Seri MAGAWE RAHAYU MAGAWE KERTA

On 21 Januari 2011 at 03:50 cantrik bayuaji said: |Sunting Ini

Sampurasun, wilujeng enjing

DONGENG ARKEOLOGI & ANTROPOLOGI
MAGAWE RAHAYU MAGAWE KERTA [Bagian Kesebelas]

(Bagian Pertama. Kawali I On 23 Desember 2010 at 01:51 cantrik bayuaji said: HLHLP 072)
(Bagian Kedua. Kawali II On 25 Desember 2010 at 00:23 cantrik bayuaji said: HLHLP 073)
(Bagian Ketiga. Kawali III On 28 Desember 2010 at 11:40 cantrik bayuaji said: HLHLP 076)
(Bagian Keempat. Kawali IV On 31 Desember 2010 at 06:39 cantrik bayuaji said: HLHLP 079)
(Bagian Kelima, SSKK Parwa kahiji On 2 Januari 2011 at 06:29 cantrik bayuaji said: HLHLP 081)
(Bagian Keenam, SSKK Parwa kadua On 4 Januari 2011 at 06:01 cantrik bayuaji said: HLHLP 082)
(Bagian Ketujuh, SSKK Parwa katilu, On 12 Januari 2011 at 13:29 punakawan bayuaji said: HLHLP 086)
(Bagian Kedelapan, SSKK Parwa kaopat On 14 Januari 2011 at 06:07 cantrik bayuaji said: HLHLP 087)
(Dongeng Sisipan, Satriå Piningit Sang Ratu Adil, On 16 Januari 2011 at 00:07 cantrik bayuaji said:HLHLP 088)
(Bagian Kesembilan, Uga Wangsit Siliwangi I On 17 Januari 2011 at 22:37 cantrik bayuaji said: HLHLP 089
(Bagian Kesepuluh, Uga Wangsit Siliwangi II On 20 Januari 2011 at 05:22 cantrik bayuaji said: HLHLP 090)

UGA WANGSIT SILIWANGI III
[Carita Pantun Ngahiangna Pajajaran]

[28]. Ti harita, ganti deui zaman. Ganti zaman ganti lakon. Iraha? Hanteu lila, anggeus témbong bulan ti beurang, disusul kaliwatan ku béntang caang ngagenclang. Di urut nagara urang, ngadeg deui karajaan. Karajaan di jeroeun karajaan jeung rajana lain teureuh Pajajaran.

[28]. [Semenjak itu, zaman berganti lagi. Ganti zaman ganti cerita. Kapan? Tidak lama, setelah bulan muncul di siang hari (témbong bulan ti beurang ), disusul melesatnya bintang yang terang benderang (orang yang dapat memberikan pencerahan namun hanya sesaat ?)(kaliwatan ku béntang caang ngagenclang, komet?), di bekas negara kita, berdirilah sebuah negara lagi. Negara di dalam negara tetapi pemimpinnya bukan keturunan Pajajaran.]

[29]. Laju aya deui raja, tapi raja, raja buta nu ngadegkeun lawang teu beunang dibuka, nangtungkeun panto teu beunang ditutup; nyieun pancuran di tengah jalan, miara heulang dina caringin, da raja buta. Lain buta duruwiksa, tapi buta henteu neuleu. Buaya eujeung ajag, ucing garong eujeung monyét ngarowotan somah nu susah. Sakalina aya nu wani ngageuing; nu diporog mah lain satona, tapi jelema anu ngélingan.

[29]. [Lalu akan ada seorang penguasa yang lainnya lagi, tetapi penguasa yang satu ini bertingkah-laku tidak sepatutnya dilakukan oleh seorang penguasa (ngadegkeun lawang teu beunang dibuka, nangtungkeun panto teu beunang ditutup; nyieun pancuran di tengah jalan, miara heulang dina caringin = mendirikan benteng tetapi tidak boleh dibuka, yang memasang pintu tetapi tidak boleh ditutup, membuat pancuran di tengah jalan, memelihara elang di pohon beringin). Memang dia adalah penguasa yang buta mata hatinya. Bukan pura-pura buta, tetapi memang sebenarnya dia itu tidak melihat. Kekuasaan penguasa buta itu sudah keterlaluan, berperilaku sangat kejam, ganas, bengis, rakus, serakah, dan mau menangnya sendiri (Buaya eujeung ajag, ucing garong eujeung monyét = watak dan perilaku kejam, ganas, bengis, rakus, serakah, dan mau menangnya sendiri digambarkan seperti buaya, srigala, kucing, dan monyet), itulah perilaku yang membuat kehidupan rakyat menjadi semakin sengsara. Tatkala ada yang berani mengingatkan, yang dilakukan bukanlah memberantas kejahatannya, tetapi justru orang yang mengingatkan itu yang disingkirkan.]

[30]. Mingkin hareup mingkin hareup, loba buta nu baruta, naritah deui nyembah berhala. Laju bubuntut salah nu ngatur, panarat pabeulit dina cacadan; da nu ngawalukuna lain jalma tukang tani.

[30]. [Semakin maju semakin banyak penguasa yang hati nuraninya mati (loba buta = buta) dan akal sehatnya hilang (nu baruta = tuli = hilang akal sehat, dapat juga disebut rakus, tamak). Memerintah dengan wenang-wenang, dan mempertuhankan serba benda materi (nyembah berhala). Pelaksanaan kendali (bubuntut) tata-negara (ngawalukuna ) dilaksanakan dengan sekehendak hatinya (pabeulit jeung cacadan = memasang alat tidak pada tempatnya = semaunya = tidak berdasarkan kaidah yang semestinya), lagi pula diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya (lain jalma tukang tani).]

[31]. Nya karuhan: taraté hépé sawaréh, kembang kapas hapa buahna; buah paré loba nu teu asup kana aseupan. Da bonganan, nu ngebonna tukang barohong; nu tanina ngan wungkul jangji; nu palinter loba teuing, ngan pinterna kabalinger.

[31]. [Sudah pasti dalam keadaan yang demikian itu, tidak ada hasil yang diharapkan (taraté hépé sawaréh, kembang kapas hapa buahna; buah paré loba nu teu asup kana aseupan = bunga teratai hampa sebagian, bunga kapas kosong buahnya, buah pare banyak yang tidak masuk kukusan). Ditambah pula dengan pemimpinnya yang hanya pandai berjanji, tetapi tidak pernah menepatinya, penuh dengan kebohongan. Sudah terlalu banyak orang pinter, tetapi pinter keblinger.]

[32]. Ti dinya datang budak janggotan. Datangna sazamang hideung bari nyorén kanéron butut, ngageuingkeun nu keur sasar, ngélingan nu keur paroho. Tapi henteu diwararo. Da pinterna kabalinger, hayang meunang sorangan. Arinyana teu areungeuh, langit anggeus semu beureum, haseup ngebul tina pirunan. Boro-boro dék ngawaro, malah budak nu janggotan, ku arinyana ditéwak diasupkeun ka pangbérokan. Laju arinyana ngawut-ngawut dapur batur, majarkeun néangan musuh; padahal arinyana nyiar-nyiar pimusuheun.

[32]. [Pada saat itu datang pemuda berjanggut, datang dari tempat yang tidak diketahui (sajamang hideung = memakai baju serba hitam), datang sebagai orang yang sangat bersahaja ( bari nyorén kaneron butut = anyaman kantong yang jelek, sarung tua, gembolan kain usang = sambil menyelendangkan sarung usang). Dia mengajak mereka yang tersesat kembali ke jalan yang benar, mengingatkan mereka yang lupa, tapi peringatannya tidak dihiraukan. Mereka merasa pintar tetapi keblinger, maunya menang sendiri. Mereka tidak sadar, bahwa hari sudah senja, hari akhir hampir tiba (langit anggeus semu beureum, = langit sudah memerah pertanda sudah senja, haseup ngebul tina pirunan = asap mengepul dari perapian, [adalah kebiasan petani Tatar Sunda, di Jawa juga bila senja tiba membakar sisa-sisa dedauan, ranting-ranting/sampah untuk menghalau nyamuk, dan sebagai perapian]). Alih-alih mentaati ajakannnya, pemuda berjanggut itu malah ditangkap dan dimasukan ke penjara. Kemudian mereka memporak-porandakan tempat-tempat yang dicurigai, dengan alasan hendak mencari musuh tapi sebenarnya mereka sengaja membuat permusuhan.]

[33]. Sing waspada. Sabab engké arinyana, bakal nyaram Pajajaran didongéngkeun. Sabab sarieuneun kanyahoan, saenyana arinyana anu jadi gara-gara sagala jadi dangdarat. Buta-buta nu baruta; mingkin hareup mingkin bedegong, ngaleuwihan kebo bulé. Arinyana teu nyaraho, zaman manusa dikawasaan ku sato.

[33]. [Waspadalah. sebab mereka nanti akan melarang untuk menceritakan Pajajaran yang sebenarnya. Mereka takut ketahuan, bahwa ternyata merekalah yang membuat semua ini menjadi gagal (dangdarat = serba tanggung, gagal, susah). Penguasa yang kehilangan akal sehat (baruta = tuli = hilang akal sehat, dapat juga disebut rakus, tamak), semakin hari menjadi semakin kalap (bedegong = tegar tengkuk, degil, kalap, ngawur) melebihi si penjajah sebelumnya (kerbau bule), mereka tidak sadar, dirinya sudah dikuasai oleh nafsu hewani ( dikawasaan ku sato).]

[34]. Jayana buta-buta, hanteu pati lila; tapi, bongan kacarida teuing nyangsara ka somah anu pada ngarep-ngarep caringin reuntas di alun-alun. Buta bakal jaradi wadal, wadal pamolahna sorangan. Iraha mangsana? Engké, mun geus témbong budak angon. Ti dinya loba nu ribut, ti dapur laju salembur, ti lembur jadi sanagara. Nu barodo jaradi gélo marantuan nu garelut, dikokolotan ku budak buncireung. Matakna garelut? Marebutkeun warisan. Nu hawek hayang loba; nu boga hak marénta bagianana. Ngan nu aréling caricing. Arinyana mah ngalalajoan. Tapi kabarérang.

[34]. [Berjayanya kekuasaan pemimpin yang telah kalap itu tidak berlangsung lama, tetapi karena sudah sangat keterlaluan menyengsarakan rakyat, maka rakyat berharap akan ada mukjizat datang untuk mereka (pada ngarep-ngarep caringin reuntas di alun-alun = berharap pohon beringin yang ada di tanah lapang tumbang). Penguasa itu akan menjadi tumbal, tumbal oleh perbuatannya sendiri, kapan waktunya? Nanti, pasti terbukti pada waktunya akan nyata kalau sudah terlihat anak gembala, di situ akan terjadi banyak huru-hara, yang bermula dari satu daerah yang semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. Yang tidak tahu apa-apa menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar. perbuatan ini dipimpin oleh anak kecil yang berperut gendut (budak buncireng). Apa yang menyebabkan timbulnya pertengkaran? Memperebutkan hak peninggalan warisan. Mereka yang rakus ingin memperoleh bagian yang paling banyak. Mereka yang tidak rakus pun berkeinginan mendapatkan bagian yang banyak pula, dan mereka yang tidak punya meminta pula bagian dari haknya.
Hanya saja mereka yang sadar diri (areling) diam saja, mereka hanya jadi penonton, tetapi mereka menerima akibatnya (kabarerang = kena percikan.)

[35]. Nu garelut laju rareureuh; laju kakara arengeuh; kabéh gé taya nu meunang bagian. Sabab warisan sakabéh béak, béakna ku nu nyarekel gadéan. Buta-buta laju nyarusup, nu garelut jadi kareueung, sarieuneun ditempuhkeun leungitna nagara.

[35]. [Yang bertengkar kemudian semakin reda, kemudian mereka mengetahui (menyadari), tidak ada yang memperoleh bagian apa pun, sebab peninggalan (warisan) yang tersisa sudah habis diambil oleh mereka yang memegang barang jaminan (gadean). Para penguasa berusaha berkelit (nyarusup = menyelinap), yang bertengkar ketakutan dituduh (ditempuhkeun ) melenyapkan negara.]

[36]Laju naréangan budak angon, nu saungna di birit leuwi nu pantona batu satangtung, nu dihateup ku handeuleum ditihangan ku hanjuang.

[36]. [Kemudian mereka mencari anak gembala, yang rumahnya di tepi belakang palung sungai (birit leuwi = di belakang/pinggir palung/lubuk sungai) yang pintunya setinggi batu (satangtung = sebuah batu), yang dinaungi oleh handeuleum dan berdindingkan rimbunnya hanjuang.

[37]. Naréanganana budak tumbal. sejana dék marénta tumbal. Tapi, budak angon enggeus euweuh, geus narindak babarengan jeung budak anu janggotan; geus mariang pindah ngababakan, parindah ka Lebak Cawéné.

[37]. [Semua minta obat penawar (tumbal) [Semua minta agar anak gembala dijadikan tumbal], tapi sang gembala sudah tidak ada, dia sudah pergi bersama pemuda berjanggut, membuka daerah baru (mariang pindah ngababakan=lahan baru, atau negara baru?), di lembah perawan (Lebak Cawéné).]

[38]. Nu kasampak ngan kari gagak, keur ngelak dina tutunggul. Daréngékeun. Zaman bakal ganti deui. tapi engké, lamun Gunung Gedé anggeus bitu, disusul ku tujuh gunung. Génjlong deui sajajagat. Urang Sunda disarambat; urang Sunda ngahampura. Hadé deui sakabéhanana. Sanagara sahiji deui. Nusa Jaya, jaya deui; sabab ngadeg ratu adil; ratu adil nu sajati.

[38]. [Yang ditemui hanya gagak yang menjerit di dahan mati. Dengarkan. zaman akan terus berganti, tetapi kelak. ketika Gunung Gede meletus, dan disusul oleh tujuh gunung, gemparlah dunia. Orang Sunda diharapkan kedatangannya dan peran-sertanya (disarambat), Mereka memakluminya. Maka menjadi baiklah semuanya. Negara bersatu kembali. Nusa jaya lagi, sebab diayomi oleh ratu adil, ratu adil yang sejati.

[39]. Tapi ratu saha? Ti mana asalna éta ratu? Engké ogé dia nyaraho. Ayeuna mah, siar ku dia éta budak angon. Jig geura narindak. Tapi, ulah ngalieuk ka tukang.

[39]. [Tapi ratu siapa? darimana asalnya sang ratu? Nanti juga kalian akan tahu. Sekarang, cari oleh kalian pemuda gembala. Segeralah bertindak, tapi ingat jangan menoleh kebelakang.]

Sampurasun

Nuhun, punten ka sadayana simkuring bade pamit heula atur nuhun tos dibaturan

Cantrik Bayuaji

Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

Telah Terbit on 29 Januari 2011 at 17:47  Comments (1)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/seri-magawe-rahayu-magawe-kerta/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentTinggalkan komentar

  1. Assalammualaikum
    Salam
    Rahayu
    Sedulur kabeh
    Menarik nih kajiannya,
    tak perlu mencari
    Tak perlu dicari
    Bila yang bertemu ucapkan Alhamdulilah
    Bila yang belum bertemu ucapkan insyaallah
    Bukan bertemu atau tak bertemu
    Apa artinya kita bertemu
    Untuk apa kita bertemu
    Kalau sudah bertemu??
    Adakah perubahan
    Adakah nilai yang bisa diambil
    Biarkan misteri tetaplah misteri
    Dia akan datang dengan tiba tiba
    Dia akan datang tanpa disangka sangka
    Darimana datangnya??
    Tak seorang pun mengetahui..
    Sekarang, esok atau lusa
    Bulan ini, bulan depan atau tahun depan..
    Semua mungkin..
    Semua tak mustahil
    Semua tak pasti
    Yang pasti hanyalah kematian
    Menghadap Sang Ilahi Robbi
    Coba kalau semua berpikir
    Coba kalau semua bertujuan sama
    Tak hanya rakyat tapi juga pejabat
    Tak hanya birokrat tapi juga pengusaha
    Tak hanya rakyat awam tapi juga para cerdik pandai
    Tapi..apa yang terjadi??
    Apa yang kita saksikan??
    Berlomba lomba dalam urusan dunia
    Berlomba lomba dalsm urusan perut
    Berlomba lomba dalam urusan depan pantat
    Hahahaha…
    Sedikit yang ingat
    Sekali lagi Sedikit yang mengingat…
    Kebanyakan semua banyak berkutat
    Untuk urusan urat dan pantat
    Untuk urusat perut dan syahwat
    Kalau diterus teruskan bakalan kiamat.
    Hanya orang gila yang tak kumat
    Karena dibalik kegilaan ada nikmat
    Hahahahaha…
    Salam Paitun Gundul 87
    Gondal Gsndul


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: