SBB-32

kembali | lanjut >>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 19 Februari 2012 at 00:01  Comments (22)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/sbb-32/trackback/

RSS feed for comments on this post.

22 KomentarTinggalkan komentar

  1. Haloo…………..
    pada kemana ya…….????????

    • Kamsiiiiaaaaaaaaa !!!!!!!!!!!!
      “disini”nya sudah diurus dengan tuntas.

      sugeng dalu.

      • Kamsia…..!!!

        selamat PAGI sadaya,

  2. Ki Menggung kemana ya………?????

  3. Ki Bancak kemana ya………??????

  4. Ki Arga kemana ya………??????

  5. Ki SukaS kemana ya……..???????

  6. Kalau Ki Bayu lagi nyiapin wedaran dongeng tlatah nJawa.

    Harak inggih makaten to Ki Begawan Bayuaji….????

  7. kawulo ndlesep ngandap pring Ki

  8. Nuwun
    ||Sugêng dalu, wanci ing têngah wêngi||

    Katur pårå sanak kadang padépokan pêlangisingosari, ingkang dahat sinu darsono ing budi, såhå ingkang tansah marsudi ing rèh kautaman,

    Nyuwun sèwu,

    Pertanyaan Ki Gembleh [On 17 Februari 2012 at 20:35 gembleh said: SBB31], trah Kadilangu yang mempunyai pantangan untuk makan sayur yang berasal dari buah yang tergantung, seperti labu siyam., menarik perhatian saya untuk disimak. dan mohon maaf, beberapa saat yang lalu baru sempat saya baca.

    Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu saya sampaikan hal-hal sebagai berikut:

    Pertama, saya belum tahu secara pasti apakah Kanjêng Sunan Kalijågå pribadi pernah berfatwa tentang hal itu, mengingat bahwa hingga sejauh ini saya belum mendapatkan bukti sejarah yang akurat yang dapat saya jadikan referensi, tetapi pitutur tersebut memang ada.

    Kedua, bahwa yang disebutkan di atas sebagai suatu pantangan, adalah merupakan pitutur, pituduh, wêwalêr, ular-ular atau sejenis itu.

    Ketiga, dan ini yang paling penting menurut saya. Pada umumnya di Tanah Jawa ini dapat kita temui pitutur-pitutur yang sama atau mirip dengan pitutur di atas. Baik yang tertulis dalam kitab-kitab babad, kidung, maupun berupa tradisi lésan, tutur-tinular, têmbang måcåpat dan sebagainya, sebagai ajaran moral yang di dalamnya memuat unggah-ungguh, subå sitå, tåtå kråmå, tåtå susilå, sopan santun, andap asor, jujur, sabar, budi pakêrti luhur, unggah-ungguhing båså, kasar alusing råså, lan jugar gênturing tåpå..

    Ini yang disebut Etika Jawa , yang termuat dalam Ajaran Budhi, yang mempunyai nilai-nilai historis, sosiologis dan filosofis yang telah mengakar sangat kuat dan lama dalam masyarakat Jawa khususnya.

    Pitutur yang telah disebut di atas dikatakan sebagai suatu pantangan, artinya suka atau tidak suka harus dijauhi, namun di dalam menterjemahkan di dalam kehidupan sehari-hari dan mensikapinya kita perlu kearifan yang tinggi, bahwa sebagai suatu butir-butir Etika Jawa, berupa local-wisdom (kearifan lokal) warisan nenek moyang untuk dikaji dan digali dengan pendekatan ilmiah.

    Hendaknya kita dengan arif dalam artian tidak serta-merta memberi stigma dan terjebak dalam konotasi yang dianggap oleh orang-orang tertentu bahwa pitutur itu adalah tahayul (superstitious). mistis, dan klenik.

    Istilah-istilah Jawa seperti: kêjawèn, klênik, mistis, tahayul, tradisi yang dahulu mempunyai makna yang arif, luhur, bijaksana, kemudian dibelokkan maknanya menurut kepentingan dan perspektif subyektif yang tidak suka dengan kearifan lokal.

    Akibatnya; istilah-istilah kêjawèn, klênik, mistis, tahayul, tradisi tersebut telah mengalami degradasi makna, direduksi, disalah-kaprahkan dan berkonotasi negatif,

    Istilah-istilah tersebut “disama-maknakan” dengan dosa dan larangan-larangan, misalnya gugon tuhon, budak setan, menyembah setan, dst.

    Padahal tidak demikian makna aslinya, sebaliknya istilah tersebut justru mempunyai arti yang sangat religius.

    ***

    Kêjawèn:

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

    1 kê.ja.wèn ki 1 a segala yang berhubungan dengan adat dan kepercayaan Jawa. Kejawen bukanlah suatu aliran kepercayaan sebagai yang telah disalahartikan selama ini.

    Pada zaman purba sebelum ajaran-ajaran agama yang kita kenal sekarang ini, yaitu Hindu, Budha, Nasrani dan Islam masuk di Nusantara, khususnya di Tanah Jawa sudah sejak lama berkembang suatu ajaran yang murni berasal dari Tanah Jawa sendiri, ajaran yang mengajarkan arti kehidupan, hakekat hidup, dan keselarasan dan kesimbangan alam, disebut “ajaran budi”.

    Ajaran budi ini menjunjung tinggi unggah-ungguh, subå sitå, tåtå kråmå, tåtå susilå, sopan santun, andap asor, jujur, sabar, budi pakêrti luhur, unggah-ungguhing båså, kasar alusing råså, lan jugar gênturing tåpå., yang dikenal dengan sebutan “Agami Budhi”.

    “Agama Budhi” atau “Agami Budhi” ini oleh para sejarahwan dan para peneliti ajaran-ajaran agama “modern” direduksi hanya sebagai suatu kepercayaan animisme/dinamisme, dan digolongan sebagai suatu bentuk ajaran filsafat atau aliran kepercayaan atau kebatinan saja.

    Untuk selanjutnya dapat dibaca tulisan saya di gandhok Dongeng Arkeologi & Antropologi Seri Pitutur, Pituduh dan Wewaler.

    Pada:
    https://pelangisingosari.wordpress.com/dongeng-arkeologi-antropologi/Seri Pitutur – Pituduh dan Wewaler

    ***

    Klênik:

    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia:

    1 klê.nik cak 1 a kegiatan perdukunan (pengobatan dsbnya) dengan cara-cara yang sangat rahasia dan tidak masuk akal, tetapi dipercayai oleh banyak orang.

    Sedangkan makna hakiki sesuai dengan Ajaran Budhi adalah merupakan pemahaman terhadap suatu kejadian yang dihubungkan dengan hukum sebab akibat yang berkaitan dengan kekuatan gaib (metafisik) yang tidak lain bersumber dari Dzat Yang Maha Tinggi yakni Tuhan Yang Maha Suci.

    ***

    Mistis:

    KBBI mmeberi arti:

    1 mis.tik 1 n subsistem yang ada dl hampir semua agama dan sistem dan sistem religi untuk memenuhi hasrat manusia mengalami dan merasakan emosi bersatu dengan Tuhan; tasawuf; suluk; 2 n hal-hal gaib yang tidak terjangkau dengan akal manusia.

    Ajaran Budhi memberi arti, bahwa mistis adalah adalah ruang atau wilayah gaib yang dapat dihayati manusia, sebagai upayanya untuk memahami keagungan Tuhan Yang Maha Gaib,

    ***

    Tahyul:

    Dalam KBBI diartikan:

    1 ta.kha.yul ki 1 n (sesuatu yang) hanya ada di khayal belaka: ki 2 n kepercayaan kepada sesuatu yang dianggap ada.

    Makna dalam ajaran Budhi yang diyakini adalah kepercayaan akan hal-hal yang gaib yang berhubungan dengan makhluk gaib ciptaan Tuhan. Manusia Jawa sangat mempercayai adanya kekuatan gaib yang dipahaminya sebagai bukti kebesaran Tuhan Sang Maha Pencipta.

    ***

    Tradisi:

    Mengacu pada KBBI adalah:

    1 tra.di.si cak 1 n adat kebiasaan turun-temurun dari leluhur nenek moyang yang masih dijalankan di masyarakat. cak 2 n penilaian atau angapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan cara yang paling baik dan benar; — lisan cak 1 folklore lisan ; — tertulis cak 1 adat istiadat yang tercantum dalam tulisan
    men.tra.di.si v cak 1 menjadi tradisi.

    Dalam ajaran Budhi tradisi Jawa, bahwa seseorang dapat mewujudkan doa dalam bentuk lambang atau simbol. Lambang dan simbol dilengkapi dengan sarana ubo rampé sebagai pelengkap kesempurnaan dalam berdoa. Lambang dan simbol juga mengartikan secara kias bahasa alam yang dipercaya manusia Jawa sebagai bentuk isyarat akan kehendak Tuhan.

    Kesemuanya, dilakukan dengan segala keterbatasan yang dimiliki manusia, karena wilayah gaib sepenuhnya milik Tuhan. Dzat yang Tan Kênå Kinåyå Ngåpå (Dzat Yang Tidak Dapat Disepertikan).

    ***

    Pitutur, pitedah, atau pituduh’ . Jika cakupannya diperluas berarti juga andharan, anggêr-anggêr, dugå prayogå, mêjang, mulang, pêpacak, pêpacuh, pêpali, pitêdah, pituduh, pitungkas, pitutur, pranatan, ular-ular, wêdharan, wêjangan, wêwalêr, wêwalês, wêwarah, wulang wuruk, wulangan, wursitå.

    Sebelum mengulas pertanyaan di atas, terlebih dahulu saya bagikan sedikit pengetahguan (yang mungkin sudah pernah kita ketahui sebelumnya, anggap saja sebagai penyegaran kembali).

    istilah-istilah dalam Bahasa Jawa, berikut ini:

    andharan = nyritakaké klawan jlèntrèh, katrangan, bèbèran,
    anggêr-anggêr = pandom urip (pedoman hidup),
    dugå prayogå = pangrêmbug amrih bêciké.
    mêjang = mituturi, wulangan, naséhat, mulang ngèlmu (gaib).
    mulang = wulangan, naséhat
    pêpacak = anggêr-anggêr, wêwaton sing kudu dituruti; dipacaki = ditåtå apik, dirêrénggå, diriyas, dandan; macak = ngêrêrénggå, ngriyas.
    pêpacuh = larangan, wêwalês.
    pêpali = pali = anggêr-anggêr = pandom urip, (larangan) pêpacuh sêkå leluhur turun-temurun.
    pitêdah = pituduh.
    pituduh = wêwarah, pitutur.
    pitungkas = pesan, weling.
    pitutur = piwulang kabêcikan, pêpéling sartå pamrayogå supåyå ora nindakaké sing ora pantês; mituturi = ngandhani supåyå tumindak sing bêcik, mulang kabêcikan.
    pranatan = tatanan, aturan, pêpacak kang wis ditêtêpaké.
    ular-ular = pituduh, wêwalêr,
    wêdharan = katrangan, mêjang, andharan.
    wêjangan = wulangan, naséhat.
    wêwalêr = walêran = larangan, pêpacuh.
    wêwalês = pêpacuh, gêgantining tindak kêlakuan sing wis dilakoni.
    wêwarah = pitutur, pituduh bab patikêlé nindakaké, wulang, kåndhå, wuruk.
    wulang wuruk = ajar, pitutur.
    wulangan = ajaran, pinutur.
    wursitå = gunêm, critå, råså-pangråså; diwursitani = digunêmi, dikandhani, dicritani. diwulang.

    Dalam kesempatan wedaran berikutnya, saya akan mengulas makna pitutur yang ditanyakan tersebut. Mohon bersabar.

    Nuwun

    cantrik bayuaji

    • Matur nuwun Ki Bayu,
      kula tengga pitutur saklajengipun.

      Sugeng dalu.

  9. njih Ki
    dipun tunggu pitutur selajengipun

  10. HADIR,

    • ikut …….meng.HADIR.i……..!!!

      • enjang cepet2an…..HADIR,

        • ndalu, enake aja cepet2.
          tapi HADIR.

  11. WULANG WURUK = AJAR, PITUTUR.
    (piwulange Ki Bayu)

    MULANG SARAK = yen ditakoni, wangsulane TIDAK TAHU.
    (mbuh piwulange sapa iki)

    • 🙂 Sugêng dalu Ki.🙂

      Mulang sarak ?

  12. monggo dipun tenggo tutuge, matur nuwun


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: