Seri Surya Majapahit – Bagian ketiga

On 14 November 2011 at 06:10 cantrik bayuaji said: |Sunting Ini

TANCEP KAYON

Nuwun

Sugêng énjang pårå sanak kadang sutrêsnå padépokan pelangisingosari ingkang dahat kinurmatan.

Pårå wasi, pårå ubhwan, pårå ajar, pårå putut manguyu, pårå jêjanggan, pårå tåpå, pårå tapi, pårå èndhang, pårå dhayang, pårå mentrik, pårå kadang cantrik, pårå kaki bêbahu padépokan. Pårå murid kang nêmbé ngangsu kawruh kautaman gêsang dumatêng pårå mursyid.

Månggå pårå kadang, pårå ingkang sidhik ing paningal samyå sêdhakêp mangékapådå amêsu budi amrih wêwah waskithaning manah. Nggayuh kamulyan, mugi sêdåyå titah pikantuk kanugrahaning Gusti Ingkang Sih Katrésnanipun Tanpå Watês Tanpå Wilangan.

Katur pårå sanak kadang ingkang dahat sinu darsånå ing budi,

Tancep Kayon sudah Dongeng Arkeologi & Antropologi Surya Majapahit, sejak wedaran yang pertama waosan kaping-1 tanggal 18 Februari 2011 at 21:41 (HLHLP 106); sampai dengan wedaran pungkasan waosan kaping-56 tanggal 12 November 2011 at 01:18 (JdBK 40) –kurang lebih selama 11 bulan–

Tiada lain saya, cantrik bayuaji, mengucapkan terima kasih kepada sidang pembaca, sanak kadang padepokan pelangisingosari yang berkenan membaca tulisan-tulisan cantrik.

Matur nuwun, atas segala masukan dan pujian. Semoga hal ini tidak menjadikan cantrik lupa-diri. Namun sudah barang tentu kritik dari sanak kadang cantrik harapkan, karena sebagai manusia, cantrik bayuaji tidak luput dari kesalahan, mungkin salah memberikan ilustrasi terhadap suatu peristiwa sejarah, keliru memberikan uraian tafsir sejarah, salah mengutip rujukan, keliru menulis identitas suatu tempat, masa, yang mengakibatkan informasi yang ingin disampaikan menjadi tidak utuh, bahkan sangat mengganggu. Mohon maaf atas semua kesalahan.

Wedaran Dongeng Arkeologi & Antropologi bermaksud memberikan pemahaman sejarah bangsa, khususnya masa-masa silam Nusantara secara utuh, obyektif, bebas nilai, tidak menggurui, dan yang lebih utama adalah tidak memihak pada kepentingan-kepentingan tertentu, kepada kelompok tertentu yang berusaha untuk menyelewengkan sejarah.

Adapun banyaknya sumber sejarah berupa pustaka buku dari para ahlinya, juga prasasti, kakawin, rontal, arca, candi, termasuk juga tutur lesan masyarakat cantrik jadikan rujukan penulisannya, semata-mata untuk lebih meyakinkan cantrik bahwa sumber sejarah tersebut adalah tepat, dapat dipertanggung-jawabkan secara ilmiah dan moral, dan tidak mengada-ada.

Andaikata terjadi perbedaan di antara para ahli, dalam ranah sejarah, hal itu adalah wajar, mengingat bahwa kebenaran sejarah adalah bersifat hipotetik. Sejarah dapat diperbarui atau direvisi, selama kajian terhadap penemuan-penemuan arkelogis yang menunjang masih terus terjadi.

Katur pårå sanak kadang ingkang dahat kinurmatan,

Dongeng Arkeologi & Antropologi Surya Majapahit, sudah tancêp kayon, tetapi masih banyak peninggalan-peninggalan leluhur bangsa, baik berupa rontal pujasastra, kronika budaya, kakawin, kidung, tembang, tamla prasasti, arca, benda-benda budaya kuno, bagaikan mutiara yang dapat dirangkai kembali dalam bentuk dongeng semacam ini.

Dengan menelusuri kembali jejak-jejak masa lalu bangsa, kita dapat belajar darinya, kita dapat jadikan sebagai cermin bagi langkah kehidupan bangsa ini selanjutnya.

Pårå sanak kadang,

Dongeng inipun dapat dimanfaatkan dalam arti dicopy oleh siapa saja, digunakan sebagai bahan penyusunan skripsi, desertasi, makalah dan sebagainya. Namun mohon dapat menyebutkan sumber tulisannya.

Katur pårå sanak kadang ingkang dahat kinurmatan,

Tuntas sudah penulisan ini, dan JdBkpun sudah tutup kelir.
Masih ada gandhok-gandhok baru? dan dongeng baru? Kita menunggu.

Nuwun

cantrik bayuaji

Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Telah Terbit on 12 November 2011 at 07:05  Comments (2)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/seri-surya-majapahit-bagian-ketiga/trackback/

RSS feed for comments on this post.

2 KomentarTinggalkan komentar

  1. Wikipedia

    Seri Surya Majapahit

  2. Terima kasih, nambah ilmu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: