PdLS-48

Tautan rontal mungkin sudah tidak ada, jika tidak ada file djvu tersedia di: Halaman Unduh

Karena alasan teknis, naskah dalam bentuk teks dihapuskan, dipindahkan ke : Halaman Baca

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 8 Februari 2010 at 05:00  Comments (101)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/pdls-48/trackback/

RSS feed for comments on this post.

101 KomentarTinggalkan komentar

  1. ngumpet neng kene wae ah…

    neng gandhok sebelah wis mulai okeh intel bertebaran..xixixixiii

    • eh…lali..

      NOMER SIJI, sakdurunge dikekep ki WDR

      • Kulo nderek mriki nggih Ki, Hikss…

        • Ki PLS, terus heboh di gandok sebelah kesimpulannya gimana??

          • hiksss…..

            pandan alas namung cantrik engkang sagede nyadong-hhc … (pasif-intuitif)….

            nek kadang2 mbelink, niku namung ketularan cantrik lentunipun…

            nyuwun sewu

          • NOMER NOL POINT SIDJI …. sik luwih cepet ketimbang Ki Pandanalas ..

          • Terbukti klo Ki PDLS jagoan ngeles sak Indonesiah…

  2. Assalamualaikum. Sugeng enjing. Ngantre mburine Ki Pdls.

  3. Injih Ki Seno kawulo taksih sabar nenggo ngantos benjang.
    Sampun ngunduh 47.
    Nderek absen

    • sugenk enjang,…nderek tepank..

      • Ki/Nyi……nopo Ni njih,
        khawatir kleru meneh….?

        nderek tepank,

  4. Assalamualaikum.
    Nderek absen Ki.
    Sugeng enjang Ki sanak sedoyo.

  5. Senopati Said :

    hikss……, sabar nggih, jadwalnya masih besok.

    ngestoaken ki…
    jembar atine, gedhe wekasane
    wong sabar, gedhe rekasane

  6. kulo wargi padukuhan jati aking,…ing padepokan GGs lagi sepi…ach mampir ke padepokan PDLS.
    pengen liat rontal …tapi mbuh ono sing endi…bukan ning gandhok tapi kadang di pakiwan, kadang di seketeng…biar bukan cantrik, akhirnya ketemu juga walau pake lama…..matur nuwun kannng…baru di 43..!!

    hiks…, monggo Ki.
    biar seru…

  7. Woro-woro….
    bdbk-07 sudah siap dipakai sarapan, lewat http://cersilindonesia.wordpress.com/bdbk-07rev

  8. Selamat pagi
    Saya tidak tahu bagaimana mesti menanggapi wacana yang berkembang di gandok sebelah. Berbeda dengan komen-komen sebelumnya, saya memutuskan untuk tidak membacakan komen gandok sebelah kepada kakak saya yang sedang “pura-pura” sakit, sehingga saya tidak tahu tanggapannya tentang masalah ini. Entah apa motifasi kepura-puraannya itu. Mungkin dia mengharapkan para cantrik menggalang dukungan koin untuk padmi sehingga dia bisa menikmati 800 juta yang entah mau dikirim ke mana dan lewat siapa. Saya tidak akan membantah, siapa tahu kakak saya memang serendah itu.
    Ada banyak pertanyaan yang ingin saya ajukan, tapi saya putuskan untuk tidak menanyakannya. Saya tidak ingin menyita waktu dan energi anda semua untuk hal-hal yang menurut saya tidak ada gunanya. Kalau ada yang ingin terus membahasnya, ya silahkan saja dibahas.
    Saya masih akan mondar-mandir di blog ini, mengunduh buku-buku kegemaran kakak saya yang sedang berpura-pura sakit itu. Saya tidak harus menelusuri komen-komen ini, karena saya punya cara untuk menemukan link tanpa mencari-cari. Tapi tidakkah panjenengan pertimbangkan, bagaimana jika kebetulan tanpa sengaja komen seperti itu terbaca juga? Kalau menurut anda itu cukup adil bagi keluarga kami, biarlah kami menerimanya dengan lapang dada.
    Mohon ma’af, dan terima kasih.

    • hikss…

      nyuwun sewu nek wonten (pdhal kabeh lho) komen2 kulo sing “nyenggak” manahipun padmi’s family…

      mboten mawi ngluru urang neng ngandhap watu….namung bergojeg kemawon…

      “cantrik2 ra parenk mbelingi padmi maneh,..mengko mundhak ono sing duko…hikss”

      salam kojur

      • ..xixixi…

        • Ki Karto…..bukan xixixi

          niku ki Pandan sama Ni Savitri
          lagi nunggu bakul “DAWET” lewat

          sugeng siang ki Pandan
          sugeng siang Ni Savitri

          tumben ketemuan, mpun janji
          njih (hiks……ra parenk nesu)

  9. Kula nuwun, ndherek nggabung nggih, sajake kok rame sanget …nggih …. (iki mesthi wong megelang). PdLS niki kula waos watawis 36 tahun kepengker, jan .. ngantos kangen sanget badhe naos malih, nanging buhu-bukunipun sampun ical sedaya pindhah tangan wonten para peminjam. Sanget ing bingahipun manah kula dene kok wonten papan kados mekaten ingkang saged njampeni raos kangen kula. Saestu matur gunging panuwun dhateng para penyelenggara website menika. Nuwun, nuwun, nuwun.

  10. Ken Padmi, sabar… Saya ikut trenyuh mendengar ini. Sebagai cantrik lama, ‘guyon’ seperti ini memang sulit diterima. Buat cantrik lain, mari menghargai jasa sesama cantrik, apalagi pinisepuh yang berjasa menghadirkan rontal. Maaf, saya agak sensi karena sedang menghadapi masalah pelik juga….
    Hari ini saya mulai gabung lagi. Mudah-mudahan bisa ikut membantu…

  11. pada jaman dahulu, di saat terdapat sebuah padepokan yang bernama adbm (sampai saat ini, padepokan tersebut masih memiliki cantrik-cantrik yang cukup banyak), pernah terjadi suatu kejadian yang mendebarkan dada… seorang cantrik merasa dilanggar kebebasannya sebagai cantrik oleh gojegan dari cantrik lainnya…

    namun demikian, hal tersebut dapat ditengahi dengan kesadaran penuh dari cantrik-cantrik dan mentrik-mentrik, bahwa yang bergojeg jangan keterlaluan, dan yang dipergojegkan jangan mudah tersinggung, karena disinilah inti dari berbeda-beda tetapi satu jua… yang menurut saya lucu, belum tentu lucu juga menurut orang lain, dan yang menurut orang lain benar, belum tentu menurut saya benar…

    ada suatu perenungan yang saya dapatkan, yaitu, apabila saya berkata kepada orang yang berpandangan lain daripada saya bahwa orang itu “kafir”, bukankah orang itupun berhak berpandangan demikian kepada saya?!

    jadi, sing sabar, sing sareh…. mohon diingat satu hal, bahwa dalam dunia cyber, tak ada yang dapat terlihat dengan jelas… jangankan yang nggak jelas, yang sudah jelas di depan matapun orang sering kali gak percaya…. he…he…he…

    biarlah perkataan saya di atas dapat menjadi pedang bermata dua, buat anda sekalian dan juga buat saya sendiri…

    oh iya, untuk ni ken padmi dan adiknya, ada ontran-ontran dalam bahasa jawa kuno sekali:
    “never explain yourself to anyone, because the person who likes you doesn’t need it, and the person who dislikes you, won’t believe it.”

    tidak selalu benar, memang… tetapi, setidaknya, dapat menjadi air yang mengalirkan kesejukan di dalam hati sendiri…. (egosentris, ya…)

    he..he..he.. kedawan, sakjane mau mung arep nelesepke gajah, arep tak slundupke nangki sela anyaran (selandia baru) he…he…he…

    Hebat tenan gandok iki, ditlesepi gajah barang kok yo isih sedeng.
    Suwun Ki…

    • matur nuwun ki, nasehatnya plus Gadjah Mada nya

  12. sugeng siang… nderek antri rontal…

  13. wah keberangan iye,
    hadir ki.

  14. Matur nuwun Ki Banuaji, pituturipun ‘hit the mark” 🙂

    • he..he..he.. sami-sami, hananging “hit the mark” niku apa, nggih??? :mrgreen:

      • Hit the mark (kula waos, hit demak) :

        1. Raden Patah
        2. Sultan Trenggana
        3. Sunan Kalijaga
        4. Jaka Tingkir mlumpati mBlumbang
        5. Mahesa Jenar.

        mangga dipun pilih pundi ingkang paling “Hit” amargi sedaya tokoh menika pancen hit.

    • Kalau ‘missing the mark’ itu “SODA” jadi kalau ‘hit the mark mestine ya kopi pahit ….. hiks!

      • Nek teng nggene kulo….soda gembira..!

  15. aku wis nelisik neng padepokan sebelah sing dirasani ken savitri ….huruf mboko huruf, kata mboko kata, kalimat mboko kalimat,….

    tapi sajake ora ono huruf2/kata2/kalimat2 sing iso nggawe renteging penggalih…

    nopo ancene standard kata2 sopan/bijak/wajar rodho benten ayake

    btwcswdwdw …. nyuwun gunging samodra pangaksami menawi wonten raos2 engkang handhamel mboten rinaning penggalih…

    nyuwun sewu, salam kangge Padmi, saya merindukan tarian gemulai tangannya memainkan huruf demi huruf yg kurasakan seperti air di padang pasir yg tandus…

    • inget “bledekan” konco neng kampungku

      “lain ladang lain tanaman, lain blumbang
      lain ikan dan sambal-ya”

      • mesthi meh ngendikan :

        “Laen padang laen rumputnya”

        • lain alas, lain jambunya….. (isih wae….)

          • Lain dalang lain sinden-ne!
            Dalange sopo, hayoo..

      • ketinggalan……ketrucut,
        maksud saya “sambal-nya”

      • Sambel ?….sambel pedes tapi enak !
        Sambel trasi ?…mambu tapi uenak banget !!

      • “laen gunung – laen bentuk puncaknya”

        • Puncaknya ?…ono sing lancip..ono sing wis bujel….(xixixi)…

    • lha ya kuwi, ki… sing jenenge persepsi, rak terserah… setiap orang pasti punya persepsi dan tanggapan yang berbeda atas satu persoalan.

      ketika air dalam suatu gelas ada 50%, ada yang bilang setengah kosong, ada yang bilang setengah isi… kosong adalah isi, isi adalah kosong… lho…. :mrgreen:

      • sak ngertiku, persepsi kuwi kudu ono nganteni lho..

        nek ngantene ra ono, mengko sing bingung senopatine…raono sing dijagongi…xixixi

        • resepsinya…..pakai SP kemawon, biar lebih akrab dan bersahabat

      • ki Banuaji bener…..persepsi

        -yang satu bilang “CUKUP”
        -yang satunya bilang “NAMBAH”
        -yang duduk disebelahnya bilang “KURANG”
        -yang berdiri bilang “GAK-USAH”

        hikss…..kok aku binggung dhewe 😀

        • salah, ki… yang berdiri bilang “KURANG”…. 🙂

          • Cantrik anyaran mesti bingung maca komene cantrik-cantrik senior, ngomongi apa toh? mbulet ora ana ujung pangkale. Tergantung pada persepsi dan imajinasi sendiri sendiri…..

          • Arep ngomong ‘Lain Manuk lain sangkar-e’ wae kok muter-2, dasar wong jawa … ya senengane mbulet koyo MIE Jogja.

  16. ada apa…ada apa…bingung enyong kayane ana ontran2 ya?

  17. On 7 Februari 2010 at 20:02 gembleh Said:

    Teka teki tentang Ki Pandanalas.

    Seperti para kadhang se Padhepokan ketahui Ki Pls berdomisili di Sudirman Tengah, Pekanbaru dengan tugas nganglang/ngiteri wana dan ngoyak oyak pitik walik, kadang2 udan udan diudani tonggo.
    Ada beberapa kejanggalan yang saya temukan dalam komen2 yang beliau tulis.

    Beberapa waktu lalu, beliau yang pertama kali menyebutkan bahwa Ni Ken Padmi adalah seorang pendidik, profesi yang sangat mulia, di Yogyakarta berdasarkan kolum di koran lokal. Bahkan beliau yang pertama menebak bahwa adinda Ni KP bernama Savitri.

    Kemarin Ki Wie di Pekanbaru mengajak Ki Pls untuk kopi darat, dan Ki Pls mengaku kepada Ki Seno bahwa beliau kamitenggengen ( eh, gringgingen ) dengan ajakan tsb. Padagal yang pertama memancing pembicaraan adalah Ki Pls sendiri.

    Oleh karena itu, seperti laiknya kuis tebak2an di TV, saya mau menuduh bahwa sebenarnya Ki Pls berdomisili di Ngayogyakarta Hadiningrat.

    sak jane leres mBoten to Ki Seno……..?
    menapa kula kedah nBedhek menawi Ki Pls menika priyantun Putri…..?

    hikss…xixixi…..engkang jelas, pandan alas niku sangking klurak wonosobo (=sobowono)…senengane ngrengeng dhandhang gulo, nduwe asmo ki Ardi nek pas nunggoni taneman jagung, nduwe asmo ki Sentanu menawi nembe ngenger neng gunung kidul….

    pandan alas = priyayi/priyiyi ?…
    nek niki jelas, soale pandan alas sanes AC/DC…aseli ..nek mboten percanten..monggo mang nyuwun pirso dumatheng Ni PADMI…..lho ????

    • melu bledek-ane ki Gembleh,

      jawaban sementara (HIKss)…. 😀

  18. haderrrrrrr

  19. ngabsen.

    • Seperti biasa para kadang, saya ucapkan selamat sore dan saya hadir sambil membaca komen para kadang yang bisa jadi hiburan tersendiri sambil nunggu wedarnya kitab, kata teman saya kalo mau pamit tulis pareeennngg rumiyin gitu …..

  20. Sugeng sonten pårå kadang, pårå kaki, putut manguyu, jejanggan, pårå cantrik, pårå endhang, pårå bebahu padepokan.

    Padepokan såyå rejå, såyå rame, ada “priyayi/priyiyi”, ada “cukup”, “kurang”, “nambah, dan “nggak usah”, ada “klurak sobowono wonosobo”, ada “lain blumbang lain ikan dan sambal-nya” mungkin yang dimangsud (eh maksud) “jambalnya”, mana ada blumbang pake sambal. Ada juga yang “ditlesepi gajah”.

    Ada ketersinggungan, ada gojeg yang “melampaui batas”, ada kekurang-pemahaman, persepsi yang salah, kekurang-dewasaan menyikapi sesuatu hal. Ada ontran-ontran ???. Tapi itulah adanya.

    Tapi dari semua itu, mumpung masih sore, mumpung masih padang, sebelum malam tiba.

    Dengan tidak bermaksud menggurui. Bayuaji bukan pandhita, bukan seorang putut, Bayuaji hanya seorang cantrik, tetapi ini untuk mengingatkan kepada kita semua, terutama bagi cantrik sendiri.

    Alangkah mulianya kalau satu di antara yang ada memohon maaf dan memberi maaf, sebelum matahari tenggelam di balik cakrawala. Ya sebelum matahari tenggelam.

    Ketika matahari angslup di ufuk barat, Sang Pencatat Agung sudah memulai hitung-menghitung.

    “Adakah engkau pada hari ini telah berbuat aniaya terhadap hambaKu yang lain.

    Adakah engkau memberikan sedikit kegembiraanmu kepada sesamamu, atau malah engkau berbuat keji terhadapnya.

    Adakah rejeki yang Aku berikan kepadamu, telah engkau gunakan untuk kebahagiaan kepada para titahKu, atau malah engkau merampas rejeki saudaramu.

    Tangan yang Aku beri sedikit kekuasaanKu untukmu, apakah engkau pergunakan untuk menyengsarakan umatKu?

    Mulut yang Aku beri wewenang atasmu, apakah telah engkau gunakan untuk menyebar fitnah dan kedengkian.

    Ya Tuhan kami, malamMu segera tiba,
    Engkau amankan imanku, selamatkan Kepasrahan diriku padaMu.

    Kedua telingaku yang hari ini menyadap kersak-kersik berita dusta.
    Hidungku yang hari ini mencium aroma kebusukan. Mulutku yang hari ini menyulap kebohongan menjadi kebenaran dan menyebar fitnah.
    Kedua tanganku yang hari ini berbuat maksiat.
    Kedua kakiku yang hari ini melangkah ke jalan kedurhakaan.

    Ada pikiran yang buruk
    Ada tutur kata yang salah ucap
    Ada tindakan yang tercela
    Mohon dibukakan pintu maaf untukku

    Dan kepadaMu ya Tuhan.
    Sejenak lagi malamMu akan tiba
    Suara-suara penyeruMu akan diperdengarkan
    Ampunilah segala dosa hamba-hambaMu ini
    Mohon jangan Engkau tinggalkan diriku walau sekejap.

    Aku berlindung kepadaMu dengan KalimatMu yang sempurna yang tidak dapat dilangkahi oleh orang baik, apalagi pendurhaka.
    Dari kejahatan yang menembus bumi dan kejahatan yang keluar dari bumi,
    dan dari kejahatan yang naik ke langit dan kejahatan yang turun darinya,
    dan dari bencana pagi, siang, sore dan malam hari,
    dan dari para pendatang kecuali yang datang dengan segala kebaikan.

    Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih. Aamin.

    Nuwun.

    cantrik bayuaji

    • istilahe senopati…

      ora parenk regejegan

      • hidup gegojegan……!

  21. ngisi daftar tamu (kayak pengantenan)biar kitab cepat diwedar.
    Mohon maaf bila ade sale kate selame ini.
    Disini gunung disana gunung, ditengahnya pasti tukang krupuk (disini bingung disana bingung, sebab tukang krupuk sekarang boncengen gunung alias naek montor)

  22. He…..he…..he……
    ngendikane Ki Seno sapa sing arep mesen rontal kudu ngisi daftar hadir soale rontal 48 isih kudu di “injen”.
    pitakone, sapa sing arep diparingi tugas nginjen..?

  23. Sugeng dalu Ki Senopati,
    Selamat malam Ki Sanak semua….
    hadir….ngumpul bareng lagi.
    nuwun.


    monggo ki Is
    sekedap kemawon nggih, terus kulo derekaken istirahat
    hikss…

    • sugeng rawuh ki, …
      sokur bage menawi sampun senggang, ….

    • Sugeng dalu Ki Panembahan,
      wah pinda ngombe banyu gege, mak nyes rasaning ati, Ki Panembahan uwis rawuh…….!

    • Sugeng dalu Ki Is,
      Mugi tansah pinaringan kasarasan.

      cantrik bayuaji

    • sugeng ndalu ki is….alhamdulilah sdh sehat ya.

    • Ki Is sampun tilik padepokan ….
      Monggo Ki, kulo damelaken jamu beras kencur …”
      diunjuk rumiyen!

    • genk rawuh, ki is… mugi-mugi sampun dangan saestu…

      trimsuwun, ki arema, ki anatram, ki tumenggung, ki ismoyo…

    • Alhamdulillah Ki Ismoyo sudah bisa berinteraqksi dengan kita para cantrik, istirahat dulu, sembuhkan kondisi baru aktifitas lagi… semoga lekas pulih seperti sedia kala, Amiin.

  24. Suwun Ki Seno,
    NGUNDUH NOMER SIDJI …….
    Wis tak golek sarapan disik, Sego Pecel … karo empal ati!

    • ….nomer loro…!!

      • nomer telu…. le “nginden”

  25. Sugeng enjing pårå kadang,

    Ngunduh, sambil tugas “nginjen” punåpå “inden”
    Mangkat menyang sawah ngluku disik mumpung mångså rendeng.

    Nuwun.

    cantrik bayuaji

  26. Matur nuwun Ki Seno.
    Sampun senggang saestu Ki Is, alhamdulillah menawi mekaten.
    Sugeng enjang poro kadang sedoyo.

  27. ANTRI Ngunduh sak ngarep-e nomer SIDJI

    matur nuwun ki SENO
    matur nuwun ki Ismoyo
    matur nuwun BBahu Padepokan

    sugeng enjang cantrik-mentrik Pdlser
    wess…eweees-eweees bablas BILIK sebelah

  28. éééééééé lha dalah kebeneran, … pagi-pagi inden-nya sudah turun. matur nuwun.

  29. matur nuwun…
    sugeng enjang para sedherek…

  30. Telima kacih
    Selamat pagi menjelang siang para sedherek

  31. maturnuwun…
    sampun nyedot “sinden”.. eh.. “inden”…

  32. maturnuwun…. indentik dengan teka teki…..

  33. ternyata trik2 jaman singosari dipakai jg saat ini…
    konspirasi politik tingkat tinggi ttg perebutan kekuasaan..tidak hrs melulu berarti pemakzulan….ttp pemakzulan berbagai badan konstitusi …

    jamane wis edan..kudu melu edan nek pengin slamet…

    • jangan ke blabasan edane ki, mbok mengkko dadi grup metal EDANE

  34. Matur sembah nuwun ki Seno inden-nya sudah nyampe.
    @ Ki Ismoyo selamat datng kembali, jangan terlalu cape yaaa. Ben ora nang hospital di negeri jiran meneh.

    • mbonceng ki Djojosm ah..sopo reti disuggesti nek lewat mbetawi

      • Monggo kang. Mangke kulo kirimi mentrik saking padepokan kagem petunjuk jalan teng tlatah Bekasi.

  35. lali… sudah suwun, belum unduh… 😀

    • lali…sudah unduh, belum suwun …:(

  36. sepi-sepen-peteng-ndedet-mumetz-nglakep-sedekep-…wis pokoke sing ep-ep lah..

    • ….nglangut…..

    • @ Ki Pandanalas, @ Ki Kartoyudo

      Sugeng ber”sepi-sepen-peteng-ndedet-mumetz-nglakep-sedekep-…wis pokoke sing ep-ep lah..

      Sugeng ber”nglangut

      Lho koq….

  37. Kulo nderek bingah Ki Ismoyo, panjenengan sampun
    saged rawuh ing padepokan malih.
    Ki Arema, matur sembah nuwun, PdLS-48 sampun kulo undhuh.

  38. saiki ono wong papat…
    pas sak kalangan…. dang do digelar klosone…
    dolanan jak jik… nggo kertu cino

  39. Sugeng dalu sugeng tepang Ki Kentrung

    Punapa njenengan lajeng kadapuk dados bandar ????

    Hicks…..

  40. matur nuwun Ki Seno, “injen”ipun sampun kaunduh.
    sugeng dalu Ki Kentrung tuwin Ki BayuAji.

  41. sugeng dalu ki bayuaji ugi ki gambleh
    sugeng pinangihan maleh… nuwun sewu empun dangu boten mampir padepokanipun ki gede… sak jatosipun kulo niki nggih tumut ngangsu kawruh dumateng mriko, neng amargi kulo termasuk cantrik sing kuwalat, dados anggonipun pikantuk ilmu nggeh tretekan… lha wong sakmeniko nembe dumugi jilid kawitan teng PdLS… mpun ketinggalan tebeh kaliyan cantrik saksanesipun

  42. Sak jane yo sik esuk, nanging kok podo molor kabeh …
    ono cantrik sing ngorok-e paling banter ..
    Ohh kuwi tho sing lemu ginoek-ginoek kaya Swandari Geni .. aku lali jenenge …

    Ya wis tak ngoceh dewe wae ….

  43. GANDOK 49 belon di buka, didepan pintu tertulis :Maaf, tidak ada tulisan yang memenuhi kriteria anda.
    OKELAH KALO BEGITU, gue ngeronda aje deh, kali-kali di gardu ronda ada kiriman wedang jahe.
    Ih….sepi jempring……

    • nJenengan jaga di gardu mana, Ki Kompor?
      Tak nimbrung disana kalau ada wedang jae. Sebentar lagi hujan dan tjuatja akan menjadi dingin …. puoll

      • kulo di gardu tawang wetan, ada Ki Gembleh sama Ki Pandanalas, tapi sudah tidur pules.
        Cepet Ki Widura, wedangnya nanti dingin.
        Ternyata masih ada yang melekan.

  44. Sugeng enjing. Incang-inceng Gandhok 49, ternyata masih digembok.

    hikss….

  45. huadiiiiirrrrrrrrrr

  46. absen pagi2….

  47. Hadir juga…….

  48. Hong…. sidhem permanrm tansah podho sareh sakabehing manah kang tumutah matur sembah nuwun ki,rontalipun

  49. Hong…. sidhem permanem tansah podho sareh sakabehing manah kang tumutah matur sembah nuwun ki,rontalipun


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: