nomer telu…..

      • nomer telu lho….

  2. no 2 tapi ku ga nemo pdls 40 hiks mana yee

    Penasaran.……………….!!

  3. walaaa…. lha kok dewekan…
    melu nunut ngiyup…
    tibangane kudanan trus masuk angin
    maklum… balungan tuwek

    • Monggo Ki, wedange taksih panas …. disruput kemawon!

  4. walaa…kok yo tepak tenan
    howone adem, atis, anyep nyruput wedang sing lagi kemepul…. uuwenak tenaaaann…
    suwun lho ki…

    • adem2 enake nyruput kopi tubruk + jeng alot…niki pangendikane kiaine lho

      • hikss….
        piyambakipun boten mireng, nembe tindakan

      • ki pandan alasan…
        jenengan niku lho… kok senengane nyrempet2
        mbok yo sing nggenah ature ngono lhoo…
        ben rencange ora usah nganggo mikir opo sing dimaksudke

        • lah mpun cetho welo2…

          kopi tubruk + jeng alot

  5. sabar cah….dino wingi udan terus…

  6. dh,
    saya coba mencari jilid 42 dan selanjutnya koq nggak bisa mas,
    mohon informasinya,
    Terimakasih

    Salam,

    Selamat bergabung ki sanak
    semua tautan ada di halaman dua, coba cari setiap huruf/kata/simbol yang ada di dalaman dua, salah satunya mengandung tautan rontal (PdLS 42/43).
    PdLS-44 baru diunggah besok ki sanak. PdLS-45 dst diunggah selang dua hari kemudian.

    • mas…???

      gek tumon senopatine ditimbali kanthi ngangge MAS…

      MAS SENOPATI…hikss

      • he…he…he….
        Sam Kera Ngalam diceluk Mas ?
        wah yo ora gathuk no !

  7. Sugeng enjang, Ki Arema, Ki Widura lan Ki Pandanalas…

    Nyuwun sewu, lami mboten sambang dateng padepokan, namung ningali saking tebihan mawon, maklum pendamelan mbagi lan noto arto, eh..banyuuu mboten wonten mantunipun, nopo malih sak mangkin udan katah, trus banjir, kedah tumut ngawasi.

    we..lah, kok malah nggladrah…

    Laporan Ki Senopati Arema (munggah pangkat tenanan Ki), sampun ngundhuh ngantos jilid-43 borongan, tapi taksih dipun waos 4 jilid, nenggo wedal santai lan istirahat.

    Kados pundi kabaripun Ki widura, Ki Pandanalas, lan kabaripun Ki Ismoyo, kok terakhir kulo mireng panjenenganipun gerah sanget??

    Nuwun


    Sugeng rawuh Ki
    Taksih wonten tlatah Borneo? menapa ndamel bendungan lan susukan kados Mahisa Agni nggih, menawi saged ndamel taman lan sendang pindah hadiah kagem permaisuri …. (eh…, melu nggladrah…, ngapunten).
    Monggo Ki, dipun sekecaaken

    • sugeng rawuh ki….

      kadose nembe mbubuti jewawut gambut borneo njih ki..koq radhi suwe mboten kapirsanan bergojeg

      • ..mbubuti jewawut..? wah kudu ngati2 leh-e nyebut iki…sing abang ireng nopo ki ?

        • jewawut niku suket sing lembut2 ki…rupane ireng mergo ora tau keno srengenge…hikss

          ra parenk menggalih sing ora2…ora et labora…

          • Hiks…,
            Suwe ora jamu, Ki Pandan soyo tambah edhan…

            Napunten Ki, He..He..He…

  8. Selamat pagi, semoga kita dalam keadaan sehat walafiat. Saya hadir Ki .

  9. Nuwun,

    Sadaya puja puji pangastawa namung katur dumateng Gusti Ingkang Maha Welas lan Ingkang Maha Asih, awit saking Sih Katresnan Panjenenganipun Gusti Allah SWT, ingkang tansah paring sadaya kanugrahan dumateng kita sadaya.

    Para kadang padepokan, utaminipun para Kaki Ingkang Bahurekso Padepokan.

    Adalah suatu kehormatan yang tidak terkira bagi saya cantrik Bayuaji, bahwa setelah Padang Karautan yang tadinya merupakan tanah cengkar, sato moro sato mati, janma moro janma mati, namun dengan dibuatnya bendungan di tempat itu, telah berubah menjadi tanah pategalan dan tanah pesawahan yang subur dengan sendangnya yang sangat indah, demikian juga halnya dengan padepokan ini, semakin hari semakin regeng berkat kerja keras Mahisa Agni…. eh maksud saya Ki Arema, Ki Gede, Ki/Nyi Seno, Ki Pandan Alas, Ki Yudha P, Ki Sukra, Ki Zacky, Ki Laz, terutama Ki Ismoyo (yang sedang gerah, semoga cepat dangan kembali Ki), dan semuanya saja para sanak kadang padukuhan Panawijen….. (eh maksud saya padepokan ini) yang tidak bisa cantrik sebutkan satu-persatu. Nyuwun sewu menawi wonten ingkang ketlisut.

    Mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan nama/gelar (hicks…. koq seperti kartu undangan jagong manten saja).

    Padepokan ini lebih reja lagi, setelah dibukanya gandok anyar, yang tadinya hanya gandok-gandok “diskusi”, “tutorial”, “booking” dan “retype” sekarang ditambah gandok baru, yaitu ”Jejak Masa Lalu” yang mempunyai relung-relung pasamadian “Lontar Pararaton”, “Ken Arok”, “Ken Dedes”, “Candi Singosari”, “Candi Sumberawan”, dan “Dongeng Arkeologi”, mungkin dengan semakin ramainya padepokan, Ki Arema sakadang dapat memperjembar padepokan, agar semakin hari semakin semringah.

    Dengan disediakannya sanggar pasamadian “Dongeng Arkeologi”, adalah merupakan suatu kehormatan bagi cantrik Bayuaji.

    Cantrik Bayuaji yang sok keminter ini, yang baru memiliki ilmu yang amat sangat cupet dan cetek telah berani-beraninya bikin woro-woro dan kumawantun wedar sabdo mendongeng.

    Tetapi agar tidak seperti pakem “Palguna Palgunadi” di mana Bambang Ekalaya “mencuri” ilmu olah jemparing dari Begawan Sokalima, maka cantrik Bayuaji di dalam mendongeng selalu berusaha untuk mendasarkan diri dari ilmu-ilmu yang benar sumbernya dari para Begawan yang sudah mumpuni di bidangnya, yakni dari rontal-rontal karya para Sang Begawan itu, antara lain:
    1. Atmodjo, M.M. S. Karto. Struktur Masyarakat Jawa Kuno pada Jaman Mataram Hindu dan Majapahit; 1979. Puslit dan Studi Pedesaan dan Kawasan UGM. Yogyakarta.
    2. Boechari.Manfaat Studi Bahasa dan Sastra Jawa Kuna ditinjau dari Segi Sejarah dan Arkeologi.; 1977. Majalah Arkeologi Tahun I No.1.
    3. Mangkudimedja, R.M., Serat Pararaton. Alih aksara dan alih bahasa Hardjana HP.; 1979. Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah. Departemen P dan K, Jakarta.
    4. Megandaru W. Kawuryan. Negara Kertagama, Tata Pemerintahan Kraton Majapahit; 2006. Panji Pustaka; Jakarta
    5. Nugroho Notosusanto, Prof. Dr. Sejarah Nasional Indonesia, Jilid II ; 1984. Balai Pustaka, Jakarta.
    6. Padmopuspito, Ki. J. Pararaton; Teks Bahasa Kawi, Terjemahan Bahasa Indonesia, 1966. Taman Siswa, Yogyakarta.
    7. Partokusumo, Karkono. Falsafah Kepemimpinan dan Satria Jawa dalam Perspektif Budaya; 1998. Bina Rena Pariwara. Jakarta.
    8. Poerbatjaraka. Kapustakan Jawi; 1964. Djambatan. Jakarta.
    9. Sedyawati, Edi Keadaan Masyarakat Jawa Kuna Masa Kadiri dan Masalah Penafsirannya; 1985. Satyawati Suleiman (eds.) Pertemuan Ilmiah Arkeologi III. Puslitarkenas. Jakarta.
    10. Sedyawati, Edi Pembagian Peranan Dalam Pengelolaan Sumberdaya Budaya ; 2001. Diskusi Ilmiah Arkeologi XIII, 6 April 2001 di Denpasar.
    11. Slamet Muljana Prof. Dr, Nagara Kertagama, Tafsir Sejarah; 2006. LkiS Yogyakarta.
    12. Sumadio, B. (ed.). Sejarah Nasional Indonesia II; 1977. Balai Pustaka, Jakarta.
    13. Buku catatan, wawancara dengan penduduk setempat, penelurusan lokasi petilasan, candi, prasasti (terutama yang tersimpan di museum-museum). dll.

    Untuk itu pula tentunya kepada para kadang, para kaki, cantrik lainnya, para putut manguyu, tapa dan tapi, para janggan, Cantrik Bayuaji mohon restunya saja agar dongengan cantrik selalu lumintu mengunjungi para sanak kadang. Tegur sapa dan kritik bagi kemajuan dan regengnya dongengan di padepokan ini sangat cantrik nantikan.

    Tentunya pasamadian “Dongeng Arkeologi” tidak semata-mata untuk cantrik Bayuaji saja, dengan dongeng ngayawaranya. Cantrik Bayuaji dan tentunya juga Ki Arema serta para sanak kadang yang lain sependapat bahwa padepokan itu adalah milik kita bersama.

    Kagem Ki Arema, Ki Gede, Ki/Nyi Seno, Ki Sukra, Ki Zacky dan tentu saja Ki Ismoyo….. bahkan sedaya para sanak kadang, ternyata sesrawungan bahkan paseduluran ini indah …..… gegojegan dengan sanak kadang, meskipun hanya di dunia maya.

    Sepindah malih kula cantrik Bayuaji ngaturaken gunging panuwun, mugi kersa paring pangapunten menawi wonten ukara utawi pocapan kang keladuk.

    Insya Allah dengan ketekunan dan kerja keras, melaksanakan laku dengan lapang dada dan ikhlas, memohon ridhaNya. Kita dapat menjadi insan manusia yang berguna bagi sesama, karena: “Hamba yang paling dicintai Allah SWT adalah yang paling bermanfaat bagi manusia, dan perbuatan yang paling mulia adalah menumbuhkan rasa kebahagiaan atau kesenangan dalam hati orang….. ”, demikian sabda Rasul Agung Muhammad SAW.

    Nuwun,

    cantrik bayuaji.

    Ngapunten lho, belum minta ijin sudah copas komen ke gandok anyar “Dongeng Arkeologi”.
    Rasanya sayang sekali, informasi yang bagus terselip diantara belantara komen sanak kadang PdLS.
    Sementara comot sana comot sini, beberapa masih belum sempat memberi sumbernya.
    Pelan-pelan ki, nanti diperbaiki lagi.
    Saya mau coba buat petanya ki, informasi dari Ki Bayuaji sangat membantu.
    Acuan Ki Bayuaji tampaknya sangat banyak:
    – Adakah informasi tentang letak pusat kerajaan Singosari? syukur ada sketnya
    – Di Singosari ada Pemandian Ken Dedes. Saya belum kesana, apakah pemandian tersebut memang peninggalan Ken Dedes atau nama yang muncul kemudian?

    • Matur nuwun Ki Bayuaji, pikantuk pencerahan sejarahipun.
      Matur nuwun Ki Arema, pikantuk Gandok Masa lalu.

      • Matur nuwun, pengin kembali menelusuri jalan masa lalu

        • ..Sewaktu masih ..zamannya ngoyak oyak layangan liwung….

    • Assalamualaikum,
      Selamat Pagi buat Senopati Ki Arema dan para bebahu/ cantrik padepokan PDLS,
      Sekedar berbagi tentang apa yang saya ketahui tentang daerah Singosari, karena waktu kecil saya sering keluyuran di daerah ini (sepedaan atau jalan kaki).
      Pemandian Ken Dedes di Singosari yang sekarang adalah pemandian buatan, kalau menurut cerita pemandian/tempat mandi Ken Dedes yang sebenarnya ada di daerah Watu Gede.
      Kalau dari arah Surabaya ke Malang, setelah melewati Pasar Singosari akan bertemu jalan kereta api terus belok kiri (ke arah Setasiun Singosari), jalan terus sekitar 2 km sampai perumahan Watu Gede disebelah kanan jalan akan nampak sebuah belumbang, dulu dalam belumbang itu masih ada beberapa patung (patung Ken Dedes?) tapi untuk keadaan sekarang saya kurang tahu lagi, maklum sudah lebih kurang 25 tahun tidak pernah main ke situ lagi.
      Di sekitar daerah tersebut waktu itu juga masih banyak tertanam patung yang belum di gali. Menurut pandangan saya sebagai orang awam dalam arkeologi mungkin di daerah tersebut adalah bekas keraton Singosari (karena tempat mandi biasanya dekat dengan keraton, seperti pemandian Taman Sari Jogja adalah dekat dengan Keraton Ngayogyokarto).
      Lokasi Candi Singosari dari arah Surabaya ke Malang adalah sebelum Pasar Singosari belok kanan, tidak terlalu jauh dari jalan utama Surabaya-Malang disebelah kanan akan terlihat candi tersebut.
      Kalau jalan terus dari arah candi ini sebelum pemandian Ken Dedes (buatan sekarang) akan kita jumpai sepasang patung raksasa yang hidungnya “rompal” di kiri-kanan jalan.
      Demikian Ki, apa yang sekedar saya tahu.
      Nuwun

      Matur suwun Ki Eteng Hayeng
      Saya coba telusuri

  10. sinambi ngisi daftar hadir, mau mengajak para kadang untuk nengingat masa lalu.

    masih ada yang ingat nama-2 ini ?

    1. ganjel ril
    2. klathak
    3. kipo
    4. ndog gludhuk
    5. bregedel mesem
    6. semar mendem

    atau tembang ini ?

    Esuk-esuk srengengene uwis metu, Ibu
    Nyuwun pangestu keng putra badhe sinau, Ibu
    Nyangking tas ing jerone isi sabak, Bapak
    Sada lan grip wis cumepak ana ing kothak, Bapak

    (hayo, ora pareng plesetan)

    • Esuk-esuk srengengene uwis metu, sIbu
      Nyuwun pangestu keng putra badhe sinau, sIbu

      Nyangking etas ing jerone isi sabak, Bapak
      Grip lan Sada wis cumepak ana kothak, Bapak

      Awan-awan srengengene ono tengah, simbah
      Bingah-bingah kang wayah mantuk sekolah, simbah

      Putro kakung emoh gelang emoh kalung, biyung
      Putro kakung bangun turut bopo biyung, biyung

      Montor-montor cilik sing nunggang blenek,
      Ana grobag sapi, grobage isi babi,
      Ambune ara patek wangi,
      Sir-sir pong dele kopong,
      Sir-sir pong dele kopong.

      • Montor-montor cilik sing nunggang blenek
        lungguh lenggat-lenggut
        ngantuk liyat-liyut
        Mak gragap neng tengah sawah
        ono grobag liwat
        grobage isi babi
        ambune ra pati wangi
        montore muni ngak-ngok
        babine senggrak senggrok
        ngok… nggrok…, ngok… nggrok…
        ngok-ngok…. nggrok-nggrok….

        alhamdulillah tembang ingkang kula padosi
        “Esuk-esuk srengnengene……dst” sampun kepanggih. Matur nuwun, badhe kangge pembelajaran lare-lare TK

    • tak tambahi ki, …
      – godril
      – dhawung
      – ceplukan

    • ada lagi, ,,, “gudheg kethak”, …
      kalau masih ada yang jual, di mana ya ???

      • nyuwun pirsa Ki SukaS,
        punapa kethak punika ampas lisah krambil ?

        • kethak = munyuk …???

          • sopo kuwi???

        • sanes ki, kadamel saking bungkil, ampas kacang brol ingkang sampung kaperes lisahipun. reginipun sakalangkung mirah katinimbang gudheg tigan, tahu, tampe utawi ulam ayam. padatanipun ingkang tumbas inggih tiyang-tiyang kesrakat klebet kula rikala semanten.

          nalika jaman “nagasasra & sabuk inten” meh pendhak warung gudheg utawi peken wonten. sakmangke sampun langka.

          menawi ki gembleh utawi para kadang wonten ingkang pirsa warung/panggenan ingkang taksih sade gudhek kethak, nyuwun kanthi sanget kersoa medar ing gandhok menika.

          nuwun.

      • Kalo di mBanyumas ampas lisah krambil namanya ‘kethek’, lisahnya namanya lisa klentik.

        • Kalau di Yogyakarta ampas minyak kelapa namanya blondho.
          Blondho adalah bahan utama untuk membuat Kethak, blondho juga salah satu bahan untuk membuat areh gudeg Yogya.

        • Betul sekali Ki Truno namanya kethek..gurih sekali tapi sekarang gak ada ..kandungan kolesterolnya tinggi sekali…dulu biasanya juga untuk bumbu lotek dan di makan dengan gadungan….

      • ki gembleh,

        rikala taksih alit, kula asring ndherek bapak/ibu ngiras gudheg ingkang manggen ing pinggir ratan kebon dalem jogya. mbokmenawi amargi artanipun mboten cekap kangge tumbas gudheg ayam utawi tigan, pramila ingkang dipun tumbas inggih namung gudheg “kethak” kemawon.

        wujudipun irisan kothak-kothak, raosipun gurih, miturut bakulipun, kadamel saking ampas kacang brol ingkang sampun kaperes lisahipun.

        warung gudheg kebon dalem sakmangke taksih wonten. papanipun ing salah satunggaling gang ing jl. p. mangkubumi, kidul tugu jogja, amping-ampingan kaliyan kantor “garuda indonesia”. emanipun sakmenika sampun mboten sade kethak malih.

        tumrap para kadang utaminipun ingkang lenggah ngayogja, menawi pirsa utawi kagungan sisik melik warung/panggenan ingkang sade gudhek kethak, nyuwun kanthi sanget kula aturi medar, ….

        nuwun.

  11. ki gembleh,

    sudah 2 kali me-reply ki gembleh tapi tidak tampil.

    “kethak” menika kadamel saking bungkil. dipun irisi kothak-kothak lajeng dipun bumboni kadosdene tahu/tigan/ulam ayam ubarampenipun gudheg.

    rikala jaman “nagasasra & sabuk inten”, saben warung gudheg utawi peken wonten ingkang sade kethak. padatanipun ingkang tumbas inggih tiyang-tiyang kesrakat, klebet kula nalika semanten.

    para sanak lan kadang menawi pirsa warung/panggenan ingkang taksih sadeyan gudheg kethak, nyuwun kanthi sanget kula aturi medhar ing gandhok menika, …

    nuwun.

  12. Assalamualaikum. wr. wb.
    Mari sekali lagi kita berdoa, hari ini Insya Allah Ki Ismoyo mau perasi “paningal” (socanya). Semoga semua berjalan lancar dan selamat, sehingga segera bisa bergabung lagi.

  13. esuk2..uthuk2..mruput.. nyruput kopi tubruk..nyambi ngudut..sawise tahajjud..sinambi mirengke ocehan kutut..

  14. Sugeng enjing Ki Sana sedaya. Nembe saged sowan malih. Ndherek prihatin gerahipun Ki Ismoyo. Mugi tansah kinayungan sih lan pepadangipun Ingkang Akarya Jagad. Kaparingan sehat lan lancar sedaya ingkang ginayuh. Amin.
    Kepareng ndherek ndeprok antre rontal 43.

    Lho…!?

    • ternyata oh ternyata… ora mung cantrik2 sing menyasarkan diri mlebu gandhok..

      mentrike yo sengojo nyasar…hiksss..

      • Sing tak kuatirno yen ono mentrik mlebu gandok-e Ki Pandanalas ….. hiks ….
        iso babak belur …. apalagi kalau Ki Atrakdj juga ada disana … wis wis … tak ndelik disik!

        • ..ndelik nopo nginjen…xixixi..

    • Walah..salah..kamisosolen. Antre rontal 44 ding. Ngapunten Ki Arema..panjenengan ngantos njondhil2..he..he..

      • Nyasar..nyasar niku klebet pembelajaran lho, Ki PLS. Mengko yen wis lanyah ra nganggo nyasar2 maneh 🙂

        • nek cantrik2 malah sengojo nyasar lho Nyi…

          jarene nek nyasar kuwi ra sengojo kesasar..dadi hukume BOLEH

          • ..nek nyusur ?…

          • asal aja nyosor…..

        • hiksss…nek wis lanyah ra kesasar maneh….xixixi..

        • On 1 Februari 2010 at 11:34 pandanalas Said:

          jarene nek nyasar kuwi ra sengojo kesasar..dadi hukume BOLEH

          boleh dilanjutkan…..boleh juga
          diteruskan “NYASARE”

          • kesasar mlebu gandhok sebelahe…

            maklum wis biasa nonggo

          • hikss…….bersosialisi dg tongo samping, ngarep
            omah……mburi omah, 😀

            sumber P5,..cetakan 1952

  15. Matur nuwun Ki,
    sampun unduh.

    salam,

  16. wilujeng enjing.
    sambil sarapan, nyeruput kopi 44.
    hatur nuhun Ki.

  17. sms dari Ki Ismoyo kepada Ki Arema, 31/01/10 07.25

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Tadi jam 7.00 wib, ferry berangkat ke M’sia, kepada sanak kadang mohon do’a restunya.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    Hikss….Ki Senopati Pdls loepa ra dikirimi sms sama
    ki Ismoyo (ki SENO nopo Nyi SENO) njih….???

    Sugeng enjang Ki Arema…..saya turut berdoa agar
    Ki Ismoyo skeluarga lancar dalam perjalanan,…
    dapat pengobatan yg terbaik, lebih cepat kembali
    di Padepokan.

  18. selamat pagi dan langsung ngundhuh kitab.
    matur nuwun Ki Seno

    • genk enjang “ki” Wie

      • genk siang “ki” Wie
        genk siang “ki” Pandan

        sugeng siang Pdlser sedoyo,

  19. selamat jalan ki is, … selamat berobat, … cepat sembuh dan cepat pulang.

  20. Lir sarkara, wasianing jalmi
    Ambudiya budining sasatnya
    Memayu yu buwanane,
    Ing reh hardaning kawruh,
    Wruhing karsa kang ambeg asih,
    Sih pigunane karya,
    mBrasta ambeg dudu,
    Mengenep nenging cipta,
    Wruh unggayaning tindak kang ala lan becik,
    Memuji tyas raharja (Kusw)

    • DG njih ki….nunggu terjemahan
      ki SENO wae,

      • pasingsingan wae langsung mlayu sipat kuping nek krungu brengenegan DG kuwi…

        nek senopatine ancene wis kandis..ra tedas aji ogrek2

        • hikss…
          piyambakipun sampun sekti nggih

          • sugeng enjang Ki Seno,
            menapa satpam dereng pun dawuhi mbikak gandhok to ?
            enggal pun dawuhi Ki, sakderengipun Ki Pls rawuh.

    • Artine napa kang???

      • wah,..niku boso kreto kuno..
        mboten saged dipun ulang, mboten saged diterjemahke…

        • …terjemahane mbokmenawi…lir ilir lir ilir…tandhure wong sumilir..

  21. aku yo melu..

    • Selamat sore para kadang, terimakasih saya sudah ngunduh. Semoga Ki Ismoyo segera sembuh Amiiin.

    • Badhe nderek menapa Ki Kentrung….?
      Sugeng dalu Ki, kula nderek ngaturaken gunging panuwun dumateng Ki Seno.

  22. Matur nuwun Ki Seno, Ki Arema,
    Punopo sampun wonten kabar saking Malaysia.

  23. Nuwun,

    Para Kadang, para Kaki, para Jejanggan, para Putut Manguyu, para Cantrik, para Endhang, para Tapa lan Tapi.

    Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun pada setiap malam ke langit dunia, ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir. Dia berfirman: ‘Siapa yang berdoa kepadaKu, niscaya Aku mengabulkannya, siapa yang memohon kepadaKu, niscaya Aku memberinya, siapa yang meminta ampun kepadaKu niscaya Aku mengampuninya
    [Diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim]

    Pada sisa sepertiga malam seperti ini, cantrik bayuaji mengajak kepada kita semua untuk bangun dan bangkit dari tempat tidur, sejenak saja, kemudian bersucilah, dan berjagalah, lalu bertafakurlah, karena pada saat seperti ini adalah waktu yang sangat tepat untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Khalik, bukankah Allah sendiri menjanjikan kepada kita melalui sabda Rasul KekasihNya Muhammad SAW, bahwa siapa yang berdoa kepadaNya, niscaya Dia mengabulkannya, siapa yang memohon kepadaNya, niscaya Dia memberinya, dan siapa yang meminta ampun kepadaNya niscaya Dia mengampuninya!”.

    Doakan untuk sanak kadang, kadang adoh, kadang caket, tangga teparo, keluarga, sisihan kita, putra wayah, bapa biyung, para sesepuh dan para leluhur yang masih ada maupun yang sudah kondur ke zaman kelanggengan. Doakan juga bagi sedulur-sedulur yang tengah menderita sakit, yang dirundung duka nestapa karena bencana, sedulur-sedulur yang nasibnya kurang beruntung dibandingkan dengan kita, Doakan pula bagi para bebahu yang lupa pada kewajibannya, lupa pada dirinya, lupa pada sesama, agar dia kembali kepada jalan yang benar. Doakan untuk kesejahteraan negeri ini.
    Akhir doa itu untuk diri kita juga.

    Insya Allah. Doa kita akan dikabulkan olehNya. Aamin.

    Ana kidung rumeksa ing wengi
    Teguh hayu luputa ing lara
    luputa bilahi kabeh
    jim setan datan purun
    paneluhan tan ana wani
    niwah panggawe ala
    gunaning wong luput
    geni atemahan tirta
    maling adoh tan ana ngarah ing mami
    guna duduk pan sirno

    Sakehing lara pan samya bali
    Sakeh ngama pan sami mirunda
    Welas asih pandulune
    Sakehing braja luput
    Kadi kapuk tibaning wesi
    Sakehing wisa tawa
    Sato galak tutut
    ……………………..
    [Kanjeng Sunan Kalijaga]

    Ada kidung rumeksa ing wengi. Yang menjadikan kuat selamat terbebas dari semua penyakit. Terbebas dari segala petaka. Jin dan setanpun tidak mau. Segala jenis sihir tidak berani. Apalagi perbuatan jahat.guna-guna tersingkir. Api menjadi air. Pencuripun menjauh dariku. Segala bahaya akan lenyap.

    Semua penyakit pulang ketempat asalnya. Semua hama menyingkir dengan pandangan kasih. Semua senjata tidak mengena. Bagaikan kapuk jatuh dibesi. Segenap racun menjadi tawar. Binatang buas menjadi jinak.

    Nuwun,

    cantrik bayuaji

  24. Assalamualakum. Sugeng enjing Ki Sanak sedaya. Mugi panjenengan sedaya tansah rahayu, wilujeng nir ing sambekala.

    Cincing-cincing jarit…ancang-ancang balapan mlayu karo Ki Pandanalas .. dhisik2an mlebu gandhok 45.

    • he….he….he…..
      kula inggih sampun kawit kala wau ngincer bikakipun gandhok 45 je, namung sakderma kangge ngrumiyini Ki Pls.

  25. matur nuwun, ki arema, ki ismoyo, ki anatram, ki zacky_74, ki gede, nyi sena, ki sukra, ki rizal, ki julius, ki herry, dan para bebahu padepokan lainnya…

    selamat jalan, ki is, semoga selamat sampai tujuan…. doaku selalu bersamamu….

    …07

  26. Untuk Bebebahu Senior dan tersayang “KI ISMOYO” semoga Allah memberikan kesembuhan kepada Beliau,Amiin. kami hanya bisa memberikan doa kepada beliau… maaf baru bisa urun doa karena baru masuk kembali


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: