SUNdSS-16

sebelum>>| awal>>| lanjut>>

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 8 Mei 2010 at 22:00  Comments (90)  

The URI to TrackBack this entry is: https://pelangisingosari.wordpress.com/sundss-16/trackback/

RSS feed for comments on this post.

90 KomentarTinggalkan komentar

  1. hikss,

    • tumben kok gak dicekal pak SATPAM,

      • Oooh, gardu ngarep pas kosong…pak
        SATPAM ronda keliling,

      • Kadingaren kok gandhok sampun bikak ?
        Nomer loro !!!!!!!

        • lha nomer SIDJI-ne sinten ki..??

          • he…he…he….
            seperti biasa Ki Pandan

          • nomer SIDJI ngondol
            “cover rontal”….!!

            hikss,

  2. gandok persiapan RAPELAN rontal,

  3. he….he….he…..

    apa pemuda itu yang bernama M****A B******N ya ?

    nomer loro…..!!!!!!

    • sek…sek ki Gembleh,

      sepertinya komen2 saya kok
      masuk MAPS Padepokan….??

      ojo2 iki gandok “Panglimunan”
      hikss,

      • sugeng dalu ki SENO

        gandok anyar…gandok rapelan
        rontal wedar bareng padepokan
        Panembahan GSeta….!!!

        hikss :
        we-lah disebelah Panembahan
        mpun wedar rontal ki…SUEERRR,

        • kersanipun
          nembe mantun diedit, jatah selasa
          hikss…
          ngumpet maneh…

          • ki Gembleh,…..monggo
            jurus anyar njenengan,

            ogrog-egreg-igrig gaya wetanan….!!

            gantian,

          • Hikss…
            mboten mireng
            kulo sakniki sampun tilem

        • selamat malam, ikut antri di sini ki sanak,

          wèlèh-wèlèh, … ternyata gandhok ini ketinggalah selangkah, gandhok sebelah sudah wedharan yang ke-16 lho, ….

          tak mlayu dhisik, … wedi didukani aku, …

  4. Gandok ANYAR gandok RAPELAN,

    rontal diwedar bareng2 Padepokan
    Panembahan….!!!

  5. Sugêng dalu Ki Sanak
    Sugêng dalu Ki YuPram, Ki Gembleh, yang paling gasik mlêbu gandhok

    Ki Sanak,

    Ternyata sejak Ranggawuni anak Anusapati dinobatkan sebagai raja di Singosari, bernama abhiseka Bhatara Wisnu Wardhana, yang bergelar Sri Jayawisnuwardhana Sang Mapanji Seminingrat Sri Sakala Kalana Kulama Dhumardana Kamaleksana, dan Mahisa Campaka anak Mahisa Wonga Teleng menjadi raja Anggabaya dengan gelar Bhatara Narasingha. Kadiri dan Tumapel dipersatukan oleh “någhå roro saléng” yang laksana “Madawa dan Indra” itu. Persatuan ini meliputi Janggala dan Panjalu.

    Setelah terjadi ‘gonjang-ganjing’ selama 32 tahun, yakni sejak tahun 1222 (terbunuhnya Tunggul Ametung), hingga tahun 1250 (terbunuhnya Tohjaya). Singosari yang kisruh, naiknya seorang raja selalu diawali dengan terbunuhnya raja terdahulu. Singosari tidak pernah tenang. Tetapi sejak naiknya cucu Ken Dedes di tahta kencana Singosari, Singosari diberitakan aman, damai, dan tenteram. Ternyata tidak!

    Tidak?!

    Ada sekelompok “teroris” yang menginginkan agar Singosari kacau balau. Ketenangan dan ketentraman Singosari tidak boleh terjadi. Singosari sengaja dibuat kisruh oleh sekelompok orang yang tidak menyukai sepasang ular naga di satu sarang itu. Orang-orang yang masih menyimpan dendam lama.

    Apa tujuan si teroris itu. Siapa aktor intelektual kelompok teroris itu. Buyut Kidang Kinasih?, Tapak Lamba?, Linggadadi Awan Hitam?

    Nagarakretagama dan Pararaton menyebutkan mereka adalah sisa-sisa “Keluarga Raja Kadiri” yang sengaja disingkirkan. Siapa?

    Siapa Linggapati itu dan di mana pula letak Cangu, dimana pula Mahibit itu.

    Tunggu. Dongeng Arkeologi dan Antropologi akan diwedar pada saatnya diwedar. Hiks…..

    Sugêng dalu Ki Sanak, sugêng malêm minggon

    Nuwun.

    cantrik bayuaji

    • sugeng dalu ki Bayuaji,

      monggo njenengan bantu…
      ki Gembleh ngogrog rontal
      anyar….!!!

      egreg-an saya mendal
      terus ki ra mempan,hiks2

      • hiks, hiks, hiks hiks3

  6. ki sanak, …
    mumpung wis wayah sepi uwong, karo nunggu wedharan, mangga disambi kekidungan, …

    maskumambang

    nadyan silih bapa biyung kaki nini
    sadulur myang sanak
    kalamun muruk pan becik
    nora pantes yen den nuta

    apan kaya mangkono watekan iki
    sanadyan wong tuwa
    yen duwe watek tan becik
    miwah tindak tan prayoga

    aja sira niru tindak
    aniru tindak kang tan becik
    nadyan ta wong liya
    lamun pamuruke becik
    miwah tindake prayoga

  7. Wah hiks saya dimêndalké Ki Satpam. Yok åpå rék

    Rupane P. Satpam lagi ngantuk.
    Ngapunten Ki.
    Sing kalih dipun lebetaken kotak, duplikasi, mangke sing maos bingung.

    • he…he…he… rupane……

  8. ra’ ono sing rondho….

  9. sepiiiii………!!!!!
    pada minggonan

  10. awan awan tak melu patroli, mbok menowo ono teroris

    • biasane terorise banjur meneng yen wis ana wacan.
      he….he….he….
      sugeng siang Ki Bancak.

  11. Sugeng ndalu sedaya….

    Ngisi daftar hadir dulu.

    Ada cover, ada harapan
    Sabar menanti, selasa depan

  12. rontal diper-cepat wedar….!!!

    hikss, cantriek siap2 melek-an
    baca rontal.

  13. baru pulang dari rumah mertoku, gandhok baru wis dibuka.
    Hari ini panas tenan, ikut lele’an ngeronda digardu, biasanya, Ki Widura bawa serundeng hangat.

    • Kelapanya terlalu muda … Ki susah mateng-e!
      Sabar nJih …….

  14. Kemarin seharian nggak bisa sambang gandok, ternyata sudah rame.
    Sugeng enjan Ki Sanak semua.

  15. E la salah ketik,
    Sugeng enjang Ki sanak sedoyo

  16. Hadir, selamat pagi.

  17. rontal baru diwedar hari Selasa. Saiki isih durung mateng, diimbu disik.

    Sapunikå rak sampun ‘kemampo‘ nggih Ki Seno?

    Sugêng énjang pårå kadang, sugêng ngêmban kajibahan luhur, ngupadi kasampurnaning gêsang.

    • hikss,
      gak usah mateng2 ki SENO…
      kemampo2, cantrik yo gelem.

      rontal…tak “imbuh” dhewe.

      • @ Ki YuPram,

        Mênawi pêlêm kêmampo, écå kanggé rujakan Ki, lha mênikå rontal ‘kêmampo’ dipun napakakên Ki?

        • dipun unduh rumiyin ki,

          rasane ra enak cantrik
          baru komen “pengaduan”

  18. 𝓃ℊℯ𝓃𝒹𝒶𝓃ℊ𝒾 ℊ𝒶𝓃𝒹𝒽ℴ𝓀
    𝓈𝓊ℊℯ𝓃ℊ ℯ𝓃𝒿𝒶𝓃ℊ

  19. kutip komen dari gandok sebelah :

    On 09/05/2010 at 21:15
    gembleh Said,

    hadir……dengan janji :
    mBoten badhe ngogrok-ogrok
    mBoten badhe nyindir-nyindir

    namung badhe nyuwun pirsa :
    SundSs-16 siyos dipun wedhar
    enjang menika to Ki SENO…??

    hikss,

    • wakakakakak…..betul..betul…betul…

      • Ki Seno ngendiko :
        “rontal baru diwedar hari Selasa”.

        tapi karena hari ini kuesele pool maka:
        sesst orapareng rame-rame bakal
        (diwedar 12 jam lebih awal dari tit… 00.01)

        hikks,

  20. lali…hiksss….hadir…ngantri…
    mentrik sing rajin ngabsen+ngantri mung jeng cika…

    jeng-jeng liyane wis ra tau ngetok maneh

    (copas gandhok sebelah…gek males komen dowo2…mengko dikiro ngogrok-ngegrek-nyonggok-nyenggek-nggege mongso)

    • Senen hadir…wedi di senen-i…
      Jeng-jeng wis ra tau ngethok…mungkin jeng-kel..punopo jeng-kol njihh…

  21. Sugeng siang para sanak kadang, ndherek antri

    Mboten usah di ogrok2,egrek2 lan igrik2 njih,nek sampun titiwancinipun mangke rak “mbrojol” piyambak , mboten kiat di pun ampet dateng “padharan” kagungan nipun Ki Ar……..??
    Sumonggo sabar sakwentoro

  22. Permisi …. nderek antri …..

  23. sugeng siang ugi ki Gembleh, nyuwun ngapunten saweg saget mbales

  24. sugeng sonten ki Seno dalah para cantrik pedepokan PdLS
    antri ndhodok ngisor ciplukan..

  25. sugeng sonten………………

    • Sugeng sonten Jeng Cipika, Ki Seno, Kisanak sedoyo….

      • sugeng sonten Ny Cika, Ki Seno. Kisanak sedoyo…
        dangu mboten mampir radi ketinggalan kathah…

  26. waaahhhh…
    rontale diperem pake daun pepaya…!!!
    kalo gitu lebih cepat matang doooong…!!!
    nggak perlu nunggu tiiiittt..tho ki…???

    suwun ……

  27. Alkisah Tumenggung Kartojuda mengundang kadang sinara wedi-nya, Tumenggung YuPram, Rangga Widura dan Rangga Anatram untuk berkunjung ke tlatah bang wetan. Sebetulnya diundang pula Kiai Pandanalas yang sedang ada di bumi Swarnadwipa tapi berhalangan hadir karena cuaca tidak memungkinkan untuk berlayar ke Djawadwipa.
    Keempat priyagung itu berjalan-jalan ke tlatah lereng gunung Arjuno untuk mencari buah durian di hutan.

    Ketika sampai di pinggir hutan mereka terkejut karena banyak sato kewan yang belarian berhamburan seperti ketakutan.
    Dengan penasaran mereka bergegas memasuki hutan menuju sumber suara berisik yang meyebabkan penghuni hutan berlarian ketakutan.

    Sejenak mereka termangu-mangu menyaksikan dua orang yang nampaknya mereka kenal sedang bertempur dengan amat dahsyat.
    -” Lho, itu kan Rakryan Gembleh ! ” bisik Tmg. KartoJ.
    -” Nampaknya betul, tapi mengapa bertempur dengan Rakryan Kompor ? Mereka kan bersaudara ?” desis Rangga Widura. Tmg YuPram dan Rangga Anatram pun mengerutkan kening.
    -” Sssst, lihat Rakryan Gembleh menyerang dengan aji Rog-rog Asem ” tunjuk Tmg YuPram.
    -” Tenang, Rakryan Kompor menahan dengan ajian Lembu Sekilan ” jawab Rangga Anatram.
    Demikianpun ketika Ki Kompor balas menyerang dengan ajian Rawa Rontek, Ki Gembleh menyambut dengan Tameng Waja yang sudah mendekati sempurna.
    Setelah pertempuran berlangsung lama sampai matahari sudah condong ke barat, tiba2 dua bersaudara yang sedang bertempur mengambil sikap untuk mempersiapkan ilmu pamungkas.
    Ki Kompor memajukan kaki kirinya selangkah ke depan lalu badanya condong ke depan, tangan kiri bersilang di depan dada dan tangan kanan diangkat diatas kepala.
    Ki Gembleh berdiri tegak, kaki kiri diangkat sedikit dan ditekuk, tangan kiri bersilang di dada dan tangan kanan diangkat setinggi kepala.
    -” Gundala Sasra !” teriak Tmg KartoJ khawatir.
    -” Ya, dan Sasra Birawa !” jawab Tmg YuPram.
    -” Kita harus mencegah benturan ilmu itu ! ” kata Rangga Widura dan Rangga Anatram bersamaan.
    -” Mari kita satukan kekuatan kita ” ajak Tmg KartoJ kepada saudara2 nya.
    Berempat mereka menangkupkan telapak tangan mereka dan bersamaan dengan meloncatnya Ki Gembleh untuk melepas ilmunya pada Ki Kompor, ke empat priyagung itu melepaskan ilmunya secara bersamaan dengan irama yang mendayu -” Hikkkssss “-
    Ki Gembleh dan Ki Kompor tersentak secara bersamaan seakan terkena terjangan lindu dengan skala 7,2.

    Serentak keempat priyagung mendekati dua bersaudara yang masih terkapar tetapi masih tetap sadar.

    -” Ki Gembleh dan Ki Kompor, mengapa kalian bertempur mati2an ? Apakah ada hal yang sangat penting sehingga kalian bertempur antar saudara ? “- hampir bersamaan mereka bertanya.

    -” Sebenarnya masalahnya tidak begitu penting, tapi memang Kakangmas Gembleh terlalu mbeguguk mangutho waton, tidak mau mendengar pendapat adiknya ! “- jawan Rakryan Kompor.

    -” Tidak bisa begitu, sebagai adik Adhima harus menurut apa kata saya “- sergah Ki Gembleh.

    -” Sebenarnya apa to yang kalian perdebatkan ? ” Rangga Widura bertanya.

    -” InI lho, masalah hari SELASA. Miturut Kangmas Gembleh, senin sore itu sudah termasuk hari SELASA.
    Sedangkan miturut pendapat saya, hari SELASA itu masih nanti kalau sudah jam 00.01 tit “-
    Ki Kompor menjelaskan.

    -” Adhimas jangan deksura, tidak boleh membantah saya, “- Ki Gembleh meradang lagi.

    Memang kedua Rakryan itu masih Trahing Kusuma Rembesing Madu, maka dalam bertengkarpun mereka tetap memakai unggah ungguh, suba sita dan trapsila.
    Jadi akan sulit mendengar makian b***s*t seperti para priyagung yang ada di gedung yang katanya sudah miring itu, bila mereka sedang berdebat.

    Tak jauh dari tempat itu, terlihat pria berpakaian Senopati ditemani kawannya. Sebenarnya mereka berada di tempat itu karena sedang mencari situs2 arkeologi di daerah lereng Arjuno.
    Ya, mereka adalah Ki Senopati Arema yang madeg sebagai pandita di padhepokan PDLS ditemani oleh KRT Bayuaji.
    Mendengar perdebatan Ki Gembleh dan Ki Kompor, Ki Senopati termangu-mangu dan menjawil KRT Bayuaji sambil bertanya :

    -” Apa pendapat Ki Bayuaji atas perdebatan mereka ?”-

    jawab Ki Bayu,

    -” Kebenaranya ada pada Ki Senopati Arema, mereka berdebat karena sudah sangat mengharapkan rontal SundSS 16 diwedhar hari SELASA !
    Monggo sak kersa Ki Seno kemawon “-

    Ki Seno lalu terangguk-angguk sambil tersenyum dan sambil menjawil KRT Bayuaji, Ki Seno mencantholkan sesuatu di pohon.
    Seperti biasanya, Tumenggung YuPram langsung menyabet sesuatu yang dicantholkan itu.

    he…..he…..he……
    sugeng dalu para kadang sedaya.

    • blaik aku, matur nuwune malah ketinggalan.

      Matur nuwun eseme Ki Seno.

      Hikss…..

      • Sing menghadiri undangan Ki Kartojuda ngunduh disik ……. Matur Suwun, Mas Sat
        diimbu lagi supaya mateng … teng ……
        Monggo …
        Pamit tidur… kuueeeeseeellll puuoolllllll.

        • hikss,
          kehadiran ki Gembleh mempercepat
          2 jam 40 menit,….!!

          permisi ki,
          cantrik lewat,sret-reet Uuups..!!

          wes-ewess,…belum ngunduh lho ki,
          cuma ngantol doang….!!

          • Ki YuPram, nyuwun tuntunan , kulo wolak walik mboten kepanggih, Papan’e ngantos kulo balik mboten nemu, pengen pamit soale radi lungkrah kok penasaran …..

          • wis ketemu njih Ni,

            mentrik-e dituntun
            ki SENO dhewe…!!!

            matur nuwun rapelan
            rontal-e🙂

  28. ternyata kabar yang ada di gandhok sebelah benar. gogrog dengan sendirinya tanpa diogrok-ogrok.

    matur nuwun ki.

  29. gue bilang juga ape, dari jauh gue lempar aji panglimunan ke rumah Ki Arema.
    Berhasil-Ki Arema plus Satpam sedoyo kantuk berat, dan rontal terlepas sebelum waktunya, menggelinding dan langsung gua samber, des…langsung gue bawa kabur.
    Kamsia Ki Arema
    Salut untuk Kangmas Gembleh atas cerita ogrok-ogroknya
    Salam kompak untuk semuanya yang enggak bisa disebut namanya satu-persatu, wess…langsung berkelebat dengan gingkang yang amat-amat sempurna.

  30. matur nuwun ki seno

  31. Matur nuwun Ki Arema,
    matur nuwun Ki Ismoyo,
    sugeng dalu…….

  32. Sugêng dalu Ki Arema, Ki Sanak lan pårå kadang sêdåyå.

    Dumateng Ki Gembleh.
    Lêrês saèstu Ki Gembleh, bahwa kedua aji-aji yang dilontarkan oleh para “jawara” ternyata mempunyai daya tempur yang nggêgirisi itu betul-betul meluluhkan hati sinuwun Ki Senopati Arema.

    Dua aji-aji (bukan bayuaji) yaitu: Rog-Rog Asem Lembu Sekilan tertulisnya demikian, tapi harap dibaca “Ogrok-Ogrok Mesem Lembuuut Sekaliiiii”.
    Bagaimana tidak meluluhkan hati. Hiks……

    Matur nuwun Ki Seno. Sampun dalu. Istirohat rumiyin.

    Nuwun.

  33. Sugeng enjang Poro Kadang sedoyo.
    Nuwun sewu ilmu kulo dereng nyandak.
    komen dari nomer satu sampai terakhir dibaca lebih dari 2 x nggak nyantol-nyantol.
    Pertempuran Ki Gembleh dan Ki Kompor tak baca 4 x tetep nggak ketemu.
    Nyuwun pitulungan Ki Seno.

    Sugeng enjang.

    Sugeng enjang Ki Honggo
    Halaman kalih, ing nginggil wonten pawongan ingkang mesam-mesem.
    Njenengan pencet irungipun (eh gak ana irunge je)

    • matur nuwun nggih , kulo sampun ngunduh

  34. Tengkyu ki Arema,

  35. matur nuwun Ki Seno

  36. Matur nuwun Ki Seno.
    Maklum sampun sepuh sanget, dados radi gagap lan nervous.

  37. Sugeng siang para sanak kadang,
    Matur sembah nuwun Ki Ar,
    Sampun saged kulo tampi jurus 16 ipun.
    “Mesam mesem ngguya ngguyu sajak sajak arep mundhut rontal”

  38. sore-sore nginguk gandok Padepokan :

    “Maaf, tidak ada kunci gembok yang memenuhi
    kriteria gandok Anyar”

    yo wes, cantrik nunggu nang ngarep aeee…!!
    sugeng sonten kadang Pdls,

    • hiksss…kethoro yen arep ndusel nomer siji…..

      Sugeng sonten sedoyooo…

      • saiki wis males dusel2an…
        wedare 3 ndino sepisan…
        coba nek sedino sepisan,..dijamin anget olehe ndusel…

        nek meh frotes, kudu menyang ngendi?

        • menyang gandhok sebelah Ki……sebelah-e gandhok-e gendhuk…..

          • tenane ki, ono genduk neng sebelah

          • ..njihh Ki..sebelah gerdu..gendhuk-e gendhakan…

  39. Ingkang saged mlebet gandok enggal nomer stunggal,temtu nembe ngayahi jejibahan ” cegah dhahar lawan guling ” nggih Ki YP.

    Saluuut

    • hikss,
      mulai esuk nang ngarep gandok ki,
      klak-klik-klak-klik,….muncul-e
      malah tulisan :

      “Maaf, tidak ada kunci”
      “Maaf, tidak ada kunci”
      “Maaf, tidak ada kunci”
      “Maaf, tidak ada kunci”
      “Maaf, tidak ada kunci”

      mendal ora mempan, hiks2

  40. matur nuwun sanget ki Seno…

    • lali…
      kulo njih ngaturaken matur suwun engkang anget..eh sanget

      jarang2 iso mbonceng ki Wie sore2…

      • Nderek matur nuwun sangit…eh..sanget Ki Seno..

        ..nderek mbonceng telu-an..

        diulang malih.. ah :mbonceng niku teng ngajeng nopo teng mburi…hayooo

        • engkang asring nggonceng ki Senopati, namung ki Wie..

          monggo ki Wie, dipun batang cangkrimanipun ki Atrak dJ

          • kethok-e isih cukup,

            melu mbonceng sisan
            ki Wie…xixixi hiks

          • Dipangku njihh….

          • hikss-hikss…xixixi

  41. Sugeng ndalu….

    Matur nuwun sanget, kitab sampu katampi🙂

  42. mencoba masuk gandhok 17, eh nemu tulisan :

    “kerusakan bukan pada mata anda, tapi pada pikiran anda yang terlalu maju. sudah tahu ini masih hari Selasa kok nekat nguthik-uthik gandhok anyar”

    Sugeng dalu Ki Seno.

  43. Dhateng pundhi nggih cantelanipun kita 16?

  44. walah embuh piye carane ngunduh .nganti pegel guluku .sinten nggih ingkang saged bantu kula? matur nuwun sanget.

    • copas jawaban pertanyaan Ki Honggopati

      Sugeng enjang Ki Honggo
      Halaman kalih, ing nginggil wonten pawongan ingkang mesam-mesem.
      Njenengan pencet irungipun (eh gak ana irunge je)

  45. terima kasih, ki arema, ki ismoyo, ki jogotirto, ki tumenggung, para bebahu padepokan dan para sanak kadang sedaya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: